Monday, March 25, 2019

Cara Membuat Charger Hp pakai Trafo 1A

Alhamdulilah, next posting kali ini adalah cara membuat charger hp pakai trafo 1A. Berawal dari pertanyaan dari rekan di koment blog, yang menanyakan bagaimana membuat charger hp pakai trafo. Kebetulan dia punya trafo bekas yang tidak terpakai dan ingin membuat charger hp pakai trafo tersebut. Alhamdulilah sudah saya buatkan video tutorialnya secara singkat di youtube. Bisa Anda kunjungi dan lihat di channel bahar electronic. Semoga dengan adanya channel video di youtube bisa mempermudah Anda dalam mempelajari dan membuatnya. Jika masih kurang paham bisa bertanya lewat koment di youtube atau di blog ini juga bisa.

Di posting ini saya sekaligus memperkenalkan channel baru saya di youtube, dengan nama bahar electronic. Persis sama dengan nama di blog ini. Sebenarnya channel ini sudah saya buat beberapa bulan yang lalu, tapi terkendala waktu dan keadaan jadi gak terurus dan terbengkalai. Karena ada banyak masukan dari rekan-rekan lewat koment blog dan facebook, untuk membuatkan video tutorialnya di youtube, agar lebih jelas dipahami. Akhirnya channel yang dulu pernah saya buat, saya teruskan lagi he..he.. Berikut adalah posting pertama yang akan saya sertakan link video youtubenya.

Posting kali ini adalah cara mudah dan sederhana membuat charger hp dari trafo 1A. Ya sebenarnya sih beli charger baru saja mas, kan murah, ngapain pakai buat sendiri pakai trafo? Kan lebih mahal jadinya. Ya sih memang lebih mahal harganya trafo dibanding beli charger baru. Cuma disini kita akan membuatnya dari trafo bekas yang tidak terpakai, sambil mengasah pengalaman untuk membuat sendiri rangkaian charger hp dari trafo. Jadi buat kalian yang gak ingin ribet, ya beli charger baru saja he..he.. Tapi bagi kalian yang ingin membuat sendiri charger hp dari trafo ini, ya silahkan he..he..

Komponen utama dari rangkaian ini adalah dari ic regulator 7805. Ic ini yang bertugas untuk mengalirkan dan menstabilkan tegangan tetap di 5v. Kemudian elco yang dipasang pada input dan output tegangan pada ic 7805, agar tegangan output bisa lebih stabil. Dan juga diode penyearah dan elco untuk membuat power supply tunggal. Sebuah trafo dibutuhkan sebagai sumber daya charger ini, kali ini saya memakai trafo 1A engkel atau nol. Anda bisa memakai trafo 1A ct atau trafo lainnya misal trafo 2A, 3A atau 5A. Usahakan minimal pakai trafo 1A, agar output tegangan bisa kuat ngangkat untuk mencharge hp. Kalau pakai trafo dibawah 1A, maka daya outputnya juga akan kurang dari 1A. Berakibat proses pengechasan akan lama, karena daya ampernya kurang. Berikut skema rangkaian charger menggunakan trafo 1A.


Silahkan lihat gambar diatas. Rangkaian diatas menggunakan trafo 1A engkel atau nol. Anda bisa menggunakan tegangan 9v atau 12v dari trafo. Jangan lebih dari 12v dari trafo, karena akan menyebabkan ic regulator 7805 akan sangat panas dan mudah rusak. Jangan lupa gunakan pendingin heatsink pada bodi ic 7805. Lebih besar pendingin lebih baik, akan lebih adem. Juga sudah saya sertakan cekpoint tegangan yang harus dicek, sebelum dikonek ke hp. Usahakan tegangan output dapat sekitar 4,8v-5v. Mungkin akan sulit mendapatkan tegangan pas 5v. Tapi dengan tegangan akhir dapat 4,8v saja sudah cukup untuk ngecharge hp. Juga sudah saya sertakan koneksi menggunakan socket usb. Sehingga memudahkan dalam koneksi menggunakan kabel charger pada umumnya, tanpa harus memutus kabelnya. Jadi tinggal colok saja he..he.. Kalau gak punya trafo Nol, bisa juga pakai trafo CT. Berikut gambarnya pakai trafo CT.


