Tuesday, January 19, 2021

TV Led Polytron PLD22D110 Tidak Bisa Start Tapi Lampu Power Hidup

Alhamdulilah. Hari ini masih diberikan kesehatan dan waktu untuk berbagi pengalaman lewat media blogger ini. Masih di awal bulan januari tahun 2021, tidak terasa sudah 8 tahun blog ini dibangun. Berbagai pengalaman suka dan duka mengiringi proses tahap demi tahap dari awal sampai hari ini, alhamdulilah blog ini bisa hadir dihadapan rekan-rekan semua sesama penghoby elektronik. Perkembangan blog ini juga tidak lepas dari dukungan semua rekan-rekan lewat media ini yang selalu memberikan masukan dan pertanyaan seputar elektronik. Sehingga pertanyaan dan masukan yang sudah masuk di kolom komentar bisa dibaca kembali oleh rekan-rekan lainnya. Lanjut next posting kali ini dapat kerjaan perbaikan tv led polytron bazzoke PLD22D110 dengan problem tidak bisa start, tapi lampu power hidup. Problem kerusakan standby atau tidak bisa start banyak sekali penyebabnya. Jadi bisa saja problem kerusakan sama, tapi penyebab kerusakannya berbeda. Maka di posting kali ini adalah salah satu penyebab tv led tidak bisa start diantara penyebab lainnya. Bagaimana cara memperbaikinya? Simak lebih lanjut.

Dalam mengerjakan kerusakan tv led tidak bisa start ini gampang-gampang susah. Karena penyebab kerusakannya bisa macam-macam. Bisa karena protek, psu bermasalah, eprom error, tegangan mainboard ada yang hilang, short inverter backlight, dll. Maka untuk mempercepat pengerjakan, hal utama yang harus kita cek dan diperbaiki adalah bagian power supply. Bagian power supply adalah bagian utama yang memberikan tegangan supply ke mainboard dan juga ke lampu backlight. Supply tegangannya juga banyak, jika salah satu diantara tegangan pada psu ada yang bermasalah atau drop, maka bisa dipastikan tv tidak akan bisa nyala. Jadi hal terpenting adalah memastikan kinerja dan tegangan psu normal. Barulah kita bisa mengecek dan menganalisa penyebab kerusakan lainnya. 

Gambar diatas adalah name kode dari tv led polytron yaitu type PLD22D110. Untuk tipe tv led polytron lainnya mungkin hampir sama penyebabnya, tapi beda titik letak posisi komponennya. Karena beda type jelas akan berbeda pula pcb mainboard dan psu nya. Jadi harap dipahami fungsi dan cara kerja masing-masing komponen. Bagian pertama yang harus dicek adalah bagian power supply atau psu dari tv led tersebut. Bagian ini adalah bagian terpenting dalam tv led. Karena mainboard akan bisa bekerja jika tegangan psu normal. Jika tegangan tidak normal, maka mainboard akan mengalami masalah dan tidak bisa bekerja. Dibawah ini adalah bagian dari pcb power supply. Ada dua macam jenis pcb power supply yaitu pcb power supply yang terpisah dengan pcb mainboard dan pcb power supply yang menjadi satu dengan mainboard. Untuk jenis tv polytron ini menggunakan pcb power supply terpisah dengan mainboard. Berikut dibawah ini gambar bagian power supply dari tv polytron ini. 


Gambar diatas adalah bagian power supply. Ada beberapa komponen yang perlu dicek yaitu diode, elco atau kapasitor yang berhubungan dengan tegangan supply. Bagian inverter backlight. Pastikan elco power supply tidak ada yang melembung atau rusak. Jika ada elco terlihat kembung, silahkan ganti dulu dengan elco yang normal. Silahkan cek diode bagian tegangan supply. Pastikan semua diode tidak ada yang short. Problem yang paling sering terjadi pada tv led polytron ini, jika tidak bisa start adalah kerusakan dibagian elco supply yaitu elco kembung atau rusak. Jika elco sudah diganti baru, biasanya tv led bisa nyala kembali. Selain elco, kadang juga ditemukan diode short. Tapi kali ini semua elco dan diode pada bagian power supply terlihat normal dan tidak ada yang rusak atau short. Jika semua komponen pada bagian psu ini normal semua, maka langkah selanjutnya adalah mengecek semua tegangan output pada power supply. Berikut gambar dibawah ini semua tegangan output power supply yang harus dicek.


Ada beberapa tegangan output power supply yang harus dicek, diantaranya adalah tegangan 12v, tegangan 5VB, tegangan standby dan 5VA. Pastikan tegangan 12v dan 5VB ada dan normal. Karena kedua tegangan diperlukan untuk mensupply mainboard dan power on. Untuk tegangan standby dan 5VA memang tidak ada, karena posisi tv dalam keadaan standby. Pada saat tv menyala, maka tegangan standby dan 5VA akan ada. Nah disinilah letak permasalahannya, pada saat di nyalakan lewat remote, harusnya tegangan standby dan 5VA ini ada, tapi kali ini tidak ada tegangan sama sekali. Tegangan standby dan 5VA berasal dari isyarat dari mainboard untuk memberikan perintah psu agar menyalakan backlight dan menyalakan tv. Jika kedua tegangan ini tidak ada, berarti masalah ada di bagian mainboard. Perintah atau tegangan 5VB untuk mainboard sudah ada, tapi belum bisa nyala. 


