Skip to main content

TV GOLDSTAR SOUNDMAX CA-14D22 RASTER GELAP

TV Goldstar 14" soundmax ca-14d22 dengan problem gambar atau raster gelap.

Sempat membuat pusing karena gak ketemu-ketemu penyakitnya. Akhirnya tv saya bawa pulang untuk di opname he..he..he..di periksa lebih lanjut. Nyampek dirumah buka lagi tv cek lagi beberapa komponen mulai bagian abl tidak ada hasil.

Karena sudah mumet istirahat sejenak sambil cari-cari informasi di mbah google belum ketemu juga. Kebanyakan disebabkan masalah di jalur abl. Tapi ini jalur abl normal. Cari lagi akhirnya ketemu sama blognya pak marsonotv. Thanks to pak marsonotv atas tipsnya.

Disitu beliau menyebutkan beberapa poin-poin penyebab kerusakan raster gelap yang kebetulan juga sama menggunakan ic TA8690. Coba satu persatu akhirnya ketemu penyebabnya karena elco 0,22uf/50v rusak di pin 15 DC CLAMP. Setelah penggantian komponen gambar normal kembali. Ternyata kasusnya hanya karena elco 0,22uf kering sehingga menyebabkan gangguan pada pin 15 DC Clamp ic TA8690.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.