Skip to main content

Skema 5 Led VU Display Menggunakan IC

Alhamdulilah kita sudah masuk bulan maret tahun 2018. Semoga dalam keadaan sehat semua, amin. Next posting kali ini adalah membuat led vu display 5 led menggunakan ic. Rangkaian menggunakan ic LB1403 yang banyak dipasaran, yang mampu menggerakkan 5 buah led. Ide posting ini berawal dari pertanyaan rekan kita di g+ yang menanyakan bagaimana cara membuat led vu display sederhana. Akhirnya karena saya telat dan terlalu lama untuk ngeposting, akhirnya beliau mencari skema sendiri. Dapatlah skema 5 led vu display menggunakan ic KA2284. Setelah saya browsing ternyata banyak sekali persamaan dari ic ini. Akhirnya judul posting saya buat menjadi skema 5 led vu display menggunakan ic. Karena banyak sekali varian dari ic ini dan rata-rata tata letak dan komponennya sama persis. Untuk memudahkan anda mencari ic yang ada di tempat Anda, maka akan saya tampilkan semua ic yang ada, sebagai bahan referensi jika ic yang Anda cari tidak ada di tempat Anda, maka anda bisa memilih tipe ic yang lain. Bagaimana skema 5 led vu display ic ini. Simak lebih lanjut.

Skema 5 led vu display ic ini tergolong sangat mudah dibuat karena menggunakan sedikit komponen. Tentu saja dengan biaya lebih murah. Tapi kendala di lapangan biasanya stock ic yang ada tidak ada atau bahkan habis. Kemarin saya juga sempat mencoba membuat led vu display menggunakan ic KA2284, tapi tidak satupun toko elektronik di tempat saya menjual ic KA2284 tersebut. Saya pun curiga mengapa tipe ic ini kok sulit didapatkan, apa termasuk jenis ic lama, sehingga tidak ada lagi yang menstock ic ini. Rasa penasaran saya pun terjawab, setelah melakukan browsing di internet mengenai ic KA2284 ini.  Ternyata banyak sekali varian dan persamaan dari ic ini. Setalah melakukan berbagai macam pencocokan gambar skema led vu display ini dengan berbagai jenis atau tipe ic yang berbeda, ternyata ditemukan banyak kesamaan tata letak dan juga komponen yang menurut saya sama persis. Kenapa saya katakan sama persis? Karena dari segi fungsi kaki pin ic dan juga komponen yang dipakai sama persis dengan skema ic yang lain. Perbedaan hanya terlihat dari nilai Resistor dan kapasitor yang menurut saya masih masuk dalam range. Jadi menurut saya tidak terlalu bermasalah jika ada perbedaan sedikit dari nilai komponen maupun tata letak komponen. Tapi inti atau dasar dari rangkaian led vu display ini sama persis, ini yang penting. Jadi kita bisa menggunkan tipe ic yang lain dengan komponen yang sama atau tetap.

Dengan banyaknya varian atau tipe ic ini, akan dapat memudahkan kita dalam mencari ic, jika kebetulan tipe ic yang kita cari tidak ada dapat kita ganti menggunakan tipe yang lain. Setelah saya lihat macam-macam skema led vu display ini, ternyata sama dengan skema led vu display kepunyaan saya yang lama menggunakan ic LB1403. Entah kenapa kok kebetulan skema ic ini sama persis dengan skema ic KA2284 he..he.. Berarti ic KA2284 bisa diganti dengan ic LB1403 dong he..he.. Entah kebetulan atau keberuntungan saya tidak tahu, karena stock ic KA2284 habis, akhirnya mencari informasi tentang ic ini, eh ternyata dapat sekalian bolo-bolonya he..he.. Mantap dah. Nanti akan saya sajikan satu-persatu skema semua ic ini, agar dapat dilihat perbedaan dan persamaannya. 


Gambar diatas adalah salah satu contoh bentuk jadi led vu display menggunakan 5 lampu led. Tentu saja anda tidak harus menggunakan pcb jadi yang bagus seperti itu. Anda bisa merakit atau membuatnya menggunakan pcb lubang-lubang. Asalkan pemasangan jalurnya benar, led vu display akan menyala dan bekerja normal. 

Berikut skema 5 led vu display ic KA2284


Daftar kompoen :
R1 = 56 ohm
R2 = 10K
R3 = VR10K
C1 = 10uf/16v
C2 = 2,2uf/16v
IC = KA2284
Led = hijau 2x
Led = kuning 2x
Led = merah 1x

Dan ini contoh bentuk ic KA2284.


