Monday, February 24, 2020

Ganti TR KRC102M Pakai TR C945

Alhamdulilah. Next posting kali ini adalah modif atau mengganti transistor tipe KRC102M atau C102 menggunakan transistor C945. Perlu diketahui bahwa jenis tr C102 ini beda dengan jenis tr NPN biasa pada umumnya. Karena memiliki resistor bias didalamnya. Atau disebut dengan transistor Pre Biased NPN. Jadi didalam transistor C102 terdapat resistor sebagai bias tegangan. Dimana resistor ini tidak ada pada jenis tr NPN biasa pada umumnya. Nah disini kadang membingungkan dalam hal pengecekan pakai avometer. Dikira transistornya rusak, padahal ada resistansi didalam transistor C102 tersebut. Yang menyebabkan perbedaan dengan transistor NPN pada umumnya. Karena jenis transistor ini tidak ada persamaan atau penggantinya, bisakah diganti pakai tr NPN biasa? Simak lebih lanjut.


Banyak teknisi terkecoh dengan tr C102 ini. Saya sendiri pun awalnya pernah terkecoh he..he.. dikiranya rusak, padahal tidak. Karena pada saat dicek pakai avometer terlihat perbedaan hasil dibanding tr NPN biasa. Perbedaan ini disebabkan adanya resistor yang ada didalam tr C102 tersebut. Jadi jangan salah sangka ya transistornya rusak he...he..

Sebenananya jika memang benar tr C102 ini rusak, maka tinggal Anda ganti saja dengan dengan tipe yang sama. Yang menjadi kendala adalah, jika transistor pengganti C102 ini tidak ada. Maka harus dicari persamaan dari tr tersebut. Masalahnya tr C102 ini tidak ada persamaannya, karena jenisnya tersebut. Jadi tidak bisa diganti pakai tr NPN biasa. Terus, solusinya bagaimana mas??? Solusinya bisa diganti pakai tr NPN biasa mas. Lohh... katanya gak bisa diganti pakai tr NPN biasa, gimana sih he..he.. bisa diganti pakai tr NPN biasa, tapi ada tapinya he..he.. ditambahi resistor. Tujuannya biar jadi sama fungsinya sama tr C102 gitu loh mas. Mari kita lihat bentuk dan gambar dari tr C102.


Anda bisa lihat gambar diatas. Pada tr KRC102M atau C102 terdapat resistor yang terpasang pada kaki basis dan emitornya. Adanya resistor didalam tr inilah yang menyebabkan perbedaan hasil dalam pengecekan menggunakan avometer. Karena jelas hasilnya akan beda dengan pengecekan pakai tr NPN biasa, yang tidak ada resistor didalamnya. Jadi awas keliru ya he..he.. Lanjut ke skema dan nilai dari resistor biasnya.


Gambar diatas adalah skema rangkaian didalam transistor KRC102M atau C102. Ada dua resistor yang terpasang pada kaki basis dan emitornya yaitu R1 dan R2. Selain tr C102, ternyata ada beberapa tr lain yang sejenis, tapi mempunyai nilai Resistor yang berbeda. Anda bisa melihatnya di tabel dibawah ini. Tipe transistor dan nilai resistansinya.


Anda bisa lihat tabel diatas. Ternyata selain tr C102 ada juga tipe lain, tapi mempunyai nilai resistor yang berbeda pula. Khusus untuk tr KRC102 atau C102 mempunyai nilai resistor R1 dan R2 yang sama, yaitu R 10K. Bagaimana aplikasinya jika pakai tr NPN biasa? Kita lihat dulu gambar dan skema dari tr NPN dibawah ini. Tr NPN yang saya gunakan tipe C945 yang banyak dipasaran.


Anda bisa lihat gambar diatas. Adalah jenis tr NPN biasa. Anda bisa bandingkan dengan gambar tr C102 diatas. Pada tr NPN biasa tidak terdapat resistor seperti pada tr C102. Bagaimana agar tr C945 ini mempunyai fungsi yang sama dengan tr C102? Maka harus ditambahkan resiator eksternal yang dipasang di tr C945. Karena kita sudah tahu nilai resistor pada tr C102 adala 10K. Jadi pada R1 dan R2 menggunakan R 10K. Supaya menjadi tr C102, maka tr C945 kita pasang R 10K diluar. Untuk jalur skema pemasangan silahkan lihat gambar dibawah ini.


Anda bisa lihat gambar diatas. Pemasangan 2 resistor 10K yang dipasang antara kaki basis dan emitor. Kemudian dipasang di kaki basis sebagai penahan sebelum masuk kaki basis tr C945. Jadi koneksi B C E tr C945 akan berubah seperti diatas ya. Yaitu kaki basis konek dikaki R1. Untuk kaki colector dan emitornya tetap sama. Mungkin ada yang ngomong, kok susah-susah amat mas, pakai R segala. Beli saja tr yang sama C102 beres kan. Ya beres kalau ada trnya he..he.. kalau gak ada gimana he..he.. ? Yah cara diatas adalah solusi  jika Anda kesulitan mencari tr tipe KRC102M atau C102. Bisa diganti pakai tr C945 atau tr NPN lainnya, dengan penambahan 2 resistor yang dipasang sesuai skema diatas.

Sebelum Anda mengganti atau memodifikasi tr C102 seperti diatas, harap dicek kembali, apakah pengecekan Anda sudah benar? Karena hasil pengecekan pasti hasilnya akan berbeda, jika dibandingkan dengan pengecekan tr NPN biasa. Karena adannya resistor didalam tr C102 tersebut. Jadi perlu dipahami dulu, sebelum Anda mengganti tersebut. Pastikan dulu bahwa benar-benar tr C102 tersebut itu rusak, baru lakukan penggantian komponen. Jangan sampai kesalahan pengecekan akhirnya jadi bingung sendiri, kenapa hasilnya bisa beda dengan tr NPN biasa, seperti transistor rusak? Padahal tidak he..he.. Pertanyaan ini masuk lewat kolom komentar di channel youtube saya. Untuk artikel dan video lainnya yang bermanfaat bisa Anda kunjungi channel saya disini. Semoga bermanfaat.

3 comments:

  1. Maaf mas mau tanya kemarin saya coba merakit power kecil pakai trafo 5 a kecil dioda 6 amper elco 2200 35 volt pakai socl 506 dan satu set toshiba 5200 ..semua baru..saya kasih 18 volt dari trafo..saat saya coba kok suaranya agak serak ya mas..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin Supply tegangan kurang tinggi mas. Coba naikkan tegangan pakai ct 25v dari trafo. Tapi sebelumnya elco supply harus diganti dulu pakai elco yang 50v.

      Elco supply gak diganti juga gak apa-apa, tapi terlalu mepet dengan tegangan maks elco 35v.

      Delete
  2. Ow iya benar mas.skarang udah lumayan jernih..dan alhmdullah elco tidak meledak..p

    ReplyDelete