Cara Memperbaiki Power Bank tidak Bisa Ngecharge HP

Berikut adalah cara memperbaiki power bank tidak bisa ngecharge hp. Jika berbicara tentang gadget smartphone, sekarang tidak lepas yang namanya power bank. Seiring semakin banyaknya pengguna smarphone dan semakin seringnya durasi online menyebabkan baterai hp cepat habis, dan orang tidak mau menunggu lama hanya gara-gara menunggu mengisi baterai hp. Dengan adanya fenomena itu, maka penggunaan power bank sepertinya sudah menjadi barang wajib bagi pengguna smartphone dengan mobilitas yang tinggi dan tidak ada waktu untuk ngecharge hp dirumah.

Berbagai macam merk dan kapasitas tersedia. Karena penggunaan power bank yang nyaris sehari-hari, maka power bank juga  rawan sekali rusak. Beberapa kerusakan yang sering terjadi adalah power bank mati, tidak bisa di charge, baterai drop. baterai melembung, tidak bisa mengisi hp, dan kerusakan lainnya. Beberapa kerusakan power bank sebenarnya masih bisa diperbaiki jika anda mau dan teliti. Jadi anda yang punya power bank rusak, jangan buang dulu siapa tahu masih bisa diperbaiki? 

Kemarin pas kebetulan lagi ada kerjaan power bank xiaomi dengan kerusakan tidak bisa ngecharge hp. Kondisi lampu indikator masih menyala normal dan proses pengecasan atau pengisian power bank masih bisa dan normal. Jika anda menemui problem power bank seperti ini, bisa anda perbaiki sendiri. Berikut cara memperbaikinya.

Langkah pertama, anda buka dulu casing power bank. Saya tidak menjelaskan cara membongkarnya bagaimana? Yang penting baterai dan pcb komponen dapat keluar dan terlihat. Karena setiap power bank cara membukanya juga beda-beda. Untuk power bank xiaomi, karena casingnya terbuat cari almunium, cara membukanya adalah dengan cara mendorong ke salah satu sisi hingga bergeser dan terlihat baterai dan pcb komponennya. Untuk lebih jelas lihat gambar.

Pada gambar terlihat posisi pcb komponen dan baterai sudah tergeser, kalau sudah seperti itu tinggal kita cek satu persatu problem kerusakannya ada dimana? Jika power bank tidak bisa ngecas atau mengisi baterai hp, biasanya problem ada di konektor usb yang bermasalah. Bermasalah disini biasanya konsisi solderan konektor usb lepas atau kendor. Dimana posisi usb konektor dan bagian mana yang perlu di solder ulang? Silahkan lihat gambar berikutnya.

Pada gambar terlihat pcb komponen. Ada area saya beri petunjuk dan lingkari merah. Di area itulah anda perlu solder ulang. Hati-hati konslet antar pin konektor usb pada saat penyolderan. Lebih baik sebelum anda solder ulang konektor usb, jalur baterai ke pcb komponen anda lepas dulu, untuk menghindari terjadinya konsleting yang berakibat kerusakan komponen. Jika sudah disolder ulang anda cek kembali pin kaki konektor apakah sudah bersih dari timah solder? Jika sudah yakin sudah bersih, sambung kembali kabel baterai ke pcb komponen dan siap dicoba. Silahkan tes dalam kondisi terbuka terlebih dahulu untuk memastikan rangkaian sudah bekerja.

Pada gambar terlihat proses pengecasan sudah masuk. Jika rangkaian sudah bekerja, casing power bank bisa ditutup kembali. 

Pada gambar terlihat proses charge hp dalam kondisi handphone off dan terlihat charge sudah masuk. Perlu dipahami bahwa cara ini hanya salah satu cara memperbaiki power bank tidak bisa charge hp dan belum tentu problem sama dengan power bank anda. Baik dari segi kerusakan dan cara memperbaikinya. Cara diatas adalah kondisi kerusakan power bank yang sering terjadi dan penyebab kerusakannya karena konektor usbnya. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Makasih gan ane bisa lagi ^_^ mantap jiwa :D semoga jaya gan, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims juga sudah berkunjung mas.

      Delete
    2. Mas klo power bank buat cas hape dayanya masuk tapi batrei hp tidak bertambah itu knapa ya ..????

      Delete
    3. Coba ganti kabel chargernya mas.

      Delete
  2. Replies
    1. Power banknya merek apa mas? Kalau lampu gak nyala, cek kabel baterai ke modul. Jika semua ok, berarti ic control modul rusak. Tidak bisa diperbaiki.

      Delete
    2. Merk pb sya hippo mas ngcarg hp gak bsa lampu gk hidup. Apa mslhnya mas ? Bantu

      Delete
    3. Maaf baru balas. Coba anda bongkar pbnya, cek kabel baterai ke modul, jika putus, sambung. Jika tidak putus, maka bisa dicoba dengan melepas salah satu kabel baterai, kemudian konek lagi, jika masih problem, berarti ic kontrol/modul rusak, tidak bisa diperbaiki selain ganti modul.

      Delete
  3. power bank tronsmart ku kok sdh gak fast charging lagi saat dipakai,,, cara memperbaikinya bgmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komponen pada rangkaian power bank ada yg lemah/menurun. Atau ic controlnya lemah, tidak bisa diperbaiki. Bisa juga kualitas kabel chargernya jelek. Coba pakai kabel charger yg bagus.

      Delete
  4. Mas mau nanya powerbank ku xiomi slim ga mau di cas ke hp ataupun dari listrik ke powerbanknya. Itu masalahnya apa yah mas makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek saja dulu kabel penghubung dari baterai ke modul rangkaian power bank, putus apa gak? Jika semua normal, berarti rusak ic controlnya, tidak bisa diperbaiki, selain ganti modul rangkaian. Lagi musim mas power bank rusak ic controlnya, padahal bermerek he..he..

      Delete
    2. Bang mau tanya, kalo power bank nya pas ngecas putus terus nyambung lagi terus putus lagi, nyambung lagi. Itu kenapa ya bang? Mohon pencerahannya bang.

