Cara Modif OCL 150 Watt Agar R 10K tidak Panas

Ada yang bertanya melalui komentar blog bahwa resistor 10K pada power ocl 150watt kok panas dan kadang sampai terbakar? Dari pertanyaan ini saya teringat pengalaman saya dulu modif ocl 150 watt agar Resistor 10K ini tidak panas. Sebenarnya banyak cara untuk mengatasi cara ini, dari mulai mengganti R dengan watt yang lebih besar, ada juga yang mengganti nilai R ini dengan nilai yang lebih besar, ada juga dengan cara mengganti jalur tegangan minus diganti pakai gnd dengan tujuan supaya tidak panas. Semua cara itu sebenarnya bisa dipakai, tapi saya ada cara modif agak sedikit extrime he..he..dengan cara menghilangkan beberapa komponen atau melepas beberapa komponen untuk mengatasi cara ini. Bagaimana anda tertarik? Simak lebih lanjut.

Cara ini sebenarnya meniru prinsip power safari 400 watt. Yang mana pada tr penguat input tidak diberikan tr lagi sebagai pengontrol tegangannya, tapi langsung diberi R untuk mensupply tegangan tr penguat tersebut. Atas dasar tersebut saya berpikir jika cara ini diterapkan pada ocl 150 watt mestinya bisa. Akhirnya percobaan pun saya lakukan dan hasilnya berhasil. Keuntungan dari cara ini adalah kita dapat menghemat komponen yaitu tr penguat input A564 atau A733 cuma menggunakan dua biji saja dan beberapa komponen juga akan dilepas. Jadi akan lebih simple ocl 150 watt ini.

Supaya tidak bingung mari kita lihat gambar skema ocl 150 watt berikut ini.

Berikut adalah gambar skema ocl 150 watt original belum di modif.

Lihat dengan seksama gambar skema diatas supaya anda tidak bingung. Kemudian anda lihat beberapa komponen saya tandai lingkaran merah. Komponen yang saya lingkari merah adalah komponen yang harus dilepas. Gambarnya ada dibawah ini.

Berikut gambar skema ocl 150 watt yang sudah ditandai komponen yang akan dilepas.

Silahkan dilepas dulu komponen yang saya lingkari merah. Anda cocokkan juga dengan PCB nya. Jangan sampai keliru melepas komponennya. Jadi ada 4 jenis komponen yang harus dilepas yaitu tr A733, R560ohm, diode IN4148 dua biji, kemudian R10K. Jika sudah dilepas, lanjut gambar berikutnya.

Berikut adalah gambar skema ocl 150 watt yang sudah di modifikasi.

Nah mudah bukan? Sebagai pengganti tr A564 yang dilepas, ganti dengan R33K dengan cara konek pada kaki emitor A564 yang gabung, kemudian kaki Resistor satunya konek ke tegangan (+) plus. Supaya tidak bingung lihat gambar. Sebenarnya fungsi dari tr A564 disini hanya sebagai penstabil tegangan penguat input supaya lebih bersih. Tapi dengan diganti R33K hasilnya juga tetap bersih.

Sekarang anda punya power ocl 150 watt yang lebih praktis dan simple. Dan anda tidak usah kuatir lagi R10K panas, karena Resistornya sudah dibuang. Anda harus tetap berhati-hati dalam merubah komponen ini. Pastikan anda pahami dulu gambarnya, kemudian jika anda sudah paham silahkan dimodif sesuai gambar diatas. 

Segala bentuk kerusakan karena modifikasi ini adalah resiko anda. Saya hanya memberikan alternatif cara untuk mengatasi R10K tidak panas. Hasil modifikasi bisa saja berbeda. Tapi cara ini sudah saya uji coba dan hasilnya memuaskan.

UPDATE!!!!!!!
Setelah saya memposting cara modifikasi ocl 150 watt ini supaya R10K tidak panas. Langsung ada komentar blog masuk yang mengatakan tidak berhasil dengan hasil modifikasinya. Katanya hasil power ocl setelah dimodifikasi dengan cara ini hasilnya malah dengung dan tidak ada sinyal input sama sekali. Akhirnya untuk membuktikan bahwa modifikasi rangkaian ocl ini berhasil. Saya langsung lakukan percobaan lagi pada power ocl saya sendiri. Kebetulan saya ada power ocl oprekan yang memang saya gunakan untuk testing audio. Waktunya untuk oprek lagi. Mari kita lihat gambar hasil jepretan on the spot langsung di ruangan kerja saya. let's go..

Berikut adalah gambar pcb rangkaian power ocl yang belum di modifikasi. Perlu di pahami bahwa power ocl ini sebelum dimodifiksi masih dalam keadaan normal dan bunyi. Saya beri tanda lingkaran merah, mana saja komponen yang perlu dilepas. Ada 5 komponen yang dilepas. Yaitu R560 ohm, 2 diode IN4148, R10K, 1 tr A564. Untuk lebih jelas langsung lihat gambarnya ada di bawah ini.

Maaf rangkaiannya agak semrawut sing penting hasilnya bro!!! Lanjut gambar berikutnya adalah pcb ocl yang sudah dilepas komponennya. Silahkan dilihat gambar dibawah ini.

Bagaimana sudah kelihatan komponen yang sudah saya lepas?? Ada 5 komponen yang dilepas. Lanjut gambar berikutnya adalah pcb ocl sudah diberi R33K sebagai pengganti tr A564. Sudah saya sertakan posisi peletakannya bagaimana? Sekalian untuk mempermudah pemasangan R33Knya. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah ini.

Nah R33K sudah terpasang, waktunya dicoba. Testing-testing gawe lagu koploan ben tambah jooss. Hasil suara mantab posisi volume jam 12. Hasil suara bening tidak ada dengung sama sekali dan suara yang dihasilkan setelah dimodifikasi sama dengan suara sebelum dimodifikasi. Yupp...Berhasil... Bagaimana dengan anda??? Saya yakin juga pasti berhasil jika modifikasinya benar.

Berikut gambar terakhir daleman rangkaian power ocl 150 watt saya yang sudah dimodifikasi dan hasilnya mantab suara bening jooss. Maaf gambarnya jelek dan rangkaiannya semrawut, tapi hasilnya OK.


Semua komponen diatas dari komponen bekas. Sudah saya kasih skema beserta gambar pcbnya, saya harapkan anda dapat mencoba modifikasi ini dan berhasil. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Replies
    1. Kabare apik mas. Sepurane internet lagi problem, problem sak kuotae entek he..he..

