Tuesday, January 1, 2019

TV LG Regulator STR W6750F Tegangan tidak Keluar

Alhamdulilah, jumpa lagi di blog baharelectronic.com. Artikel ini hanya ada dan dapat dibaca di blog baharelectronic.com dan tidak saya publikasikan di blog lain. Jika Anda menjumpai artikel saya ada di blog lain, maka itu adalah blog copas. Dengan semakin maraknya blog copas yang melakukan tindakan cloning terhadap blog saya, maka saya doakan semoga Anda diberikan kesehatan untuk tidak lagi melakukan tindakan cloning blog orang lain. Bahwa setiap tetes keringat dan pikiran para blogger yang Anda copas, akan Anda pertanggung jawabkan di akhirat nanti. Apapun hasilnya dari copas blog orang lain adalah tidak Halal dan merusak rezeki orang lain. Hampir satu bulan penuh blog baharelectronic.com menemukan ada banyak blog lain yang melakukan tindakan cloning. Saya selaku blogger merasa sangat dirugikan atas tindakan orang ini. Sehingga aktifitas ngeblog jadi terganggu. Karena saya dalam membuat satu artkel itu dibutuhkan waktu, tenaga, dan pikiran yang berat. Harus lembur malam-malam untuk membuat artikel, menguras tenaga dan pikiran, eh..ternyata di copas blog orang lain. Sangat sedih saya melihatnya. Saya doakan Anda para copaser agar Anda tetap sehat dan tidak melakukan tindakan copas blog orang lagi. Carilah sendiri pekerjaanmu sesuai skil dan kemampuanmu sendiri, itu lebih berarti. Daripada Anda menghabiskan waktu untuk copas blog orang lain dan merugikan orang lain. Mohon maaf artikel saya singgung sedikit tentang blog cloning dan copas yang merugikan he..he..

Artikel baharelectronic.com kali ini adalah problem tv lg dengan regulator STR W6750F tegangan tidak keluar. Kemarin kebetulan pas liburan dapat kerjaan memperbaiki tv lg teman kerja saya, kebetulan juga tidak ada kerjaan dirumah, maka saya kerjakanlah tv lg ini dirumah teman kerja saya. Singkat cerita tv lg ini jarang sekali dipakai, karena sudah digantikan dengan tv led 32". Karena jarang dipakai, suatu ketika tv lg ini dinyalakan, tapi tiba-tiba mcb listrik pln trip dan konlet. Setelah dicoba dinyalakan kembali, tapi tv sudah tidak bisa nyala lagi dan lampu indikator mati.

Dari sedikit cerita diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa kemungkinan besar kerusakan ada pada bagian regulator yang mengalami konslet. Karena hanya kerusakan bagian regulator kebanyakan menyebabkan mcb pln trip. Setelah tv lg ini saya buka dan melihat bagian regulator, tidak ditemukan kerusakan fisik pada komponen di area tersebut. Regulator tv lg ini menggunakan ic regulator STR W6750F. Setelah saya bersihkan dan amati lagi bagian ic ini, ternyata terlihat ada banyak kotoran semut yang menempel pada kaki dan jalur area primer regulator. Kemungkinan besar penyebab konslet adalah karena kotoran semut ini.

Setelah dilakukan pembersihan pada area ini dan melakukan pengecekan semua komponen pada regulator, baik resistor, diode, zener dan kapasitor, tidak ditemukan kerusakan komponen, Termasuk pengecekan resistor dengan resistansi tinggi, tidak ada kerusakan. Kesimpulan saya sementara adalah kerusakan ada di ic regulator STR W6750F. Setelah ic saya lepas dan saya belikan gantinya, ternyata tipe ic ini tidak ada. Dan terpaksa harus beli persamaan str w6750f ini. Dari hasil  pencarian ternyata persamaan str w6750f ini dapat diganti dengan ic str w6753 dan str w6754. Setelah saya lihat datasheet dari kedua ic tersebut, ternyata sama. Akhirnya ic str w6750f saya ganti pakai str w6753. Berikut penampakan ic str w6750f.


Dan ini adalah penampakan ic str w6753. Dari konfigurasi kaki dan datasheetnya sama dengan str w6750f.


Setelah str w6753 saya pasang, ternyata memang sudah tidak konslet, tapi anehnya tegangan output sekunder tidak keluar sama sekali. Sehingga tv tetap mati. Saya mulai berpikir apakah ic ini tidak cocok? Tapi kalau tidak cocok, kenapa kok gak konslet dan trafo regulator bekerja? Padahal semua komponen gak ada yang rusak, pada saat di cek. Sempat bingung, akhirnya ilmu coba-coba pun dilakukan. Percobaan pertama adalah penggantian 2 elco pada bagian primer regulator yaitu elco 4,7uf/50v dan elco 47uf/50v. Dan hasilnya tv langsung bisa menyala. Anehnya 2 elco yang saya ganti ini, kalau di test dan di cek normal, tidak rusak. Anehkan he..he.. Berikut adalah gambar potongan skema regulator str w6750f dan posisi 2 elco yang bermasalah.


Anda bisa lihat gambar diatas. Ada 2 elco dengan nilai 47uf/50v dan 4,7uf/50v yang harus diganti. Jadi kesimpulannya adalah ic str w6750f dapat diganti pakai str w6753 dan penyebab tegangan tidak keluar atau macet adalah karena 2 elco bermasalah diatas. Maka jika Anda menemukan kasus yang mirip dengan diatas, maka tidak ada salahnya lakukan penggantian elco pada area primer regulator. Meskipun hasil pengecekan elco normal, tetap lakukan penggantian elco dengan yang baru. Semoga dengan sedikit cerita ini dapat membantu Anda memperbaiki regulator tidak keluar tegangan atau macet dengan mudah. Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. selamat siang mas bahar, maaf mas mau tanya karna saya masih ragu2, begini mas saya punya trafo 10A murni,,rencananya mau tak pake buat suply PA..saya udah ngrakit driver namec 2 biji..pengertian saya jika suplynya di satukan dgn tegangan 45 simetris takutnya R&L saling berebut catu daya. nahh disitu saya masih ragu mas!! misalkan dipisah untuk catu dayanya gimana mas.( misal R di di catu 45 simetris dan L di catu pake 40 simetris atau sebaliknya) tapi di ambilkan dari keluaran trafo yg sama kira kira ada pengaruh gak mas..trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya mas lebih baik disatukan tegangannya. Terjadi tarik menarik itu pasti, tapi masih aman mas, asal Anda tetap bermain stereo L R, jangan main sendiri-sendiri.

      Cara Anda membagi tegangan seperti itu, lebih baik jangan dilakukan. Karena akan menyebabkan trafo panas.

      Kalau Anda ingin membagi tegangan dua power tersebut, tetap pakai 1 trafo, ada caranya mas. Silahkan search saja di google dengan kata kunci power supply 2 kiprok untuk power stereo. Nanti ada blog saya disana.

      Jadi teknik pembagian tegangannya pakai 2 kiprok, tapi tetap pakai satu sumber tegangan, dalam hal ini hanya pakai tegangan ct 45v dari trafo.

      Delete