Prinsip kerja kedua rangkaian diatas adalah hanya sebuah rangkaian power supply tunggal yang tegangannya di step down dan distabilkan oleh ic regulator 7805 agar keluar stabil 5v. Walaupun kenyataan dilapangan sangat susah mendapatkan tegangan pas 5v. Kebanyakan hasil output tegangan ic 7805 adalah 4,8v. Tapi sudah cukup untuk charger hp. Kemudian pemasangan elco pada output ic regulator 7805 wajib dilakukan, agar tegangan output tidak tambah drop. Ukuran elco bisa Anda rubah pakai ukuran yang lain. Tapi usahakan nilainya tidak dibawah 1000uf/50v. Anda bisa pakai elco diatas 1000uf akan lebih baik, misal pakai elco 2200uf/50, 3300uf/50v, 4700uf/50v, hasilnya akan lebih baik, lebih rata tegangannya. Untuk socket usb itu optional, bisa pakai atau tidak. Tapi lebih baik pakai socket usb, agar lebih mudah dalam koneksi ke hp. Karena tinggal colok pakai kabel charger sembarang pun bisa. Tanpa harus memotong kabel charger untuk koneksi ke hp.

Berikut gambar pendingin yang wajib dipasang pada bodi ic regulator 7805, agar adem. Anda bisa pakai pendingin yang lain, lebih besar lebih baik.


Berikut juga contoh gambar socket USB. Anda bisa beli ditoko elektronik atau dapat dari cabutan bekas power bank atau charger yang tidak terpakai. Yang penting Anda tahu koneksinya yang benar. Jangan sampai salah dalam koneksi socket USBnya ya he..he..


Untuk skema rangkaian akan saya upload bertahap. Sementara akan saya sediakan link video youtubenya. Disana sudah saya sertakan skema rangkaiannya. Jika kurang jelas, bisa berkomentar lewat koment di youtube atau di blog ini. Berikut video tutorial cara membuat charger hp pakai trafo 1A. Semoga bermanfaat.


47 comments:

  1. Maaf mas brow mencleng.
    Saya mau nanya nich. Stk 4264. Dan stk 4254. Itu bisa dianti dengan tipe brp ya brow... mksh.

    ReplyDelete
  2. Eh sorry brow salah. Stk 4164 dan 4154.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya banyak mas persamaan dari ic stk tersebut, tapi beda pin. Jadi kalau mau pakai harus merubah jalur dulu, baru bisa dipakai. Ini saya beri persamaan STK4154 dan STK4164 yang pin compatible saja yah. Agar bisa dipasang langsung. Perbedaan sebenarnya cuma di daya watt outputnya saja.

      STK4144-> 25w
      STK4154-> 30w
      STK4164-> 35w
      STK4174-> 40w
      STK4184-> 45w
      STK4194-> 50w

      STK4145-> 25w
      STK4155-> 30w
      STK4165-> 35w
      STK4175-> 40w
      STK4185-> 45w
      STK4195-> 50w

      Dan ada perbedaan kode dibelakang kode diatas yaitu MK2 dan MK5. Yaitu perbedaan dari THD atau tingkat noise atau desah dari ic tersebut.

      MK2-> THD 0,4%
      MK5-> THD 0,08%

      Dan masih banyak lagi persamaan ic STK lainnya yang compatible, tapi beda fungsi dan jumlah pinnya.

