Saturday, September 19, 2020

Cara Paralel TR Final Power Blazer X10 1000W

Alhamdulilah. Pada kesempatan ini masih diberikan waktu dan kesehatan untuk bisa membuat postingan kembali. Berikut adalah permintaan dari rekan-rekan yang bertanya lewat komentar blog, yang menanyakan cara paralel tr final pada power blazer X10 1000W. Namun karena kesibukan dan waktu yang terbatas, baru sekarang bisa memposting artikelnya. Mohon maaf juga untuk beberapa pertanyaan di komentar blog yang belum bisa saya jawab, karena beberapa bulan kemarin sedang mengelola channel youtube yang berhubungan dengan blog ini. Sehingga harus membagi waktu antara blog dan chanel youtube. Untuk Anda yang bertanya lewat blog juga bisa bertanya di channel youtube disini.

Next posting kali ini adalah cara paralel tr final pada kit power blazer X10 1000 watt. Mungkin masih banyak rekan-rekan yang belum tahu cara paralel tr finalnya bagaimana? Karena pada kit pcb sudah ada tr final bawaan yang sudah menempel jadi satu dengan pcb dan pendinginnya. Jadi desain kit power blazer X10 ini sudah include dengan tr final dan harusnya sih tidak perlu ditambahi tr final lagi. Tapi bagaimana jika ingin menambah tr final lagi dan cara pasangnya bagaimana jalur koneksinya? Untuk Anda yang masih belum tahu cara paralel tr final pada power blazer X10 ini. Simak lebih lanjut. 

Sebelum menjelaskan bagaimana cara paralel tr final pada power blazer x10 ini, kita akan mengenal dulu sistem rangkaian pada power ini. Basic rangkaian pada power blazer kebanyakan menggunakan sistem out colector. Apa itu out colector? Adalah sistem output pada power amplifier yang menggunakan gabungan kaki colector pada tr final sebagai out speakernya. Pada power umumnya menggunakan sistem out emitor, yaitu menggunakan gabungan kaki emitor pada tr final sebagai out speakernya. Tapi seiring perkembangan zaman, power blazer akhirnya mengeluarkan juga versi power amplifier yang menggunakan sistem out emitor. Tapi perlu diingat bahwa basic asli power blazer adalah menggunakan sistem out colector. Sehingga jika ada versi power blazer menggunakan sistem out emitor, maka itu adalah versi khusus dan akan ada keterangan tulisan pada kardus pembungkusnya, yaitu out emitor. Pada versi asli power blazer tidak akan ada keterangan tulisan pada kardus pembungkusnya, maka itu berarti power blazer out colector. Jadi ketahui dulu jenis atau versi dari power blazer Anda, apakah menggunakan sistem out colector atau out emitor? Karena cara paralel tr finalnya juga akan berbeda.

Pada posting kali ini saya akan menjelaskan cara paralel tr final power blazer x10 1000w sistem out colector. Yaitu versi asli atau standart dari power blazer. Saya tidak menjelaskan yang versi out emitor ya he..he... Karena itu adalah versi khusus. Sedikit kita ketahui tentang kit dari power blazer x10 ini. Pada pcb dari power ini sebenarnya sudah include atau sudah terpasang tr final sebanyak 5 pasang atau 5 set tr final yang sudah terpasang pada pcb. Walaupun memang ada versi ekonomis dari pcb power blazer ini, yaitu pcb tanpa tr final. Tapi tetap pada pcb sudah dilengkapi dengan tempat tr final, sehingga tinggal kita pasang langsung pada pcb tanpa perlu merangkai lagi pada heatshink atau pendingin diluar. Sebenarnya dengan menggunakan tr final bawaan dari power blazzer sebanyak 5 set saja itu sudah cukup mampu untuk menghasilkan daya watt sekitar 1000w. Jadi tidak perlu ditambahi dengan tr final lagi. Karena tr final bawaannya sudah banyak dan sudah mampu menghasilkan daya watt yang cukup besar 1000w. Tapi bagi Anda yang masih tetap ingin menambah jumlah tr final pada power blazer ini, maka juga tidak ada salahnya. Karena mungkin saja memang ingin menambah kemampuan daya watt dari power blazer ini menjadi lebih besar lagi. 

Karena power blazer menggunakan sistem out colector, maka pemasangan tr finalnya juga akan berbeda dengan power yang menggunakan sistem out emitor. Posisi tr final NPN dan PNP nya akan berkebalikan dengan posisi tr final pada power umumnya, jadi jangan bingung ya he..he.. Posisi tr final NPN (2SC3264) akan berada pada posisi VCC negatif dan tr final PNP (2SA1295) akan berada pada posisi VCC positif. Karena yang berhubungan dengan dengan jalur VCC adalah kaki emitor dan jalur out speaker menggunakan kaki colector tr final. Sehingga posisi tr final akan berkebalikan. Jadi awas jangan sampai terbalik pemasangan tr finalnya. Berikut adalah gambar koneksi paralel tr final power blazer x10 1000w. 


Gambar diatas adalah gambar koneksi paralel pada power blazer x10. Terlihat jalur VCC positif pada pcb terhubung dengan kaki emitor tr final 2SA1295 dan jalur VCC negatif pada pcb terhubung dengan jalur kaki emitor tr final 2SC3264. Kemudian semua kaki colector tr final diparalel semuanya masuk kekaki colector pada tr final di pcb. Untuk kaki basis masuk ke jalur basis tr final dipcb sebelum masuk R basis tr final. Untuk jalur out speaker tetap menggunakan jalur out speaker di pcb. Karena sudah melewati rangkaian protektor. Jadi usahakan tidak menggunakan jalur out speaker langsung pada kaki colector pada tr final, karena tidak melalui protektor. Sehingga bisa menyebabkan loss contact atau jalur tetap akan terhubung pada speaker, meskipun power dalam keadaan rusak. Ini bisa menyebabkan speaker Anda jebol. Jadi usahakan tetap menggunakan jalur out speaker di pcb power dan bukan di kaki tr final. Agar sistem protektor pada pcb power tetap bisa bekerja normal dan speaker Anda tetap aman. 

Alhamdulilah selesai sudah posting kali ini membahas cara paralel tr final power blazer x10 1000w. Dan merupakan jawaban dari pertanyaan dari rekan di komentar blog. Semoga bisa membantu Anda dan rekan-rekan yang lain untuk bisa memparalel tr final dari power blazer ini. Untuk Anda yang ingin bertanya lewat komentar blog juga bisa bertanya di kolom komentar di channel youtube saya disini. Semoga bermanfaat.

20 comments:

  1. Maaf y mas.koq postingan gmbarny GK nampak /GK muncul d hp sy.apa hp Dy yg eror pa gmn.
    Tu gmbarny kyk blzzer 500 wat GK mas.
    Mksudny klu bs skema gmbrny kyk tu langsung dr Kit blazzer X10.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok mas dibuka gambarnya. Pakai browser chrome mas. Klik gambarnya. Atau jika tetap tidak bisa. Tekan gambarnya, kemudian open image new tab. Ini saya coba klik gambarnya bisa kebuka.

      Delete
    2. Untuk gambar resolusi tinggi hanya bisa dengan cara di klik gambarnya

      Delete
  2. Sblmnya maaf y mas jgn marah.mklumlah msh pemula.
    Yg saya maksud postingan mas gambarnya koq GK ada.dri yg mas posting ada mas buat "gambar diatas adalah gambar koneksi..."tapi saya liat GK ada gambar apapun jd sy bingung gmn liatny.
    Sx lg maaf y mas.mhn pencerahany

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika masih belum kelihatan gambarnya, mungkin dari browsernya mas. Coba matikan fitur ads blocknya. Jika ads block aktif, maka gambar biasanya ikut tidak tampil. Atau coba pakai browser opera mini.

