Monday, March 29, 2021

Cara Penyambungan PCB Power Blazer X8 800W Mono

Alhamdulilah. Masih diberikan kesempatan dan kesehatan untuk membuat postingan kembali. Hampir 2 bulan lamanya tidak membuat postingan sama sekali. Bukannya tidak ada ide untuk di posting, tapi karena kesibukan di dunia nyata yang tidak bisa ditinggalkan. Karena banyaknya draft postingan yang belum selesai digarap, akhirnya berdampak molornya jadwal postingan blog sampai berminggu-minggu. Karena jarang posting, dikiranya blog ini sudah tidak aktif he..he.. Oke, next posting kali ini adalah menjawab dari pertanyaan salah satu rekan kita di komentar blog yang kebingungan cara menyambung driver power blazer X8 800W mono. Karena penempatan pin koneksi kabelnya di pcb kurang jelas bagi orang awam yang baru merakit. Beda kalau kita ngrakit power OCL 150W, semua mungkin sudah banyak yang bisa merakitnya, karena jalurnya jelas. Nah untuk membantu rekan yang lain untuk merakit power blazer X8 800W ini, mungkin akan lebih baik jika diberikan gambar cara penyambungan power blazer X8 800w itu gimana sih? Agar lebih jelas, simak lebih lanjut.

Ada beberapa rekan yang masih bingung cara menyambung atau merakit power blazer X8 800W ini. Mungkin bagi yang sudah ahli sudah bisa merakit dan mengetahui jalurnya tanpa harus bertanya dan mencari info cara penyambungannya bagaimana. Bagi yang masih awam atau pemula, petunjuk ini menurut saya sangat perlu dan penting, agar rekan-rekan yang lain yang belum mengetahui cara menyambung atau merakit power blazer ini, menjadi tahu dan paham cara penyambungannya. Kebingungan ini karena petunjuk pemasangan atau keterangan pin di pcb kurang jelas dan lengkap. Contoh pemasangan input pada power ini, masih banyak yang belum tahu cara pasang inputnya bagaimana? Pin inputnya kok ada dua? Ground inputnya sebelah mana? Nah pertanyaan ini muncul, karena tidak adanya keterangan atau tulisan yang jelas pin di pcb power ini. Jadi cuma ada dua lubang saja, tanpa ada keterangan input. Akhirnya bagi yang belum tahu, dikiranya input powernya ada dua he.he.. terus ground inputnya tidak tahu posisinya dimana? 

Untuk pin supply tegangan positif dan negatif, kemudian pin out speaker dan pin ground mungkin tidak ada masalah, karena sudah ada keterangan atau tulisan yang jelas mengenai dari fungsi masing-masing pin tersebut. Nah yang tidak ada keterangannya adalah pin bagian inputnya. Diposisi inilah banyak yang masih bingung, cara menyambung inputnya bagaimana? Ground inputnya dimana? Sebelum kita melangkah ke gambar skemanya, perlu diketahui dulu bahwa kit power blazer disini adalah power blazer X8 800w mono versi lama. Karena yang baru ada juga kit power blazer X8 800w Rosi (Yiroshi). Yang bentuk pcb powernya model tingkat. Untuk yang pcb versi lama, bentuk pcbnya memanjang. Berikut adalah gambar skema cara penyambungan pcb power blazer X8 800W mono.


Anda bisa melihat gambar diatas, yaitu jalur penyambungan kabel tegangan supply dari trafo, kemudian masuk ke rangkaian psu, kemudian masuk ke power amplifier lewat pin VCC +, VCC - dan GND di pcb. Kemudian untuk jalur kabel out speakernya lewat pin speaker dan GND di pcb. Nah tinggal untuk inputnya ada dua lubang tidak ada keterangan input maupun ground inputnya. Hasilnya kita tidak tahu dimana pin inputnya dan dimana jalur ground inputnya. Dengan adanya gambar skema penyambungan diatas, supaya sedikit membantu rekan-rekan yang belum tahu cara penyambungan atau merakit power blazer X8 800w ini. Untuk penyambungan power blazer tipe yang lain akan beda lagi cara menyambungnya, karena perbedaan tata letak pin di pcbnya dan ada penambahan protektornya. Contoh pada power blazer X10. Nanti akan saya update juga untuk cara pemasangannya. 

Satu lagi tambahan, perlu diketahui untuk power blazer kebanyakan menggunakan sistem out colector. Karena basicnya power blazer memang menggunakan sistem out colector. Jika menggunakan sistem out colector, maka pemasangan supply tegangan ke tr final akan terbalik. Hati-hati dengan pemasangan tegangan supply ke power ini. Ikuti petunjuk pada pin di pcb. Jika memang pin dipcb itu adalah pin VCC+, maka jangan coba-coba dibalik pakai VCC-, bisa jebol powernya. Jadi ikuti sesuai  dengan keterangan yang ada di pcb. Karena sistem out colector beda dengan sistem out emitor. Semoga bermanfat.

No comments:

Post a Comment