Skip to main content

TRIK MENYEMPITKAN DAN MELEBARKAN GAMBAR TV

Trik cara menyempitkan dan melebarkan gambar tv secara horisontal. Bagaimana caranya? Yuk simak selengkapnya.

Anda pernah menjumpai gambar tv kurang lebar samping kanan-kiri? Ini biasanya terjadi disebabkan penggantian defleksi yoke atau flyback yang bukan aslinya, bisa juga karena nilai kapasitor resonant tr hot berubah nilainya. Atau bisa juga karena diganti mesin china.

Setingan lebar horisontal tidak bisa diset melalui service mode. Ada beberapa cara yaitu dengan cara mengganti nilai kapasitor resonant tr hot lebih besar atau lebih kecil atau menggunakan lilitan tambahan yang dililitkan pada ferit flyback. Jika dengan cara mengganti kapasitor resonant tr hot sudah mentok, tapi gambar kurang lebar atau kurang sempit anda bisa mencoba cara kedua. Solusi dengan menambahkan lilitan kawat email pada ferit FBT.

Cara pemasangan :
Buat lilitan pada ferit FBT kurang-lebih 20lilitan (jumlah lilitan disesuaikan untuk mengatur pelebaran gambar).

Cut/potong kabel merah (kabel horisontal) yang menuju ke yoke.

Sambung kabel dari PCB/mesin ke ujung bawah lilitan, kabel dari yoke sambung ke ujung atas lilitan.

Catatan:
Menyempitkan gambar –>arah putaran lilitan berlawanan arah jarum jam.

Melebarkan gambar –> arah putaran lilitan searah jarum jam.

Diantara kedua cara diatas ada satu cara lagi yaitu dengan menambah trafo yoke.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.