Skip to main content

CIRI TR C6090 PALSU

Transistor horisontal C6090 palsu. Mungkin sudah banyak yang ngebahas masalah ini. Tapi tidak masalah kita refresh ulang aja dari pengalaman yang berbeda. Tr tipe C6090 yang biasa dipasang pada tv LG, Polytron dan sanyo ini kadang sering jebol jika diganti dengan transistor C6090 baru.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan diantaranya rusaknya kapasitor resonant dan tr horisontal yang kualitasnya kurang bagus. Bagaimana mengetahui palsu tidaknya tr ini? Ukur nilai hFEnya. Ternyata setelah diukur HFE transistor  palsu ini besar. Berbeda dengan transistor C6090 yang asli HFE nya kecil. Yang asli dari datasheet hfe sekitar 15.

Jadi carilah transistor dengan hfe rendah atau ganti transistor dengan transistor sejenis atau kalau mau mencoba dan meyakinkan bisa diganti dengan transistor untuk regulator misal D2498 atau D1710. Tetapi sebaiknya menggunakan sesuai spesifikasi. Untuk menjaga hal yang tidak diinginkan. C6090 palsu hfe sekitar 54 dan C6090 asli hfenya sekitar 16.

Atau ganti dengan tr horisontal lainnya misal C5296, D2539, D1877, J6810, D2499. Ciri yang lainnya adalah, jika tr palsu ini dipasang, suhu panas tr ini sangat tinggi. Beda dengan tr asli. Jika dipasang suhu panas tr asli sangat stabil hangat. Tentunya banyak faktor lainnya yang menyebakan tr hor ini panas. Selain kapasitor resonant rusak atau berubah nilai. Keaslian tr C6090 juga harus dipertanyakan asli atau tidak?

Comments

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.