Sunday, December 2, 2018

Cara Paralel TR Final Power Blazer 500W

Alhamdulilah ada waktu untuk ngeposting lagi he..he.. Tidak terasa kita sudah masuk bulan terakhir di tahun 2018 ini. Pastinya pada akhir tahun bulan desember ini akan ada banyak agenda yang direncanakan buat liburan bersama keluarga. Next posting kali ini adalah menjawab pertanyaan dari rekan kita di g+ tentang bagaimana cara paralel tr final pada power blazer 500w? Sebenarnya cara memparalel tr final pada semua power sama saja, tinggal kita konek saja kaki BCE pada tr final pada pcb power. Tapi kenyataan dilapangan, masih banyak yang bingung cara paralel tr finalnya bagaimana. Khusus power blazer 500w ini, akan sedikit berbeda cara paralel tr finalnya. Perbedaannya terletak pada koneksi out speaker yang biasanya pakai emitor tr final, tapi pada power blazer ini out speaker pakai colector dari tr final. Disini letak kebingungannya. Ditambah juga dengan pemasangan tr final pada pcb yang kelihatan seakan-akan cuma berjejer pakai satu jenis tr final saja. Letaknya seperti ini PNP,PNP dan NPN,NPN. Padahal koneksinya sebetulnya sama saja dengan power lainnya yaitu PNP dan NPN. Supaya tidak bingung, simak lebih lanjut ya.

Banyak sekali jenis dari power blazer ini. Kali ini akan saya bahas cukup pakai power blazer 500w dengan sistem out colector. Pembahasan disini saya fokuskan pada sistem tr final out colectornya. Tentunya pada power blazer yang lain juga menggunakan sistem yang sama. Power blazer ini pemasangan tr finalnya berbeda dengan power pada umumnya. Yang mana pada power umumnya out speaker menggunakan emitor tr final, tapi pada power blazer out speaker menggunakan colector tr final. Atau orang biasanya menyebut dengan Power Amplifier Common Emitter. Yaitu sebuah power amplifier yang menggunakan sistem output pakai colector tr final. Power jenis ini sebenarnya dari dulu juga sudah ada. Tapi kebanyakan luput dari pengamatan he..he..


Kalau kita lihat sekilas power blazer diatas, kita tidak akan tahu kalau sebenarnya power tersebut menggunakan sistem common emitter. Berbeda dengan power pada umumnya. Darimana kita bisa tahu power tersebut pakai common emitter atau gak? Bisa kita lihat pada jalur out speakernya. Pada jalur out speaker power ini pasti akan terhubung langsung dengan kaki colektor tr final, baik tr final NPN dan PNP nya. Hampir saja keliru menyebut dengan power common collector he..he.. Ternyata power yang menggunakan out colector yang benar adalah power common emitter. Jadi jangan salah sebut ya he..he.. Kalau kita lihat dari pcb tidak akan ketahuan, mari kita lihat dari skemanya.


Gambar diatas adalah potongan skema dari tr final power amplifier common emitter. Silahkan lihat jalur out speaker yang terhubung langsung dengan colector tr final. Kenapa kok terhubung langsung dan gak pakai R kapur? Memang desain sistemnya seperti itu mas he..he.. R kapur justru tetap dipasang pada kaki emitor tr final, tapi terhubung pada jalur supply tegangan. Kebanyakan orang bingung pada titik ini, cara paralelnya bagaimana? Karena menggunakan output colector. Bagaimana cara paralel tr final pada power blazer 500w ini? Silahkan lihat gambar koneksi di bawah ini.


Silahkan lihat diagram koneksi paralel tr final diatas. Rangkai dan Koneksikan tr final seperti pada umumnya. Yaitu R kapur tetap pada kaki emitor dan R 10 ohm tetap pada setiap basis tr final, kemudian colector konek langsung dengan tr final lainnya. Perbedaannya nanti pada jalur penyambungan pada pcbnya. Yaitu gabungan R kapur konek ke jalur supply tegangan dan gabungan kaki colector konek ke jalur output speaker. Untuk koneksi kaki basis, agar lebih mudah, bisa diparalel langsung dengan kaki basis pada tr final di pcb. Perlu diketahui jalur kaki colector tr final NPN dan PNP memang dijadikan satu masuk out speaker. Awas jangan sampai keliru ya he..he.. Selesai sudah postingan cara paralel tr final power blazer 500w ini. Semoga dengan adanya gambar skema koneksi diatas, bisa membantu anda untuk memparalel sendiri power blazer Anda dirumah. Khususnya paralel tr final pada power amplifier common emitter. Semoga bermanfaat.

22 comments:

  1. Kalo ngatasin suwara serak pada folume kecil biasanya d sebabkan d bagian apa mas trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa memang dari powernya mas, contoh power 140w. Kalau power lain, biasanya disebabkan tegangan supply kurang besar, setelan bias kurang besar.

      Sekarang Anda pakai power apa? Pakai trafo berapa amper? pakai tegangan berapa volt?

      Delete
  2. Mas trafo 3 amper ct 15 18 25 30 volt..kalau yang 30 volt dipakai buat suplai ocl dan yang 15 buat tone control diperbolehkan tidak ya..

    ReplyDelete
  3. Mas. Kalau power spiker aktif. Suaranya kecil gk bisa d kecengein. Apa nya ya mas. Mohon bantuan nay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dari powernya bermasalah mas. Coba cek tr final.

      Delete
  4. Mas kalau ampli stereo 2x200watt agar jadi mono 400 gimana ya caranya apakah hanya digabung output R L ..soalnya speakernya cuma satu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di BTL mas. Silahkan cari artikel di blog ini, label BTL. Atau bisa langsung search di google.

      Atau kalau gak mau ribet, ya pakai 1 power saja.

      Delete
  5. Mas mau tanya, saya punya Power blazer 500W d seperti gambar diatas. Nah yg saya bingung di skema R gain tertulis 10K, sedangkan di gambar cara pemasangan tertulis R gain tertulis 10 ohm. Terus Di Pcb tertulis 10k, tapi yg dipasang dari pabrikan R gain 1 ohm. Mohon bantuanya mas, soalnya Saya bingung ukuran R gain yg benar. Terima Kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  6. Untuk R gain yang benar pakai R 10K mas.

    ReplyDelete
  7. mas mau tanya makhlum pemula, klo trafo 10 ampere 32 ct kira2 untuk power mono mmpu brapa watt dan klo driver stereo kira2 brp watt, klo stereo d BTL jadi brp watt..,trims boss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mono bisa pakai power 800w. Kalau stereo 2x400w. Kalau btl ya sama dapat 800w.

      Delete
  8. Mas kemarin saya beli kit driver btl 400watt to 1200watt..apakah benar kit tersebut menghasilkan 1200watt..dan apakah tr final dan trafonya aman atau apakah cepat panas dan jebol trimss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak mas, asal tr finalnya cukup dan supply tegangannya juga gak terlalu tinggi.

      Untuk mencegah terjadi kerusakan atau jebol, maka gunakan tegangan supply secara bertahap dari trafo. Jangan langsung dikasih tegangan tinggi.

      Jadi coba pakai tegangan rendah dulu, misal pakai tegangan ct 25v dulu dari trafo. Amati suaranya dan amati panasnya. Jika hasil suara normal dan panas normal, maka tegangan supply bisa dinaikkan. Tetap amati suara dan panasnya.

      Delete
  9. Masss, saya mau tanya...
    Saya ada driver hyper ocl 300 watt. Apa driver jenis ini sama dengan jenis tef...?
    Mohon pencerahannya mass...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya lihat pcbnya, itu bukan jenis power TEF mas. Kemungkinan sama dengan power ocl biasa, dengan sedikit perubahan komponen.

      Delete
    2. Bagaimana ya menurut mas cara menyambung tr final paralelnya...? Soalnya saya buat sprt biasa tr finalnya panasnya tidak warjar mas...

      Delete
    3. Harusnya sih sama saja mas cara paralel tr finalnya. Tapi jangan pakai yang diposting ini ya, soalnya beda. Kalau diposting ini khusus paralel tr final untuk power blazer dengan out Colector.

      Silahkan lihat di postingan cara paralel tr final power ocl 150w atau power safari 400w.

      Delete
    4. Saya buat percis kayak di postingan mas yg di ocl 150 watt itu. Sblm2nya mmg sprt itulah saya buat mem-paralel tr final. Tapi yg buat saya bingung, R kapurnya ada 4 mas. Yang terhubung ke tr final di pcb, saya copot. Yg 2 lagi bernilai tahanan 5W0.1RJ terhubung ke jalur sp out, tidak saya copot. Apakah ada pengaruh R kapur tsb makanya panas mas...?
      Yg anehnya , tr final yg paling panas hanya 1 saja. Tepatnya tr 2sc2922 tr paling akhir. Saya periksa jalur semua bagus...
      Speakernya mingkem saat saya coba test sentuh input jack 3.5 mm yg biasa saya gunakan saat test...
      Untung saat test saya pakai 12 v sprt yg sering mas sarankan hehehehe...

      Tolong kasih solusinya ya masss, dan maaf, jd merepotkan mas...

      Delete
    5. Ya ini masih saya cari skema dan layout pcbnya belum ketemu mas.

      Begini mas, kalau masnya mau, bisa tolong difotokan pcb bagian bawah powernya mas. Untuk saya lihat dan pelajari jalurnya. Karena saya cari gak nemu gambarnya.

      Untuk gambar bisa Anda kirim lewat email di halaman contact diatas, atau lewat google plus.

      Delete