      Delete
  3. assalamualaikum
    terima kasih banyak mas bahar
    sudah mau repot mbuatin skemanya semoga dibalas oleh Allah swt

    terus insyaallah kalau saya kapan kapan kalau saya nonton Chanel yt nya mas bahar akan saya subscribe deh h h

    karena sekarang sering pemadaman listrik jadi sinyal susah mas h h

    tapi plus dan minus rangkaian diatas ada gk mas?

    sekali lagi TERIMA KASIH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Ya sama-sama mas. Saya buat juga sekalian belajar buat video tutorial di youtube he..he..

      Terima kasih mas.

      He..he..

      Kekurangan dari rangkaian ini adalah panas pada ic regulator 7805. Tapi sudah bisa diatasi pakai pendingin heatsink yang lebih besar. Kekurangan lainnya adalah tidak suport untuk beberapa hp. Ada beberapa hp tidak bisa di charger pakai rangkaian ini. Jadi harus pakai charger orisinilnya. Kelebihannya ya mudah dibuat hanya pakai ic 7805. Bisa memanfaatkan barang bekas jadi charger hp he..he.. Itu saja sih menurut saya.

      Delete
  4. assalamualaikum
    sekalian mau nanya lagi mas bahar
    kalau ditrafo nggak ada volt yg sesuai gimana

    misal(15,18,20,24,ct,24,20,18,15)

    1.apa bisa pakai 24 dan 15 kan 24-15=9
    terus apa ct tidak ada perubahan tetap digabung seperti biasa ? (trafo ct)

    2. kalau di non ct setahu saya gitu apa di ct juga sama,seperti buat psu power?

    3. tapi kalau bisa stabil gk mas hasil outputnya,apa sama saja dgn yg kedua output vccnya sama dari trafo ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.

      1. Bisa mas. pakai pin 24 dan 15. Gak pakai ct mas. Koneksikan seperti koneksi trafo nol pada gambar diatas.

      2. Kalau sudah gak pakai ct, ya gak perlu pakai ct lagi. Koneksian sama dengan koneksi trafo nol diatas.

      3. Stabil mas. Untuk memastikan lakukan cekpoint tegangan pada rangkaian diatas yaitu pada elco supply dapat tegangan sekitar 13-15v dan tegangan out ic 7805 dapat 4,8v. Jika sudah seperti itu, baru boleh dikonek ke hp.

      Koneksi socket usb jangan sampai terbalik ya he..he..

      Delete
  5. assalamualaikum
    terima kasih atas jawabannya mas
    1. terus mau nanya lagi smartphone yg nggak bisa dicas sama rangakaian ini tipe apa atau merek apa saja,dan apa alasanya mas, tolong dikasih tau y h h

    rencana sih mau saya buat cas music box,sama speaker actif mini yg pakai
    baterai

    2. terus kenapa y mas saya beli carger smartphone ori tapi seminggu nggak ada pasti untuk ngecas udah nggak bisa masuk,malahan berkurang,terus saya buka ada elco yg seperti kering, plastik pembungkusnya sudah nggak kenceng mas,ada saran gk mas untuk ngganti elco tersebut,karena seminggu pasti beli carger baru h h

    kalau ada saran ngganti kasih tau ukurannya mas,karena kelihatannya ukurannya susah nyarinya h h

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      1. Ada beberapa hp tidak suport pakai charger lain, bukan berarti rangkaian charger diatas gak bisa dipakai ya he..he.. Karena gak cocok saja. Walaupun pakai charger lain selain rangkaian diatas. Saya gak sebutkan merek, yang penting coba saja dulu, kalau gak mau nge charger, berarti hpnya gak suport pakai charger lain. Alasanya kenapa kok gak suport mas? Alasannya ada 2. Yaitu pertama yang utama adalah perbedaan koneksi pada pin D- dan D+ nya. Kebanyakan hp koneksi charger pada D- dan D+ adalah digabung (connected). Sedangkan di beberapa hp itu ada yang pin D- dan D+ nya tidak terhubung, tapi ada referensi tegangan yang masuk. Nah perbedaan inilah yang menyebabkan sebagian hp gak bisa pakai charger lain. Kemudian alasan kedua adalah beberapa hp itu ada sensor tegangan charger. Jadi jika tegangan charger itu kurang dari 5v, maka hp tersebut tidak akan bisa di charge. Jadi maunya hp itu pakai tegangan charger pas 5v, dengan toleransi 0,1v. Jadi jika pakai rangkaian diatas dengan tegangan output 7805 dapat 4,8v, maka tidak akan bisa ngecharge ke hp tersebut. Ya ini sih menurut saya. Yang penting coba saja dulu colok, kalau mau yang berarti gak masalah.

