Monday, November 18, 2019

Cara Paralel TR Final Power 3 Tingkat

Alhamdulilah. Next posting kali ini adalah cara paralel tr final power 3 tingkat. Ada pertanyaan masuk lewat kolom komentar blog, menanyakan bagaimana cara paralel tr final pada driver power 3 tingkat? Sekaligus melengkapi cara paralel berbagai macam power lainnya untuk membantu rekan lainnya dalam memparalel tr final. Mungkin beberapa rekan lainnya sudah paham cara paralel tr final di power 3 tingkat ini, tapi ada juga yang masih belum paham bagaimana koneksi paralel tr final di power 3 tingkat ini. Bagi Anda yang masih belum tahu koneksi cara paralelnya? Simak lebih lanjut.

Karena keterbatasan kolom komentar untuk memberikan gambar, akhirnya saya buatkan saja postingan tentang power ini. Driver power 3 tingkat ini ada banyak macam tipe dan jenisnya. Berbagai merek pcb juga ada. Tapi pada intinya hampir sama saja, perbedaan hanya terletak pada posisi komponen saja. Nah disini macam pcb power 3 tingkat juga macam-macam. Ada pcb yang sudah dilengkapi dengan tempat tr final dan R kapur, ada juga pcb yang hanya dilengkapi R kapur dan ada juga pcb yang tidak dilengkapi tempat tr final dan R kapur. Karena perbedaan macam pcb ini, maka perlu penjelasan gambar masing-masing juga.

Ada beberapa macam merek driver power 3 tingkat ini, misal DTK, Tunersys, Advance, Ranic, Revo, Eclipse, SPE, Bell kit, dll. Masing-masing mempunyai perbedaan tata letak komponen dan juga posisi tr finalnya. Disinilah letak kebingungan pemasangan dan cara paralel tr finalnya bagaimana? Supaya tidak bingung lagi, berikut ada 3 macam jenis pcb power 3 tingkat yang akan saya bahas di posting ini.


Gambar diatas adalah contoh driver power 3 tingkat merek Eclipse. Tanpa tempat tr final dan tanpa R kapur. Koneksi menggunakan tr final sanken 2SC2922 dan 2SA1216.


Gambar diatas masih dengan pcb power yang sama, cuma bedanya di gambar ini menggunakan tr final toshiba 2SC5200 dan 2SA1943. Untuk koneksi menggunakan tr final lainnya, mestinya sama saja. Tinggal melihat letak kaki B C E tr finalnya dan samakan dengan koneksi diatas.


Gambar diatas adalah contoh driver power 3 tingkat merek Revo. Tanpa tempat tr final, tapi sudah dilengkapi R kapur. Untuk cara paralel tr finalnya, agar lebih mudah, R kapur yang di pcb lebih baik tidak usah digunakan atau dilepas saja. Diganti dengan koneksi paralel tr final yang akan kita rakit sendiri. Koneksi menggunakan tr final sanken 2SC2922 dan 2SA1216.


Gambar diatas masih dengan pcb power yang sama. Bedanya cuma pakai tr final toshiba 2SC5200 dan 2SA1943. Untuk koneksi pakai tr final lainnya, harusnya sama saja. Tinggal lihat letak kaki B C E tr finalnya. Dan koneksi seperti diatas.


Gambar diatas adalah contoh driver power 3 tingkat merek SPE. Dilengkapi tempat tr final dan R kapur. Jika Anda hanya memakai 1 set tr final, maka bisa dipasang langsung di pcb, karena sudah disediakan tempat tr final dan R kapur. Bagaimana jika tr final diparalel? Apakah tr final di pcb dan R kapur dilepas atau dibiarkan? Jawabnya bisa tetap atau dilepas saja. Cuma untuk kemudahan koneksi, lebih baik tr final dan R kapur di pcb dilepas saja. Diganti paralel tr final diluar pcb. Untuk tr final Anda bisa menggunakan tr final selain sanken, misal toshiba, mexico, TIP, NJW, dll. Tinggal lihat letak kaki B C E tr final. Kemudian samakan dengan koneksi diatas.

Dengan beberapa contoh gambar koneksi paralel tr final diatas, semoga dapat membantu rekan-rekan yang lain untuk memparalel tr final menggunakan driver power 3 tingkat ini dengan mudah. Dan perbedaan pcb tidak menghalangi kita untuk memparalel tr finalnya, karena sudah ada contoh gambar diatas he..he.. Semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. Minta saranny mas bahar...Sya punya trafo 2x15A 42ct..psu ny di buat 1/2 gelombang ngejar high voltage ny....di pkai utk 4channel..8 set per channel...2 channel non tef hasilny bagus ...2channel tef hasilnya ga bagus.. trafo+final cepat panas..biar hsilny lbih optimal apa yg hrus d rubah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu masalah bukan di psunya. Tapi di driver power tefnya. Mungkin ada yang kurang pas sistem tef nya.

      Itu power yang tef, asli power tef atau modif sendiri tef nya?

      Kalau masalah di psu, maka semua diver power baik yang non tef dan tef akan tidak bagus. Ini diver yang non tef bisa bagus dan driver yang tef gak bagus. Jadi menurut saya driver power tef nya yang masalah mas.

      Jadi yang diperbaiki dulu driver power tefnya. Kalau perlu coba pakai trafo sendiri.

      Delete
  2. 4 driver yg sama (socl506),pas msih 2 chanel sudh d test jdi tef(4set/channel) hsilny bagus...stlah jdi 4 chanel(8set/chanel) yg tef malah ga bertenaga kalah sma yg non tef...apa terlalu bnyk final atw psu nya ga kuat supply 4 chanel(32 set)...baikny gmn ya mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dilihat dari cerita diatas, maka dapat disimpulkan kemungkinan memang benar psunya gak kuat. Tapi kenapa yang driver non tef aman? Karena tarikan dayanya lebih kecil daripada driver yang tef. Jadi daya yang dibutuhkan power tef lebih besar dibanding power non tef.

      Kalau menurut saya, solusi yang tepat adalah dengan memisah supply tegangan kedua jenis driver tersebut. Jadi driver non tef pakai trafo sendiri dan driver yang tef pakai trafo sendiri. Dengan cara ini, maka daya tidak akan tarik-menarik antara power non tef dan power tef.

      Delete