Power Supply Tunggal 12V Pakai Transistor TIP31

Alhamdulilah masih ada waktu di sela-sela kesibukan yang luar biasa padatnya, untuk ngeposting lagi. Walaupun hanya hal sederhana, tapi bisa membuat manfaat untuk orang lain. Next posting kali ini adalah cara membuat power supply tunggal 12v pakai transistor TIP31. Sebelumnya juga sudah pernah saya posting power supply tunggal 12v ic 7812, bisa dibaca disini. Kali ini kita akan pakai sebuah transistor sebagai penstabil regulator, sebagai pengganti ic 7812. Jenis transistor yang digunakan adalah transistor NPN, bisa pakai tr TIP31 atau yang lainnya. Hasil Amper output tegangan dari transistor ini adalah 1A. Lumayan bagus dan bersih untuk supply tegangan tunggal misal radio, tone control, pre amp mic, dll. Bagaimana skema rangkaiannya? Simak lebih lanjut.

Mungkin ada yang ngomong, Ah kok ribet amat buat power supply 12v? Pakai trafo, diode dan elco saja kan bisa. Ya memang betul, power supply 12v bisa pakai diode dan elco saja. Tapi bagaimana dari segi kestabilan dan kebersihan tegangannya? Kalau untuk supply kipas sih gak masalah, tapi jika dipakai untuk radio dan rangkaian op amp misal tone control dan preamp mic, akan sangat berpengaruh terhadap hasil suaranya. Jika power supply standart yang kita pakai, maka hasilnya bisa dipastikan kurang bersih dan menyebabkan dengung. Hasil sangat terasa jika dipakai untuk supply radio dan pemancar FM. Penambahan ic regulator atau transistor pada power supply standart diharapkan dapat membersihkan tegangan dari ripple yang masih lolos setelah melewati diode dan elco. Selain membersihkan tegangan juga menstabilkan dan mengunci tegangan pada tegangan tertentu, sehingga tegangan akan stabil tidak naik turun. Akan membuat rangkaian bisa bekerja optimal dan awet.

Rangkaian ini dulu pernah saya uji coba untuk supply radio FM pada waktu masih sekolah he..he.. Rangkaian ini saya ambil dari power supply pemancar FM dulu masih rame ngebriker he..he.. Saya ambil rangkaian power supplynya saja, kemudian saya aplikasikan untuk supply radio. Sebelumnya saya pakai power supply standart tanpa transistor, hanya menggunakan diode dan elco saja. Hasilnya masih terdengar suara dengung, tidak bisa bersih. Kemudian saya coba tambahkan rangkaian transistor ini dan hasilnya dengung hilang, suara terdengar lebih bersih. Dari pengalaman ini, maka rangkaian ini mestinya bisa diaplikasikan untuk rangkaian yang lain yang membutuhkan supply tegangan tunggal, misal tone control dan pre amp mic.  Walaupun sebagian besar rangkaian tone control sekarang sudah banyak yang pakai tegangan simetris. Tapi masih banyak juga kok tone control yang pakai tegangan tunggal dan power amplifier mini pun juga masih banyak yang pakai supply tegangan tunggal, misal power TDA2003, TDA2822, TBA820, TBA810, dll. Semua power mini diatas menggunakan supply tegangan tunggal. Maka tidak ada salahnya coba kita tambahkan rangkaian transistor ini, biar lebih bersih lagi suaranya he..he..

Berikut gambar skema rangkaian power supply tunggal 12v transistor TIP31 pakai trafo CT.


Untuk input tegangan tidak harus 12v dari trafo. Boleh pakai tegangan ct 18v juga, gak masalah. Karena sudah ada zener 12v pada rangkaian transistor tersebut untuk menstabilkan dan mengunci tegangan tetap di 12v. Diode zener bisa Anda rubah pakai zener dengan voltase lain, asal tidak melebihi voltase input. Misal Anda ganti dengan zener 18v, maka output tegangan akan jadi 18v. Asal tegangan inputnya minimal sama 18v atau diatasnya. Gak bisa jika pakai zener 18v, tapi tegangan inputnya cuma 12v he..he.. Ya tetap keluar tegangan, tapi dibawah 18v dan gak stabil antara 12-15v. Cara ini tidak boleh dilakukan. Jadi tegangan input minimal sama atau diatasnya sedikit. Gak boleh dibawah tegangan zener. Kemampuan arus dari rangkaian ini adalah 1A.