      Delete
  2. aku kok g iso komen do pararel sanken opo,o
    .ku t takon pwer 400 gae vol 40 ct kuat pora g usah modif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepurane mas bejo baru balas. Jaringan internet lagi problem, jadi gak bisa internetan hampir 3 minggu. Kuota internete entek maksudte he..he.. Power 400 watt gawe tegangan 40V, tegangan 40v teko trafo ta maksudte. Nek tegangan teko trafo 40v nek di DC no isoh lebih teko 50v. Biasane sanken mentok kuat nang tegangan 45V, nek sak dukure iku, gampang jebol, kecuali sampeyan gawe tipe liyo. Nek digawe tegangan diatas 45V ojok gawe sanken 2SC2922 dan 2SA1216 gak kuat, tapi gawe tipe liyane, contoh tr sanken 2SC3264 dan 2SA1295.

      Delete
  3. slamat pagi mas bahar..
    maaf mas bahar yg ane tanyaain agak menyimpang dari materi di atas,,,,
    itu kok di gambar atas Resistor 330 bawah Resistor balok kok di lepas juga mas bahar?
    maaf masih awam mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk dentar. R 330 ohm memang sengaja saya lepas mas. Tapi tidak ada efek apa-apa jika dilepas, sama saja dengan di pasang R. Tujuan saya melepas R itu hanya sekedar coba-coba meniru skema power safari 400w. Untuk lebih amannya dan juga mempertahankan desain skema originalnya, lebih baik R 330 ohm tetap dipasang.

      Delete
  4. Maaf nyimpang bentar, mau nanya pararel tr sanken nambah apa aja R kapur trus resistor nya nambh yg berapa ohm.

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini mas.

      Delete
  6. Mas bahar trs klo buat power saplenya bagaimana..pakek 2 elco atau cma 1 elco klo powernya mono

    ReplyDelete
    Replies
    1. Power supply tetap pakai 2 elco, karena tegangannya simetris, baik mono maupun stereo.

      Delete
  7. mas saya sudah ikut mas punya rakitan mar ndah keluar suara ini mas gimana caranya ini mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah yg namanya percobaan memang gak selalu langsung berhasil mas. Mungkin ada yg salah. Silahkan koment di google plus dan posting foto rangkaian anda dengan jelas disana. Nanti akan saya bantu.

      Delete
  8. Misi mas mau nanya, saya punya power amp ocl yg asli voltase inputnya -20 ct +20. Nah rencana saya mau d pasang trafo -30 ct +30. Itu kira2 ada efek gk? Tr finalnya tip 3055 & tip 2955.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tr final TIP3055/2955 akan mudah panas dan gampang jebol mas jika dikasih tegangan 30v. Maksimal tegangan untuk TIP atau jengkol menurut saya adalah 25v, jika lebih dari itu, tr tip atau jengkol cepat panas dan gampang jebol.

      Delete
  9. saya punya power ocl di modif 32v ct gak panas asal R100 OHM di rubah (100 ohm 1W) dan liat data set TR masing2 dia mampu di kasih volt berapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mas harry. Betul sekali mas. Terima kasih atas masukannya. Semoga bermanfaat bagi rekan- rekan yg lain.

      Delete
  10. nggabung mas bahar..., bagaimana out ampli ocl 150 watt yang 8 ohm bisa menjadi 42 ohm agar sesuai dengan speaker column yang berimpedansi 500 ohm (100 volt). ampli parikannya mahal sih...tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya gak bisa mas. Karena jenis powernya beda. Tapi saya pernah baca, bisa menggunakan trafo distributor, tapi saya juga kurang paham penggunaannya seperti apa. Yang jelas harga trafonya mahal. Jadi wajar power impedansi tinggi harganya lebih mahal, karens trafonya saja mahal.

      Delete
  11. dulu ada yg pake distribution line (ot) dengan seri MT450MM, cuman, di mana itu bisa didapat. ada sih pabrikan yg bikin tp belinya harus jumlah bwanyaaaak. tq.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mas yang jual online. Harganya kalau gak salah sekitar 350rb.

      Delete
  12. bisa kasih alamat bakul online-nya mas ? matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya cari lagi gak ketemu mas. Alternativ lain juga gak ada. Sepertinya susah juga nyarinya.

      Delete
  13. maaf mas bahar, kok gmbr (photo) ocl modif (yg dah jadi) vs gmbr skema (konsep) berbeda. di gmbr skema kaki tr driver (emitor, basis final) terdapat r 300 ohm (r 13 , 14) sedangkan photo kit (yg dah jadi) tdk tampak dr atas, dipasang di bwh apa memang tdk ada nilai sehingga tdk perlu dipasang r tsb. kulo kinten prayogi dipun paparaken kawontenan puiko. nuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yg bertanya tentang hal itu he..he.. Pada rangkaian yg sudah jadi, memang R330ohm sengaja saya lepas mas. Tapi itu hasil modif saya sendiri, meniru power safari 400watt. Tapi saran saya mending dipasang saja resistornya, agar aman.

      Delete
  14. ada perbedaan signifikankah antara berhambatan dg tdk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada perbedaan, hasil suara sama saja dengan menggunakan R. Tujuan saya melepas R tersebut adalah jika terjadi short tr Driver atau final, R tersebut sering hangus terbakar, akhirnya saya lepas saja sekalian he..he.. Tapi dalam kondisi normal, gak masalah mas.

      Delete
  15. Kalau power ocl 150 ini mau ganti tr sanken apa ada perubahan nilai/ tipe komponen yg lainnya, misal tr driver,,,

    ReplyDelete
  16. Mas kalau 1015 d ganti yg lebih bagus codenya berapa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Yang ada persamaannya, pakai tr A564 atau A733. Yang saya tahu hanya tr itu mas.

      Delete
  17. Mas untuk tr a733 yang samping 3 biji apa perlu di ganti dgn seri Bd 140 , tr D433 di gnti dengan Bd 139 ? punya sampean trafo pake brp amper ? Final pake sanken type apa ? Makasih sebelummya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu diganti. Pakai trafo 3A, soalnya hanya PA mono. Final pakai sanken 2SA1216/2SC2922.

      Delete
  18. pripun kbre kang? alhamdulillah...
    mw tnya lg kang. oclq bass ilang dadi kmresek gk karuan.trus tk coba gnti 3elco 47uf/25v jd 47uf/100v sembuh dah manteb geber speaker. lha trus pngn niru pyn pake TR sanken. kira2 prlu gnti2 komponen gk kang kl gnti TR?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah sehat mas. Gak perlu ganti komponen mas, tetap saja.

      Delete
  19. kang tnya lg y,nyimpang dr pmbahasan. motor vxion arusnya AC tk ksih elco 35v trus lgsung speaker. lha prtnyaanya kl dksh milar 100n gmn pasangx kang??? bs bt nyaring bass gk kl cman pake resistor n elco??? hehehe pngn katrok q kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iku maksudte opo kang? Motor vixion, ora mudeng aku mas he..he..

      Delete
  20. nggo knalpot palsu dr speaker kang. ambil arus AC dr spull trus kspeaker.jd suarae speaker ngikut gas motor kyk knalpot gitu kang.pye kang neg cman nggo dioda,resistor n elco,bs dsaring pake milar gk basse.eman aki kl pake ampli hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh dari spul AC kok langsung ke speaker, gak ada rangkaiannya? Tujuannya dikasih milar buat apa mas? Supaya bassnya berkurang atau nambah bass? Atau pingin lebih keras suaranya? Kalau rangkaian knalpot palsunya jadi satu dengan speaker, maka tidak bisa kita tambahi apapun di koneksi ke spul ACnya. Modifnya harus di rangkaiannya mas. Tapi saya belum pernah bongkar, barangnya kayak apa?

      Delete
  21. rangkaian dr spull cman dioda,elco,resistor,speaker kang.pngnx c bass nambah. ok kang mtur nuwun seberat2nya hmmm :-)

    ReplyDelete
  22. mas klo mau perbesar bas agar bisa nendang jau jarak 50m masi keras apa solusinya mas.mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah speakernya yang bagus mas he..he.. Coba tambahkan kit turbo bass pada rangkaian power amplifier. Itu sebenarnya untuk menambah bass saja, untuk masalah jauh tidaknya suara, tergantung situasi dan kondisi ha..ha.. Besarnya speaker, jenis box speaker. Tapi daripada mikirin itu lebih baik tambahin saja kit turbo bass. Tapi memang gak bisa dipaksakan jika kemampuan speakernya hanya segitu, ya gak bisa minta dijauhkan lagi suaranya mas.

      Delete
  23. Saya gak ganti Mas...
    Soalnya OCL 300watt stereo(150watt perchannel) saya dapat tugas berat...
    Dia dikasih tugas maenkan subwoofer...
    Pernah saya ganti seperti cara Mas...
    Hasilnya gak sesempurna sebelumnya kalo dapat tugas khusus subwoofer...
    Ada suara yang hilang gantung ketika jedag jedug...
    Gitu loch Mas...
    Sedangkan cara Mas cocok untuk fullrange ataupun pake crossover...
    Tapi jangan pake speaker subwoofer, cukup woofer saja...
    Pengalaman saya Mas setelah menggunakan alat ukur dB meter dan oscilloscope...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas atas masukannya. Saya memang belum punya alatnya, jadi hanya mengandalkan telinga untuk uji suaranya. Jadi gak sampai sedetail itu mas.

      Delete
    2. Ini saya Mas yang barusan bahas di paralel trafo...
      Maksud saya tuh crossover pasif...
      Sebulan yang lalu ada teman ikutin cara Mas ini...
      Sialnya dia ngeluh amplinya kok seperti merem suaranya kurang tenaga gitu...
      Saya cek dia ubahnya pake resistor 1/2watt gak seperti Mas pake 1watt...
      Tak isengin ganti ke 33K 2watt pas buka lagi postingan Mas ini...
      Hasilnya nge joss lagi seperti habis minum suplemen 1liter...
      Seperti yang saya udah sebut di atas cara Mas pancen oye untuk speaker full range...
      Teman saya itu pake speaker built up jadul merek Tango yang box hitam besar itu...
      Hasilnya oke punya bisa buat benda diatas box speaker tuh bergeser...
      Sebagai tambahan kami isengin tambahin dioda 1N5408 sebelum resistor...
      Hasilnya suara makin mantappppp...
      Suara stabil tambah aman terkendali!
      Tak cobain di LTSpice simulasinya langsung...
      Ternyata arusnya seperti disearahkan lagi oleh dioda itu...
      Jadi tak ada sisa guncangan arus dari tarikan tr final ketika bass maximum...

      Terima kasih Mas...

      Delete
    3. Terima kasih atas masukannya mas. Penambahan diode IN5408 sebelum R 33K, saran yang bagus sekali. Tegangan yang akan masuk ke tr penguat pertama akan samakin bersih dan stabil. Semoga bermanfaat untuk rekan yang lain.

      Delete
    4. mas yang r33k itu kan ada 2 dskemay yang ditambah yg depan atau yg tenGh setelah TR dioday...

      Delete
    5. R 33K yang diskema itu memang ada 2 mas, dan itu jangan di rubah. Tetap pakai 2. Kemudian R 33K tambahan itu adalah sebagai pengganti tr supply. Jadi R 33K tambahan adalah berfungsi sebagai penahan tegangan supply emitor tr penguat. Yang sebelumnya diolah menggunakan tr dan 2 IN4148. Dan itu dihilangkan dan diganti dengan R 33K. Silahkan lihat lebih teliti pada skema.

      Delete
  24. Mas kalau R 0,5 ohm/5wattnya di hilangkan apa bisa ya mas,soalnya di tempat saya sulit nyarinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bisa jangan mas, karena itu sebagai pengaman. Bisa diganti dengan R kapur yang lain selain 0,5 ohm/5w, bisa diganti dengan R kapur 0,47 ohm/5w, 0,33 ohm/5w, 0,22 ohm/5w, 0,1 ohm/5w. Anda bisa pakai salah satu dari nilai R diatas.

      Delete
  25. Maaf mau tanya lagi mas,power oclku transistor finalnya puanas setelah itu jebol cara memperbaikinya gimana ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tinggal ganti saja tr final mas. Mungkin karena tegangan supply terlalu tinggi.

      Delete
  26. Tanya lagi mas,powerku itu kok malah jadi mendengung ya

    ReplyDelete
  27. Ternyata divernya mas,itu kalo tr finalnya diganti toshiba suplynya berapa volt maaf banyak tanya

    ReplyDelete
  28. Lgek ktok mneh mas bhar pye kbre hhhe

    ReplyDelete
  29. Mf Mas mo nanya.. kl power ocl mono tu kan ada 4 Elko,yg Elko resonansi tu yg sblah mna mas n terhubung dgn pa? Mohon p cerahnya..mksih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan lihat skema diatas mas. Elco resonansi atau gain adalah elco C2 nilai 47uf/50v.