Gambar diatas adalah bagian mainboard, yaitu bagian rangkaian step down. Fungsinya untuk menurunkan tegangan 5v dari power supply menjadi tegangan 1,2 volt untuk supply ic utama. Jika rangkaian ini ada gangguan, maka bisa dipastikan tidak akan bisa nyala. Karena supply tegangan yang menuju ic utama tidak ada atau drop. Disini ditemukan sebuah elco ukuran 470uf 10v yang kondisinya sudah meletus. Elco ini posisinya ada di bagian rangkaian step down ini. Kita akan coba ganti dulu elco yang rusak ini. Dengan harapan rangkaian step down bisa berfungsi normal kembali. Jika tidak, maka bisa dipastikan ic step down rusak. Dan harus diganti. Ada 3 buah elco dia area ini, jika belum berhasil, bisa dicoba untuk mengganti ketiga elco tersebut. Meskipun elco terlihat bagus, ganti saja. Karena bisa saja elco dalam kondisi kering dan tidak terlihat tanda-tanda kerusakan dari fisik luar elco. Dibawah ini adalah gambar elco yang meletus, ukuran 470uf 10v. 


Elco ini bisa diganti dengan volt elco diatas 10v, asal nilai mikrofaradnya sama 470uf. Kali ini elco saya ganti menggunakan elco 470uf 25v. Dengan harapan supaya lebih kuat. Jika dengan mengganti elco ini hasilnya tetap sama, maka bisa dicoba dengan mengganti ketiga elco sekaligus. Jika hasilnya masih juga belum bisa menyala, maka kerusakan mungkin bisa dari ic step down. Jika tegangan 1,2 volt ini ada, tapi tv tetap tidak mau nyala, maka bisa saja kerusakan karena epromnya error. Untuk kasus ic eprom, bisa dicoba untuk di flash ulang. Pastikan tegangan supply ic eprom terukur normal. 

Untuk kasus tv saya kali ini disebabkan karena kerusakan elco di area mainboard tadi, bagian step down tegangan. Sehingga mengganggu kinerja rangkaian step down, untuk mensupply ic utama. Setelah elco diganti baru, maka tv sudah bisa dinyalakan kembali. Untuk video selengkapnya bisa dilihat disini. Semoga bermanfaat. 

8 comments:

  1. Mas mau tanya, saya punya smps jenis hb 25 ampere/2,5kva,yang mau saya tanyakan kenapa trafo feritnya panas sekali ya mas? Sampai saya gak kuat megang nya, apa nya yang salah mas? mohon bimbbingan nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf untuk smps saya bukan ahlinya mas. Jadi belum bisa memberikan saran.

      Delete
  2. Permisi om. mau tanya, tv saya seri plm24m31 rusaknya aneh.
    Jika pertama di nyalakan, error ( gambar ngacak / tampilan triger dan suara kadang bunyi kadang ada suaraa tuuuuttt ) tapi setelah di nyalakan beberapa kali sampai sekitar 1 jam baru bisa stabil tampilanya dan suara bisa normal. sudah di cek psu dan ganti elco di psu nya, udah ganti regulator yg 3.3 v, serta udah flash eprom nya masih belum normal . apakah kemungkinan di area 1.2 v itu jg ya yang kinerja nya lemah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya jawab di channel youtube mas.

      Delete
    2. Mas, mau tanya tv led polytron 32 inch, lampu indikator berkedip terus/tdk mau standby. Padahal psu normal

      Delete
    3. Cek tegangan 1,2 volt area mainboard, bagian dc to dc converter. Sering rusak dibagian itu. Psu memang normal, tapi tegangan di mainboardnya bermasalah.

      Delete
  3. Mas mau tanya tv polytron saya tipe 24T811 tiba2 ga mau hidup awlanya lampu led warna biru nyala, misal ditekan tombol CH kedip aja tapi ga nyala. waktu sy bawa ke service tv orangnya ga bis benerin katanya ga da alatnya, tapi lampu lednya malah mati, saya ada rencana mau beli PSUnya di shoppe 300 ribuan apakah bener itu dari psu nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk memastikan apakah kerusakan dari PSU nya, maka harus dilakukan pengecekan tegangan output PSUnya, apakah normal atau tidak? Jika tegangan output PSU normal, maka PSU kondisinya normal dan tidak perlu diganti. Berarti kerusakan dibagian mainboardnya. Jika ingin cepat selesai, maka bisa dilakukan penggantian maindboard. Jika PSU normal, mending ganti mainboardnya mas. Tapi sebelumnya pastikan dulu PSU normal

      Delete