Friday, January 9, 2015

MEMPERBAIKI MAGIC COM NASI BERAIR DAN BERBAU

Problem kerusakan pada magic com atau magic jar salah satunya adalah nasi menjadi berair, lembek, berbau dan cepat basi. Apa penyebabnya? Simak lebih lanjut.

Magic com atau magic jar sebenarnya prinsip kerjanya sama yaitu untuk mengolah nasi. Cuma beda diprosesnya saja. Magic com bisa menanak nasi sekaligus menghangatkan sedangkan magic jar hanya untuk menghangatkan nasi saja. Kesamaan fungsi kerja adalah pada saat proses menghangatkan. Sama-sama bisa untuk menghangatkan nasi.

Nah disinilah problem sering muncul diantaranya nasi berair dan cepat basi. Jika ini terjadi jangan buang dulu magic com anda karena masih bisa diperbaiki. Sebenarnya sebagus apapun merek dan mahalnya magic com problem kerusakan seperti ini biasanya terjadi. Nah dengan sedikit langkah mudah berikut anda bisa memperbaikinya sendiri.

Siapkan beberapa alat obeng plus dan minus untuk membuka dan mencongkel tutup bagian atas magic com. Karena penyebab nasi berair biasanya kerena uap air kembali turun ke nasi disebabkan element bagian atas tidak berfungsi. Penyebab element atas tidak berfungsi bisa dikarenakan kabel penghubung putus atau element pemanas sendiri yang putus/rusak.

Silahkan buka tutup bagian atas dengan mencongkel menggunakan obeng minus. Lepas juga tutup samping pada bagian engsel penutup atas. Nah setelah terbuka silahkan coba tarik pelan-pelan kabel penghubung element atas yang kebawah satu persatu. Jika kabel ada yang putus maka kabel akan tertarik keatas. Nah disitulah letak kerusakan silahkan sambung kembali atau ganti dengan kabel baru.

Jika kabel tidak ada yang putus berarti kerusakan pada element pemanasnya. Tapi jangan keburu diganti. Silahkan cek menggunakan avometer. Jika jarum avometer bergerak kekanan berarti element masih baik. Jika tidak bergerak sama sekali berarti element putus silahkan ganti baru.

Thermostat juga perlu dicek jika problem masih belum teratasi. Kerusakan thermosat juga bisa menyebabkan nasi berair dan berbau karena temperatur panas tidak stabil. Jadi bisa anda coba untuk menggantinya. Semoga problem kerusakan bisa diatasi.

17 comments:

  1. Blok yang sangat berguna dan bermanfaat sekali...semoga tetap sehat dan semangat untuk mas Bahar

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Kang magic com ku yo ngunu probleme tp rung tak coba buka, cpt basi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek element atas mas, biasanya rusak tidak bisa panas. Atau bisa juga dari thermostatnya. Atau beli baru he..he..

      Delete
  4. Mas. Pny saya sama cepet basi , tp d cek panasin kosong atas bawah hangat.. ttupnya sprti kurang rapat, kira2 mslhnya dmn ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya dari thermostat kurang stabil. Jadi element kurang panas.

      Penyebab paling sering adalah karena element tutup atas mati atau tidak panas. Jadi uap air kembali jatuh ke nasi, menyebabkan cepat basi.

      Delete
  5. kalau tahanan element pwmanas nya masing2 berapa ohm y??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda-beda mas. Saya gak sempat ngecek berapa ohm tahanannya? Cukup pakai avometer, kalau nyambung ada resistansi, berarti normal, kalau gak nyambung, berarti putus atau rusak elementnya.

      Delete
  6. Artikel yang sangat membantu. Saya kira element penghangat yang terlalu panas sehingga mengakibatkan penguapan yang berlebih.ternyata di bagian tutup juga ada pemanas/element untuk mengatur uap air. Dari gendala-gendala tentang elektronik saya slalu buka solusi lewat artikel agan bahar.dan saya praktikan semua bwrjalan lncr mengtsi masalah yang saya temukn.Terimakasih master bahar. Salam elektro dari temanggung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini mas. Semoga bermanfaat.

      Delete
    2. Iya mas sama-sama. Lagi belajar sound system jadi saya sering mampir di blog agan.

      Delete
    3. Monggo silahkan mas. Jika ada yang kurang jelas, silahkan bertanya di blog atau di g+. Kalau di g+ banyak rekan-rekan yang lain mungkin bisa membantu.

      Delete
  7. mas, gimana cara modif magicom yg gak ada pemanasnya dibagian atas? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya semua magic com itu sudah dilengkapi dengan pemanas di bagian atas mas. Jika memang ada magic com yang belum ada pemanas bagian atas, bisa ditambahkan element pemanas tutup magic com pada umumnya. Sambung paralel dengan elemen samping.

      Saya belum coba untuk cara ini mas, mungkin cocok tidaknya pada tempat tutupnya saya belum tahu.

      Delete
  8. Numpang sharing Setelah setahun pakai Nasi ada yang kering dan sebagian besar berair bodi samping dan tutup saat beroperasi semua hangat dan tempat pembuangan uap terisi sudah dibuang airnya penyebab nasi kering dan berair jarang umumnya kering dan kuning saja atau berair saja ini kombinasi? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tanda kalau thermostat sudah tidak stabil suhunya. Jika thermostat belum pernah diganti, berarti memang waktunya untuk diganti.

      Delete