Cara Pasang Input Balance pada Mixer Rakitan

Alhamdulilah. Next posting kali ini adalah cara pasang atau menambahkan input balance pada mixer rakitan. Seperti kita ketahui mixer rakitan yang banyak beredar dipasaran tidak dilengkapi fitur input balance dan hanya disediakan input Unbalance. Jikalau pun ada, biasanya tidak dilengkapi dengan socket XLR atau socket canon. Untuk socket XLR kita harus menambahkannya sendiri. Saya tidak bahas untuk jenis mixer ini, tapi pada jenis mixer yang tidak ada input balancenya. Bagaimana cara memasang atau menambahkan fitur input balance pada mixer rakitan ini? Simak lebih lanjut.

Ide postingan berawal dari pertanyaan rekan-rekan di kolom komentar. Bagaimana cara menambahkan jack XLR pada mixer rakitan? Karena pada umumnya kit mixer rakitan jarang ada dilengkapi input balance. Kenapa kok jarang dipakai input balance ini? Karena kebanyakan kita sebagian perangkat audio kita banyak yang menggunakan input dan output Unbalance. Maka fitur input balance pada mixer rakitan akan jarang digunakan. Mungkin oleh sebab inilah kebanyakan kit mixer rakitan tidak dilengkapi fitur input balance. Terus, cara menambahkan input balancenya bagaimana mas? Sedangkan kit mixer saya tidak didesain untuk input balance. Apakah bisa dipasang input balance?

Karena jenis kit mixer yang ada tidak dilengkapi input balance, maka pada bagian input penguat op amp mixer akan ada satu input saja. Sedangkan pada input balance ada dua input yaitu input phase positif (HOT) dan input phase negatif (COLD). Untuk menambahkan fitur ini, maka perlu ditambahkan kit rangkaian tambahan yaitu kit rangkaian input balance. Yang nantinya dipasang di input mixer. Untuk contoh gambar kitnya ada di bawah ini.


Ada banyak kit rangkaian input balance, tapi saya pilih jenis ini karena sudah dilengkapi dua jenis input sekaligus yaitu input balance dan input unbalance. Dan sudah terpasang socket XLR input dan socket TS mono atau socket mic. Sehinga kita tidak perlu repot-repot menyambung kabel ke socketnya. Tinggal pasang langsung ke mixer. Berikut tampilan atas pcb kit input balance.


Anda bisa lihat gambar diatas. Ada beberapa fitur koneksinya yaitu Unbalance output yang nantinya akan kita koneksikan ke input mixer rakitan. Kemudian socket XLR untuk input balance dan socket mic untuk input Unbalance. Dan pin untuk supply tegangan simetris yang nantinya digunakan sebagai jalur tegangan supply psu ke kit input balance. Untuk supply tegangan kit ini, bisa digabung dengan tegangan supply mixer yang sudah ada, Jadi tidak perlu ditambahkan trafo dan psu lagi. Cukup digabung saja langsung ke tegangan supply mixer. Kemudian cara koneksinya bagaimana mas? Berikut adalah gambar penambahan kit input balance pada mixer rakitan.


Silahkan amati dan fokus pada bagian input kit mixer. Disitu jalur output input balance tersambung langsung ke input mixer rakitan. Jadi jika sudah terpasang kit input balance, maka semua jalur input kemixer ganti masuk ke rangkaian input balance. Bisa pakai input balance maupun input unbalance. Tapi tidak bisa dipakai secara bersamaan antara kedua input tersebut. Harus dipakai satu persatu. Kemudian lanjut ke tegangan supply kit rangkaian input balance ini. Untuk tegangan supply bisa digabungkan dengan tegangan supply mixer. Jadi lebih mudah dan praktis bukan? Untuk melihat postingan bermanfaat lainnya seputar dunia elektronik, Anda bisa mengunjungi channel youtube saya disini. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Mau nanya mas, saya punya ampli bmb DA-3600K. Kemarin salah nyolokin soket tegangan dan regulator 7915nya hangus serta beberapa kapasitor. Setelah ganti, kok suaranya tetap hilang ya? Padahal sebelum terjadi kesalahan, suara music ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya berarti masih ada komponen yang rusak mas. Masalahnya saya belum tahu jalur dari ampli tersebut. Kalau gak salah biasanya ada salah satu ic op amp yang rusak mas. Dilihat saja jalur di ic 7815 tersebut mengarah kemana saja. Nantinya akan ketemu beberapa ic op amp. Silahkan dicoba ganti beberapa ic op amp tersebut mas.

      Delete
  2. Mau tanya mas kan panel mixer 4 chanel ada madter R dan L atas nya bass dan treble, bagaimana cara menyambung nya
    Maaf masih awan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tone control di master itu optional mas. Bisa dipakai, bisa gak. Untuk rangkaian saya diatas memang tidak ada tone controlnya di bagian masternya. Jika ingin ditambahkan tone control di master, maka cara memasangnya di jalur akhir mas, sebelun masuk input master.

      Jadi caranya jika pakai skema saya diatas adalah, jalur input master dilepas, dipindah di input TC. Kemudian out TC masuk ke input master.

      Jika ada waktu akan saya update gambarnya.

      Delete
  3. Selamat malam Bang,mau tanya,itu di kit mixer ada input low - haigh - ground...instalasinya gimna Bang,instalasi di gambar soalnya cuma ada input kit mixer in - ground trus nyambung ke out input balance?
    Mohon pencerahannya🙏🏻🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya pada box mixer rakitan ada dua input. Yaitu input line in dan input mic. Nah koneksi adalah input LOW digunakan untuk untuk line in dan input HIGH digunakan untuk input mic. Untuk pada gambar itu memang jenis mixer lama yang inputnya cuma satu, bisa untuk line in dan mic

      Delete
  4. Om klo mixer rakitan udah di pasang kit ballance, apakah outputnya harus pasang kit ballance juga?
    Trus bisa di tambah fitur phantom powernya gak om mixer rakitan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak harus, tergantung kebutuhannya untuk apa dulu. Jika digabungkan dengan perangkat yang BALANCE, Maka output dari mixer juga harus BALANCE, Tapi jika perangkat yang digabungkan UNBALANCE, Maka tidak perlu dipasang kit balance pada output mixeenya. Kalau melihat di perangkat mixer audio built up, maka output pada mixer itu ada dua macam, yaitu output BALANCE dan UNBALANCE. Dimana kita bisa memilih menggunakan output balance atau unbalance. Saran saya Jika memang ingin memasang kit BALANCE pada output mixer, maka carilah kit balance yang mempunyai 2 macam output, yaitu output BALANCE dan output UNBALANCE

      Delete
    2. Untuk phantom power bisa ditambahkan dengan menginjeksi tegangan +42vdc atau +18vdc dengan amper rendah di input mixer. Baik menggunakan input BALANCE atau UNBALANCE. Untuk koneksi Unbalance disambungkan dibagian input positif untuk koneksi Balance disambungkan di bagian input + (hot) dan input - (cold). Ingat phantom power adalah tegangan ber arus/amper rendah, silahkan pelajari dulu untuk cara penggunaannya

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led