      Delete
    3. Coba ganti kabel chargenya. Jika masih problem, coba solder konektor usb power banknya, seperti cara diatas. Jika semua cara sudah dilakukan, berarti ic control rusak, gak bisa diperbaiki.

      Delete
  5. Saya pernah make pb merk bcare 7800, baru 3 kali pake padahal. Pas saya charge lampu indikatornya mati, tapi masih ttp bisa ngecharge hp. Itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Problem ic controlnya. Selama bisa ngecharge, pakai saja.

      Delete
  6. Gimana ya kk cara ngebuka casingnya kk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sulit ya he..he.. Disitu kan ada bagian atas dan bawah, ada lapisan plastik putih, lapisan itu dibuka dulu, nanti akan terlihat 4 baut kecil, buka 4 baut itu, ada 4 diatas dan 4 dibawah, buka semuanya. Kemudian dorong kesalah satu sisi, sampai terlihat komponennya. Ingat proses ini sedikit sulit, karena ada lem perekatnya.

      Delete
  7. mas pb saya dicas lampu nyala tp daya powerbank tidak bertambah. solusi bagaimana ya hehe makaaih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek saja dalamnya, mungkin ada kabel baterai putus yang menuju rangkaian kontrol. Bisa juga chargernya yang kurang besar ampernya mas. Kemungkinan terparah rusak ic kontrolnya, gak bisa diperbaiki.

      Delete
  8. power bank saya jadi tidak bisa charger hp, trus lampu led power bank nya menyala terus, gara2 charger power bank pakai casan konslet padahal cuman bentar..
    kira2 rusak apanya dipower bank tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rusak ic controlnya mas, tidak bisa diperbaiki. Tapi jangan dibuang dulu power banknya, baterainya bisa anda ambil, kemudian anda bisa beli chasing power bank lengkap dengan rangkaian kontrolnya. Atau anda belikan rangkaian kontrol power bank, tapi harus modif tempatnya, karena colokan gak sesuai dengan chasing.

      Delete
    2. Kak.. Powerbank saya Zenpower Pro, waktu ini jatuh lalu led ngedip" terus nggabisa dipake ngecas atau di cas.. Di user manual dikasi tau kalo ngedip, pasang ulang kabel di powerbank. Tapi ngga ada pengaruhnya..
      Sampe sekarang masih sama gitu.. Kalo di cas, lednya ngedip kalo dilepas, mati. Nggabisa dipake ngecas..

      Bantuannya kak..

      #slim

      Delete
    3. Kalau jatuh, biasanya ada kabel atau jalur di pcb yang putus. Sulit untuk mencari titik kerusakannya jika sudah seperti itu.

      Delete
  9. Mas power bank saya tidak bisa ngecas HP, tapi di cas nyala. Mungkin karena pada waktu di cas kabel USB untuk ngecas tidak saya copot.. itu gimana yah ? apanya yang rusak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Coba solder ulang konektor usb power banknya.

      Delete
  10. gans mau tanya saya pnya dua pb tpi dua2 nya engga msk itu knpa yah gans

    ReplyDelete
  11. gans mau tanya aneh kan pnya dua fb dan dua2 nya itu engga bsa di cas itu knpa yah?? kali tau jwban nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya problem di konektor Socket mini usbnya, karena solderan kendor dan tidak terlihat. Coba solder ulang pin konektornya. Tapi agak sedikit sulit mas, jika pakai solder biasa, karena jalur pinnya sangat kecil. Jadi hati-hati konslet antar pin, jika sudah konslet antar pin, susah untuk dibersihkan. Solder yang cocok adalah pakai solder uap atau blower.

      Delete
  12. Power bank saya ngecas k hp bisa,ngeces power bank nya dari listrik ga bisa knp ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konektor mikro usb nya bermasalah, mungkin solderan kendor, perlu di solder ulang.

      Delete
  13. Maaf mas, mau nanya juga, PB saya waktu dihidupkan hidup led nyalas semua tpi dpt beberapa detik langsung mati, padhal sudah saya charger PBnya, gmna ya solusinya, trima kasih

    ReplyDelete
  14. Bang ane mau tanya, cara ganti tombol power nya yg rusak gimana???
    Pb ane merek Xiaomi 10400 mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tinggal ganti saja mas. Masalahnya spare part tombolnya itu yang gak ada gantinya he..he..

      Delete
  15. Tombol nya sudah jebol
    Mohon pencerahannya😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena gak ada spare partnya, saya biasanya mengganti pakai tombol tv, yang biasa dipakai untuk tombol channel dan vol. Tapi ya memang gak bisa pas di pcbnya, tinggal akali saja pokoknya tombol bisa nempel di casing power bank. Ada 2 jalur koneksi, tinggal sambung saja, bolak-balik gak masalah.

      Delete
  16. Enter your comment...powerbank sya bcare 7800 mah, klo pas di input daya lampu indikatornya udah full tuh wh tapi giliran charging hp lampu indikatornya malah kedap kedip tanda low gtu dan gabisa charge hpnya gliran di isi daya lagi lampunya nunjukin full itu knpa ya? tks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanda baterai sudah drop. Silahkan coba ganti baterai baru. Tapi harga baterai sama kayak beli power bank baru he..he.. Jadi pilihan terserah anda. Kalau menurut saya, mending beli PB baru. Saya pernah mengganti baterai PB baru, problem teratasi, tapi harga baterai sekitar 15rb per biji. Tinggal lihat pakai berapa baterainya.

      Delete
  17. powerbankku Vivan Mas, pas aku pake ngecharge hp, indicator di hp nyala (keluar logo petir)
    tp persentase baterai gak mau bertambah, lama kelamaan malah berkurang...
    jadilah ane diledekin ma temen2 ane, katanya hape ane ngecharge powerbank Gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he.. Biasanya sih dari kabel charger yang kurang bagus. Coba ganti kabel charger yang agak bagusan. Di coba dulu ya..