      2. Nah ini banyak kasus seperti itu. Charger baru beli gak lama sudah rusak. Kadang bisa masuk, tapi tidak naik-naik prosentase baterainya. Penyebabnya ada 2. Bisa dari kabel chargernya jelek. Kurang bagus dalam mengalirkan arus Amper tegangan ke hp. Jadinya drop sebelum sampai ke hp. Kedua karena chagernya lemah. Lemah disini bisa dari tegangannya yang drop atau arus Ampernya yang drop. Ada elco kering di dalam charger. Saya belum tahu nilainya berapa mas? Biasanya tertera kok nilainya di bodi elconya. Coba saja ganti. Pernah coba gak beli charger hp yang bagus yang agak mahal? Hasilnya bagaimana, awet gak he..he..? Apa mungkin charger sampeyan yang murahan he..he.. Jadi gampang rusak.

      Delete
  6. Sangat bermanfaat mas, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu'alaikum mas, sudah lama gak mampir dimari. Mas kalau charger hp xiaomi output nya 5v 2A bisakah dipakai buat adaptor audio interface/mixer yg input DC fixednya 5v 500mA?

      Delete
    2. Waalaikumsalam. Bisa mas.

      Mohon kalau koment dipaling bawah ya, agar tidak kesulitan saya menjawabnya, karena harus mencari dan scrol keatas. Nanti kelewat gak kejawab he..he..

      Delete
  7. askum
    om bahar salam kenal dipower dberi pot itu dipasang setelah tc y,yg fungsinya untuk pengaman

    cara ganti pot dpdt di gigabas dgn pot putar gimana om , minta gambar om,icnya 2 lm3600

    itu kalo trafo 3 ampere ,dioda menyesuaikan y,terus trafo mak utk ic reg 7805 berapa amp om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Gak masalah mas pakai potensio setelah TC.

      Belum saya coba.

      Ya diode menyesuaikan trafo atau lebih besar sedikit dari trafo gak masalah. Pakai trafo berapa Amper pun gak masalah. Tapi untuk input voltagenya maks 35VDC.

      Delete
  8. trafo 3 amp utk carger maksudnya om,dioda menyesuaikan kan

    ReplyDelete
  9. askum
    trafonya 18,24,29,32 ct 5 amp kalo pakek 29dan18 kan jadi 11,berarti rangkaian nya pakai yg ke1 y,diodanya dirangkai bridge y om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul mas. Jangan lupa ic 7805 harus pakai pendingin ya, agar tidak panas. Karena ic 7805 akan panas pada posisi ngecharge. Jika tidak pakai pendingin, ic 7805 bisa rusak.

      Delete
  10. askum
    kalo elco terlanjur beli 1000uf/35 aman gk om, kalo input 12v masih amankah?

    saklar dpdt diganti pot puter bisa gk om?

    pot balance groud ditengahkah?
    pot lainya ground disisi paling kanan /kiri?
    pot untuk balance,vol,dll sama sajakan?
    beda 50k dan 100k apa om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.

      Aman.
      Gak bisa, karena beda fungsi.
      Betul, pot balance ground ditengah.
      Betul.
      Ada yang sama ada yang tidak, cuma beda resistansi kilo ohmnya saja. Tapi dibuat sama juga gak masalah.
      Beda resistansinya mas. Kalau pot 50K jika dipakai, maka hasilnya dari min ke max akan terasa lebih soft daripada pot 100k. Kalau pot 100k diputer sedikit sudah ngangkat suaranya. Tapi nanti hasil maksimalnya sama saja antara pot 50k dan 100k.