      Delete
  30. Mau tanya mas,, fungsi d1 dan D2 dilepas buat apa yah? Mohon bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. D1 dan d2 adalah supply tegangan emitor tr penguat. Dengan dilepasnya dioda tersebut dan digantikan dengan R 33K, maka diharapkan R 10K yang biasanya panas jika pakai high voltage dapat dihilangkan. Jika anda modif pakai cara diatas, maka D1 dan D2 harus dilepas, karena sudah digantikan dengan R 33K.

      Delete
  31. Maaf mas tanyA. . Kalau 10knya di ganti 2watt sama dioda zenr nya di ganti dioda biasa 2 watt
    Itu efeknya gimana mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak masalah mas. R 10K akan lebih dingin. Untuk Dioda gak perlu diganti 2watt mas. Pakai yang biasa saja. Dioda 1A.

      Delete
  32. Mas bahar, maaf tanya untuk rangkaian di atas,
    untuk memaksimalkan trafo 5A dengan supply max 45 / 47V CT,
    part apa saja yang perlu di rubah, resistor, Transistor dan capasitornya,
    supaya tidak mubazir trafo nya...
    matur suwun sakderenge..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk resistor 100ohm kanan kiri ganti dengan R 2 watt.

      Tr driver ganti dengan MJE340/350.

      Elco pada pcb ganti semua pakai elco 100uf/100v.

      Delete
    2. tr driver pake tip 41c/42c bisa ga suplay 32 ct 32 10@ mas?

      Delete
  33. Maaf mas pemula,, klau ocl 150 waat stereo tr final jengkol malaysia di modif biar baas + joos gimana....? Mohon bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Main di aksesoris saja mas. Kalau modif di power efeknya tidak begitu kelihatan.

      Untuk karakter bass lebih baik pakai tr final TIP3055/2955 ST Malaysia. Kalau jengkolan cenderung ke midle.

      Delete
  34. Mohon bimbingan nya mas,sya mau mrakit ampli ocl 15O waat, power ocl stereo+tone control stereo plus subwofer dah ada,, trafo donat 5 amper,dioda kiprok 10 amper, elko 100 volt 10000 uf, masalah nya begini mas, out put trafo ada 2 macam,, 25 ct 25,, sama 0 10 gak ada ct nya, sementara pcb power minta nya dc 24 ct 24, tone control nya, dc 12 ct 12, apa bisa nya mas power ampli di kasih yang 25 ct 25...? Trus untuk tone nya bagaimana,, ? Disini saya menggunakan power dengan tr final mj2955 dan 2N3055,, dan aksesoris yang seperti ap ya mas, biar nanti baas nya joos, klau mas pnya skema perakitan nya tlong di upload ya mas,, saya tunggu bantuan nya, sebelum nya trimakasih bnyak mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk trafo donat voltasenya kadang beda dengan trafo biasa. Kalau pakai trafo biasa mungkin gak masalah pakai tegangan 25v-ct-25v. Tapi kalau trafo donat anda cek dulu tegangannya setelah dipasang diode kiprok dan elco, keluar berapa volt? Jangan konek ke power dulu.

      Jika tegangannya masih di sekitaran 32VDC, maka masih aman pakai tr final 2N3055/MJ2955. Tapi jika tegangan diatas 32VDC, maka harus ganti tr finalnya pakai sanken.

      Untuk supply tone control bisa pakai trafo sendiri atau gunakan ic penurun tegangan 7812 dan 7912. Sebelum konek tegangan ke TC. Untuk caranya anda bisa baca disini mas.
      http://www.baharelectronic.com/2017/10/cara-membuat-tegangan-extra-dari-supply.html?m=1

      Delete
  35. Oke trimakasih saran nya mas,,ntar sore akan saya coba,,

    ReplyDelete
  36. Permisi mas,, kalau tr final sanken 2Sa1216 dan 2SC 2922 mau di ganti dengan tip 3055 dan 2955 pemasangan nya gimana mas? Tip 3055 untuk 1216 atau 2922 mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas.

      Untuk pemasangannya adalah.

      TIP3055 untuk 2SC2922
      TIP2955 untuk 2SA1216

      Jangan sampai terbalik ya he..he..

      Delete
  37. Ok mas, trimakasih.
    Mau tnya lgi ni mas, klau tr driver di ganti Tip 41/42, bd 139 untuk Tip 41, 42 untuk 140, bnar pa salah mas...? Satu lgi mas,, 0cl 150, stereo,klau di ksih speker wofer 1 buah,dan speker subwofer 1 buah masing2 12", bisq gak ya mas, mksih mas sbelum nya, maaf bnyak tanya

    ReplyDelete
  38. kang pripun kbare sehat...?
    mw nanya kang,4elco pda ocl 47/50v mw q gnti elco ukuran 100u/100v tnpa mrubah tip bawaan 3055/2955 aman gk kang?

    ReplyDelete
  39. Pagi mas. Mau tanya lgi,, sedikit melenceng dari pembahasan di atas.
    Sya sdah baca artikel mas cara btl power ampli,, itu berarti hanya tambah 1 resistor 33k ya mas..? Trus klau sdah di btl, cma di kasih 1 speker 12", aman gak mas untuk speker nya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman sih mas. Cuma kalau untuk satu speaker, gak perlu di btl mas he..he..

      Delete
  40. mas bahar mw nxak nich..
    klau misalkan kit power stereo,yg msing" tr finalx dkasik yg berbeda,apa aman mas??
    misal,yg di input Rx dksih 1set 5dy,dan yg input Lx dksik 2set thosiba atw yg lainx...aman gk mas?
    mhon pncerhanx?

    ReplyDelete
  41. Mksihh mas atas ilmu nya.
    Ni mau tanya lgi mas, ocl 150 W stereo, mati sebelah, setelah saya cek ada tegangan dc nya, tpi yang sbelah normal mas, suara masih bgus, kira2 apa nya mas yang rusak atau yang perlu di ganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek tr finalnya mas, biasanya short. Cek juga tr drivernya, biasanya juga ikut rusak he..he..

      Delete
  42. Assalamualaikum mas,, nyambung pertnyaan ku di atas mas,,
    Stelah sya cek tr final maupun drifer gak da yang shot mas, msh sma dengan normal, cma sya tmukan R4k7 pnas bnget mas, bda sma yg msih normal pnas nya, trus sdah sya gnti R yng pnas, tpi masih ttep ada tgangan dc nya, ap nya ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti 3 dioda jejer didepan itu mas. Sama satu transistor dibelakang tr driver. Cek juga R kapur, mungkin putus.