      Delete
  18. Kang,mau nanya nih.kenapa power bank aku,cepet full nya tapi dicolok ke hp gak ngecas...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Power banknya merek apa mas? Coba cek socket usb power bank, biasanya solderan lepas, coba solder ulang. Jika sudah, masih problem, berarti ic kontrol rusak, gak bisa diperbaiki, selain ganti modul power bank.

      Delete
  19. Mas mau tanya nih kenapa yah power bank saya di cas gak mau penuh2 malah jadi panas power bank nya.boleh di bantu mas kenapa yah.makasih

    ReplyDelete
  20. Bos pb saya tadi kecebur air tpi bntar doang langsung aku angkat.hbis itu g nyala di on indikayornya g mau nyala.. kira2 apa yg rudak dan bisa di perbaiki g y.. thx..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dibongkar dan dikeringkan dulu. Lepas dulu kabel baterai ke pcb rangkaian, agar tidak konslet. Keringkan pcb sampai benar-benar kering, baru sambung kembalu kabel baterai ke pcb rangkaian. Jika sudah dikeringkan, tetap gak bisa, berarti modul pcbnya rusak. Tapi baterai mungkin masih bagus dan dapat digunakan.

      Delete
  21. bang begini.. saya baru beli pb merk qva (pabrikan oppo) 10000mah. Pertama x ane ccas sampai penuh, lampunya nyala semua. giliran pas saya coba nge tes charge hp saya pake pb itu gk bisa bang. Saya kira karena belum full charge. trus saya tunggu lg samapi 5 jam. Hasilnya ttp sama. Hp saya ttp gk bisa bang di charge pake powerbank itu. Kemudian saya coba charge lg pb nya lalu saya cabut lg, pas lampunya masih nyala nyala, saya coba sambungin ke hp saya, eh bisa bang. tp saat lampunya udah mati gak bisa bang. terus bang, pb nya itu bisa connect ke hp abang saya, tp saya tidak:(. Jadi saya berpikir masa pb nya hanya tidak bisa disambung oleh hp saya. oh iya, lalu saya coba pake powerbank abang saya bisa bang. kira2 masalahnya apa ya bang? apa memang gk semua powerbank bisa diaktifkan oleh hp saya ya bang? tolong ya bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa hp memang gak support beberapa PB. Entah itu beda jalur atau tegangannya beda. Kalau beda jalur, gak akan konek hpnya. Kalau tegangan beda, biasanya kadang konek kadang gak, kadang putus sendiri. Kalau menurut saya, mungkin tegangan PBnya tidak sesuai dengan hpnya. Meskipun ada tulisan 5V, tapi out tegangan pb bisa kurang bisa lebih. Nah hal tersebut yang kadang membuat hp gak bisa di charge. Mungkin pb punya abang anda, teganganya pas, sehingga bisa konek.

      Delete
  22. Mas mau nanya, saya baru beli powerbank vivan m11 11000mah. Pb tidak jatuh atau tercelup air,pada saat di charge lampu indikatornya tidak menyala jadi saya coba dipakai charge hape saya tapi setelah saya tekan tombol power lampu indikator tetap tidak nyala dan tidak bisa charge hape. Padahal terakhir saya pakai masih bisa menyala dan masih full. Kenapa yah mas? Bisa dibetulin ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Problem di modul power banknya. Biasanya bisa di restart dengan cara melepas kabel baterai ke modul beberapa saat, kemudian dikonek lagi. Jika tetap tidak bisa, berarti rusak modulnya. Bisa dibetulin, selama baterainya masih bagus, tinggal belikan modul power bank baru. Modul yang lama buang.

      Delete
  23. Saya punya power bank. Ketika di charge pb nya lampu indikator berjalan. Tp ketika ditekan tombol on off nya tdk bisa. Kira2 kenapa ya... mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi pada saat pengecasan bisa penuh gak? Kalau bisa penuh, bisa dari tombolnya yang rusak, bisa diganti dengan tombol lain kalau gak ada. Kalau tidak bisa penuh, berarti baterainya yang rusak atau modul rusak.

      Delete
  24. Power bankku padahal full tapi baru saya hubungkan ke hp tiba-tiba PBnya sering mati sendiri dan harus dicas lg, waktu dicas jg langsung full saya hubungkan hp lg drop lg, minta sarannya boss, matur thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baterai power banknya minta ganti. Atau modulnya rusak. Coba ganti baterainya.

      Delete
  25. PB saya merk Samsung ga bisa isi data dari listrik ...apanya y bg yg rusak ... Minim elektrik gan respon y mkshh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa konektor chargenya kendor atau rusak. Coba solder ulang atau ganti konektor. Jika memang kesulitan bisa ganti satu set modul power bank baru.

      Delete
  26. power bank saya ketika di cas barengan 2 hp , tiba tiba mati sendiri , type power bank hippo viure 20000 mAh
    kenapa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi baterai lemah, gak kuat untuk charge 2 hp sekaligus. Bisa juga dari modulnya rusak. Kalau pb baru, paling sering rusak modulnya.

      Delete
  27. Powerbank mi pro saya , auto discharge gan , kadang saya lihat udh mati , terus saya tekan di tombolnya aktif lagi , kenapa ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin chargernya kurang gedhe ampernya atau bisa juga dari kabel chargernya jelek. Coba ganti charger dengan 2A dan kabel yang bagus, kalau masih seperti itu, berarti kerusakan pada modulnya.

      Delete
  28. Mas mau nanya, PB aaya mereknya dellcom, ada bbrpa masalah mas, pertama pb saya punya 2 slot tapi yg satu tidak bisa dipakai buat nge cas hape saya, lalu maslah ke dua ini PB saya saat dipakai nge cas hape malah batre hape saya turun kaga naik, jadi ga nge cas hape saya sama sekali, mohon bantuannya mass

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Socket usb di power bank kendor.
      2. Bisa juga disebabkan solderan socket usb di power bank kendor. Bisa juga disebabkan karena kabel charge kurang bagus. Coba ganti pakai kabel charge yang bagus.

