Tuesday, August 31, 2021

Skema Power Amplifier Quasi NPN

Alhamdulilah, hari ini masih diberikan kesehatan dan waktu untuk bisa membuat postingan kembali. Setelah hampir dua bulan tidak bisa membuat postingan blog, dikarenakan perangkat komputer dan laptop mengalami kerusakan berbarengan. Jadi praktis kegiatan ngeblog jadi terhambat. Selain komputer yang rusak juga karena kesibukan ofline yang tidak bisa ditinggalkan. Next posting kali ini adalah skema power amplifier quasi NPN. Sebenarnya ini adalah lanjutan dari posting saya yang dahulu, juga pernah membahas tentang power quasi ini. Cuma kali ini akan saya fokuskan pada gambar skema dan rangkaian yang sederhana yang dapat dipraktekkan dengan mudah. Bagi yang belum tahu power quasi itu apa? Simak lebih lanjut.

Mungkin diantara kita pernah mengalami kerusakan tr final hanya sebagian saja. Entah itu rusak tr final yang NPN atau PNP saja. Maka satu diantara tr final tersebut masih bisa digunakan, tapi apakah bisa hanya dengan menggunakan satu jenis tr final saja, tanpa pasangannya? Jawabnya bisa, yaitu dengan cara dibuat sistem quasi. Ada dua macam sistem quasi power amplifier yaitu quasi NPN dan quasi PNP. Dimana tr final hanya menggunakan satu jenis saja, tanpa pasangannya. Jadi hanya menggunakan tr final jenis NPN dan NPN atau tr final PNP dan PNP yang sejenis. Cara ini bisa dibilang cukup menguntungkan, karena stok tr final yang tidak ada pasangannya bisa kita gunakan kembali dan menghasilkan power yang tidak kalah mantapnya dengan power biasa pada umumnya yang bukan quasi.

Sebenarnya tidak ada spek khusus dalam membuat skema power amplifier dengan sistem quasi. Karena semua power kelas AB yang menggunakan tr final NPN dan PNP bisa dirubah menjadi sistem quasi NPN atau PNP. Tapi sebaiknya cara ini dilakukan dalam keadaan darurat saja, misal memang mempunyai stok banyak tr final sejenis yang tidak ada pasangannya, maka cara merubah power amplifier menjadi sistem quasi NPN atau quasi PNP bisa dilakukan. Tapi jika ketersediaan tr finalnya lengkap dan berpasangan, maka lebih baik menggunakan power amplifier dengan tr final NPN dan PNP.

Apa kelebihan dan kekurangan dari power yang menggunakan sistem quasi? Ada yang bilang power dengan sistem quasi mempunyai keseimbangan Hfe transistor yang hampir sama persis, karena memang hanya satu jenis tr saja, tanpa pasangannya. Maka bias dan hasil power lebih seimbang lebih bertenaga. Kekurangannya dari transistor finalnya sendiri kebanyakan dijual dalam bentuk paketan satu set final NPN dan PNP. Sehingga jika memaksa menggunakan sistem quasi, maka salah jenis tr final tidak akan terpakai. Karena dalam power quasi hanya menggunakan satu jenis tr final saja, tr NPN atau PNP saja. Berikut dibawah ini salah satu skema power amplifier quasi NPN. Ya mungkin saja bisa dicoba atau dipraktekkan dirumah.


Anda bisa lihat skema gambar diatas pada bagian tr driver dan tr final. Pada skema rangkaian diatas menggunakan satu jenis tr final NPN saja. Ada perubahan jalur dibagian tr final bagian bawah skema. Dimana basis tr final konek ke kaki colector tr driver TIP42. Kemudian bagian resistor 100 ohm dipindah ke bagian kaki colector tr driver yang menuju jalur supply negatif. Kemudian kaki colector tr final bagian bawah skema konek ke bagian output speaker, yang biasanya menyambung ke jalur supply tegangan.  
 

2 comments:

  1. Joss Mas, saya sering baca blog njenengan, dan kebetulan ini ada TIP2955 yang menjanda, pingin dipraktekkan pakai Power Quasy ini.

    Maju terus Mas Blog nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh salah maksudnya TIP3055 yang menduda 😂😂😂

      Delete