Cara Paralel TR Final Power 3 Tingkat

Alhamdulilah. Next posting kali ini adalah cara paralel tr final power 3 tingkat. Ada pertanyaan masuk lewat kolom komentar blog, menanyakan bagaimana cara paralel tr final pada driver power 3 tingkat? Sekaligus melengkapi cara paralel berbagai macam power lainnya untuk membantu rekan lainnya dalam memparalel tr final. Mungkin beberapa rekan lainnya sudah paham cara paralel tr final di power 3 tingkat ini, tapi ada juga yang masih belum paham bagaimana koneksi paralel tr final di power 3 tingkat ini. Bagi Anda yang masih belum tahu koneksi cara paralelnya? Simak lebih lanjut.

Karena keterbatasan kolom komentar untuk memberikan gambar, akhirnya saya buatkan saja postingan tentang power ini. Driver power 3 tingkat ini ada banyak macam tipe dan jenisnya. Berbagai merek pcb juga ada. Tapi pada intinya hampir sama saja, perbedaan hanya terletak pada posisi komponen saja. Nah disini macam pcb power 3 tingkat juga macam-macam. Ada pcb yang sudah dilengkapi dengan tempat tr final dan R kapur, ada juga pcb yang hanya dilengkapi R kapur dan ada juga pcb yang tidak dilengkapi tempat tr final dan R kapur. Karena perbedaan macam pcb ini, maka perlu penjelasan gambar masing-masing juga.

Ada beberapa macam merek driver power 3 tingkat ini, misal DTK, Tunersys, Advance, Ranic, Revo, Eclipse, SPE, Bell kit, dll. Masing-masing mempunyai perbedaan tata letak komponen dan juga posisi tr finalnya. Disinilah letak kebingungan pemasangan dan cara paralel tr finalnya bagaimana? Supaya tidak bingung lagi, berikut ada 3 macam jenis pcb power 3 tingkat yang akan saya bahas di posting ini.


Gambar diatas adalah contoh driver power 3 tingkat merek Eclipse. Tanpa tempat tr final dan tanpa R kapur. Koneksi menggunakan tr final sanken 2SC2922 dan 2SA1216.


Gambar diatas masih dengan pcb power yang sama, cuma bedanya di gambar ini menggunakan tr final toshiba 2SC5200 dan 2SA1943. Untuk koneksi menggunakan tr final lainnya, mestinya sama saja. Tinggal melihat letak kaki B C E tr finalnya dan samakan dengan koneksi diatas.


Gambar diatas adalah contoh driver power 3 tingkat merek Revo. Tanpa tempat tr final, tapi sudah dilengkapi R kapur. Untuk cara paralel tr finalnya, agar lebih mudah, R kapur yang di pcb lebih baik tidak usah digunakan atau dilepas saja. Diganti dengan koneksi paralel tr final yang akan kita rakit sendiri. Koneksi menggunakan tr final sanken 2SC2922 dan 2SA1216.


Gambar diatas masih dengan pcb power yang sama. Bedanya cuma pakai tr final toshiba 2SC5200 dan 2SA1943. Untuk koneksi pakai tr final lainnya, harusnya sama saja. Tinggal lihat letak kaki B C E tr finalnya. Dan koneksi seperti diatas.


Gambar diatas adalah contoh driver power 3 tingkat merek SPE. Dilengkapi tempat tr final dan R kapur. Jika Anda hanya memakai 1 set tr final, maka bisa dipasang langsung di pcb, karena sudah disediakan tempat tr final dan R kapur. Bagaimana jika tr final diparalel? Apakah tr final di pcb dan R kapur dilepas atau dibiarkan? Jawabnya bisa tetap atau dilepas saja. Cuma untuk kemudahan koneksi, lebih baik tr final dan R kapur di pcb dilepas saja. Diganti paralel tr final diluar pcb. Untuk tr final Anda bisa menggunakan tr final selain sanken, misal toshiba, mexico, TIP, NJW, dll. Tinggal lihat letak kaki B C E tr final. Kemudian samakan dengan koneksi diatas.

Dengan beberapa contoh gambar koneksi paralel tr final diatas, semoga dapat membantu rekan-rekan yang lain untuk memparalel tr final menggunakan driver power 3 tingkat ini dengan mudah. Dan perbedaan pcb tidak menghalangi kita untuk memparalel tr finalnya, karena sudah ada contoh gambar diatas he..he.. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Minta saranny mas bahar...Sya punya trafo 2x15A 42ct..psu ny di buat 1/2 gelombang ngejar high voltage ny....di pkai utk 4channel..8 set per channel...2 channel non tef hasilny bagus ...2channel tef hasilnya ga bagus.. trafo+final cepat panas..biar hsilny lbih optimal apa yg hrus d rubah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu masalah bukan di psunya. Tapi di driver power tefnya. Mungkin ada yang kurang pas sistem tef nya.

      Itu power yang tef, asli power tef atau modif sendiri tef nya?

