Monday, June 28, 2021

Cara Pasang TR Final Power Namec

Alhamdulilah. Next posting kali ini adalah menjawab pertanyaan dari salah satu rekan kita dikolom komentar, menanyakan tentang cara pasang tr final pada power namec. Karena tidak bisa menjawab lewat komentar, maka akan saya jawab lewat postingan terbaru ini. Power namec merupakan salah satu dari banyaknya macam driver power amplifier dipasaran yang menjadi pilihan untuk dibuat power sound system. Desainnya yang ringkas dan mungil membuat power namec ini terlihat sederhana dan simple untuk dirakit. Namun karena desain pcb dan pinout pada koneksi transistor tidak disertakan dengan tr final, maka ada beberapa rekan kita belum paham cara pasang tr final pada power namec ini. Karena pada pcb tidak ada tanda kaki B C E transistor final dan didesain untuk pemasangan tr final yang dirangkai diluar pcb. Tujuan sebenarnya untuk memudahkan pemasangan pada heatshink dan pengkabelannya. Bagi yang belum tahu cara pasang tr final pada power namec ini, simak lebih lanjut.

Dipasaran banyak macam model desain pcb dari power namec ini. Cuma nanti akan saya ambil dua saja contoh pcb power namec yang bisa kita jadikan acuan untuk memasang tr final. Sebelum kita bahas cara pasang tr final pada power namec, akan sedikit akan saya jelaskan mengenai power namec ini. Power namec ini adalah jenis power kelas AB dengan sistem out emitor. Menggunakan rangkaian boostrap pada penguat gain dan feedbacknya, membuat power ini lebih unggul di nada-nada dan frekuensi tertentu, karena sudah dilengkapi rangkaian boostrapnya. Beda dengan power pada umumnya yang flat tanpa rangkaian boostrap. Dengan boostrap maupun tanpa boostrap tidak menjadi masalah dalam hal suara, tergantung si perakit dan pemakainya. 

Pada pcb power namec kebanyakan tidak disertakan tempat tr final. Ya walupun ada beberapa pcb power namec sudah disediakan tempat tr final, tapi desain asli pcb power namec tidak ada tempat tr final. Artinya tr final harus dirangkai diluar pcb. Nah disini mungkin banyak juga yang belum paham cara pasang dan juga paralel tr final pada power namec ini bagaimana? Sama juga dengan power safari 400w versi lama, juga tidak disertakan tempat tr final dan cuma diberi tanda pinout pada pcb untuk koneksi tr final diluar pcb. Disini nanti akan saya berikan gambaran cara pasang tr final pada power namec ini, agar Anda bisa paham dan tahu cara pasang dan paralel tr final pada power namec. 

Akan saya ambil dua contoh pcb power namec dipasaran, yaitu pcb power namec standart dan pcb power namec Veronica. Kenapa saya ambil dua contoh pcb ini? Karena ada perbedaan letak koneksi pada tr final. Yaitu posisi letak sambungan speakernya. Pada pcb power namec standart sambungan out speaker akan sejajar lurus dengan pinout lainnya. Sedangkan pada power namec Veronica, sambungan out speakernya ada disamping sisi pcb. Sebenarnya fungsinya sama saja, cuma beda tata letak pinout saja. Agar tidak bingung, maka akan sertakan contoh gambar pcb kedua power namec ini. Untuk model pcb power namec lainnya, menurut saya hampir sama, tinggal melihat pada pinout pcbnya untuk koneksi tr finalnya. Berikut adalah gambar cara pasang tr final pada power namec.


Gambar diatas adalah contoh pcb power namec standart, yaitu posisi pinout sejajar pada bagian depan pcb. Ada beberapa pinout yaitu VCC+, B+, OUT, B-, VCC-. Untuk pinout VCC+ ini digunakan untuk sambungan kekaki colector tr final positif atau seri 2SC5200 dan digunakan juga untuk jalur supply tegangan positif. Untuk pinout B+ menuju kekaki basis tr final 2SC5200. Untuk pinout OUT/SPK menuju ke sambungan kaki emitor tr final 2SC5200 dan 2SA1943 setelah melewati resistor kapur. Untuk pinout B- menuju kekaki basis tr final 2SA1943. Untuk VCC- menuju kekaki colector tr final 2SA1943 dan juga menuju kejalur tegangan supply negatif. 


Gambar diatas adalah contoh pcb power namec veronica. Perbedaannya terletak pada posisi pinout speakernya, yaitu pada posisi sisi samping pcb. Ada beberapa pinout yaitu VCC+, B-SC, B-SA, VCC-, SPK OUT. Untuk pinout VCC+ menuju kekaki colector tr final 2SC5200 dan menuju tegangan supply positif. Untuk pin B-SC menuju kekaki basis tr final 2SC5200. Untuk pin B-SA menuju kekaki basis tr final 2SA1943. Untuk pinout VCC- menuju kekaki colector tr final 2SA1943 dan menuju jalur tegangan supply negatif. Untuk pin SPK OUT menuju kekaki emitor tr final 2SC5200 dan 2SA1943 setelah melewati resistor kapur dan juga sebagai jalur menuju ke speaker.

Begitulah dua contoh pcb power namec yang ada dipasaran. Semoga bisa membantu Anda yang belum tahu cara pasang tr final pada power namec ini. Kenali dulu pinout pada pcb untuk mengatahui jalur yang menuju ke tr final dan tegangan supply, dan juga ke speaker. Sebenarnya mudah untuk memasang tr final pada power amplifier, asalkan tahu dan paham jalurnya. Tapi dengan adanya tanda pada pinout di pcb, sudah cukup membantu memudahkan koneksi pada tr final power namec. Tinggal kita paham atau tidak arti tanda pada pinout pcb tersebut. Semoga bermanfaat.

6 comments:

  1. Mas ak mau nayak aku punya efhek reverb yg dua potensio. Pas aku mau karaokean kok suara music nya kecil mas. Gimna cara nya mas supaya seimbang aku cman punya power tone control efhek cd. Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembagian outputnya gak imbang, antara musik dan mic nya. Cara paling mudah untuk membagi musik, mic dan efek reverb yang pas, adalah dengan menggunakan kit mixer. Pada kit mixer sudah disediakan pot efek untuk mengatur besar kecilnya reverb.

      Jika pakai cara manual, bisa saja, yaitu dengan membagi resistansi output musik, mic dan reverb supaya seimbang. Pembagian output dan input menggunakan resistor. Semua itu sudah ada pada kit mixer, jadi tinggal pakai. Kalau manual, ya pakai resistor, tapi harus cari sendiri nilainya. Disesuaikan dengan kebutuhan.

      Delete
    2. Silahkan disesuaikan sendiri mas, bisa coba pakai resistor 10K atau lainnya untuk membagi input dan outputnya. Jadi jalur music sebelum digabungkan dengan jalur mic dikasih resistor dulu. Nah nilai resistornya silahkan diatur sendiri. Jika suara musiknya kecil, maka nilai resistor bagian musik bisa diperkecil, sedangkan nilai resistor bagian mic diperbesar.

      Delete