Bagaimana jika pakai trafo engkel? Berikut gambar skema power supply tunggal 12v transistor pakai trafo engkel.


Sebenarnya rangkaiannya sama saja, cuma beda di trafonya saja pakai trafo engkel. Untuk supply tegangan input tidak harus 12v, Anda bisa pakai tegangan input 15v dan 18v. Tegangan akan tetap stabil 12v, karena sudah ada diode zener 12v yang akan menstabilkan dan mengunci tegangan tetap di 12v. Diode zener bisa Anda rubah pakai tegangan yang lain, asal tidak boleh diatas tegangan input. Minimal pakai tegangan zener sama atau dibawah tegangan input. Misal Anda rubah pakai diode zener 9v, maka ouput tegangan akan jadi 9v. Asal tegangan input sama 9v atau diatasnya. Gak boleh pakai tegangan input dibawah tegangan zener. Karena kerja diode zener adalah membatasi tegangan sesuai dengan tegangan zener. Maka diode zener tidak akan  bekerja, jika tegangan input lebih kecil dari tegangan zener. Keluaran arus dari rangkaian ini adalah 1A.

Untuk menambah arus, maka bisa ditambahkan tr penguat, misal tr jengkol 2N3055 atau TIP3055. Jika Anda ingin menambah arus Amper, maka amper trafo juga harus dinaikkan, misal pakai trafo 2A atau 5A. Gak bisa jika hanya menggunakan trafo 1A, lalu menambahkan tr penguat, maka arus akan naik he..he.. Ya akan tetap 1A, lah trafonya cuma 1A. Jika ingin naik arusnya, maka trafonya juga harus pakai trafo diatas 1A, misal pakai trafo 2A, 3A, 5A atau 10A. Berikut gambar skema untuk menambah amper pada rangkaian ini.


Gambar diatas menggunakan trafo ct. Menggunakan 2 buah tr penguat TIP3055 yang dipasang paralel. Semakin banyak tr penguat diparalel, maka kemampuan Ampernya juga akan naik. Tapi harus juga disesuaikan dengan Amper trafonya. Jika Anda hanya mempunyai trafo engkel, maka bisa pakai gambar skema dibawah ini.


Gambar diatas menggunakan trafo engkel atau trafo nol. Menggunakan 2 tr penguat TIP3055. Untuk tr penguat dan tr tip 31 harus diberikan pendingin, jika beban rangkaiannya berat, maka tr penguatnya akan panas. Rangkaian asli yang dipakai pada pemancar FM saya dulu adalah gambar no.4 yang sudah dilengkapi tr penguat. Jika hanya dipakai untuk supply radio, menurut saya gak perlu pakai tr penguat, maka saya cukup pakai tr TIP31 saja dan radio pun sudah bisa nyala normal. Ingat tegangan pengunci adalah pada diode zener, maka diode zener bisa dirubah pakai zener dengan voltase yang lain, asal tegangan input minimal sama atau diatas tegangan zener. Maka tegangan output akan sesuai dengan tegangan zener yang kita pakai. Jika Amper trafo yang kita gunakan terlalu besar dan bebannya berat, maka diode zener bisa pakai yang ukuran 1 watt atau 2 watt, agar tidak panas. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Kang trafo saya 1 ampere ct tak bagi 2 output koq dengung ya, output 1 dgn tegangan ct 12 buat kit echo output 2 tak searahkan jd 12 volt pakai dioda bridge buat audio mp3 hasilnya pada audio dengung sekali, kurang atau salah merangkai nih kang padahal mau tak buat kipas 12v tp baru 2 output saja sdh dengung??? Mohon dibantu kang syukur2 di kasih gambar rangkaiannya...terimakasih smoga Allah membalas semuanya..aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk 1 trafo digunakan untuk 2 supply, sebenarnya gak masalah, asal benar koneksinya.

      Usahakan tidak menggunakan 2 output tegangan dari sekunder trafo, karena bisa menyebabkan dengung.

      Jika memang akan digunakan untuk 2 supply, lebih baik diparalel di out elco supply. Jadi rangkaian supply tetap satu, kemudian dicabang menjadi 2 atau lebih.

      Mengenai perbedaan voltase supply, maka bisa dipasang ic 7812 atau lainnya, untuk menyesuaikan tegangan.