      Kalau masalah di psu, maka semua diver power baik yang non tef dan tef akan tidak bagus. Ini diver yang non tef bisa bagus dan driver yang tef gak bagus. Jadi menurut saya driver power tef nya yang masalah mas.

      Jadi yang diperbaiki dulu driver power tefnya. Kalau perlu coba pakai trafo sendiri.

      Delete
  2. 4 driver yg sama (socl506),pas msih 2 chanel sudh d test jdi tef(4set/channel) hsilny bagus...stlah jdi 4 chanel(8set/chanel) yg tef malah ga bertenaga kalah sma yg non tef...apa terlalu bnyk final atw psu nya ga kuat supply 4 chanel(32 set)...baikny gmn ya mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dilihat dari cerita diatas, maka dapat disimpulkan kemungkinan memang benar psunya gak kuat. Tapi kenapa yang driver non tef aman? Karena tarikan dayanya lebih kecil daripada driver yang tef. Jadi daya yang dibutuhkan power tef lebih besar dibanding power non tef.

      Kalau menurut saya, solusi yang tepat adalah dengan memisah supply tegangan kedua jenis driver tersebut. Jadi driver non tef pakai trafo sendiri dan driver yang tef pakai trafo sendiri. Dengan cara ini, maka daya tidak akan tarik-menarik antara power non tef dan power tef.

      Delete
  3. Minta bimbingan mas bahar, mau tanya kalo kit power sanken 400Watt panas tidak seimbang masalahnya dimana???

    ReplyDelete
  4. Kl sitem darlington apa sama dengan tef mas apa ada artikely sdh.apa kl ditef itu hrs pakai trafo besar dan minimal brp vdc biar maximal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara sistemnya sama mas. Yaitu dengan cara bertingkat. Cuma bedanya yang saya tahu, kalau tef diplikasikan ke rangkaian pcb dan darlington diplikasikan ke komponen transistornya. Nanti kalau ada waktu akan saya buatkan artikelnya mas.

      Power sudah di tef gak perlu trafo besar, sama saja dengan power biasa. Cuma yang benar adalah jumlah tr finalnya harus banyak minimal 4 set. Jangan pakai 1 set untuk power tef. Karena akan menyebabkan tr final panas. Selebihnya sama dengan power biasa, untuk trafo dan tegangannya. Yang perlu diperhatikan cuma jumlah tr finalnya saja. Kalau bisa lebih banyak, karena akan lebih panas dari power biasa, sebelum di tef.

      Delete
  5. Maaf kang mau tanya nih...kit yiroshi ku klau dipegang kaki tr 2n 5551 jadi bagus suaranya...klau dilepas serak suaranya...apanya itu ya kang...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih belum pernah kasus kayak itu. Tapi kemungkinan masalah dco dan bias yang kurang pas. Atau bisa juga kualitas tr 2n5551 kurang bagus. Coba saja diganti dulu tr 2n5551.

      Delete
  6. Kang yiroshi ku dah tak ganti 2n5551 suara udah besar/normal cuma serak....tapi klau tesistor 2.2k sama 47k tak colokin avo x1k terbaca 20..suaranya jadi jernih...apa nya itu ya kang...dco dan bias dah ok....

    ReplyDelete
  7. mas, untuk pa sanken 3 set 2922 dn 1216 itu yg bagus pakai tegangan output trafo brpa volt mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika pakai elco supply 50v bisa pakai tegangan maksimal ct 32v. Jika pakai elco supply 80v, bisa pakai tegangan maksimal ct 50v dari trafo.

      Delete
  8. Mas bahar...caranya pasang final power namec gimana
    ..maaf pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, gak bisa dijelaskan disini mas, karena butuh gambar. Nanti akan coba saya posting untuk caranya.

      Delete
    2. sudah saya jawab disini mas.
      https://www.baharelectronic.com/2021/06/cara-pasang-tr-final-power-namec.html

      Delete
  9. Mau nanya mas jika pengen tambah TR final lebih dari satu set.. apa R kapur dan milar(samping r kapur) harus di copot atau tidak

    Powerku 3stage 1000wat

    ReplyDelete
  10. Minta saran dong mas, saya pnya 5 set elco 80/10000uf dan trafo 15a 45vct. Bgai mna penyambungan/skema agar elco sya mmpu di suplly 90 vac. Sblum dan ssudahnya sy ucpkan trm ksih mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menambah volt dan mikro elco bisa dengan cara diseri paralel. Untuk bisa main seri, maka jumlah elco harus genap. Minimal jumlah elco agar bisa main seri adalah 2 set, kemudian 4 set, 6 set dan seterusnya kelipatan 2. Kalau 5 set elco gak bisa, hanya bisa dipakai yang 4 set saja, untuk bisa main seri-paralel. Untuk skema dan cara penyambungan sebenarnya sudah pernah saya bahas di postingan yang lain. Mungkin perlu Anda cari lagi artikel seri-paralel elco di blog ini. Akan sulit dijelaskan lewat tulisan, mungkin nanti kalau ada waktu akan saya bahas di posting terbaru untuk skema dan cara penyambungannya.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led