      Delete
  43. Kang Bahar yg super berbagi ilmu ....gini kang sya ada travo CT murni 5A 36 CT 36 dan kit ocl 15o w stereo Varane menurunkan tegangan gmn kang matur nuwun

    ReplyDelete
  44. maaf mas..transistor sanken cepat panas saat vol dibuka, tapi kalau tnpa beban vol dibuka sampai mentok tidak panas sama sekali mas. kira2 apanya ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda pakai power apa?
      Pakai berapa set sankennya?
      Pakai tegangan berapa volt dari trafo?
      Pakai berapa Amper trafonya?
      Beban speaker berapa buah? Inch? Watt?

      Delete
    2. power safari mas. sanken 1 set trafo 10 ampere kecil 47 volt saya coba pakai speaker kecil mas.

      Delete
    3. satu lagi mas kalau daun speaker bergerak liar kira2 apanya ya mas yang salah. saya pakai tone control yg ada subwofernya mas ..

      Delete
    4. 1. Tegangan anda kegedean kalau hanya pakai 1 set sanken. Coba turunkan pakai tegangan CT 32v dari trafo.

      2. Itu karena setelan subwoofernya terlalu terbuka. Pot subwoofer buka secukupnya saja. Kalau kebanyakan pasti geber. Kebanyakan kasus memang seperti itu. Gak cocok digabung dengan power besar. Cocoknya pakai TC biasa tanpa subwoofer.

      Delete
    5. terimakasih mas bahar. tanya lagi mas untuk mengatasi power bunyi dug saat power dimatikan bagaimana mas.

      Delete
    6. Pasang milar 473/400volt pada jalur saklar.

      Delete
  45. Terimakasih mas bahar ilmunya.besok saya beli tc yg tidak ad subwofernya mas saya coba dulu mas

    ReplyDelete
  46. Mlem mas, mhon bntuan nya mas, cara psang tr final pada power safari, di pcb gak da ktrangan b c e nya mas, yg ada cma,,( b.npn,, spk,, gnd,, +vcc,, gnd,, – vcc,, b.pnp. yg basis dri masing masing tr final sdah paham,, tpi yg colector dan emitor dari npn dan pnp nya sya gak tahu mas sambung kmna,, tlong di bantu mas,,
    Klau CT dari power supply apa nyambung nya ke ground mas,, ? Mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas. Untuk koneksi kaki Colector masing-masing tr final adalah konek ke VCC.

      Jadi jika B npn, maka C konek ke +vcc. Kemudian untuk B pnp, maka C nya konek ke -vcc.

      Untuk kaki emitor masing-masing tr final adalah konek ke SPK. Kedua kaki E tr npn dan pnp konek ke spk. Tapi sebelum anda konek ke spk, pasang dulu R kapur 0,5 ohm/5w pada masing-masing kaki Emitor tr final, baru kemudian digabungkan konek ke spk. Semoga Anda paham.

      Betul mas. CT dari trafo konek ke ground mas. Cuma lebih baik ground konek di CT elco supply mas, bukan di CT trafo. Sebenarnya sih gak masalah konek di CT trafo, cuma hasilnya lebih bersih jika konek groundnya ke CT elco supply.

      Delete
  47. Makasih mas info nya, tapi ini malah ada maslah baru,, setelah di coba malah bunyi teet gtu mas tanpa volume, di out put speker ada tegangan dc mas,, skitar 5 volt mas,sya tes tr final oke,, tr driver sma tr buffer jga oke,, apa nya ya mas....?

    ReplyDelete
  48. Makasih mas atas ilmu nya, tpi ini malah ada mslah baru,, ad tegangan dc di out put speker sekitar 5 volt,, dan bnyi teeeeet gtu,, sya cek tr final, tr driver,, sma tr buffer oke smua,, apa nya ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dipasang potensio volume belum mas di powernya?

      Delete
    2. Udah siip mas,, tpi klau bru di nyalakan bunyi jeduk,, ngilangin nya gmana ya mas

      Delete
    3. Itu wajar normal mas. Kalau mau dihilangin pasang speaker protektor mas.

      Delete
  49. Mau tanya mas setelah menggunakan model modif diatas kok suara menjadi pelan. Apanya ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sih gak mas. Mungkin beda power atau salah copot komponen. Jika memang hasil malah lebih pelan, maka sebaiknya kembalikan saja rangkaian seperti semula.

      Untuk solusi R 10K yang panas, bisa anda ganti pakai R 10K 2watt.

      Delete
  50. Hem sebelum saya modif r100 ada yang kebakar mas. Lalu saya ganti r1002w kanan kiri trus saya modif model diatas ! Apakah ada masalah mas kalo r100kanan kiri kalo watt nya di besarin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah mas. Justru akan lebih kuat Resistornya.

      Delete
  51. Mas bahar .kalau socl 504 mau pake buat mid high apa aja ya yg di ganti biar suaranya bening dan bertenaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya socl 504 karakternya itu sudah mid high, jadi gak perlu diganti komponennya.

      Atau kalau mau lebih midle, silahkan coba ganti elco 22uf dengan 10uf. Posisi elconya ada ditengah bawah.

      Delete
    2. Bukannya socl 504 karakter low sub bos Bahar?

      Delete
    3. Menurut saya sih gak mas, karakter lebih ke seimbang di semua nada, bukan ke low sub mas.

      Kalau power untuk low ada sendiri. Misal power yiroshi atau lainnya.

      Delete
    4. itu elco yg diganti elco yg ke input suara ya mas..?

      Delete
    5. Bukan mas. Itu elco gain power, bukan elco input.

      Delete
  52. Pgi mas,,,
    Nanya lgi mas,, power ocl yang di tef itu skema nya sperti apa ya mas..?

    ReplyDelete
  53. Sore mas, mau nanya mas.,, cara memperbaiki suara treble ngeses kaya suara angin gimana ya mas...?
    Sma ini mas,, cara ngelingdungi trafo biar gak terbakar saat transistor final set konslet gimana, karna kemarin pernah ngalamin mas,, trafo, tr final,, power 150,, hangus semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai aksesoris apa saja kok treblenya sampai ngeses?

      Bisa sih pakai sekering, cuma performa power biasanya menurun, karena tegangan tertahan di sekering, jadi tegangan kurang loss.

      Kalau sampai terbakar semua, berarti terjadinya konslet atau short terlalu lama. Apabila sudah ada tanda-tanda power bermasalah, langsung lepas colokan listrik atau matikan tombol power. Jangan biarkan terlalu lama power menyala dalam kondisi konslet atau hanya sekedar mencobanya.