      Jika masih kesulitan membuka gambar postingan, berikut link langsung gambarnya. Silahkan dicopy paste link dibawah ini di browser dan buka.

      https://1.bp.blogspot.com/-FukFK43tQ0w/X2b02ClyVrI/AAAAAAAAJEE/cOCvdl02CeITnS_x1nvoc4xdI0LHpTQVwCLcBGAsYHQ/s1458/Cara%2BParalel%2BTR%2BFinal%2BPower%2BBlazer%2BX10%2B1000W.jpg

      Delete
  3. Assallamualaikum wr wb,
    Mas kalau mau lihat lay out pcb power supply simetris transistor 35 v dimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Bisa dilihat disini mas.
      https://www.baharelectronic.com/2017/09/cara-menambah-amper-power-supply.html?m=1

      Delete
  4. Ok mas,dh bs d lihat gambarny.mksi bnyk mas Ats ilmunya.
    Trus mas itu Pada jlur yg garis kuning koq cma PD bagian 3264 y mas.
    D jlur 1295 koq GK d kasi.apa g Maslah tu mas?
    Stu lagi mas.seandainy resistor kpur d kit blazzerny kn 5wat0,47 trus PD rangkaian pararel tambahan tr by kt'a buat 5wat0,22,bisa GK tu mas.
    Apakah Dy harus sama nilai resistor kapurny antara d kit blazzer yg sudah ada dgn yg mau kita tambahkan.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalur kuning itu adalah jalur paralel semua kaki colector tr final. Karena power blazer menggunakan sistem out colector, maka semua kaki colector tr final akan gabung jadi satu, baik tr 1295 dan 3264. Jadi kalau jalur kuning saya konek di kaki colector tr 3264, maka itu sama saja sudah konek ke kaki colector tr 1295. Karena kaki colector tr final jadi satu.

      Untuk R kapur, gak masalah pakai 0,22 ohm 5w. Meskipun R kapur di pcb pakai 0,47 ohm 5W. Tidak harus sama.

      Delete
  5. Mau tanya mas, sya baru beli kit stereo udh lengkp dngan tc. D kitnya disarankan pkai 15-18v 3a. Dngan tr final 2955+3055 per channel merk astell*. Speaker pkai 100 watt 8ohm. Kmarin sya coba naikkan ke 25v kok lampu speaker menyanyala, padahal posisi potensio vol di 0? Klo vol dnaikkan speaker tetap bunyi, tpi tkut klo speakernya jebol. Mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba turunkan tegangan pakai 18v

      Delete
    2. Siap mas. Stelah sya ganti pkai tr a733, skrng sdh bsa pkai 25vac tpi ada masalah lgi. Klo posisi vol d naikkan (tanpa musik) ada suara dengung, tpi klo posisi 0 tdk ada. Mohon solusinya lgi mas.

      Delete
    3. Itu namanya ngeground mas. Mungkin ada pengkabelan yang kurang bagus. Gunakan kabel scerem agar tidak dengung. Dan penempatan ground yang pas.

      Delete
  6. Mau nanya lgi mas. Klo mau pkai tegangan 32vac komponen apa yg harus d ganti mas? Posisi skarang ocl 150 standar, final 2955 dan 3055 satu set, driver pkai bd139 dan 140.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tr 3055 dan 2955 ganti pakai tr final toshiba C5200 dan A1943. BD139 dan BD140 ganti pakai TIP31 dan TIP32. Dan juga belakangnya tr driver biasanya pakai tr D400 atau D438, ganti pakai tr TIP31.

      Delete
    2. Sipp mas. Klo elko nya yg ukuran 47uf 35v gk perlu d ganti mas?

      Delete
    3. Oh ya lupa. Diganti juga mas, pakai elco 47uf 50v semua.

      Delete
    4. Ok mas. Maaf mas banyak tanya, soalnya takut terbakar:D klo transistor yg kecil2 (a733) resistor dan diodanya zenernya mas? Apa ada yg prlu d ubah jg?

      Delete
    5. Ok mas. Trus cara pasang pengganti tr final, tr driver, dan tr d belakang driver lngsung sja kah mas atau ada yg d balik??

      Delete