Cara Cek STR F6653 Menggunakan Avometer

Berikut adalah cara mengecek komponen str f6653 menggunakan avometer. Komponen ini adalah komponen utama pada rangkaian regulator tv. Problem yang muncul yang disebabkan kerusakan komponen ini adalah mati total, konslet ditandai fuse sekering putus dan beberapa komponen diode dan zener short. Sebelum mengganti komponen str f6653 ini pastikan semua komponen pendukung dalam kondisi sudah normal semua. Jika masih ada beberapa komponen yang masih rusak dikawatirkan str dapat rusak kembali.

STR f6653 bisa diganti menggunakan tipe STR F6654 dengan daya watt lebih besar. Mengingat harga komponen ini sedikit agak mahal, maka pengecekan komponen secara seksama dan teliti harus dilakukan. Karena jika tidak maka dapat menyebabkan komponen str langsung rusak dan pastinya anda akan bepikir dua kali untuk membeli str lagi karena harganya lumayan mahal.

Cara ini adalah hanya membandingkan hasil pengukuran kaki masing-masing str rusak dan str normal menggunakan avometer. Sehingga didapat hasil pengukuran yang berbeda dan hasil inilah yang akan kita jadikan acuan dalam pengecekan str lainnya. Tentunya cara ini tidak bisa diterapkan pada komponen str dengan tipe yang lain, karena perbedaan kaki dan fungsi masing-masing str.

Langkah pertama set avometer pada skala IK atau 10X. Lebih baik menggunakan skala 1K agar hasil pengukuran lebih terlihat jelas.

Pertama kita lakukan pengukuran pada komponen str rusak.

 Step 1 : Tempelkan probe hitam avometer pada kaki nomer 5, kemudian probe merah tempelkan pada kaki nomer 4. Hasilnya jarum avometer bergerak menunjukkan angka 2 Kohm.

Step 2 : Tempelkan probe hitam pada kaki nomer 5, kemudian probe merah pada kaki nomer 3. Hasilnya jarum avometer bergerak menunjukkan angka 6 Kohm.

Step 3 : Tempelkan probe hitam pada kaki nomer 5, kemudian probe merah pada kaki nomer 2. Hasilnya jarum avometer menunjukkan angka 2,7 Kohm.

Step 4 : Tempelkan probe hitam pada kaki nomer 5, kemudian probe merah pada kaki nomer 1. Hasilnya jarum avometer menunjukkan angka 3 Kohm.

Berikutnya adalah pengukuran komponen str dalam kondisi normal atau baru.

Step 1 : Tempelkan probe hitam pada kaki no 5, kemudian probe merah pada kaki no 4. Hasilnya jarum avometer menunjukkan angka 2 Kohm.

Step 2 : Tempelkan probe hitam pada kaki no 5, kemudian probe merah pada kaki no 3. Hasilnya jarum avometer tidak bergerak sama sekali.

Step 3 : Tempelkan probe hitam pada kaki no 5, kemudian probe merah pada kaki no 2. Hasilnya jarum avometer tidak bergerak sama sekali.

Step 4 : Tempelkan probe hitam pada kaki no 5, kemudian probe merah pada kaki no 1. Hasilnya jarum avometer menunjukkan angka 3 Kohm.

Dari hasil pengukuran diatas didapat dua poin perbedaan pada poin 2 dan poin 3. Yang mana pada str yang masih normal jarum tidak bergerak sama sekali. Kemudian pada str yang rusak pada poin 2 dan 3 jarum avometer bergerak menunjukkan resistansi atau kebocoran. Tidak menutup kemungkinan hasil pengukuran bisa berbeda. Bisa didapat hasil pengukuran short semua atau sebagian pada kaki str. Jika anda menemukan kondisi str seperti diatas, anda tidak ragu lagi untuk membeli str baru. Jika setelah penggantian str baru, tv masih belum bisa menyala berarti masih ada problem atau kerusakan baik pada bagian sekunder trafo regulator ataupun pada bagian primer trafo regulator. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Mau tanga bang, tv politron mati total tapi aku buka mesinnya udah diganti sama tukang servis,
    Aku cek tr hornya juga putus,
    Lha aku liat fbtnya dikasih lilitan banyak sekali sampe full lilitan difbt..
    Kira kira fbtnya pa yg lain bang.
    Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang rusak masudnya bang soalnya cek fbt kn gk tau.

      Delete
    2. Coba ganti fbtnya mas. Kalau dilihat ada lilitan di fbt, itu berarti fbt tidak sesuai dengan aslinya. Usahakan cari fbt sesuai dengan mesin itu mas.

      Delete
  2. Ok bang tnks maknyus aq gnti fbtnya..

    ReplyDelete
  3. bang mo nanya nih, tv ane Lg flat 21" matot, tegangan 300 v di elco 400/220 ada, cuma kok ga keluar ya tegangan yang lain, str w6554a sdh di ganti dan komponen pendukung dah di cek bagus, kira2 masalahnya apa ya bang, mohon petunjuknya bang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada yang konslet pak pada bagian sekunder regulator. Tr horisontal sudah di cek belum? Fbt normal gak? Kalau perlu lepas tr hor can fbt, kemudian cek lagi tegangannya. STR jenis itu jika ada yang konslet gak mau keluar tegangannya.