      Delete
  29. mas saya power bank miniso,jadi power bank nya bisa di chas tapi gabisa mengisi ke hp,itu knp ya?bantu jawab ya,terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa disebabkan socket usb pada power bank solderan lepas, seperti kasus saya diatas. Coba anda cek dulu, dengan cara membongkarnya, dan cek solderannya.

      Jika ternyata solderan masih baik, tapi tetap gak bisa ngecharge, biasanya rusak di modulnya atau rangkaiannya. Maka tidak bisa diperbaiki selain ganti modul power bank.

      Jika baterai masih bagus, maka anda bisa belikan modul power banknya saja. Banyak dijual di toko online.

      Delete
  30. Mas, saya punya power bank awalnya bisa nyala kemudian dicoba untuk charge hp kawan saya yg katanya tdk bisa di charge .. tetapi setelah dicoba bukan saja hp kawan saya yg tdk bisa nyala malah power bank saya ikut tdk bisa nyala .. itu kenapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda charge menggunakan charge lain, kalau bisa charge 2A. Jika pb bisa ngisi, tinggal coba pb buat ngecharge hp, apakah bisa? Jika tetap tidak bisa, berarti rusak di modulnya, gak bisa diperbaiki, selain ganti modul power bank.

      Tapi coba anda pancing dulu berualang-ulang, dengan cara di charge sampai pb bisa ngisi.

      Delete
  31. powerbank xiaomi pro 100000mah kalau dicharge malah nyala ke4 lampunya dan gak penuh2 tp digunakan buat ngecharge hp malah gak bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling sering rusak modulnya mas. Baterai jangan di buang. Belikan modul pb banyak dijual online. Yah kalau gak mau ribet, ganti baru saja he..he..

      Delete
  32. Assalamua'alaikum bang, ane punya punya PB awal nya di cas pke casan biasa normal tp berhubung casan hp ane gk bawa mau gk mau ane pinjem pake casan temen tp kpalanya mirip desktop ada port USB nya buat ngcas, trus knapa tiba2 PB ane malah panas trus lampu indikator pengecasan jalannya ngaco trus gk lama PB ane kluar asap langsung ane cabut stop contak, alhasil PB ane rusak gk bisa ngisi tp di cas PB nya mah normal, apakah yg jebol itu ic control nya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada komponen atau ic modul terbakar. Itu karena tegangan dan arus charge yang tidak sesuai.

      Tapi selama masih bisa dipakai normal, ya gak masalah. Pakai saja mas.

      Delete
  33. Mas saya punya pb m.power nya kadang normal kadang gk normal.yg gk normal ny pas ngecharher ke hp mengisi trus terputus pengisian dri hp.trus sya cabut soket ny dri hp sya pasang lgi ke hp.ngisi lgi.pas 10 detik trputis lgi.di cabut dn pasang lgi ngisi lgi.bgtu strus ny.klaw itu ap penyakit ny...kdang klaw di biarin 3 hri fk di pake dia normal klaw di charger kehp

    ReplyDelete
  34. Mas saya baru beli pb merk lucky, tulisannya sih auto discharge, tapi kok gak berfungsi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mungkin cuma tulisannya doang mas he..he.. Menurut saya sih gak masalah mas, selama pb masih bisa dipakai dan bisa dicharge. Meskipun auto discharge gak fungsi.

      Delete
  35. Hp ku di charger pakai pb merk 'vizz' lampu nya nyala trs masi banyak juga daya pb nya, tp baterai hp ga nambah, knp ya? Tlg dibantu, makasih:')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti dulu kabel charger dengan yang bagus. Atau coba pakai kabel charger lain. Jika masih gak bisa nambah, berarti pb nya drop.

      Delete
    2. Makasi:) ternyata kabel nya udah rusak, pdhl masi mulus

      Delete
    3. Penampilan kadang memang menipu he..he.. Maka harus coba diganti dulu kabelnya, baru tahu kerusakannya he..he..

      Delete
  36. Maf mau tanya gan,saya memakai PB romoss dengan 4 indikator,saat buat ngecas hp sudah berkedip tanda habis,tapi pas PB dicas kok indikator di PB sudah 2,itu kenapa ya gan...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon Maaf baru balas he..he.. Kelewatan.

      Bisa jadi baterai sudah drop atau lemah.

      Delete
  37. Semua pertanyaan di jawab,,salut ane bang,,,semoga menjadi amalan jariah,,,,saya bisa jadi kayak abang gak ya???:"/,,,selin ini jenegan ada situs apa lagi bang,,,mintak emaiil ap no wa boleh??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn. Bisa saja mas, asal anda sesuaikan dengan bidang keahlian yang anda kuasai.

      Situs lain gak ada mas. Media komunikasi hanya lewat koment blog dan g+ saja mas.

      Delete
  38. Keren bang, semua terjawab, dan semua real fact.
    Sukses terus 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
  39. Mas, pb saya juga mi tapi yg tipis. Kalau di cas itu kedip sekali trus hbs itu kedip beberapa kali bru kedip sekali lagi.kalau di pke cas hrs di pas in biar baterai hp ke isi. Ke geser dikit kdg nggk masuk. Bagaimana ya mas bnrnnya? Kalau mas daerah yk bantuin saya.😊

    ReplyDelete
  40. Pernah kebanting ponakan saya pbnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan problemnya sama kayak diatas. Yaitu problem solderan kendor pada konektor pb nya. Ini sering terjadi pada sebagian pb, karena kualitas solderan yang kurang bagus.

      Sehingga jika terkena goncangan atau benturan pada pb, solderannya bisa lepas sendiri. Dan biasanya tidak terlihat mata. Sehingga coba saja dulu solder ulang pada konektor pb nya.

      Delete
  41. Mas mau nanya. Kemarin pb saya taruh didalam tas. Setelah saya keluarkan tiba2 pb nya panas. Kemudian tidak bisa dipakai/mati. Itu juga tidak bisa dipakai setelah dicas. Mohon bantuanya ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin modulnya rusak mas. Karena kepanasan. Gak bisa diperbaiki, harus ganti modul pb nya.