      Solusi lain bisa pakai speaker protektor.

      Delete
  54. Iya mas. Memang agak lma, krna aku sambil tidur,, tau tau istri teriak bau sangit- bau sangit.
    Klau pakai sikring yang berapa amper mas? Dan konek nya gimanw.
    Treble ngeses klau input dari hp mas, klau dri vcd normal,, hp nya mgkin yg bermasalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Untuk lebih amannya pakai ukuran sekering dibawah Amper trafo. Misal Anda pakai trafo 10A, maka pakai sekering 5A. Atau jika Anda pakai trafo 15A, maka pakai sekering 10A. Tujuan pemakaian sekering dibawah Amper trafo, agar pada saat terjadi konslet, Sekering bisa cepat putus. Pemasangannya adalah pada jalur tegangan positif (+) dan negatif (-). Jadi pakai 2 sekering mas.

      2. Mungkin output dari hp nya terlalu pelan, sehingga timbul noise. Bisa jadi juga memang dari output hpnya yang memang sudah ngeses.

      Delete
  55. Oke mas, mksih atas bantuan nya.
    Kyak nya memang hp nya yang berasalah mas.

    ReplyDelete
  56. Mas bahar saya punya power 400 watt sanken, saya coba d luar box pas d nyalain ada suara dengung tapi pakai sumber musik ada suara pas saya ukur outnya ada tegangn masuk skitar 0.7 sampai 1volt lebih, itu yng bermasal komponen apanya y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk cek tegangan DCO harus tanpa input mas. Kalau ada suara, maka wajar keluar tegangan. Jadi harus tanpa input. Bisa dengan cara menutup volume power atau konek input ke ground sementara. Baru cek tegangannya.

      Delete
    2. Iya klau saat pengukuran tanpa input tanpa out spk mas....

      Delete
    3. Ya walaupun tanpa input, juga harus digroundkan inputnya.

      Kalau tanpa input, tapi inputnya dibiarin dan gak di groundkan, juga sama saja, masih keluar tegangannya.

      Delete
  57. Mas bahar maaf bnyk tanya....saya punya tone control tc-2 pruduk Quo Audio dgn ic lm388, tapi untuk balance kalau posisi jam 12 suara jadi pelan, kalau d puter ke kiri ato kanan suaranya normal keras, itu permasalahannya apa ya mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek koneksi positif dan negatif speakernya, mungkin ada yang terbalik.

      Delete
  58. Ya mas suara dengung itu sudah teratasi.....sekarang kit power sanken 400watt, tpi saya coba dulu finalnya pakai tip3055 2set mono, saya coba tegangn 18v suara normal vol d jam 9 tpi d atas jam 12 pecah suaranya, trus saya naikn teg jdi 25vol tpi yg keluar cuma dengung keras gk ada suara musik, saya turunkan lgi jd 18vol suara normal lgi, mhon bntuannya itu permasalahnnya apa ya????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kok aneh ya? Harusnya kalau hanya menaikkan tegangan tidak menyebabkan dengung. Belum pernah problem kayak itu.

      Delete
    2. Mas bahar ternyata msalah yg tidak bisa naik teg d atas 18v itu tersangkanya Tr vas 733 yg d gnti dri pmbuatnya dgn Tr 8550, saya penasaran dgn tr vas itu terus saya ganti dgn tr b560 eh trnyata berhasil tegangn bisa naik 32 vol tanpa dengung suara normal.

      Delete
    3. Mantap, semoga bermanfaat untuk rekan yang lain.

      Delete
  59. Mas bahar sy sudah buat sesuai skemanya mas bahar, bias+ dan bias- tdk sama (bias+ 103v sedangkan bias- 108v) apa yg bermasalah. Mohon pencerahannya. Trims sebelumnya

    ReplyDelete
  60. Mas r10 panas, c6 menggelembung apa penebabnya dan bagaimana mengatasinya, mhn pencerahannya mas, trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinannya ada 2 penyebab, pertama karena supply tegangan terlalu tinggi. Kedua karena pemasangan supply tegangan (+)(-) kebalik.

      Delete
  61. Sebelum pasang tr final gk masalah mas, tegangan bis +103v dan bias -108v kata mas normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok aneh. Tr finalnya normal gak? Masangnya sudah bener belum, kaki BCE nya? Posisi 2N dan MJ gak kebalik?

      Delete
  62. Saya pake tr sanken 2sa1494 dan 2sc3858. Tr dicek bagus, tegangan + 2sa dan tegangan - 2sc. Tegangan trafo 32 vac, elco 10.000 uf/100v. Awalnya fuse tegangan - putus, kemudian sy ganti lah r 10 ohm panas dan elco menggelembung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum fuse putus, apakah power bisa bunyi normal? Atau power belum bunyi sama sekali?

      Jika power sebelumnya bunyi normal, Penyebabnya apa kok tiba-tiba fuse putus?

      Jika power dari awal sudah tidak bunyi, maka power dari awal sudah bermasalah.

      Penyebab elco menggelembung, tidak lain karena tegangan tinggi, atau tegangan terbalik. Bisa juga power supply dari awal juga bermasalah.

      Delete
  63. Siang mas bahar, ternyata tr finalnya salah posisi alias terbalik, setelah sy roker dan sy cek dco tdk setabil yaitu -0,00, 0,01. Kemudian sy sambung k speaker dan sy kasih musik suara mantap mas dan dco antara 0,00 - 0,04v. Sy pake 12 acr dan 15 audax suara terpisah suara low di speaker 15 yg lain di 12
    Trims mas bahar atas percerahannya semoga menjadi amalan jariah buat mas sekeluarga dan selalu mendapat rezeki yg barokah, Amin

    ReplyDelete
  64. Mas kalau dikasih tegangan trafo 42vac bisa apa nggak ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Cuma usahakan pakai sanken minimal 4 set, agar tidak jebol sankennya.

      Kalau pakai 2 set bisa, tapi rawan jebol.

      Delete
  65. Sy pake 3 set sanken 2sa1494 apa kira2 aman mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman mas. Coba saja dulu. Jika nanti setelah tegangan dinaikkan, tr final menjadi sangat panas, maka lebih baik tegangan pakai ct 32v saja.

      Delete
  66. Assalamualaikum mas bahar, mau nanyak nih, kalau power blazer 1000 wat x10 berkarakter apa ya? Dan cocoknya utk speaker wofer atau fullrange, trims atas penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Power blazer menurut saya karakternya mid low. Lebih ke middle. Bisa untuk speaker 12" full range atau speaker 15" full range.

