Tuesday, January 2, 2018

PENGALAMAN GANTI TR HORISONTAL JEBOL LAGI

Artikel ringan awal tahun. Bagaimana kabar anda di awal tahun 2018 ini? Mudah-mudahan dalam keadaan sehat dan lancar semuanya, amin. Next posting kali ini sekedar berbagi cerita saja tentang pengalaman mengganti tr horisontal jebol lagi. Mungkin sudah pernah saya bahas di artikel saya dahulu tentang mencegah tr horisontal jebol lagi. Kali ini akan saya sajikan lebih singkat dua point penting agar tr horisontal tidak jebol lagi. Bagi yang sudah pengalaman lewat ya he..he.. Bagi yang belum tahu, simak lebih lanjut.

Kerusakan yang disebabkan transisitor horisontal rusak, jebol atau short dapat menyebabkan tv tabung anda mati. Kondisi mati disini ada dua macam yaitu mati dengan lampu indikator menyala dan mati dengan lampu indikator tidak menyala. Kedua kondisi ini sama bisa disebabkan karena tr horisontal yang rusak atau short. Kerusakan yang paling sering saya jumpai pada tr horisontal adalah kondisi transistor short. Jadi jika diukur menggunakan avometer semua kaki tr horisontal akan nyambung semua. Nah jika ini terjadi berarti tr horisontal dalam kondisi short atau konslet. Apa yang menyebabkan tr horisontal ini short? Ada tiga penyebab tr horisontal jebol yaitu.
  1. Flyback rusak atau short kaki B+ dan COL atau kaki HOT. Harus dicek pakai flyback tester.
  2. Kapasitor Damper atau kapasitor Resonant yaitu kapasitor milar dengan voltage ribuan volt. Biasanya bervoltase antara 1,6KV - 2KV. Posisi kapasitor adalah konek antara jalur kaki Colector tr horisontal dengan Ground. Kondisi yang sering terjadi adalah kapasitor dalam kondisi Chock atau open yaitu nilai kapasitornya habis atau hilang. Jika diukur pakai kapasitor meter, maka tidak akan menunjukkan angka atau nol. Ada juga kadang nilai kapasitornya menurun, tapi ini jarang terjadi. Jikalau terjadi, maka akan ada indikasi ditandai gambar menyempit kanan-kiri.
  3. Dioda Damper. Ada beberapa tv menggunakan dioda damper ada juga yang tidak. Posisi dioda damper ini paralel dengan kapasitor damper. Kerusakan yang terjadi pada dioda damper biasanya dioda short atau konslet. Tapi ini jarang terjadi. Dioda ini dapat anda ukur dengan avometer short tidaknya.

Dari ketiga penyebab diatas yang paling sering menyebabkan tr horisontal jebol adalah kapsitor damper atau resonant dalam kondisi kering atau open. Jadi usahakan jika anda mengganti transistor horisontal, cek juga kapasitor dampernya. Karena pengalaman saya kemarin memperbaiki tv mati karena tr horisontal rusak, tidak saya cek kapasitor dampernya, akhirnya tr horisontal yang baru saya ganti mati lagi seketika he..he.. Setelah saya cek kapasitor dampernya pakai kapasitor tester ternyata dalam kondisi rusak. Padahal terlihat secara fisik kapasitor ini tidak menampakkan tanda-tanda kerusakan. Karena ceroboh tidak di cek, akhirnya tr horisontal jadi korban. Maunya untung jadi buntung gara-gara tr horisontalnya jebol lagi. Berikut penampakan gambar kapasitor damper dan tr horisontal tv. Nilai kapasitor dan tipe tr horisontal bisa berbeda tiap tv.


Kesimpulan dari cerita pengalaman saya diatas adalah jika anda menemui kerusakan tv mati disebabkan tr horisontal jebol ingat dua point penting yaitu selalu cek tr horisontal dan kapasitor dampernya sekalian. Karena dua point ini jika anda lupakan, maka anda bisa saja menghabiskan tr horisontal satu karung gak bakalan hidup tvnya dan tr horisontal anda pasti dijamin akan jebol lagi seketika. Walupun memang masih ada penyebab lain yang dapat menyebabkan tr horisontal jebol, menurut saya kapasitor damper inilah yang patut diwaspadai dan di cek, agar tidak tekor dan rugi he..he.. Semoga pengalaman ini bermanfaat.

8 comments:

  1. kalau posisiy dmn mas letaky mgk bisa sama gambary letak posisi damper sama horisontaly kalau di tv...katena yang belum tau tentuy bingung apalagi yang masih awam.!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas kalau ada waktu Akan saya update gambarnya he..he.. Untuk posisinya. Karena letaknya sendiri beda-beda tiap tv.

      Tapi jika di urut jalurnya, posisi kapasitor damper terhubung di kaki colector tr horisontal dan ground.

      Tapi kalau belum tahu posisinya ya repot juga mas he..he..

      Delete
  2. Kang bahar maaf mau bertanya, tp sedikit keluar konteks. Jd gini saya punya dvd merk samsung, tp pas dinyalain power gak ada sama sekali "gak nyala" semua sekring dan colokan tidak ada yg putus . Kira kira dimana ya masalah nya. ? senang bila kang bahar menjawab pertanyaan ini ��

    ReplyDelete
  3. Kang bahar maaf mau bertanya, jd gini saya punya dvd merk samsung, tp pas dinyalain power gak ada sama sekali "gak nyala" pas di cek sekring dan colokan gak ada masalah sama sekali. Kira kira dimana ya mas masalahnya? mohon pencerahan nya. Terima kasih 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dicoba ganti kabel listriknya mas? Kadang kabel listrik terlihat bagus luarnya, tapi dalamnya putus. Coba ganti kabel listriknya dulu.

      Jika sudah tapi masih mati. Coba cek saklar powernya, biasanya problem.

      Jika masih mati, maka kemungkan power supplynya bermasalah.

      Delete
  4. Assalam wrb salam kenal mas dr sy sulaeman sy punya garapan tv 21 in slim tr hot nya jebol terus .. sy cari di psr g ada mas kpasitor nya ukuran nya 163 H 1.5 kHP .klo di ganti bekas tv lain bisa ga tapi beda nilain ya.. mohon pencerahan nya maklum msh bljr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Untuk penggantian kapasitor damper pada tr horisontal itu harus diganti dengan nilai yang sama, karena nilai dari kapasitor damper tersebut menentukan lebar gambar kanan kiri. Jika diganti dengan nilai kapasitor yang tidak sama, maka lebar ukuran layar kanan-kiri akan berbeda, dan bisa saja menyebabkan tr horisontal jebol lagi.

      Jika diganti dengan kapasitor bekas tv lain sebenarnya gak masalah, asal nilainya sama. Kalau nilainya tidak sama, maka saran saya jangan digunakan mas.

      Solusinya Anda bisa mencari persamaan nilai kapasitor dengan cara paralel kapasitor. Jika nilai kapasitor 163 itu sama dengan 16nf. Jadi persamaannya Anda bisa memparalel dua kapasitor antara lain.

      10nf+6nf=16nf
      8nf+8nf=16nf

      Atau Anda bisa cari nilai kapasitor yang lain, asal hasil akhir dari penjumlahan dua kapasitor tersebut adalah 16nf. Semoga dapat membantu menemukan nilai kapasitor yang Anda cari.

      Delete