      Delete
    2. Mas kalau power bank merek veger cara bukanya gimana ya?

      Delete
    3. Mohon maaf belum tahu mas. Karena belum pernah bongkar.

      Delete
  42. Mas pb saya merk wellcomm dan baru seminggu dipakai udah gk bisa dicharge lagi, memang saya sering colok lepas kabel chargenya, solusi mas

    ReplyDelete
  43. Mas pb saya merk wellcomm dan baru seminggu dipakai udah gk bisa dicharge lagi, memang saya sering colok lepas kabel chargenya, solusi mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin memang konektornya bermasalah. Bisa jadi solderannya lepas. Atau memang konektornya yang rusak.

      Delete
  44. mas sy punya 2 PB
    1. MEREK HIPPO ICY JADE 5800mah masalahnya itu powerbanknya terisi sampai penuh tapi pas dicas kehp, powerbanknya tidak mengisi ke hp,itu knp?
    2. Merek Xiaomi 12000mah pernah masuk saos dikonektor usbnya trus sy bersihkan sy cas ada asap keluar dan bau hangus itu knp?
    apa solusi dari ke2 powerbank saya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak bisa menjelaskan secara rinci kerusakannya. Hanya sebatas kemungkinan kerusakan yang sering terjadi pada power bank. Jadi bisa saja dugaan saya bisa salah.

      1. Kemungkinan socket usb pada PB rusak atau solderannya kendor. Dalam hal ini harus bongkar PB untuk mengeceknya.

      2. Kemungkinan ada komponen short di modul PB nya. Jika memang sudah tidak bisa dipakai, berarti modul PB nya rusak. Solusi ganti modul PB.

      Tapi yang menjadi kendala sampai saat ini adalah biaya untuk beli komponen dan beli PB baru tidak beda jauh he..he.. Jadi silahkan pilih untuk memperbaiki PB atau beli PB baru.

      Delete
  45. Kang, saya punya Powerbank Solar Cell 8000mAh. Powerbank-nya sudah saya charge sampe penuh tuh. Di charge pake listrik sampe penuh udah, di charge dijemur matahari juga udah penuh. Tapi kenapa ya waktu saya pake ngecharge HP setiap 10 detik lampu indikatornya berkedip dan terputus ngecharge ke HPnya. Kenapa ini bisa terjadi? apa troblenya ya?
    Saya tunggu jawaban ya Kang..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih belum pernah pakai power bank jenis itu, jadi belum tahu jeroannya.

      Menurut saya mungkin amper PB gak kuat untuk beban HP nya.

      Delete
  46. Pb saya merk miniso mas, bisa dicharge tapi kalau ngecharge pake pbnya itu lama sekali, 1% itu bisa 15 menit. Kira2 kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti kabel chargernya mas, pakai yang bagus.

      Delete
  47. Mas. Power bank saya Xiaomi Gen 2
    Kan udah saya isi penuh tuh. terus saya mau cas ke hape saya pake powerbank kan. lampunya sih nyala kayak biasanya tapi hp saya gak bertambah casnya. saya coba di hp lain sama aja. usb nya jga udh saya ganti. itu gmn ya mas?
    dan cara buka powerbanknya gmn?
    makasih

    ReplyDelete
  48. Mas saya punya power bank smart hp yang bisa mengetahui isi batre pb brpa persen.. Masalahnya knapa ya di cas gak ngisi , pdhal tersambung dan nyala , smuanya nyala..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti dulu dengan charger lain mas. Coba ganti juga kabel chargernya.

      Pengalaman PB saya gak bisa ngisi, padahal nyala, tapi gak ngisi. Setelah mencoba beberapa charger dan kebelnya, akhirnya ketemu salah satu charger dan kabel yang bisa ngisi PB saya tersebut. Saya juga heran kenapa bisa begitu he..he.. Mungkin saja kabelnya pas bagus dan amper chargernya besar. Jadi coba-coba dulu pakai charger lain mas, siapa tahu bisa.

      Delete
  49. Mas saya punya powerbank robot RT500 11000 mAh, lampu indikator-nya ada 4..
    Lampu indikator ke 1 & 2 mati..
    Cara benerinnya lgi mana ya mas?

    ReplyDelete
  50. Mas PB sya, merek Xiaomi, kalau di pake buat CAS hape cuma nambah 5%.padahal baru beli itu knapa ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti kabel chargernya pakai yang bagus mas.

      Delete
  51. Sudah ka saya CAS pake casan ori, tapi tetep kira2 apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan terparah bisa modul PB nya bermasalah. Tapi perlu dicoba disolder ulang konektor charge PB nya. Biasanya koneknya kurang bagus.

      Atau coba charge pakai charger 2A.

      Delete
  52. Mas power bank veger 25000 Mah ngga bisa ngecas, kira2 apa yah?
    Gimana cara buka casing pb veger yg saya punya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dari socket usb solderannya kendor atau lepas.

      Cara buka casing, saya belum pernah bongkar mas. Tapi saya lihat diinternet, ada dua lapisan plastik atas dan bawah. Nah mungkin bisa dicongkel lewat bagian titik temu kedua sisi lapisan tersebut.

      Delete
  53. Mas, klo powerbank saya ga bisa di charger tapi pas saya coba charge ga bisa ke charge, tapi pas saya cabut kabelnya dari colokkan, lampu indikatornya nyala sekilas. Itu masalahnya apa ya mas d i power bank saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Power banknya lama atau baru mas? Mungkin bisa disebabkan konektor charge nya solderan kendor. Tapi biasanya yang sering rusak itu modul PB nya.

      Delete
    2. Baru sebulan saya beli mas. Power bank saya merknya robot model RT7200, waktu itu power bank saya kena air hujan

      Delete
    3. Sepertinya ada yang koslet mas di modul PB nya. Kemungkinan yang terjadi bisa saja short komponen dan jalur putus.

      Anda bisa cek modulnya, apakah memang terkena air atau tidak? Untuk melihat modulnya, maka harus dibongkar mas PB nya.