      Delete
  67. Mas power ocl 150w kita modif pakai trimpot 5k mengganti r 1k dan kaki 23 trimpot kita gabung dan diseri r 560 ohm. Kemudian kita set dco posisi tester 200mv hasilnya 0,00 - 0,04, tetapi biasnya gk sama. Kira2 power aman apa nggak dan penyebabnya apa serta bagaimana mengatasinya. Mhn pencerahannya mas, trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih belum coba cara tersebut, yaitu menambah vr dco pada power ocl. Untuk hasil dconya sudah bagus mas, mendekati 0.

      Tapi untuk bias, biasanya sih memang akan terpengruh, jika kita utak-atik dconya. Selisihnya berapa? Kalau cuma sedikit sih gak masalah mas. Atau coba setting lagi dconya, sampai bias imbang, kemudian cek lagi hasil dconya berapa?

      Delete
  68. Ok mas biar sy coba, nt sy kabari hasilnya, trims mas bahar, semoga mas dan kel sehat selalu

    ReplyDelete
  69. Assalamualaikum mas bahar, semoga mas bahar sekel dalam keadaan sehat wal afiat, Amin
    Mas menyambung masalah power yg kemarin. Setelah saya set dconya 0,01 dan hasil bias+ 1,11 dan bias- 0,84, apa kira2 ini wajar dan hasil suara apa kira2 masih bagus mhn pencerahannya. Trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Amiinn.

      Kalau menurut saya sih sudah bagus mas. Tinggal coba pakai speaker.

      Delete
  70. Ok kalau gitu mas, biar sy coba pake speaker, trims mas

    ReplyDelete
  71. Setelah dimodif saat dimatikan setelah beberapa detik speaker bunyi duk itu knapan mas bro ?? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyobaknya pakai tone control atau power saja? Bisa jadi itu sisa tegangan powernya mas.

      Atau bisa coba nilai Resistornya diperbesar pakai 39K.

      Delete
    2. Emang seperti sisa tegangan...tp sblelum dimodif tidk ada suara duknya masbro....atau mungkin harus diperbesar rnya ya

      Delete
    3. Coba saja diganti R nya pakai R 39K atau 47K mas.

      Delete
  72. Assalam mualaikum.mas Bahar sugeng sonten ngapunten mau tanya saya coba modif ocl150 sesuai petunjuk masBahar,,lakok out speker keluar 12,5vdc to mas,mohon bantuan&arahannya,suwon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Mungkin salah komponen atau jalur mas. Coba cek lagi skema diatas. Ini khusus untuk power ocl 150w ya, bukan untuk power lain.

      Percobaan saya berhasil kok mas, normal. Gak ada masalah.

      Delete
  73. Assalamualaikum mas bahar, klu driver ini mau dibuat power 2000 watt apa ada diganti komponennya, mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Menurut saya gak cocok drivernya dibuat power 2000w he..he.. ya meskipun pakai tr final sekarung, tetap saja gak ningkat he..he.. sama saja power 80w tip, diupgrade ke 150w, ya bisa, cuma gak mantep hasilnya.

      Kesimpulannya:
      Ya kita kalau mau upgrade, ya lihat-lihat drivernya. Kalau ocl 150w mau diupgrade ke 2000w, berlebihan menurut saya. Percuma he..he.. jadi drivernya lebih baik cari driver power yang 1000w atau 2000w. Ya ini lebih mungkin he..he.. sekedar sharing he..he..

      Delete
  74. Trims mas bahar, assalamualaikum

    ReplyDelete
  75. Assalamualaikum mas bahar,mau nanyak lagi mas, kalau kita buat 1200 watt bisa apa nggak ya mas, maaf mas orang bodoh nanyaknya yg aneh2, trims atas penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Sebenarnya bisa saja mas. Yaitu dengan cara menambah tr final dan meninggikan tegangan supplynya.

      Cuma menurut saya driver yang mempunyai kemampuan watt besar itu lebih rekomendasi untuk watt besar dibading pakai ocl 150w. Contoh driver power yang siap diupgrade ke watt besar, misal power yiroshi, blazer, crezt, apex, matrix, LSJ, bosstrap, dll.

      Kalau ocl 150w di upgrade ke watt lebih besar juga bisa, cuma akan lebih bagus jika didukung dengan driver power yang jooss juga he..he..

      To the point ke pertannyaan, apakah bisa ocl 150w di buat 1200w? Jawabnya bisa. Tapi ada tapinya he..he.. lebih bagus jika pakai driver yang mumpuni juga.

      Delete
  76. Trims mas atas ilmunya yg dpt menambah wawasan saya

    ReplyDelete
  77. sudah saya coba hasilnya mantap....

    ReplyDelete
  78. 1. Masih bisa di btl.
    2. Kalau untuk corong TOA, mending pakai power ocl biasa, bukan btl. Kasian nanti spul corong gampang putus. Kalau sudah pakai jenis corong toa yang low impedansi (16 ohm), maka gak perlu tambahan trafo OT. Ocl pakai standart, gak perlu dimodif.

    3. Kalau memungkinkan lebih baik supply tegangan TC ikut trafo utama. Kalau tidak memungkinkan, misal tegangan untuk TC gak ada, maka gak masalah pakai tambahan trafo untuk TC.

    5. Tr A564 gak masalah diganti pakai tr A1015. Karena sama-sama jenis transistor PNP. Dan karakteristiknya hampir sama.

    ReplyDelete
  79. Gak perlu mas. Untuk corong toa cukup pakai trafo 5A biasa.

    Untuk suara jauh, tergantung ketinggian dari penempatan corong toa nya. Semakin tinggi posisi corong toa, maka semakin jauh jarak suaranya. Posisi arah corong juga pengaruh. Jadi arahkan posisikan arah corong ke arah yang diinginkan secara merata. Jangan ke salah satu arah saja. Tapi menyebar kalau bisa.

    Tapi jika tidak memungkinkan posisi arah corong merata ke seluruh penjuru arah, maka arahkan corong ke arah yang diinginkan saja.

    Karena ada 4 corong toa, maka koneksi yang tepat adalah dibagi 2. Yaitu 2 corong diparalel dapat impedansi 8 ohm untuk satu channel power. Dan 2 lagi corong diparalel untuk satu channel power. Jadi anda bisa pakai power stereo untuk ngangkat 4 corong tersebut, dengan koneksi seperti diatas.

    Kalau powernya cuma mono, maka koneksi yang tepat adalah 4 corong tersebut diparalel semua, dapat impedansi 4 ohm. Gak masalah, power masih mampu untuk impedansi 4 ohm.