      Delete
  11. askum
    trfonya 1/2 jam panas hangat, normal gk mas,kan beban nya android ini kan beban ringan,terus setengah jam itu nggak masuk cuma gerak aja tampilanya

    kira kira apanya om, apakah kalau v nya kurang nggak gerak tampilannya ,ini gerak tapi nggak ngisi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trafo panas normal, asal tidak panas sekali. Indikator baterai gerak, tapi gak ngisi, berarti kurang stabil rangkaiannya mas. Bisa coba diperbesar elconya mas, coba pakai elco 2200uf/50v atau 4700uf/50v sekalian.

      Itu ampernya yang ngedrop mas, jadi gak bisa ngisi ke hp. Solusinya coba diperbesar kapasitas elconya.

      Delete
  12. askum om
    kalau trfonya ct dan punyanya dioda bridge ngambil 12 dan ct pakai rangkaian yg 1 boleh gk om,karena diodanya bridge om

    apa boleh pakai rangkaian ke2 tapi negatif/grond ngambilnya bukan dari (-) dioda tapi dari ct trafo

    ngambilya dari trafo 29 & 18 apa ini yg membuat gk stabil,setelah saya ganti hp andoid lain ,bisa masuk tpi trafo panas dan mentok 56 ke 57 kemudian balik lagi 56 gitu aja om?

    kalau karena ini saya beli trafo lagi aja yg 1 amp yg ada 12 nya,apa karena amp trfo besar jadi trafo output dibatasi1 amp jadi panas dan v beda tegangn jadi drop,maks 12 apa 35 ic nya om,pa tergantung merk

    sekedar saran y om seharusnya om waktu buat video direkam dulu sampai presentase baterai naik gk cuma gerak,kalu cuma gerak gk masuk nanti disangka nipu dankalau buat spek elco dan lain lain yg pas om jangan rubah rubah kan mubadzir dan gk baik dipandangan islam

    terus kalau buat 4 psu tunggal dari 1 trafo gini y,misal ct dan 12 kanan kiri itu ct di cabang 2 y om
    trus 12 kiri dan kanan atas dihubungkan 24 bawah kiri kanan,betul gk om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Sebelumnya terima kasih atas sarannya, nanti akan saya coba buatkan video khusus proses pengechasan sampai indikator baterai naik he..he..

      1. Kalau trafonya CT pakai diode bridge atau kiprok, maka koneksinya adalah tetap seperti rangkaian no.2. Yaitu tetap menggunakan 12v ct 12v. Nah koneksinya adalah ct konek ke negatif elco dan 12v 12v konek ke dua pin AC diode bridge atau kiprok. Kemudian pada kiprok ada out negatif (-) dan out positif (+), itu yang dipakai adalah out positif kiprok konek ke positif elco. Negatif kiprok gak dipakai. Jika bingung, insyaalloh nanti akan saya update gambarnya. Trafo ct pakai diode bridge atau kiprok.

      2. Ya maksud saya seperti itu. Negatif elco konek ke ct. Kemudian positif elco konek ke positif kiprok.

      3. Bisa jadi itu mas. Coba deh pakai trafo yang standart yaitu trafo 12v. Seperti gambar diatas.

      4. Ya coba deh pakai trafo 12v 1A. Itu berapa pun Amper trafonya, daya outputnya akan tetap 1A. Karena out 7805 adalah 5v 1A.

      5. Terima kasih atas sarannya. Nanti akan saya coba buat video khusus proses pengechasan sampai indikator naik. Tapi masalahnya kan butuh waktu lama untuk menunggu sampai indikator naik. Bisa sampai 2 jam lebih untuk bisa full charge.

      6. Gak bisa kalau seperti itu mas. Bisa konslet trafonya. Karena negatif elco bisa beda. Yang pertama negatif dapat ct dan yang kedua negatif dapat dari diode, ini gak boleh.

