Sunday, February 16, 2020

Cara BTL Power 140W

Alhamdulilah masih diberikan kesehatan dan waktu untuk bisa membuat postingan kembali. Next posting kali ini adalah cara btl power 140w. Mungkin posting kali ini agak lama tidak terbit, karena kesibukan offline yang tidak bisa ditinggalkan. Kemudian juga lagi mempersiapkan untuk membuat dan membangun channel youtube baru, untuk mensupport blog ini kedepannya. Untuk channel youtube sebenarnya sudah ada, tinggal proses pengembangannya. Makanya kegiatan ngeblog nyaris tidak ada waktu, karena tersita untuk ngurusi channel youtube dulu. Semoga dengan adanya channel youtube yang saya bangun ini, bisa mempermudah dan lebih jelas dalam hal memahami apa yang saya jelaskan di blog ini. Amin. Karena dunia internet sekarang lebih cenderung melihat youtube daripada melihat web atau blog. Karena di youtube bisa melihat langsung videonya, tanpa harus susah-susah membaca artikel. Saya tidak membahas kesana, tapi paling tidak ada langkah terbaik untuk perkembangan blog ini kedepannya dengan berkolaborasi dengan channel youtube. Kembali ke topik bahasan, karena ada pertanyaan dari rekan- rekan di kolom komentar blog, menanyakan bagaimana cara btl power 140w itu? Maka perlu saya buatkan postingan khusus untuk power ini. Bagaimana cara dan koneksi btl power 140w ini? Simak lebih lanjut.

Power 140w adalah jenis power yang sama-sama favoritnya dengan power ocl 150w. Tapi kedua power ini menerapkan sistem yang berbeda. Pada power 140w menggunakan ic single op amp sebagai rangkaian pre ampnya, sedangkan pada power ocl 150w menggunakan transistor. Tentu saja perbedaan ini akan membawa dampak ke kualitas dan karakter suara dari masing-masing power tersebut. Sebenarmya cara mem-btl kedua power ini, caranya sama saja. Yaitu bisa dengan menggunakan R btl atau menggunakan rangkaian kit btl. Tapi yang menjadi masalah dan kesulitan rekan-rekan dilapangan adalah, jika btl power menggunakan R btl, maka harus tahu dulu posisi R btl nya dimana dan berapa nilai R btl nya? Hal ini yang kadang masih belum dipahami dalam hal mem btl power.

Pada posting kali ini akan saya fokuskan pada cara btl power 140w pakai resistor btl. Untuk cara btl menggunakan kit btl, saya rasa Anda sudah bisa merangkainya sendiri. Karena jika pakai kit btl, Anda tinggal pasang out L dan R kit btl ke kedua input power, tanpa harus mengotak-atik komponen powernya. Kebetulan yang ditanya rekan di kolom komentar adalah cara btl power 140w pakai resistor, jadi pembahasan saya fokuskan pakai R btl saja. Untuk mem-btl power pakai R btl, maka Anda harus mengetahui dulu berapa nilai R btl yang akan dipasang dan posisinya dimana? Untuk nilai R btl itu sama nilainya dengan R feedback. Jadi ketahui dulu dimana posisi R feedbacknya. Karena setiap power amplifier mempunyai nilai R feedback yang berbeda-beda, maka nilai R btl akan menyesuaikan dengan nilai R feedbacknya. Dibawah ini adalah gambar skema power 140w dan letak posisi nilai R feedbacknya.


Anda bisa melihat gambar diatas, dimana letak posisi R feedbacknya. Yaitu resistor dengan nilai 56K dijalur out speaker menuju pin inverting input ic op amp. Karena nilai R feedback sudah diketahui, maka nilai R btl nya adalah 56K. Setelah R btl nya diketahui, bagaimana cara mengkoneksi R btl tersebut pada skema rangkaian power 140w diatas? Untuk dijadikan power btl, maka dibutuhkan  2 power mono atau 1 buah power stereo yang akan dijadikan btl, menjadi satu output. Jadi untuk memudahkan penjelasan, maka gambar skema diatas akan saya jadikan 2 bagian. Sehingga menjadi 2 power mono. Berikut koneksi btl pada skema power 140w dibawah ini.


Anda bisa lihat gambar diatas, koneksi btl pada power 140w. menggunakan R btl 56k yang dipasang dijalur pin inverting input ic op amp power 1, kemudian kaki R satunya dikonek di jalur output power 2. Kemudian pada input power 1 di groundkan dan tidak dipakai lagi. Input yang dipakai adalah input pada power 2. Pada koneksi power btl, maka jalur output speaker sudah tidak menggunakan ground lagi. Melainkan menggunakan kedua output dari kedua power tersebut. Yang akan dijadikan sebagai output negatif dan output positif. Dengan melihat skema diatas, mestinya Anda sudah bisa melakukan btl pada power 140w ini. Jika masih bingung, berikut gambar letak pemasangan R btl pada pcb power 140w.


Gambar diatas sebenarnya sama koneksinya dengan gambar no.2, cuma koneksi R btl diletakkan di pcb. Untuk memudahkan Anda dimana posisi dan koneksi memasang R btlnya. Dengan melihat gambar diatas dan sedikit penjelasan di posting ini, mudah-mudahan Anda bisa dan dapat melakukan btl pada power 140w ini dengan benar dan aman. Untuk artikel lain yang bermanfaat, Anda bisa mengunjungi channel youtube saya disini. Semoga bermanfaat.

17 comments:

  1. Mas numpang nanya? Trafo tegangannya 18volt bisa di turunkan ke 12volt mas,

    ReplyDelete
  2. Ini yang saya tunggu....matur suwunnn mas bahar....salam dari kediri

    ReplyDelete
  3. Cuma apakah ic 7812 ga terlalu cepat panas masa?... Suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung bebannya mas. Buat apa dulu? Kalau untuk beban ringan, gak masalah mas. Kalau untuk beban berat, ya panas mas. Bisa ditambahkan pendingin di ic 7812 nya. Tapi ya jangan terlalu berat bebannya, karena ic 7812 bisa rusak, akibat over current. Batas maksimal beban dari ic 7812 adalah 1A mas.

      Delete
  4. Mas bahar buatin skema cara merakit mixer, dngan kit pnguat mixer 8 potensio 8 chenel,kit master mixer 3 biji 2 untk
    musik R&L 1 untuk mic, master bas/trible , digital echo 2 potensio.
    Mohon mas bahar bntuan nya buat skema nyn gmna cara rakitnya agar smpurna,. Mic&musik msing2 4 chenel ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas, kalau ada waktu akan saya buatkan. Terima kasih atas pertanyaannya.

      Delete
  5. Ok mas
    Maksih ya mas,

    Saya tunggu skemanya 🙃

    ReplyDelete
  6. mas /bang bisa minta no hp / wa. nya salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pertanyaan bisa lewat kolom komentar. Terima kasih.

      Delete
  7. salut sama bang bahar....smoga ilmu yg sampean amalkan menjadi bekal kelak.sesungguhnya ilmu yg bermanfaat adalah ilmu yg di amalkan

    ReplyDelete
  8. bang,untuk r nya berapa watt?trus r56k di kedua driver apa dilepas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk R btl pakai yang biasa mas 1/2 watt mas. Resistor 56K di kedua driver jangan dilepas.

      Delete
  9. Mas kok punya saya setelah di btl. Suara normal bgus..... Cuma saat dimatikan sekitar 1/2menit ada suara nyiiiiiiiiiiiiiiiiit kira2 apa ya mass

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin inputnya belum digroundkan. Atau posisi volume power terbuka.

      Delete