Skip to main content

TV POLYTRON MINIMAX 21" MATI TOTAL

TV Polytron Minimax MX5207 problem mati total. Ditandai indikator mati dan regulator bunyi ciiit..... . Menandakan ada beban berat di output regulator. Tv ini menggunakan transistor regulator 7N65C. Tr horisontal MD1803DFH. Menggunakan ic program HBT 00-02G. Ic vertikal AN5522. Dan menggunakan flyback tipe JF0501-19577.

Pengecekan dimulai di B+ flyback ternyata short. Coba lepas flyback dan ukur lagi B+ dengan gnd flyback ternyata normal tidak short. Menandakan fbt baik-baik saja. Lanjut pengecekan tr hor ternyata short dengab GND. Lepas transistor horisontal dan juga flyback. Coba nyalakan tv tanpa transistor horisontal dan flyback. Ternyata regulator sudah tidak bunyi lagi. Berarti sudah normal. Beban output regulator sudah normal. Ternyata masih standby.

Tegangan B+ drop, indikator tidak menyala. Kecurigaan saya tertuju pada ic program. Apakah ic programnya yang rusak? Cek tegangan 5volt supply ic program ternyata drop menjadi 3,5volt. Coba lepas pin B+ ic program. Cek kembali tegangan B+ ic program ternyata masih drop. Cari lagi penyebab tegangan drop ini. Ditemukan transistor A1023 rusak dan transistor C2328 rusak. Cek lagi komponen sekitarnya. Ditemukan diode zener 5,6volt short juga diode zener 5,6volt pada panel tombol depan supply receiver remote. Setelah penggantian komponen tersebut. Ukur lagi tegangan 5volt ternyata sudah normal.

Coba pasang lagi pin B+ ic program. Nyalakan tv. Ternyata masih standby. indikator masih mati. Tegangan B+ 5volt ic program drop lagi. Coba lepas lagi pin B+ ic program. Tegangan normal. Berarti ic programnya rusak. Ukur dengan avometer pin B+ dengan GND ic program ternyata short. Ganti ic program HBT 00-02G ternyata tidak ada yang jual. Meskipun sudah beli di dealer Polytron. Alasannya ic program itu sudah tidak diproduksi lagi dan sudah ada versi terbarunya yaitu ic HBT 00-04G.

Saya tanya apa bisa digunakan sebagai pengganti ic HBT 00-02G ? Jawabnya bisa tapi butuh setting ulang beberapa parameter di service mode. Okelah kalau begitu ic HBT 00-04G saya beli dan saya pasang. Hasilnya tv sudah bisa menyala normal tapi suara hilang.

Buka setting datanya Politron posisi tv stby tekan menu sampai tv nyala masukan code 1014 edit option bit nya sbb HBT-00-04G OPTION0=0100 0001 audio OPTION1=1001 0010 OPTION2=0000 1001 OPTION3=0000 1100 OPTION4=0001 0000 OPTION5=0000 0000 OPTIONLANG 0000 0001.Yang jelas harus dirubah dulu setting audionya biar bisa bunyi. Hanya merubah setting audionya saja tv Polytron sudah normal kembali.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.