Skip to main content

CARA MENENTUKAN KAKI B,C,E TRANSISTOR JENGKOL 2N3055 DAN MJ2955

Berikut cara menentukan kaki B, C, E transistor jengkol 2N3055 dan MJ2955. Banyak tipe tr jengkol yang lain misal MJ15004 dan MJ15003 dan tipe jengkol yang lain yang kaki B, C, E sama. Cara ini untuk memudahkan menemukan kaki transistor jengkol sehingga anda tidak keliru dalam memasang kaki B, C, E pada PCB driver power amplifier.

Kaki pada transistor jengkol sebenarnya sama dengan kaki transistor pada umumnya. Perbedaannya hanya pada posisi kaki transistornya saja. Transistor biasa kaki b,c,e nya berjejer dengan 3 kaki, kalau transistor jengkol kaki b,c,e nya berada di bawah dengan jumlah kaki hanya 2 Basis dan Emitor, kaki Colektor ada pada bodynya. Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambar dibawah ini.


Pada gambar terlihat tr jengkol dalam posisi menghadap dari bawah. Kaki posisi paling kiri adalah kaki Basis dan kaki posisi paling kanan adalah kaki Emitor. Perlu diperhatikan posisi yang benar untuk melihat kaki b,c,e nya adalah kaki yang sejajar paling dekat dengan lubang baut berada diatas. Silahkan lihat gambar dengan seksama. Berlaku baik untuk tr 2N3055 maupun MJ2955 sama posisi kakinya.

Dengan mengetahui kaki B, C, E transistor jengkol yang benar, maka diharapkan anda tidak keliru lagi dalam pemasangan kaki tr jengkol baik dalam posisi diparalel atau langsung dipasang pada pcb driver power amplifier baik menggunakan kabel atau tidak. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.