      Delete
  54. Pb saya merek xiaomi yg slim mas,tulisanya sih 60000 mAh tapi dipake buat ngecas cuma ngisi 40% padahal udah di cas sampe full,pas habis terus saya cas lagi tapi sebentar terus full lagi...kira² masalahnya apa ya dan kalo ganti batrai harganya berapaya.....
    Pliss tolong pencerahanya

    ReplyDelete
  55. Maaf mas mau tanya, PB saya di charger ngga ngisi daya si itu gimana ya? Waktu itu pernah kehujanan udah jadi terus pernah jatuh.. Lah kemarin baru berapa menit pake malah udah ngga bisa di charger juga ngga ngisi2.. Merek WKK 5200 mAh.. Mohon pencerahan mas 🙏

    ReplyDelete
  56. Mas PB ane kok pas di cas ke listrik ga masuk", as dicopot juga kedip" terus
    Tapi kalo di cas masuk
    Dan kalo didiemin habis sendiri kenapa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan baterainya sudah soak atau ngedrop mas.

      Delete
  57. Selamat pagi mas,
    Saya punya PB Robot RT-G3 11000 mah. Baru 5 bulanan pakainya. Tiba2 2 hari ini di charge tidak mengisi. Dan dicoba untuk charge ke hp juga tidak bisa mengisi, juga biasanya ada lampu indikator yang menunjukkan sisa kapasitas PB juga mati. Saya nggak ngerti juga cara bukanya hehe. Minta tolong kira2 kenapa ya PB saya ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kemungkinan ada jalur yang putus didalam. Mungkin pernah jatuh, sehinga komponen atau kabel ada yang lepas. Untuk mengeceknya harus buka PB.

      Jika ternyata tidak ada yang putus kabel atau jalurnya, Anda bisa coba restart PB dengan cara melepas kabel positif baterai beberapa saat, kemudian sambung lagi. Kalau hasilnya ada reaksi dan PB bisa nyala, berarti PB nya error. Tapi kalau setelah direstart PB tetap gak mau nyala, berarti ada kerusakan komponen di bagian modulnya.

      Kalau sudah kena modulnya, sudah gak bisa diperbaiki lagi, selain ganti modul PB.

      Delete
  58. Mas, power bank ku lagi di cas sore seharuse tak cabut pagine lah aku kelupaan sampe siang.. Sekarang PB ngga berfungsi itu gimana ya? Merek WKK 5000mAh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan rangkaian modulnya rusak mas. Gak bisa diperbaiki selain ganti modul.

      Delete
  59. Maaf mas. Mau tanyak, sya puxa 2 PB. Yg prtama PB saya pas di cas masuk dan penuh(lampu indiktor hidup). Tapi setelah cas d cabut & di tekan tombol power gk bisa hidup lampu indikator.xa dan tidak bisa di buat ngecas hp..

    Untuk PB yg satu.xa klo di cas sangat panas/tidak bisa di cas(di isi ulang) dan tidk bsa untuk ngecas hp..

    Mohon bantuan.xa mas..

    ReplyDelete
  60. Bang numpang tanya....
    Kemarin baru beli power bank nih saya....
    Lalu di colok sama adik tmpat buat ngecas ke hp di colok ke tempat buat ngecas powerbank...(1kabel)
    Ilustrasi nya itu powerbank ngecas diri sendiri...(adik ku bilang)
    Lah abis itu ga mau nyala lg di pencet, di cas jg gak nyala... Tp pas ngecas daya powerbank menyala lampu nya seperti sedang mengisi...
    Kalau boleh solusi nya., Soal nya masih baru beli....

    Terimakasih sebelum nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu salah satu kesalahan fatal. Kemungkinan modul rangkaian PB nya rusak.

      Ya sudah, jika modulnya rusak gak bisa diapa-apain lagi mas. Selain ganti modul. Mungkin baterai masih bagus, tapi percuma juga jika modulnya rusak, tetap gak bisa buat ngecas.

      Delete
  61. Kak, PB saya merek Vivan, gk bisa di isi ulang daya-nya kalo di isi malah panas pb-nya. Lampu indikatornya juga tidak menyala. Tetapi setelah dibongkar , LED ok,Elco ok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti modul rangkaiannya yang bermasalah mas. Gak bisa diapa-apain mas, selain ganti modul.

      Delete
  62. Assalamu alaikum bro....
    Saya juga ada masalah sama power bang nii bro...power bang kepunyaan saya adalah PINENG PN-920 20000mah 74wh...masalahnya ada kelainan sikit..sama2 tidak bisa di charger kalau kabel usb di colokin lampu indikatornya gkk nyalah bro yang nyalah malah lampu senternya huhuhu....

    Minta petunjuknya bro....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Kemungkinan rusak modulnya mas. Gak bisa diperbaiki, selain ganti modul.

      Delete
  63. Kemarin pb saya jatuh kurang lebih 1meter. Pas saya coba power bank saya ternyata g bisa nge cas hp, tapi waktu pb nya di cas bisa dan lampunya juga nyala. Saya cobain pb nya di cas sambil ngecas hp dan bisa. Waktu saya bongkar ada yg lepas yg warnanya putih. Kira kira itu rusak apanya ya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada komponen yang lepas. Dan saya belum tahu komponen apa itu?

      Delete
  64. Mas mau tanya. Pb saya merk samsung galaxy s. Kemarin saya cas tapi pak charger bukan samsung. Setelah ku copot lampu led nyala terus dan malah nggak bisa ngecas hp. Rusak atau gimana ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan modul pb nya error atau rusak. Mestinya pakai charger apa saja gak masalah. Mungkin kebetulan charger yang Anda pakai kurang bagus, sehingga menyebabkan error pada modul pbnya.

      Untuk melakukan restart pb harus dibongkar dulu. Cari kabel positif(+) dan negatif(-) baterai. Jika sudah ketemu, silahkan dilepas salah satu kabel baterai tersebut selama sekitar 1 menit.

      Jika sudah, silahkan Anda pasang kembali kabel baterai ke modul dan coba apakah sudah bisa berfungsi normal? Atau tetap? Jika tetap, berarti modul pb Anda rusak.