    ReplyDelete
  80. siap bos.. berhasil. thank solusinya...

    ReplyDelete
  81. Kenalin mas Bahar,, Saya ikut nanya,, power 150w supaya mampu di kasih voltase tinggi Dan tidak panas, Karena selama ini Saya coba memodiv tapi belum berhasil,, terutama memang r10knya panas, setelah Saya ganti dengan r 22k, Dan malah pindah di r 100 om yang panas,, Saya kasih Traci 10 amp belt dobel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk volt tinggi memang akan menyebabkan beberapa komponen akan panas. Solusi termudah yaitu dengan memperbesar watt komponennya. Misal resistor 10K yang panas, maka bisa diganti menggunakan R 15K 2 watt. Pakai R 15K, jangan 22K.

      Masalah R 100 ohm panas, solusinya juga dengan mengganti dengan R 100 ohm 2 watt.

      Jadi cukup dengan memperbesar watt resistornya mas. Maka resistor akan lebih kuat dan tidak panas.

      Jadi yang perlu diganti dengan R ukuran 2 watt adalah:

      R 10K ganti dengan 15K 2 watt.
      R 100 ohm ada 3 biji, ganti semua dengan R 2 watt.
      R 330 ohm ada 2 biji, ganti juga pakai 2 watt.

      Delete
  82. Mas. Itu R yg menuju basis. Bukan 33k??
    Kayak 10k/20k?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang di gambar pcb saya gak pakai R 33k. Itu pakai R 30K mas.

      Kebetulan stok R 33k gak ada, jadi terpaksa pakai R 30K. Tapi gak masalah.

      Delete
  83. Om bahar mau nanya nih travo 5@ elco 4biji ,apakah ocl 150 watt standart apa mampu dikasih ct 32 vcc om ,maaf pemula om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mampu mas. Asal tr final jangan pakai jengkolan atau tip. Agar bisa bekerja di tegangan ct 32v, maka tr final bisa diganti pakai toshiba atau sanken.

      Delete
  84. Misi mas,ampli 150 saya selain r10k tr D 400 panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti pakai R 10K 2watt. Untuk tr D400 bisa diganti pakai D438 atau BD139. Bisa juga pakai TIP31.

      Delete
  85. mas mau nanya ,kok punya saya setelah ikut skema tsb ,pas posisi off(setelah dihidupkan) ada suara desis ,seperti ada arus yg keluar dari out spiker ya?

    ReplyDelete
  86. Tr vas ama driver yg cocok dgn olc 150watt trafo 10amp kecil tr final tip3055/2955 3-4set yg mana aja yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tr vas pakai TIP31. Untuk tr driver pakai TIP41 dan TIP42.

      Delete
  87. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  88. sy dah ikuti petunjuk om, tp ga ada signal input yg keluar, di pegang aja ga ada respon sama sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya berarti ada yang salah mas. Coba ikuti gambar komponen mana saja yang harus dilepas. Komponen Itu harus dilepas tidak boleh dibiarkan. Sambungan resistor 33K harus benar konek ke kedua kaki emitor A564, dan konek ke supply positif. Kalau gak bunyi berarti kaki emitor belum dapat supply positif

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. bunyi mas, tapi cuman dengung, bukan bunyi signal input

      Delete
  89. mas sy mw nanya, tp di luar judul topik di atas. kan ocl sy baru beli di toko, tr a733 kan ada tiga buah tuh, cuman a733 yg paling kanan sangat panas sendiri sedangkan a733 yg lain aman ga panas, dan r100 dua buah yg dekat kapur jg sangat panas padahal pake r 2 watt, tapi setelah 2 dioda yg sejajar dilepas, panas tersebut hilang dari komponen yg sy sebutkan tadi, tapi masalah nya setelah di lepas 2 dioda tadi, suara/input tidak ada sama sekali, kit di suplay 12vac 3amper

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau melihat cerita diatas, sudah bisa dipastikan rangkaian pcb powernya sudah gak beres. Power ocl 150w dalam keadaan normal itu tidak menyebabkan panas komponen, baik itu tr A733 maupun resistor 100 ohm. Kalau komponen tersebut panas, berarti gak beres rangkaiannya. Dan percuma juga dimodif kayak diposting ini, bakalan tidak bunyi. Karena kondisi awal power sudah gak beres. Terus bagaimana? Normalkan dulu powernya, baru dimodif. Jangan power rusak terus dipaksa dimodif, tambah mumet nanti hasilnya

      Delete
    2. tolong di analisa kit ini mas, kira ada yg ga beres di mana nya

      Delete
    3. https://i.postimg.cc/tT4qdCPp/IMG-20220623-181636.jp

      { gambar ini di foto saat tr vac dalam keadaaan di cabut }

      Delete
    4. https://i.postimg.cc/8zGjJGyP/IMG-20220624-190124.jpg

      Delete
    5. dan yg anehnya r10k yg biasanya panas, di kit sy ini ga panas, di ganti r 10k nya dgn yg baru hasil nya sama saja, malah a773 dan r 100 2 watt dekat r kapur nya yg panas

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
    7. Susah mas kalau analisa lewat gambar. Untuk bahan pertimbagan, bisa Anda coba pakai kit rangkaian ocl yang normal, lalu Anda bandingkan, dimana letak perbedaanya. Kalau ingin cepat ganti saja dengan kit yang baru normal. Lalu yg rusak buat belajar perbaiki dengan acuan kit ocl yang normal tersebut.

      Delete
  90. Mas ,mf mau tanya kit ocl 150 saya yg sebelah bagus suaranya yg sebelah lagi kalau udah di onkan bagus tp sekitar 1 menit bass nya jd ngeprek..brek gitu dan r100 ohm dan 10k panas yg jalur -, kira2 apanya mas yg tidak beres

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti kedua tr drivernya mas. Dan coba ganti tr vas dibelakang tr driver pakai D400 atau D438. Untuk tr driver coba ganti pakai tr tip31 dan 32

      Delete
  91. Mas klo resistor 100 ohm panas bagian tegangan min kira2 yg di cek bagian mananya?
    Untuk tr vas, tr driver, tr final, dioda dan beberapa resistor sudah saya cek dan semuanya normal mas. Sudah saya coba lepas tr finalnya tapi tetap panas. Mohon solusinya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti masalah masih di komponen TR driver. Coba ganti tr driver dengan tipe lain. Cek diode IN4148, kalau perlu ganti dengan IN4007.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led