Anda bisa melihat skema diatas menggunakan ic KA2284, sudah saya sertakan pula daftar komponennya. Untuk warna lampu led bisa anda sesuaikan sendiri sesuai selera. Jika ic KA2284 tidak ada, Anda bisa mencoba skema berikut dibawah ini.

Berikut skema 5 led vu display ic AN6884


Daftar komponen :
R = Adjustable (lihat tabel) pada dasarnya sama bisa pakai R 56 ohm seperti skema ic kA2284. Fungsinya untuk penyesuaian voltage saja. Jika dirasa nyala lampu led terlalu terang, maka nilai R ini bisa diperbesar. Dan jika nyala lampu led terlalu redup, maka nilai R bisa diperkecil.

R =  10K
R = VR 10K
C = 10uf
C = 2,2uf

Dan ini contoh bentuk ic AN6884.


Anda bisa lihat skema led vu display ic AN6884 ini, kalau kita lihat dan bandingkan, maka terlihat sama persis dengan skema ic KA2284. Berarti ic KA2284 bisa diganti menggunakan ic AN6884, kalau ada? Kalau tidak ada, Anda bisa lihat next skema berikut di bawah ini.

Berikut skema 5 led vu display ic BA6124.


Daftar komponen :
Ada sedikit perbedaan nilai komponen dan letak komponen. Yang mana pada jalur lampu led kutub positif (+) tidak menggunakan R atau di baypass. Ini menurut saya gak masalah juga jika dikasih Resistor seperti dua gambar skema diatas. Fungsinya sebagai Resistor penahan saja untuk mengetur kecerahan nyala lampu lednya. Jadi di baypass pun gak masalah. Untuk supply voltage ic BA6124 dapat beroperasi dengan tegangan mulai 4v sampai 12v. 

Ada perbedaan di elco dan R jalur kaki no.7. Menggunakan elco 4,7uf dan paralel dengan resistor 12K. Menurut saya gak tertalu berpengaruh jika disamakan dengan nilai komponen dua skema diatas yaitu menggunakan elco 10uf dan  R 10K.

Juga ada perbedaan pada nilai VR nya menggunakan VR 20K. Ini juga juga menurut saya gak masalah jika menggunakan VR 10K.

Ada perbedaan juga pada elco input menggunakan elco 4,7uf. menurut saya juga tidak terlalu bermasalah jika menggunakan elco dengan ukuran 2,2uf sama dengan gambar dua skema diatas.

Jadi pada dasarnya skema IC BA6124 ini sama persis dengan dua skema diatas. Memang ada sedikit perbedaan nilai dan tata letak komponen. Menurut saya tidak tertalu berpengaruh jika nilai komponen dan letak komponen disamakan dengan dua skema diatas.

Contoh bentuk ic BA6124.


Anda bisa juga ganti pakai ic BA6125 dengan skema yang sama. 


Anda bisa lihat skema led vu display ic BA6124 terlihat sama kan dengan dua skema diatas he..he.. Untuk ic BA6124 bisa diganti menggunakan ic BA6125. Dan tentu saja bisa diganti pula menggunakan IC KA2284 dan ic AN6884, jika ada? Jika masih belum dapat juga menemukan icnya, lihat skema dibawah ini lagi ya he..he..

Berikut skema 5 led vu display ic DBL1016.


Daftar komponen sama dengan diatas. Dan macam persamaan ic yang dapat dipakai menggunakan skema tersebut. Supply voltage dapat beroperasi dari tegangan 3,5v sampai 12v.

Contoh bentuk ic DBL1016.

Anda bisa lihat skema diatas, bahwa skema ic DBL1016 ini juga sama persis dengan ketiga skema diatas. Terlihat juga pada gambar macam persamaan ic yang dapat beroperasi atau bekerja menggunakan skema rangkaian ini yaitu IC KA2284, KIA2284, LB1403, DBL1016, AN6884, BA6124, BA6125.

Berikut contoh lagi skema 5 led vu display ic LB1423.


Daftar komponen :
R1 = 56K
R2 = 180 ohm
C1 = 10uf/16v
C2 = 0,22uf/16v
IC = LB1423
Led = hijau, kuning, merah

Ada sedikit perbedaan nilai komponen dan letaknya. Yaitu pada jalur kaki no.7 hanya menggunakan elco 10uf tanpa paralel R. Kemudian ada perbedaan pula pada jalur inputnya. Yang mana skema diatas tidak menggunakan VR untuk adjustable, tapi sudah digantikan dengan R1= 56K. kemudian R2= 180 ohm. Tapi pada intinya sebenarnya skema diatas sama persis dengan 4 skema diatas. Hanya ada sedikit perbedan,  yang mana jika disamakan juga tidak berpengaruh apa-apa. berarti ic LB1423 ini dapat menggantikan keempat IC diatas. Masih belum menemukan juga? Tenang masih ada satu lagi, yang ini kebanyakan ada di pasaran yaitu ic LB1403.

Berikut skema 5 led vu display ic LB1403.


Daftar komponen sama dengan skema pertama diatas. Nah skema IC LB1403 inilah yang secara kebetulan ternyata kok sama dengan skema lainnya diatas he..he.. ternyata podo wae. Sebenarnya ic ini tidak masuk dalam daftar persamaan ic lainnya diatas. Tapi karena kebetulan kok sama persis, maka saya masukkan juga dalam daftar persamaan ic diatas. Pada gambar terlihat macam persamaan ic LB1403 yang ternyata sama juga dengan ic LB1423. Diantara persamaan ic LB1403 adalah ic LB1413, LB1423, LB1433, LB1443. Entah perbedaannya apa empat ic tersebut? Yang penting jalur rangkaiannya sama, maka dapat menggantikan tipe ic lainnya. 

Contoh bentuk ic LB1403.


Anda bisa lihat gambar skema ic LB1403 diatas, maka akan terlihat sama persis dengan skema lainnya diatas. Baik tata letak dan nilai komponennya. Untuk yang terakhir berikut contoh gambar skema ic LB1403 dengan gambar layout pcbnya. 


Daftar komponen :
Sama dengan skema lainnya diatas, cuma ada tambahan layout pcb saja. Mungkin resolusi gambar kurang bagus, anda bisa desain ulang dengan resolusi yang lebih baik. Gambar diatas hanya sebagai acuan saja tata letak dan nilai komponennya. 

Kesimpulan dari sekian banyak gambar yang ada diatas hanya sebagai contoh untuk melihat perbedaan dan persamaan antara skema satu dengan skema yang lainnya. Sehingga dapat dengan mudah kita memilih ic yang yang mana akan kita pakai untuk membuat led vu display tersebut. Untuk perbedaan dari semua ic diatas saya belum tahu, karena belum mencoba semuanya. Tapi dari sisi skema rangkaiannya, semua ic diatas mempunyai kesamaan fungsi yang sama persis. Sehinga semua ic diatas dapat saling menggantikan ic yang lainnya, karena kesamaan fungsinya. Jadi dapat ditarik kesimpulan tentang persamaan ic diatas adalah

KA2284
AN6884
BA6124
BA6125
DBL1016
LB1403
LB1413
LB1423
LB1433
LB1443

Kesepuluh ic diatas adalah sama dari segi fungsinya. Jadi ada 10 ic persamaan yang dapat anda pakai, jika anda tidak menemukan satu tipe icnya, maka anda dapat mencoba  mencari tipe ic yang lainnya. Sebenarnya tanpa penjabaran panjang lebar tentang skema diatas, maka cukup anda lihat saja persamaan ic nya apa saja? beres kan. Tapi jika dilengkapi dengan gambar skema sesuai dengan skema ic masing-masing, maka dapat anda gunakan sabagai pembanding atau alternatif rangkaian yang dapat anda coba. Sehingga Anda dapat melihat perbedaan dan persamaan semua gambar skema diatas. Semoga dengan banyaknya varian atau persamaan ic diatas dapat memudahkan kita mencari komponen dan memudahkan kita dalam merakitnya. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Mau nanya mas,,,kalau pengganti IC u237 b apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pengganti dengan nomer seri berbeda, gak ada sepertinya mas. Saya coba samakan dengan diatas juga beda.

      Yang ada adalah dengan nomer seri yang sejenis. Berikut pengganti ic U237B yang saya temukan.

      U237B
      U247B
      U244B
      U254B
      U257B
      U267B

      Untuk nomer seri lain gak ada.

      Delete
  2. Mas kalau cap 2.2uf diganti 10uf bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan kalau pada pin 8 tidak dikasih resis var gimana jadi saya ganti langsung dgn res 10k?

      Delete
    2. Bisa, gak masalah. Kalau VR diganti langsung pakai R 10K, juga gak masalah. Tapi Anda gak bisa menyetel tingkat kepekaan inputnya. kan belum tentu R 10K itu Sudah pas inputnya. Bisa saja kekecilan atau kebesaran.

      Delete
  3. terima kasih mas atas ilmunya semoga barokah bagi mas sekeluarga

    ReplyDelete
  4. Mas mau tanya vu display ic lm3915...lednya gak mau kedip/nyala semua...masalah dari apa ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba setting VR inputnya. Atau salah pasang input.

      Itu input vu display Anda konek kemana?

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.