      Delete
  65. Merk pb saya adalah asus 9600 mah, kemarin jatuh ke air, dan lansung di hairdrayer. Awalnya bisa charge hp normal, tp setelah itu setiap di charge lampu led kedip2 dan begitu pula ketika digunakan, arus masuk tapi kemudian tidak ada.. sementara lampu led terus menerus berkedip.
    Apakah masih bisa di atasi mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dibongkar belum? Atau cuma di hairdrayer dari luar?

      Kemungkina masih ada yang konslet di pcb modulnya. Untuk memastikannya harus dibongkar PB nya untuk melihat pcb modulnya sudah kering atau masih basah?

      Delete
    2. Belum mas, tidak tahu cara bongkarnya. Apakah persis spt tutorial diatas caranya?
      Hairdyrernya lewat colokan port usb

      Delete
    3. Untuk pb asus saya belum pernah bongkar. Mungkin saja sama cara bongkarnya.

      Memang agak susah untuk membongkarnya. Karena semuanya tidak ada bautnya. Jadi kadang harus dirusak dulu casingnya, baru bisa dibongkar.

      Kalau memang kesulitan, mending biarin gak usah dibongkar, daripada anda cedera kena obeng dan cutter.

      Delete
  66. Mas mau tanya... power bank saya merek Robot 13000mAh kenapa ya pas ngecharge hp dalam keadaan hp mati/off kok powerbanknya suka mati sendiri, kalo ngecharge hp dalam keadaan sambil dimainin baru powerbanknya ngisi hp sampai penuh. Tadinya normal pas ngecharge dalam hp dalam keadaan mati bisa terisi sampai full, eh sekarang pas ngecharge powerbanknya suka mati sendiri... Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih belum pernah problem seperti itu. Jadi belum tahu solusinya.

      Mungkin saja bisa saja dari modul pb nya atau memang dari hpnya. Tapi selama masih bisa ngisi, walaupun dalam keadaan hp menyala. Gak masalah. Mohon maaf belum bisa ngasih solusi yang tepat he..he..

      Delete
  67. Kak mau nanya..saya kan beli pb baru pas dicas bisa,tp kok pas dipake buat cas hp ga bisa..itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Problem yang sering terjadi pada PB. Coba dulu ganti kabel chargernya. Jika masih tidak bisa. Coba pada saat dipakai, tekan tombol di PB.

      Jika masih tidak bisa, kemungkinan socket usb, tidak konek ke pcb PB. Dalam hal ini harus bongkar PB untuk cek nya.

      Jika kondisi solderan socket usb masih bagus, berarti kemungkinan modul atau rangkaian PB nya rusak. Gak bisa diperbaiki, selain ganti modul PB.

      Delete
  68. mau tanya powerbank q rakitan isi 8 kalo di cas masuk ngisi,buat nyalain senter pun normal,tp pas begitu konek ke hp ysnh tadinya 100% 70% 50% dll itu yiba tiba langsung 0 persen dan pengisian lngsung terputus itu knapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin modulnya bermasalah, bisa juga gak kuat, ngedrop. Coba saja ganti modul pb nya, kalau ada.

      Delete
  69. Saya punya PB MUSTANG 16.000mah .saya isi dengn colokan 2A butuh berapa lama untuk penuh?

    Karena lampu indikator cuma "nyala sampe 2 bar sedangkan 2 bar berikutnya lampu mati .KEnapa bisa begito ya....lampu cuma nyala sebagian? Solusinya gmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi lampu di PB nya mati. Selama pemakaian normal sih gak masalah.

      Kalau kemampuan sudah berkurang, bisa jadi baterai PB sudah mulai ngedrop.

      Delete
  70. Kalo PB Xiaomi di cas ke hp gak mau masuk mas, lampu kedip2 aja knp itu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling sering problem dimodulnya. Biasanya minta di restart, yaitu dengan melepas tegangan baterai ke modul beberapa saat, kemudian konek lagi. Beberapa PB bisa kembali normal, tapi kadang kembali error lagi.

      Kemungkinan kedua bisa dari baterainya yang sudah ngedrop.

      Delete
  71. kk rekomen socket usb dan konektor charge beli dmn ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa beli di toko elektronik, atau servis hp. Usahakan bawa contohnya, karena bentuk modelnya kadang tidak sama.

      Delete
  72. mas saya salut sma mas bahar,,smua komen di jawab semua..hebat mas bahar top markotop dah,,saya sumpahin mas bahar masuk surga,Amiinnn...
    mas boleh minta no hpnya??
    saya lg belajar ngotak ngatik PB konslet..hehe
    sebelumnya trima kasih mas Bahar Ulum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas.

      Untuk tanya jawab hanya bisa lewat koment blog dan g+ saja mas.

      Delete
  73. PB sy, Vivan 7800 mAh.. klo untuk ngcas hp Mito, Xiomi... bisa ngisi.
    Tp klo ngcas HP Samsung J5 Prime, koq g bisa y Mas ?
    (Dulu prnah bisa, tp skrng g bisa)..
    Kenapa y Mas ?
    Apa ada komponen yg lemah/rusak ?
    Mohon pnjelasannya..
    Mksh sbelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai kabel chargenya pakai kabel bawaan hp samsung. Karena biasanya beda kabel gak bisa masuk.

      Delete
    2. Udh d coba Bro.. ttep g bisa..
      Malah udh d coba, d tambah (seri) batre hp.. ttep g bisa

      Delete
    3. Ups salah..
      Sorry.. maxudY d paralel.. bkn seri

      Delete
    4. Maksudnya gak bisa ngisi, indikator baterai hp ngecharge gak?

      Kalau charger bisa masuk, tapi gak bisa ngisi dan gak bisa penuh, problem modulnya lemah.

      Tapi kalau charger gak masuk sama sekali, itu kabel gak cocok.

      Atau coba pakai PB lain, bisa ngisi gak?

      Delete
  74. PB Vivan sy ini, klo d pake ngcas hp sy yg Samsung J5 Prime gak mo ngisi.
    Indikator hp, gak ngcas.
    Udh d coba pke kbel bawaan Samsung, tetep gak ngcas.

    Tp klo d pke ngcas k hp sy yg lain, bisa ngcas, sperti Mito A880, Advan, Samsung GT.

    Sy bongkar PB nya, sy coba d tambah batre hp (paralel).
    Gak bisa jg (utk ngcas hp Samsung J5)
    Sy coba isi (cas) PBnya sampe penuh, msih gak bisa ngisi jg (k Smsung J5).

    Ada sesuatu yg gak normal d PB Vivan sy ini, mngkin bisa jd ptunjuk utk uBro ;
    PB ini, klo sedang d isi (cas), dalam kondisi agak kosong, semua led indikatornya ( 4 bh) nyala, kedip".

    Tp setelah hmpir penuh, led indikator ke 1, 2 dan 3, nyala aja (tdk b'kedip), led yg ke 4 yg kedip".
    Stelah PB ini penuh, baru ke 4 led indikator stop b'kedip , alias nyala aja..

    Nah, knapa Power Bank ini Bro ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya minta ganti baru PB nya mas he..he..

      Wah sepertinya saya angkat tangan deh mas he..he.. Kalau sudah berhubungan dengan komponen di pcb modulnya rusak, sulit diperbaiki.

      Alternatif ganti modul atau ganti PB he..he.. Maaf mas, belum bisa bantu.

      Delete
  75. OrKes deh Mas Bro..
    Mksih bnyk atas wktu n pnjelasanY..

    Klo Mas Bro udh angkat tangan..
    Sy mo angkat kaki az deeh..
    Sblm ada yg angkat senjata..
    🤣😂🤣

    Thnx
    Suxez selalu..

    ReplyDelete
  76. Mas sy br beli PB Delcell..sdh dicharge penuh (layar indikator 25 50 75 100 nyala) masalahnya saat dipakai charge hp. Hanya nyala/nge-charge selama 35 detik trus PB nya off sendiri. Tombol on di tekan. Nyala lg tp stlh 35 detik mati lg... begitu terus sampe skrg. Kira2 solusinya gmana ya mas.. makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih bukan ahlinya power bank. Tapi kalau power bank itu baru, terjadi problem seperti itu, biasanya masalah di modulnya. Entah cacat produksi atau bagaimana saya belum tahu.

      Karena yang mengontrol charger adalah modul. Ya itu resiko menurut saya he..he.. Tapi coba dulu deh ganti kabel chargernya yang agak bagus. Atau coba ngecharge pakai hp lain. Jika problem tetap sama, maka positif modulnya bermasalah.

      Solusinya ada 2:
      1. Beli baru lagi pb nya he..he..

      2. Ganti modul pbnya, tapi ini agak ribet, harus bongkar pbnya dulu untuk ambil baterainya. Yah pilihan terserah Anda. Karena memang PB baru pun kadang juga bermasalah.

      Delete
  77. gan mau nanya, pb saya bisa ke cas, tapi ga bisa ngecas hp saya. terus konektor usb saya agak keluar gitu gan. saya udah ganti kabel chargenya.. sama aja, ga ada hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan konektor usb nya lepas solderannya mas.

      Delete
  78. Mas mau tanya PB sy merk welcom di cas bisa tp buat ngecash ga bisa. Awalnya masih bisa tp hrs pencet2 tombol on off dl tp lama2 ga bisa kira2 apa ya yg rusak.

    ReplyDelete
  79. Mas saya mau tanya.. Saya punya PB merk ROBOT RT-G3 11000 mAh.. Awalnya PB ini punya papa saya, terus karna papa ganti PB jadi yg G3 ini untuk saya.. PB nya udah lama ga dipake mas dan baru akhir akhir ini di kasih ke saya.. Nah problem nya itu kenapa PB nya ga mau nge charge ke HP saya (HP saya Vivo Y53) itu masalahnya dimana ya mas?? Saya coba ke HP temen temen saya juga ga bisa kira kira masalahnya dimana ya mas?? Mohon bantu jawav ya mas.. Sebelumnya terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek dulu ya, apakah ada indikator baterai di PB nya, apakah masih nyala?

      Terus coba charge PB nya, bisa ngisi dan penuh gak? Kalau gak bisa, kemungkinan baterai rusak.

      Delete
  80. Power bank sy merk oase kok gabisa ngisi ios? Klo androit lancar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada perbedaan koneksi di jack konektornya. Coba pakai kabel charger bawan ios mas.

      Delete
  81. mas mau tanya pb xiomi kalau buat ngecas hp lampu indikator kedip2 waktu pengisian tpi kok terus lampu indikator nyala trus mati ya cara memperbaikinya gmn ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan baterainya sudah ngedrop mas. Dan biasanya paling sering problem di bagian pcb modulnya error. Kalau sudah begitu sulit perbaikinya.

      Delete
  82. Kak, mau tanya.. saya punya PB merk Vizz .. Pb itu dulu sempat saya kira rusak soalnya saya cas gabisa waktu habis. lalu saya taruh dilemari.. lalu sekitar udah 1 tahun. saya nyoba buat ngecharger pb nya.
    sebenernya lampu indikator warna merah nyala.
    ya saya cas, saya diamkan beberapa lama. lalu coba saya lepas terus saya coba buat ngecas hp. tapi kok gabisa kenapa ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar baterai PB nya sudah rusak mas. Sehingga tidak bisa menyimpan tegangan pada saat pengecasan.

      Delete
  83. Kak mau tanya PB saya Robot 20.000mah tapi kenapa lama banget nge cas nya sdh sejam gak ada nambah2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti kabel chargernya, jika masih tetap sama. Coba ganti chargernya dengan amper yang lebih besar. Misal charger 2A atau 3A.

      Delete
  84. permisi ijin nnya ya mas, masalah nya PB pas di cas lampu nya nyala 1 titik trus tapi pas di cabut lngsung padam padahal udah di cas 1 harian, mohon pencerahan nya trimaksih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led