      Delete
  13. askum
    masalahnya waktu pengecasan yg lama sampai 2 jam itu om tapi dibuat per10 % aja misal pertama 10-15% terus selanjutnya tampilan kelipata 10% yaitu 15,25,35% dan selanjutnya sampai 100% om jadi gk full 2 jam

    Terus saya tunggu update video dan rangkaian diblognya om

    sama rangkaian penjelasan no6 om bahar,makasih responnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsam. Ya mas, nanti diringkas saja videonya ya he..he.. terima kasih atas sarannya.

      Delete
  14. askum om
    saya dah nurut rangkaian 2 pakai bridge tapi
    diganti 12 v ic panas nya over kaya kebakar dicek di dioda dan elco jadi 18 kurang dikit ,lgi dicoba nggak lama aja panas banget takutnya arus v ic nya jebol dan sampai 6 v ato lbih dan ngerusak hp
    arus sebelum konek hp 5 v kurang dikit

    apa karena diodanya bridge,tapi 12 jadi 18kan normal,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Mohon maaf baru bisa balas.
      Harusnya sih sudah normal mas. Ic 7805 sudah dikasih pendingin belum mas? Kalau tanpa pendingin bisa sangat panas sekali, dan bisa rusak icnya.

      Ya betul, jika panasnya sangat over jangan diteruskan. Bisa jebol ic 7805, nanti dikuatirkan merusak hp. Jika ada tanda-tanda tidak wajar, jangan diteruskan.

      Kalau boleh tahu pada saat uji coba itu, hpnya pakai merek apa?

      Delete
  15. Replies
    1. Waalaikumsalam. Ya normalnya harusnya bisa masuk. Cuma masalah panas itu apakah sudah dikasih pendingin ic 7805 nya? Soalnya kalau ic 7805 panas, maka daya dan volt akan drop.

      Delete
  16. sudah diberi pendingin lumayan tebal bahkan diberi plat tambahan apa mungkin faktor ic nya yg gk kuat tegangan12 v
    terus apa jadinya kalau ic panas terus, tegangan drop apa membuat tegangn yg 12 v jadi los ke hp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini yang menjadi masalah juga kualitas dari ic 7805 bisa kurang bagus. Tapi lepas dari itu, selama ic tersebut bisa menghasilkan output tegangan 5v, itu sudah bisa ngecharge. Tapi kalau memang kualitas icnya kurang baik, juga menjadi masalah jadinya. Yaitu tegangan drop, amper kecil dan gampang panas. Kalau mau membandingkan, coba deh pakai ic 7805 yang bagus atau beli ditoko lain. Atau kalau gak ada bisa ambil 7805 cabutan dari mesin tv atau psu/komputer. Itu biasanya asli.

      Kalau ic panas over terus, lama kelamaan akan jebol dan tegangan 12v bisa loss ke hp. Ini bahaya. Jadi uji coba cukup 1-2 menit saja, jika dirasa panasnya gak wajar, stop dulu.

      Tapi kalau panasnya wajar, lanjut uji coba lagi 5-10menit, hasilnya bagaimana? Panasnya wajar gak? Kalau panasnya wajar, lanjut lagi, sampai indikator baterai naik. Tapi jika tiba-tiba panasnya jadi tidak wajar, maka stop.

      Delete
  17. askum
    kalau diturunkan dgn ic7809 dulu terus ke ic 7605 stabil gk om ampernya dan bisa gk
    apa amper jadi turun ni pakai trafo 1 amp min 12v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Coba saja diturunkan dulu pakai 7809, hasilnya bagaimana?.

      Tapi menurut saya ampernya akan turun jadi 9v 1A. Baru nanti diteruskan ke ic 7805. Cuma mungkin nanti yang panas gantian yang 7809, tapi gak sepanas pakai 7805 saja. Tapi coba saja dulu deh, bisa naik gak indikatornya.

