Thursday, June 13, 2019

Fungsi dan Kegunaan Equalizer

Alhamdulilah, ada waktu untuk posting lagi. Setelah beberapa hari sesudah idul fitri dengan berbagai macam kesibukan. Sehingga kegiatan posting blog menjadi terhambat. Berikut artikel ringan seputar dunia audio sound system, yaitu mengetahui fungsi dan kegunaan dari Equalizer yang benar. Karena saya sendiri, mungkin juga beberapa rekan yang lain belum mengetahui apa sih fungsi dan kegunaan equalizer itu sebenarnya? Hanya sebatas hanya tahu equalizer berfungsi untuk meningkatkan kualitas suara jadi lebih enak he..he.. Ternyata bukan hanya itu. Lalu apa ya? Simak lebih lanjut.


Equalizer adalah salah satu alat atau perangkat audio sound sistem yang berfungsi untuk mengatur dan mengkoreksi frekuensi suara yang ada menjadi lebih baik dan mendekati suara aslinya atau mengembalikan suara speaker seperti aslinya. Banyak orang salah kaprah, bahwa fungsi equalizer digunakan untuk mengangkat frekuensi-frekuensi tertentu yang sebenarnya tidak perlu diangkat. Bahkan mengurangi frekuensi-frekuensi tertentu yang sebenarnya tidak perlu dikurangi. Padahal fungsi dasarnya adalah untuk mengembalikan suara mendekati suara aslinya atau mengembalikan suara speaker seperti aslinya. Bukan menambah dan mengurangi frekuensi-frekuensi yang tidak perlu untuk dirubah. Karena itu jangan kita salah langkah dalam menggunakan equalizer dan kita harus memahami apa saja kegunaan dari equalizer. Berikut ini adalah beberapa fungsi manfaat dan kegunaan equalizer.

  1. Mengurangi feedback. Terkadang kita sering menjumpai mic yang feedback ditandai suara yang mendengung dan mendenging. Sebenarnya ini adalah akibat dari frekuensi-frekuensi tertentu yang over, yang memancing terjadinya feedback. Nah frekuensi penyebab feedback inilah yang harus dikurangi. 
  2. Menambah frekuensi yang diinginkan pada saat suara atau sound system bersuara kecil. Pada saat suara pelan, kadang beberapa frekuensi suara menjadi ikut turun dan kurang terdengar di telinga, misal frekuensi low dan high. Nah frekuensi low dan high ini bisa kita angkat sedikit, sehingga suara low dan high kembali normal terdengar meskipun dalam volume kecil. 
  3. Mengurangi frekuensi yang tidak diinginkan pada saat mengangkat volume atau Gain lebih keras. Pada saat kita menaikkan volume atau gain, maka otomatis beberapa frekuensi akan ikut naik. Nah ada beberapa frekuensi yang efek naiknya langsung tinggi terhadap volume, frekuensi inilah yang harus dikurangi agar suara bisa kembali dinormalkan lagi. 
  4. Membantu respon terhadap suara, karena setiap ruang tidak memiliki respon yang sama terhadap suara. Walaupun memasang speaker dan peralatan yang sama di tempat lain. Jadi setiap ruang dan tempat dimana kita memasang sound system, pasti punya respon suara yang berbeda-beda. Nah disinilah peran equalizer digunakan untuk mengembalikan suara seperti aslinya.
  5. Side chain / dinamic equalizer. Kemampuan menaikkan dan menurunkan frekuensi tertentu yang sudah dinaikkan atau diturunkan oleh perangkat lain. Misal compressor. Misal compressor menurunkan frekuensi low, dan equalizer menaikan kembali frekuensi low dengan lebih spesifik dan detail menurut frekuensi. 
  6. Memperbaiki kerja speaker. Tidak semua speaker bisa bekerja dan menghasilkan suara yang sesuai mendekati suara aslinya. Speaker mahal lebih bagus dalam merespon semua frekuensi dengan benar, sehingga suara yang dihasilkan bisa lebih real dan nyata. Meskipun begitu peran equalizer tetap dibutuhkan agar kinerja speaker maksimal. Berbeda dengan speaker murah, respon frekuensinya kadang berbeda dengan suara aslinya. Nah ini bisa dibantu diperbaiki dan dimaksimalkan hasil suaranya menggunakan equalizer.

Jadi kesimpulannya adalah perangkat equalizer bukanlah sekedar alat untuk menambah bass, middle dan treble. Tapi alat untuk mengkoreksi dan memperbaiki frekuensi suara agar menghasilkan suara mendekati suara aslinya atau mengembalikan suara seperti aslinya. Jadi hasil suara akan lebih nyata dan enak didengar telinga. Bukan suara yang terlalu over bass, middle, treble yang memekakkan telinga. Semoga dengan sedikit uraian diatas, kita lebih memahami fungsi dan kegunaan dari equalizer dengan benar. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment