TV LG Ultra Slim Tegangan B+ Naik

Alhamdulilah. Next posting kali ini dapat kerjaan tv lg ultra slim dengan kerusakan tegangan b+ naik lebih dari 115v. Terukur pada saat dinyalakan tegangan b+ bisa sampai 150v keatas. Dan tv pun tidak mau start. Ditandai lampu indikator menyala sebentar, kemudian mati. Salah satu kasus yang cukup rumit, untuk diselesaikan. Karena terdapat protek regulator. Yang mana jika terjadi problem di output regulator, maka regulator akan otomatis protek dan mati. Bagaimana cara memperbaiki tv lg tegangan b+ naik, agar menjadi normal lagi 115v? Simak lebih lanjut.

Beberapa kasus yang kadang tidak terselesaikan, karena terdapat proteksi regulator. Sehingga tegangan out regulator akan mati dan tidak mengeluarkan tegangan. Pada saat dilakukan pengecekan tegangan b+ terukur sangat tinggi sekitar 150v. Hasil pengecekan dan penggantian komponen:

1. Optocoupler pc817
2. TL431
3. Elco 22uf/50v
4. Vr 20k adjust b+
5. Ic regulator STR W6554

Kelima komponen diatas sudah dilakukan penggantian dan hasilnya tetap sama. Tegangan b+ tetap tinggi dan tv tidak mau start. Hasil pencarian informasi mengenai kerusakan tv lg ultra slim ini, rata-rata disebabkan salah satu kerusakan komponen diatas. Tapi kenapa setelah dilakukan penggantian semua komponen diatas, hasilnya masih tetap sama, tidak ada perubahan. Tegangan b+ tetap naik sekitar 150v.

Karena sudah mentok, akhirnya mencari-cari lagi info mengenai kerusakan tv lg ini. Ada salah satu rekan yang mengatakan, bahwa tegangan b+ naik, disebabkan tidak ada beban di tegangan b+. Akhirnya saya coba untuk memberikan beban pada jalur tegangan b+ dengan menggunakan bohlam lampu pijar 100w, yang disambungkan ke jalur tegangan b+. Kemudian tv saya nyalakan, serta cek tegangan b+ nya. Hasilnya lampu dop 100w bisa nyala, dan tegangan b+ bisa normal keluar 115v. Tapi tetap tv tidak bisa nyala. Berarti saya anggap regulator sudah bekerja normal. Tinggal cari penyebab, kenapa tegangan b+ tidak ada beban pada saat ON?

Hasil analisa saya mungkin saja tv tidak bisa start, karena ic program belum bekerja. Bisa disebabkan supply tegangan ic program terganggu. Akhirnya saya cek jalur tegangan start ic program, ternyata lewat ic Kia78R09. Saya coba cek tegangan di kaki input ic 78R09, ternyata terukur cuma 9v. Aneh, harusnya tegangan di input kaki 78R09 diatas 9v. Kemudian urut lagi jalur elco supplynya, saya cek elco C826 dengan ukuran 1000uf/16v. Saya cek pakai kapasitor tester, terukur normal, dapat nilai 850uf. Masih normal menurut saya. Tapi mengapa tegangan di elco ini kok ngedrop? Harusnya tegangan di elco ini sekitar 12v. Kenapa kok terukur 9v, padahal elco 1000uf/16v normal. Berikut posisi elco C826 di pcb.


Berada dijalur tegangan supply ic program. Sebelum masuk supply input ic regulator KIA78R09. Tegangan di input ic KIA78R09 harusnya ada sekitar 12v. Jika tegangan dikaki input ini ngedrop, maka kemungkinan penyebab masalah adalah C826. Elco 1000uf/16v bermasalah. Lakukan percobaan penggantian elco ini, walaupun kadang elco terlihat normal dan di ukur pun kadang normal. Tapi hasil tegangan di elco ini ngedrop. Jadi awas terkecoh kerusakan elco ini he..he.. kadang terlewatkan.


Karena sudah jalan buntu, iseng-iseng saya coba ganti saja elco C826 1000uf/16v menggunakan elco 1000uf/50v. Karena tidak ada stock elco 1000uf/16v, maka coba saya ganti pakai elco 1000uf/50v. Elco baru saya pasang, dan coba nyalakan tv. Langsung beberapa detik keluar suara Craaakk... menandakan tv bisa start, kemudian bergegas saya cek tegangan b+ ternyata sudah terukur normal 115v dan tv pun sudah nyala normal. Ternyata biang kerok kerusakan adalah disebabkan elco C826 1000uf/16v bermasalah. Anehnya hasil pengukuran elco tersebut normal dan penampilan fisik elco juga tidak ada tanda-tanda melembung. Jadi terlihat seperti elco normal. Setelah dicoba ganti pakai elco baru, tv baru bisa start dan tegangan b+ sudah bisa normal kembali 115v.

Jadi kesimpulan penyebab tegangan b+ naik pada tv lg ultra slim, disebabkan karena beban regulator tidak ada, karena ic program tidak bisa start, dikarenakan supply tegangan ic program terganggu atau ngedrop. Karena ic program tidak bisa start, maka power supply akan protek. Proteksi power supply ditandai dengan tegangan b+ naik tinggi sekitar 150v, tapi arusnya rendah. Ketika dicoba diberikan beban lampu pijar 100w, maka power supply akan terbeban, dan otomatis tegangan b+ kembali normal 115v. Setelah ic program bisa kembali start, maka tegangan b+ sudah bisa kembali normal 115v. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Mantap bos,,sy udh kebingungan
    Kerusakn persis seperti di atas
    Sekrang udh cling lg 👍
    Terima kasih ilmunya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Bang punya saya masih tetap drop meskipun udah tak ganti elkonya masih tetap 9v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti elconya dengan yang lain mas. Usahakan ganti pakai elco baru. Mungkin elconya masih bermasalah.

      Jika masih tetap drop, coba lepas atau ganti ic 78R09. Kemudian ukur lagi tegangannya. Jika masih saja tegangan drop, berarti ada masalah regulator dibagian primernya. Kemungkinan biasanya semua tegangan akan ikut drop.

      Delete
  3. Matur nuwun. Sangat membantu saya memecahkan problem serupa. Semoga Allah menetapkan ganjarannya..
    Aamiin.

    ReplyDelete
  4. Matursuwun mas'e..saya coba dan hasil nya ..dados.joss gandoss

    ReplyDelete
  5. Om klw tv LG mati total, elco 400v220uf masih menyimpan arus kira2 apanya om, b+ gk ada arus alias 0

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan masalah di bagian regulator. Tegangan b+ hilang, bisa jadi regulator belum kerja. Penyebab bisa dari masalah di setelan VR adjust B+, bisa elco-elco dibagian primer regulator kering, bisa juga karena ic regulatornya rusak. Penyebab paling sering karena elco dibagian promer regulator kering

      Delete
  6. Mantap, sangat membantu tv saya normal kembali.

    ReplyDelete
  7. Salam mas,,mau nanya,tv saya LG 14 inch,,ada pengaruh tidak klu crystal kecil drkat Ic program tidak ter pasang?,soalnya. Kaki crystal satunya tidak ada,, crystal juga tidak tahu beli dimana Dan kode rapuh,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tanpa crystal tersebut tv bisa menyala normal, ya gak masalah. Kalau gak bisa nyala atau tombol key dan remote gak fungsi, ya berarti karena komponen crystal tersebut tidak terpasang.

      Selama kode atau tipe crystalnya masih bisa terbaca, maka masih bisa dicari komponennya lewat online. Tapi kalau kode atau tipe crystalnya hilang atau tidak terbaca, itu yang susah. Harus mencari skematiknya dulu, untuk mengetahui kode crystalnya

      Delete
  8. salam kang.. kasus sama.. masih on going..
    saling kunjung kang di hrichs.blogspot.com makasih..

    ReplyDelete
  9. Terima kasih sudah berbagi ilmu dan pengalaman , sangat membantu sekali dan sangat bermanfaat ... Dapat kasus sama persis dan sudah normal lg tv nya

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah akhirnya ketemu juga penyakit yg sama dan hasilnya cukup memuaskan.
    Terima kasih bossku salam sukses selalu.dan tetap sehat

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led