      Delete
  18. Maaf boss mau nanya, pada gambar diatas output dari trafo 12v kenapa di joint?
    Jika menggunakan 1 saja apa tidak bisa dan apa pengaruhnya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kan jenis trafo ct mas. Yang memang mempunyai 2 output tegangan sekunder. Jika menginginkan daya penuh dari trafo ct, maka kedua output harus dipakai, seperti gambar diatas, maka akan dapat daya Amper penuh dari trafo.

      Jika menggunakan hanya satu output saja dari sekunder trafo juga bisa. Tapi daya Amper trafo akan dapat separuhnya saja. Dan ini sangat rugi jika dilakukan he..he..

      Delete
  19. mau tanya mas
    gimana nambah ampere dari ic 7805 ini
    karena travo saya pure 2 ampre dan icnya sdh ada heatsink dan fanya


    terim kasih
    output lebih dari 1 ampere volt tetap 5 volt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ditambah tr penguat pada out ic 7805. Tr penguat bisa pakai tr TIP3055 atau 2N3055.

      Untuk cara pemasangan tr penguat, bisa dibaca disini. Tinggal ganti ic 7815 dengan ic 7805. Agar out tegangan bisa jadi 5 volt. Tapi amper lebih dari 1A.

      https://www.baharelectronic.com/2017/09/cara-menambah-amper-ic-regulator-7815.html?m=1

      Delete
  20. Maaf mas, saya awalnya cuma ingin ngurutin komentar dr yg dulu. Sekarang pindah sini ya mas. Jadi arus charger bisa menyesuaikan beban perangkat yg digunakan ya mas, apa bisa bikin kerusakan pada beban alat yg digunakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menyesuaikan sih gak mas. Cuma arus amper charger akan tersedia sebesar 2A. Jika dipakai hanya 500mA saja untuk supply mixer, maka arus charger akan tersisa 1,5A. Nah sisa arus charger 1,5A ini tidak menyebabkan kerusakan mixer. Karena mixer hanya mengambil arus 500mA dari 2A charger. Kondisi ini normal.

      Delete
    2. Alhamdulillah bisa tercerahkan mas. Terima kasih atas penjelasannya mas..

      Delete
    3. Ya sama-sama mas. Sudah munculkan komentarnya he..he..? Maaf harus saya moderasi, karena banyak koment sampah, bikin rusuh blog he..he..

      Delete
    4. Iya Alhamdulillah mas sudah muncul. Bagus tuh mas biar scrolnya komennya gak macet2..

      Delete
    5. Mas saya punya kepala charger yg ada pilihan usb nya 5v/2.1A dan 5v/1A, ketika saya buat charge hp dgn spesifikasi arus maks usb 3.6v/1080mA di hp. Disalah satu lubang usb di kepala charger kok bunyi "pletok..pletok.." sampe 3 kali langsung saya cabut kabel yg terhubung ke hp. Tetapi ketika sya colok pada lubang yg satunya lagi gak ada apa2 atau normal saja masih bisa nge-charge ke hp. Apakah saya saya salah sambung pada salah dua lubang usb tsb. Tetapi setelah itu di lubang kepala usb saya colok tadi bunyi pletok2 buat nyambung ke mixer mini yg kemarin saya tanyakan normal2 saja hasilnya, di mixet input teg dc 5v/500mA. Mohon maaf minta pencerahannya lagi mas..

      Delete
    6. Mungkin ada perbedaan voltasenya. Tegangan chargernya 5v, tapi tegangan beban cuma 3,6v. Ini bisa menyebabkan charger over load. Bisa juga karena amper charger terlalu besar.

      Tapi kok bisa normal pakai lubang charger satunya yang 5v/1A? Ya mungkin saja amper charger sudah diturunkan, sehingga beban charger bisa dikurangi.

      Kalau dipakai di mixer normal? Ya karena tegangan mixer dan charger sama 5 voltnya.

      Delete