      Delete
  4. cara mengukur STR-F6267 APAKAH SAMA DENGAN CARA MENGUKUR STR-F6654...INFONYA TRIMS SEBELUM SESUDAH NYA?....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak sama mas. Saya belum coba untuk cek jenis STR itu mas.

      Jika ragu, mending coba ganti saja str yang baru. Andaikan jika salah sasaran, maka bisa kita buat spare komponen.

      Delete
  5. bang mau tanya, apa persamaan STR-G8656 ? seandainya nanti ditoko gak ada kira2 bisa pake gacun gak? untuk toshiba 21 in.
    .

    ReplyDelete
  6. Untuk persamaan STR-G8656 bisa menggunakan dengan STR-G5653. Karena data pinnya sama.

    STR-G8656
    1. Drain
    2. Source
    3. Gnd
    4. V. In
    5. Ocp. F/B

    STR-G5653
    1. Drain
    2. Source
    3. Gnd
    4. V. In
    5. Ocp/FB

    Jadi STR-G5653 kemungkinan besar bisa sebagai pengganti STR-G8656. Karena kesamaan data pin.

    ReplyDelete
  7. siapp master, lain topik ni bang.. tuner baru polytron gak bisa trima siaran padahal tegangan pin normal, udah di servis mode tapi nihil, spesifikasinya sama persis dngn tuner lama, jenisnya PLL juga, mungkin master bisa bantu, trims banyak yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek tegangan VT nya, gerak tidak pada saat searching. Untuk jenis PLL agak susah, karena pakai pin SDA SCL memori. Ada kesalahan input bisa modar.

      Delete
  8. kira2 bisa di modif tuner jenis lain gak ya? tv baru blom setaun dipakai dah sakit tuner bang.. kasihan si empunya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang anda cek dulu, pada jalur tuner tersebut ada pin VT nya gak mas? Kalau ada mungkin masih bisa di modif. Kalau gak ada pin VT nya, maka mau gak mau harus cari tuner yang sama dan yang cocok.

      Bisa saja tunernya gak cocok mas.

      Delete
  9. Mau tanya mas .str 8656 jika probe hitam ke kaki5 dan probe merah ke kaki1 ngak bergerak avo nya berarti rusak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah cek untuk str 8656. Apakah sama dengan str diatas.

      Jadi saran saya sih, beli baru saja, kemudian cek dan samakan dengan str yang lama.

      Delete
  10. Mas minta pencerahaan nya mas lg 21 in.di colokiin skring lsg pecah .apa nya yg shot mas w.str 6554.A udh di ganti..yg baru msh aja konslet ..mas di tunggu balas nya mas ...sblm nya aku ucapkan terimakasih mas susekses selalu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lepas dulu ic strw6554 nya. Bersihkan jalur ic tersebut, jangan sampai ada yang konslet. Kemudian coba colokin listrik lagi, konslet gak?

      Kalau konslet, berarti ada masalah di diode dan elco 400v.

      Atau ada masalah di rangkaian degausing nya.

      Delete
  11. Mas mau tanyak.sharp.jadul pake str f665 ni tv mau star hitungan detik langsung drop led jg mati biasa nyak bagian psu apa sekunder iya maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada jalur atau solderan kendor. Coba solder ulang dulu semua bagian. Untuk memastikan hal tersebut, harus dilakukan pengecekan tegangan sekundernya mas. Apakah memang benar drop, terutama tegangan b+115v. Atau ada beberapa tegangan saja yang drop. Komponen yang bisanya sering bermasalah adalah elco, baik pada bagian sekunder atau primer regulator.

      Delete
  12. sudah resoldering, yg buat lucu elco kering protect tak ganti elco baru , tv nyala gambar hilang seperempat bag kiri.
    tak cari lagi elco yg drop langsung tk ganti..
    eeeeee tv ne malah matot.
    meh ganti str kok hargane mahal padahal tv tua 😧😧

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti gacun saja mas. Memang kalau mesin tua, kebanyakan agak sulit diperbaiki. Kalau sudah rusak parah he..he..

      Delete
  13. Kemungkinan sama cara ceknya dengan strw6653 diatas mas. Coba saja.

    ReplyDelete
  14. Mau nanya jg mas,, tv jvc k21t. Tegangan b+ bergerak dari 90v naik ke 120v.turun lagi 90 ke 120.terulang terus seiring led power berkedip dan bunyi tik dari trafo.semua tegangan berdetak mas.tr hor blm sy pasang.
    Penyebabnya apa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin itu tipe tv yang menggunakan tegangan boostrap pada flybacknya. Atau memang masih ada masalah di regulatornya. Atau ada sistem protek regulator, yang menyebabkan tegangan b+ jadi turun. Jika protek, maka tr horisontal harus dipasang.

      Delete
  15. bang sy ada tv 29 inc kl stanby di on.lampu cm nyala merah hijau bang.kr2 apa mslhnya bang?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led