Sunday, March 17, 2019

Power Supply Tunggal 12V Pakai Transistor TIP31

Alhamdulilah masih ada waktu di sela-sela kesibukan yang luar biasa padatnya, untuk ngeposting lagi. Walaupun hanya hal sederhana, tapi bisa membuat manfaat untuk orang lain. Next posting kali ini adalah cara membuat power supply tunggal 12v pakai transistor TIP31. Sebelumnya juga sudah pernah saya posting power supply tunggal 12v ic 7812, bisa dibaca disini. Kali ini kita akan pakai sebuah transistor sebagai penstabil regulator, sebagai pengganti ic 7812. Jenis transistor yang digunakan adalah transistor NPN, bisa pakai tr TIP31 atau yang lainnya. Hasil Amper output tegangan dari transistor ini adalah 1A. Lumayan bagus dan bersih untuk supply tegangan tunggal misal radio, tone control, pre amp mic, dll. Bagaimana skema rangkaiannya? Simak lebih lanjut.

Mungkin ada yang ngomong, Ah kok ribet amat buat power supply 12v? Pakai trafo, diode dan elco saja kan bisa. Ya memang betul, power supply 12v bisa pakai diode dan elco saja. Tapi bagaimana dari segi kestabilan dan kebersihan tegangannya? Kalau untuk supply kipas sih gak masalah, tapi jika dipakai untuk radio dan rangkaian op amp misal tone control dan preamp mic, akan sangat berpengaruh terhadap hasil suaranya. Jika power supply standart yang kita pakai, maka hasilnya bisa dipastikan kurang bersih dan menyebabkan dengung. Hasil sangat terasa jika dipakai untuk supply radio dan pemancar FM. Penambahan ic regulator atau transistor pada power supply standart diharapkan dapat membersihkan tegangan dari ripple yang masih lolos setelah melewati diode dan elco. Selain membersihkan tegangan juga menstabilkan dan mengunci tegangan pada tegangan tertentu, sehingga tegangan akan stabil tidak naik turun. Akan membuat rangkaian bisa bekerja optimal dan awet.

Rangkaian ini dulu pernah saya uji coba untuk supply radio FM pada waktu masih sekolah he..he.. Rangkaian ini saya ambil dari power supply pemancar FM dulu masih rame ngebriker he..he.. Saya ambil rangkaian power supplynya saja, kemudian saya aplikasikan untuk supply radio. Sebelumnya saya pakai power supply standart tanpa transistor, hanya menggunakan diode dan elco saja. Hasilnya masih terdengar suara dengung, tidak bisa bersih. Kemudian saya coba tambahkan rangkaian transistor ini dan hasilnya dengung hilang, suara terdengar lebih bersih. Dari pengalaman ini, maka rangkaian ini mestinya bisa diaplikasikan untuk rangkaian yang lain yang membutuhkan supply tegangan tunggal, misal tone control dan pre amp mic.  Walaupun sebagian besar rangkaian tone control sekarang sudah banyak yang pakai tegangan simetris. Tapi masih banyak juga kok tone control yang pakai tegangan tunggal dan power amplifier mini pun juga masih banyak yang pakai supply tegangan tunggal, misal power TDA2003, TDA2822, TBA820, TBA810, dll. Semua power mini diatas menggunakan supply tegangan tunggal. Maka tidak ada salahnya coba kita tambahkan rangkaian transistor ini, biar lebih bersih lagi suaranya he..he..

Berikut gambar skema rangkaian power supply tunggal 12v transistor TIP31 pakai trafo CT.


Untuk input tegangan tidak harus 12v dari trafo. Boleh pakai tegangan ct 18v juga, gak masalah. Karena sudah ada zener 12v pada rangkaian transistor tersebut untuk menstabilkan dan mengunci tegangan tetap di 12v. Diode zener bisa Anda rubah pakai zener dengan voltase lain, asal tidak melebihi voltase input. Misal Anda ganti dengan zener 18v, maka output tegangan akan jadi 18v. Asal tegangan inputnya minimal sama 18v atau diatasnya. Gak bisa jika pakai zener 18v, tapi tegangan inputnya cuma 12v he..he.. Ya tetap keluar tegangan, tapi dibawah 18v dan gak stabil antara 12-15v. Cara ini tidak boleh dilakukan. Jadi tegangan input minimal sama atau diatasnya sedikit. Gak boleh dibawah tegangan zener. Kemampuan arus dari rangkaian ini adalah 1A.

Bagaimana jika pakai trafo engkel? Berikut gambar skema power supply tunggal 12v transistor pakai trafo engkel.


Sebenarnya rangkaiannya sama saja, cuma beda di trafonya saja pakai trafo engkel. Untuk supply tegangan input tidak harus 12v, Anda bisa pakai tegangan input 15v dan 18v. Tegangan akan tetap stabil 12v, karena sudah ada diode zener 12v yang akan menstabilkan dan mengunci tegangan tetap di 12v. Diode zener bisa Anda rubah pakai tegangan yang lain, asal tidak boleh diatas tegangan input. Minimal pakai tegangan zener sama atau dibawah tegangan input. Misal Anda rubah pakai diode zener 9v, maka ouput tegangan akan jadi 9v. Asal tegangan input sama 9v atau diatasnya. Gak boleh pakai tegangan input dibawah tegangan zener. Karena kerja diode zener adalah membatasi tegangan sesuai dengan tegangan zener. Maka diode zener tidak akan  bekerja, jika tegangan input lebih kecil dari tegangan zener. Keluaran arus dari rangkaian ini adalah 1A.

Untuk menambah arus, maka bisa ditambahkan tr penguat, misal tr jengkol 2N3055 atau TIP3055. Jika Anda ingin menambah arus Amper, maka amper trafo juga harus dinaikkan, misal pakai trafo 2A atau 5A. Gak bisa jika hanya menggunakan trafo 1A, lalu menambahkan tr penguat, maka arus akan naik he..he.. Ya akan tetap 1A, lah trafonya cuma 1A. Jika ingin naik arusnya, maka trafonya juga harus pakai trafo diatas 1A, misal pakai trafo 2A, 3A, 5A atau 10A. Berikut gambar skema untuk menambah amper pada rangkaian ini.


Gambar diatas menggunakan trafo ct. Menggunakan 2 buah tr penguat TIP3055 yang dipasang paralel. Semakin banyak tr penguat diparalel, maka kemampuan Ampernya juga akan naik. Tapi harus juga disesuaikan dengan Amper trafonya. Jika Anda hanya mempunyai trafo engkel, maka bisa pakai gambar skema dibawah ini.


Gambar diatas menggunakan trafo engkel atau trafo nol. Menggunakan 2 tr penguat TIP3055. Untuk tr penguat dan tr tip 31 harus diberikan pendingin, jika beban rangkaiannya berat, maka tr penguatnya akan panas. Rangkaian asli yang dipakai pada pemancar FM saya dulu adalah gambar no.4 yang sudah dilengkapi tr penguat. Jika hanya dipakai untuk supply radio, menurut saya gak perlu pakai tr penguat, maka saya cukup pakai tr TIP31 saja dan radio pun sudah bisa nyala normal. Ingat tegangan pengunci adalah pada diode zener, maka diode zener bisa dirubah pakai zener dengan voltase yang lain, asal tegangan input minimal sama atau diatas tegangan zener. Maka tegangan output akan sesuai dengan tegangan zener yang kita pakai. Jika Amper trafo yang kita gunakan terlalu besar dan bebannya berat, maka diode zener bisa pakai yang ukuran 1 watt atau 2 watt, agar tidak panas. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment