Skip to main content

SPEAKER SIMBADDA CST 5000N MATI TOTAL

Speaker simbadda cst 5000n dalam kondisi mati total. Tidak ada tanda-tanda kehidupan. Indikator led juga mati. Cek tegangan juga tidak ada sama sekali.

Setelah dibuka terlihat elco 1000uf/16v melembung langsung ganti baru. Cek trafo. Cek lilitan sekunder masih normal. Cek lilitan primer ternyata putus. Ternyata kerusakan disebabkan karena lilitan primer trafo putus.

Bisa anda coba bongkar dulu trafo pada bagian konektornya. biasanya kawat tembaga ada yang putus. Bisa disambung kembali. Jika tidak terlihat ada yang putus, kemungkinan kawat tembaga yang putus ada pada bagian dalam lilitan trafo. Bisa anda gulung ulang lilitannya atau silahkan ganti trafo dengan yang baru.

Jika kesulitan mencari trafo yang sama. Bisa diganti dengan trafo biasa 1 amper yang ada tegangan 9 voltnya. Karena tegangan yang dipakai adalah 9 volt. Cek juga saklar dan kabel biasanya sering putus. Setelah trafo diganti speaker simbadda bisa nyala kembali.

Kadang kerusakan disebabkan oleh hal-hal yang sepele yang biasanya terlewat. Silahkan teliti kembali pasti kerusakan bisa ditemukan.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.