Skip to main content

TV CHINA 14" GAMBAR BLANK MERAH

TV Cina merek Asiatech problem gambar blank merah. Maksudnya gambar keluar warna merah saja. Disertai garis blanking. Kerusakan seperti ini mirip dengan kerusakan tabung CRT. Jadi anda harus hati-hati jika menemui masalah tv seperti ini. Agar tidak keliru menduga bahwa tabung CRT kita yang rusak.

Memang kerusakan tabung CRT bisa saja terjadi. Dan salah satu cirinya juga seperti ini jika terjadi short katoda red. Selain kerusakan tabung CRT masalah ini bisa juga disebabkan karena kerusakan komponen pada bagian rangkaian RGB. Silahkan di cek dulu PCB rangkaian RGB yang posisinya dibelakang tabung CRT.

Setelah dilakukan pengecekan. Ternyata kerusakan disebabkan karena resistor dengan nilai 1K2 (2W) putus dijalur katoda red. Sebelum mengganti resistor. Cek dulu transistor RGB jika ada yang rusak. Ternyata ketiga transistor RGB kondisinya masih baik. Langsung ganti saja resistor 1K2 (2 watt) dengan yang baru. Coba nyalakan tv. Warna sudah keluar semua dan gambar normal kembali. Akhirnya hanya mengganti resistor 1K2 (2W).

Comments

  1. Tv Tabung Samsung Baru Di Ganti Dengan Mesin Tv China, Setelah Di Pasang Gambarnya Jadi Merah,
    Apa sebab Gambarnya Jadi Merah.
    Mohon Petunjuknya. Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk herry sani. Problem gambar merah setelah di ganti mesin cina, biasanya disebabkan settingan RGB tidak sesuai dengan tabungnya. Untuk mengubahnya, maka anda harus masuk factory setting dulu untuk mengadjust R bias, G bias, B bias dan juga G drive dan B drive. Untuk kasus anda, maka coba anda turunkan nilai dari R bias, kemudian lihat hasilnya. Jika dengan cara ini gambar masih merah, cek komponen pada pcb RGB. Jika semua sudah dilakukan dan gambar tetap merah, berarti katoda RGB tabung crt sudah lemah.

      Delete
  2. maaf mas, klo tv china layar blank merah dan ada garis2 putih. bagaimana cara mengatasinya...
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cara diatas mas. Cek resistornya. Jika anda bingung, ganti saja ketiga resistornya dan TR driver RGBnya.

      Jika masih blank merah, berarti short katoda red. Solusinya bisa pakai crt restorer atau pakai tegangan screen sesaat. Caranya lepas solderan pin katoda Red, pastikan bersih daan tidak terkonek dengan jalur pcb, kemudian lepas solderan kabel screen, konek ke pin katoda Red, nyalakan tv sesaat sekitar 5detik, power ON. Setelah terdengar suara crak pada tabung crt, biasanya prosea restorer sudah selesai, matikan tv, dan kembalikan koneksi kabel screen ke tempat asalnya, dan pin katoda red solder kembali ke pcb. Biasanya sudah sembuh. Jika belum bisa diulangi langkah diatas.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.