Skip to main content

CARA AMAN MELEPAS KOP ANODA TABUNG CRT

Mungkin sudah banyak yang membahas masalah ini. Tapi tidak ada salahnya saya bahas lagi di kesempatan kali ini. Mengingat betapa pentingnya hal ini untuk dilakukan agar keamanan dapat diutamakan. Karena termasuk beresiko tinggi tersengat aliran listrik bertegangan tinggi 20.000 volt lebih yang dapat mengancam keselamatan jiwa dan lingkungan sekitar jika kita tidak hati-hati.

Karena kop ini mempunyai tegangan yang sangat tinggi dan berbahaya yang dihasilkan oleh flyback. Jadi jangan sekali-kali mencoba untuk menyentuh kop anoda ini dalam kondisi tv menyala. Meskipun tv sudah mati juga harus di groundkan terlebih dahulu untuk membuang muatan listrik yang tersisa. Jika tidak, maka anda akan tersengat listrik meskipun tv sudah mati. Karena tegangan listriknya sangat besar dibanding tegangan listrik pln biasa.

Pertama. Matikan pesawat tv. Tunggu sebentar beberapa menit agar tegangan yang tersimpan tidak terlalu besar.

Kedua. Siapkan kabel. Bisa menggunakan kabel multimeter atau kabel sendiri dengan penjepit buaya untuk menjepit kabel ground di tv dan menjepit obeng minus untuk di tusukkan kedalam plat anoda yang berada didalam karet kop anoda. Pakai obeng yang batang nya terbungkus plastik agar lebih aman.

Ketiga. Jepitkan ujung kabel ke ground tv. Biasanya berupa kawat spiral yang melingkar ditabung crt. Kemudian ujung satunya tusukkan kedalam karet kop anoda sampai menyentuh plat anoda ditengah sampai terdengar bunyi craaakkk. Biarkan beberapa saat agar tegangan listrik benar-benar hilang. 

Coba anda tusukkan lagi. Jika tidak terdengar bunyi craaakkk lagi berarti tegangan listrik dikop anoda sudah hilang. Sekarang bisa anda lepas kop anoda dengan aman dengan menggunakan tespen. Untuk menusuk karet kop anoda bisa menggunakan obeng atau ujung kabel avometer yang lancip.
Hati-hati sangat berbahaya jangan sampai menyentuh kabel atau obeng pada saat menempelkan ke kop anoda crt. Pegang pada plastik obengnya. Agar aman tidak tersengat listrik.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.