Skip to main content

MODIFIKASI TUNER TV SANYO

Jumlah pin tuner tv sanyo ini berjumlah 10pin. Yang mana waktu itu saya kesulitan mencari pengganti tuner tv ini karena jumlah pin yang tidak sama. Otomatis saya tidak jadi membelinya kuatir tidak cocok mubadzir. Sempat garapan servisan tertunda gara-gara spare part tidak ada.

Akhirnya coba-coba mencari informasi seputar tuner tv Sanyo belum ketemu juga. Jurus terakhir saya coba pakai tuner tv LG yang berjumlah 8 pin. Hasilnya berhasil. Caranya adalah dengan mencocokkan fungsi pin tuner dan tegangan B+ tuner pakai voltase berapa 5V, 9V, 12V? Kebetulan tuner ini pakai tegangan 5V. Berikut gambar dan fungsi pin tuner tv Sanyo yang di modifikasi dengan tuner tv LG.

Penjelasan fungsi pin dan tegangan tuner tv yang umum dipakai (standart) 7pin :

IF
BM/BT/B+ -> 5,9,12volt
AFC/AFT
SCL -> 5volt
SDA -> 5volt
AGC
BT/VT -> 33volt

Gambar modifikasi tuner dan fungsi pin


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.