      Jika hasil masih tetap saja dengung, maka solusi terakhir adalah dengan cara memisah supply mp3 player, menggunakan trafo sendiri. Jadi mp3 player menggunakan trafo sendiri untuk supply tegangannya.

      Menurut saya pilihan kedua yang lebih baik. Yaitu dengan cara memisah supply mp3 player, pakai trafo sendiri.

      Delete
  2. Makasih rangkaian nya bang .. Ijin ambil ilmunya, tp utk ic tip31 saya pakai tip7855 gpp kan bang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tip31 diganti pakai tip3055 gak masalah mas. Aman.

      Delete
  3. Mohon bantuannya um,
    Saya ada travo 10A.engkel / Nol.
    Dulu saya pakai untuk pemancar radio.
    ( yang ngrakit bukan saya)
    Output Trafo cuma 1, 20 Volt.
    Saat ini ingin saya gunakan untuk mensupply Power amplifier Mobil.
    Yang pakai tegangan 12 volt engkel.

    Saya sudah ada jengkolan bekas dahulu, 4 tingkat.

    Pertanyaannya,
    Dioda Zenernya saya pakai ukuran yang berapa?
    Dengan voltase 20 volt vaC, atau bahkah lebih.

    Mohon infonya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika ingin outputnya menjadi 12v, maka gunakan zener 12v. Jika ada pakai zener 12v 1watt, jika tidak ada pakai zener 12v sembarang gak masalah, yang penting zener 12v.

      Delete
  4. Kang skema diatas kira kira bisa nggak untuk suply 2 output sekaligus,misalnya untuk tone control dan kit mp3.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bisa mas. Cuma biasanya jika supply kit mp3 player dijadikan satu sama tone control, maka kena imbas dari mp3 player. Ada semacam suara distorsi, jadi gak bisa bersih. Untuk supply mp3 player lebih baik dipisah mas. Agar hasil suara bisa bersih.

      Delete
  5. Saya sdah coba pakai skema itu, tapi kenapa outnya jdi 16v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan Anda menggunakan zener 12v. Penggunaan zener yang beda volt, maka outputnya juga akan beda.

      Delete
  6. Pake travo 2a atau 5a masih bisa untuk rangkaian tip31 diatas tanpa tambahan tip3055 Mas Bahar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Cuma daya ampernya akan terbatas hanya sampai 1A. Karena hanya menggunakan tip31 saja. Kalau untuk beban ringan, mungkin masih mampu. Tapi untuk beban berat, maka tr tip31 akan panas, jika tanpa tr tip3055.

      Delete
    2. Klo untuk tone control plus gigabass gmna Mas ??

      Delete
    3. Kalau untuk tone control dan giga bass, masih mampu mas. Gak perlu pakai tip3055. Cukup pakai tip31 saja.

      Delete
  7. Nanya lagi Mas Bahar,,driver stereo ocl (kit rakitan bell), final toshiba 5200/1943= 2set perchanel 10a kecil, speaker woofer 12"x2 8ohm @350watt, 12"x2 8ohm @200watt fullrange,,
    Klo pa dibtl, apa 4 speaker td bsa dipake sekaligus, andai bisa, aman gak trafonya atau drivernya atau speakernya Mas??? Mohon sangat bimbingannya Mas Bahar. Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Trafo aman. Driver aman. Untuk speaker jika diparalel semua, masih dapat impedansi 2 ohm. Masih aman. Jika di btl, amati panas dari tr finalnya. Biasanya akan lebih panas dari power biasa, bukan btl.

      Delete
  8. Dari skema yg sudah mas ulum gambarkan, Kalau untuk mendapatkan ampere yg lebih besar apakah harus ditambahkan komponen lain nya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ditambahkan tr penguat, skemanya ada di dua gambar dibawah. Semakin banyak tr penguat dipasang, maka semakin besar daya amper dihasilkan. Tapi harus sesuai juga dengan kemampuan amper trafonya. Jadi misal pakai trafo 5A, ya gak bisa menghasilkan output 10A. Maksimal ya 5A sama dengan amper trafo yang dipakai

      Delete
  9. Cukup pakai 1 trafo 2A untuk 2 biji kit compressor diatas. Kecuali jika pakai box masing-masing, maka perlu 2 trafo 1A untuk masing-masing kit compressor tersebut

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led