TV LG Pearl Black Mati Total Lampu Indikator Nyala Redup

Dapat garapan yang sama dengan problem sebelumnya. Tapi kali ini problemnya adalah tv lg pearl black mati total lampu indikator nyala redup. Problem ini gampang-gampang susah he..he.. Karena titik kerusakan yang jarang terdeteksi, sebab komponen yang rusak tidak menunjukkan tanda-tanda kerusakan, misal terbakar atau gosong. Kebanyakan jika ketemu problem tv mati total, maka kebanyakan titik kerusakan tertuju pada tr horisontal. Kebanyakan kasus memang benar disebabkan oleh kerusakan tr horisontal tersebut. Nah bagaimana jika sudah melakukan penggantian transistor horisontal baru, tapi tv tetap tidak mau menyala? hayoo apanya yang rusak? Simak lebih lanjut ya.

Kebetulan beberapa waktu yang lalu datang dua tv dengan merek yang sama, tapi kerusakan berbeda. Yang satu tr horisontalnya jebol terus dan satunya lagi mati total. Tv yang pertama sudah selesai diperbaiki, lanjut tv yang kedua dengan problem mati total lampu indikator nyala redup. Kebanyakan disebabkan tr horisontal rusak. Setelah dilakukan pengecekan tr horisontal C6090, memang benar kondisi transistornya short atau konslet semua kakinya. Biasanya setelah dilakukan penggantian tr horisontal baru, maka tv sudah bisa nyala. Tapi kali ini tidak, kondisi tv tetap mati total. Pengecekan semua tegangan normal. Kecuali satu yaitu tegangan B+ flyback tidak ada. Kemungkinan ada part komponen atau jalur rusak di area tersebut sehingga tegangan terhenti, tidak sampai ke b+ fbt.

Problem mati total juga bisa disebabkan flyback short dan menyebabkan tegangan b+ hilang. Tapi sebelum mengarah ke flyback, cek dulu jalur tegangan b+ mungkin ada komponen rusak atau jalur putus. Setelah melakukan penelusuran pada jalur tegangan b+, ditemukan sebuah fuse resistor 1 ohm/2watt dalam kondisi putus. Fuse Resistor sama dengan sekering, sebagai pengaman tambahan jika terjadi short komponen pada jalur tegangan b+, tidak merusak komponen yang lain terutama flyback. Jadi ketika terjadi short, maka fuse resistor akan putus, otomatis tegangan supply b+ akan terhenti tidak sampai ke kaki b+ flyback. Dan flyback pun aman.


Tidak semua tv dilengkapi fuse resistor pada jalur tegangan b+nya. Jadi cek saja dulu mungkin ada fuse resistornya. Setelah melakukan penggantian fuse resistor dengan yang baru, maka tv pun sudah bisa menyala normal. Setelah dilakukan running, ternyata ada problem tambahan tr horisontal overheating menyebabkan tr horisontal jebol lagi. Cek elco supply trafo diver horisontal C408 nilai 10uf/100v kering. Ganti baru bisa normal dan tr horisontal sudah tidak overheating lagi. Berikut data tv lg pearl black yang sempat saya catat. Semoga bermanfaat.

TV tipe = 21SA4RL
IC Program = LV76213 3C
TR Hor = C6090
IC Vertikal = LA78141
IC Regulator = STR W6554A
IC Audio = LA42102N
Flyback = BSC25-N0329
Data Pin = COL_180V_B+115V_GND_INNER(NC)_26V_NC_ABL_HEATER_AFC

Comments

  1. mas kalau PA dikasih colokan mic langsung disambung kepower apa micropone y bisa bunyi..apa nanti volume mic ikut power untuk besarin volumey..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau langsung konek ke input power, bisa bunyi tapi pelan. Harus ditambahkan pre amp mic atau echo, atau bisa pakai penguat mic mixer dulu sebelum masuk in power.

      Tentu saja vol mic ikut vol power, karena satu jalur mas.

      Delete
  2. kalau lngsung kepower pa lewat TC mas.pa perlu dikasih saklar atau tidak usah..kalau pre amp mic yg bagus merk apa n brp potensio mas..apa itu yg disebut mixer kalau untuk ngatur mic atau musik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling gampang pakai penguat mic yang biasa dipakai buat mixer. Sudah lengkap dengan TC nya, bisa buat mic dan bisa juga buat music.

      Ya orang biasa menyebutnya dengan mixer.

      Delete
  3. Mesin wansonic start awak layar menympit vertk dan horsny bbsa mnt kmd br normal.problem dmna ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada elco kering dibagian regulator. Cek elco tegangan b+, elco 160v.

      Delete
  4. Mas mau nanya tpi lg 21 in klu di strat skring lasung putus apa nya yang shot mas..gmna cara ngecek baru di.colokiin skring putus lgi str udh di ganti tetep aja sikring putus lgi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek diode nya mas. Mungkin salah satu ada short. Coba cek lagi komponen sekitar str, mungkin masih ada yang rusak, entah diode atau resistor.

      Jika sekering masih tetap putus, coba lepas kabel degausingnya mas. Kabel yang melingkar di tabung crt. Jika dengan melepas kabel degausing, bisa normal, berarti kemungkinan rusak komponen degausingnya short.

      Delete
  5. Assalamualaikum mas, mau nanya ni mas, kalau boleh tau, berapa kode yoke pada tv lg type 21SA4RL ini mas, soalnya tv saya kode yoke sudah hilang, mhn jawabannya mas, sebelumnya terimakasih mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Waduh maaf mas, kemarin gak saya catat untuk kode yokenya. Jika memang rusak yokenya, saran saya gantilah yoke sesuai dengan tipe tabungnya. Misal untuk tabung flat, atau slim flat. Atau jika memang kesulitan, maka silahkan bawa contoh yoke yang lama ke toko elektronik, untuk dicocokkan dengan yoke yang baru. Biasanya penjual tokonya tahu jenis yoke macam-macam tv. Asal bawa contoh yoke nya, kemungkinan besar ada penggantinya.

      Untuk kode yoke gak harus sama. Tapi yang penting adalah sesuaikan dengan jenis tabung crt nya. Apakah untuk flat atau slim flat. Ataukah tabung cembung biasa.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led