Sunday, November 17, 2019

Power OCL 150W Pakai TR Final 2N3055 dan 2N3055

Alhamdulilah masih diberikan kesehatan dan kesempatan waktu untuk ngeblog lagi. Setelah sekian lama belum bisa update blog, dikarenakan kesibukan offline yang tidak bisa ditinggalkan dan hadirnya si kecil anak ketiga saya. Alhamdulilah di sela-sela kesibukan yang padat ini, masih bisa menghadirkan postingan yang bermanfaat. Next posting kali ini adalah janji saya yang telah lama kepada rekan di koment blog, yang  menanyakan bagaimana  merubah atau modifikasi power ocl 150w, agar bisa pakai tr final dobel NPN atau PNP saja. Atau istilahnya menggunakan sistem Quasi, yaitu menggunakan tr final sejenis full NPN atau PNP saja. Cara ini sudah lama saya gunakan, untuk mengakali tr final yang gak ada pasangannya. Misal tr jengkol atau TIP yang mati salah satu transistornya. Jadi tinggal 2N3055 atau TIP3055 saja. Maka masih bisa dipakai untuk tr final dan power ocl Anda, sehingga bisa bunyi kembali. Bagaimana cara modifikasi power ocl 150w quasi npn, pakai tr final 2N3055 dan 2N3055 atau TIP3055 dan TIP3055? Simak lebih lanjut.


Power amplifier dengan sistem quasi sebenarnya dari dulu sudah ada. Bahkan sebelum ada tr final jenis NPN dan PNP. Dulu ternyata hanya ada transistor jenis NPN saja. Meskipun ada transistor PNP, tapi harganya masih cukup mahal. Makanya power amplifier zaman dulu kebanyakan menggunakan transistor NPN saja. Bahkan tr finalnya pun menggunakan transistor NPN saja. Setelah ditemukan dan harga transistor PNP semakin murah, maka generasi power amplifier yang terbaru sekarang, sudah menggunakan transistor jenis NPN dan PNP. Nah pertanyaannya, jika power zaman sekarang sudah menggunakan tr final NPN dan PNP, apakah bisa kita rubah kembali pakai tr final NPN saja? Jawabnya bisa. Bagaimana caranya dan apa saja komponen yang dirubah?

Untuk semua komponen selain tr final tetap dan tidak dirubah sedikit pun. Yang dilakukan perubahan hanya pada bagian tr final saja. Perubahan meliputi perubahan jalur koneksi tr driver dan tr final yang akan dirubah sistem quasi saja. Tr final yang lain tetap. Untuk memudahkan kita mengetahui bagian yang mana saja yang akan kita rubah? Mari kita lihat skema dari power ocl 150w dibawah ini.


Diatas adalah skema power ocl 150w standart. Silahkan lihat bagian yang dilingkari merah. Ada 4 komponen yang perlu dirubah koneksi jalurnya, agar bisa dijadikan sistem quasi NPN. Yaitu dengan mengganti tr final MJ2955 menggunakan 2N3055. Jadi kedua tr final pada power ocl 150w ini akan menjadi 2N3055 dan 2N3055 he..he.. Menarik bukan? Bagaimana skema perubahan koneksinya? Silahkkan lihat gambar dibawah ini.


Silahkan lihat gambar diatas. Untuk posisi tr BD140 tetap, cuma posisi resistor 300 ohm dipindah dikaki colector. Kaki emitor BD140 sambung langsung ke out speaker. Untuk posisi tr final 2N3055 juga berubah koneksi kaki BCE nya. Kaki basis tr final konek ke colector tr BD140. Kaki emitor tr final konek ke jalur supply negatif pakai R 0,5 ohm 5w. Kaki colector tr final konek ke jalur out speaker. Untuk posisi komponen yang lain dan jalur supply tegangan tetap dan tidak berubah. TR final bisa menggunakan jengkolan 2N3055 saja atau TIP3055 saja. Bagaimana jika menggunakan tr final selain jengkolan dan TIP, misal menggunakan tr final sanken 2SC2922 saja? Jawabnya bisa. Jalurnya sama dengan diatas. Berikut gambar skemanya.


Silahkan lihat gambar diatas. Cukup dengan mengganti tr final 2N3055 dengan tr sanken 2SC2922 saja. Hasil dari perubahan power ocl 150w sistem quasi diatas sudah saya uji coba dan hasilnya power bisa bunyi normal. Hasilnya sama dengan power ocl sebelum dirubah sistem quasi. Cara diatas bisa dijadikan cara alternatif tr final power menggunakan tr final sejenis atau sistem quasi. Jika Anda punya banyak tr final tidak ada pasangannya, bekas tr final jebol salah satu tr finalnya, maka masih dipakai kembali dengan cara dirubah dengan menggunakan sistem quasi diatas. Semoga bermanfaat.

11 comments:

  1. Maaf mas mau nanya saya belajar merakit mixer pakai kit Yamaha 8 potensio pakai masternya 1 potensio sudah jalan normal tetapi ketika dipasang echo 2 potensio volume penguat mic-nya tidak bisa menutup sinyal suara harus ikut dimatikan potensio echo yang dipenguat mic nya mohon pencerahannya apa penyebabnya maklum masih belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang gak bisa mati suaranya, kalau posisi pot efek tetap terbuka. Meskipun pot volume penguat tertutup, tapi pot efek terbuka, maka suara tetap akan masuk, lewat jalur efek. Kondisi ini normal.

      Maka jika ingin mematikan semuanya, selain menutup pot volume, juga pot efek harus ditutup.

      Delete
  2. maaf mas mau minta tolong, apakah saya bisa kirim unit buat diservice. mksh sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Unit apa mas? Bisa saja mas, asal mau sabar menunggu agak lama, karena waktu pengiriman barang, dan juga waktu pengerjaannya. Jika berminat, bisa tanya-tanya lewat halaman contact di blog ini. Lewat email. Atau bisa juga lewat FB.

      Nanti lewat email bisa kirim gambar barangnya dulu, problem kerusakannya apa? Nanti saya lihat dulu, apakah masih bisa diperbaiki apa gak?

      Delete
  3. power mobil 4 chanel yg sudah diubah rangkaian PSU nya. Jadi ga pke aki atau power supply 12v. Tapi pake tegangan dari trafo lewat psu simetris.
    Emailnya Saya kirim kemana Mas. Terima Kasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lewat halaman contact diatas blog ini mas. Scroll keatas halaman blog ini, ada menu Home. Tekan menu home, nanti muncul pilihan halaman, pilih halaman contact. Nanti akan diarahkan ke halaman contact. Tulis email Anda dan pertanyaan disana. Kirim.

      Delete
  4. saya stok jengkolnya kebanyakan mj2955....bisakah dirubah dr rumus itu gan? Jadi finalnya pake mj2925 Semua?terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti akan saya update di postingan terbaru mas.

      Delete
  5. maaf mas mau nanya sya lg belajar merakit crossover aktif dan tone control yg sya rakit dalam 1 box dgn 2 trafo dan 2 psu untuk masing masing kit,,kira kira sistem penyambungan ground nya gimana ya mas??tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sistem penyambungan groundnya sendiri-sendiri mas per psu. Kemudian untuk koneksi ground antar kit rangkaian konek di ground pcb, bersama jalur input dan output.

      Jangan koneksi ground psu ke psu yang lain. Jadi rangkai satu per satu psu dengan grounding sendiri. Kemudian ground biarkan tetap konek antar pcb, lewat jalur input dan output.

      Delete
    2. ok,,,saya coba ya mas,,tks

      Delete