Monday, July 27, 2020

TR Final Toshiba VS Sanken Unggul Mana?

Alhamdulilah. Next posting berikut adalah membahas perbandingan transistor final toshiba vs sanken. Dilihat dari segi keunggulan dan kekurangan masing-masing transistor final. Karena banyak sekali perbedaan hasil uji coba dari rekan-rekan yang mengatakan tingkat ketahanan terhadap high voltage. Ada yang bilang tr sanken lebih kuat daripada tr toshiba. Ada juga yang bilang tr toshiba juga kuat untuk tegangan tinggi. Mana yang benar, dari kedua uji coba diatas? Apakah benar tr final toshiba kuat di tegangan tinggi?  Simak lebih lanjut.

Sebenarnya sudah dari dulu ingin saya posting tentang kelebihan dan kekurangan kedua jenis transistor final ini. Tapi saya belum berani mengatakan, karena perbedaan hasil uji coba dilapangan. Sehingga saya belum bisa menyimpulkan mana yang benar dari kedua hasil uji coba tersebut. Khususnya tentang tr final toshiba. Untuk tr final sanken sudah fix hasilnya, semua uji coba mengatakan tr final sanken mampu di supply tegangan tinggi. Tapi untuk tr final toshiba belum tentu kuat pakai tegangan tinggi. Mari kita bahas kedua jenis tr final tersebut. Apakah benar tr final toshiba lebih unggul daripada sanken?


Dari beberapa sumber referensi yang saya dapatkan banyak yang mengatakan kedua tr final ini mempunyai keunggulan masing-masing. Yang katanya hasil suara sanken lebih bass he...he.. Ada juga yang mengatakan toshiba lebih bass dan lantang. Jadi bisa dibilang sama-sama unggul. Lepas dari perbedaan penggunaan driver power dan trafo. Karakter kedua jenis tr final bisa dibilang mirip dan sama. Jadi menurut hasil percobaan rekan-rekan dilapangan kedua jenis tr final ini sama-sama unggul. Yang membedakan adalah selera dari masing-masing orang. Jadi gak usah dibahas yang unggul yang mana. 

Saya berikan sedikit gambaran dari kedua jenis tr final ini. Agar Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing. Karena pilihan tetap ada pada Anda sendiri. Menurut hasil pengamatan bahwa tr final toshiba sering dipakai untuk tr final power kelas built up. Beberapa merek power amplifier lokal dan luar negeri juga menggunakan tr final toshiba ini misal merek Peavey dan Crown. Tr sanken jarang terlihat dipakai untuk tr final power luar negeri, hanya beberapa merek lokal saja yang menggunakan tr final sanken ini. Padahal tr sanken sebenarnya sama unggulnya dengan toshiba, bahkan lebih unggul dari segi daya watt outputnya. Tapi kenapa tidak dipakai ya he..he..?

Disini ada salah satu contoh hasil percobaan dari salah satu rekan yang mengatakan bahwa tr final toshiba tidak kuat dipakai untuk tegangan tinggi dan beban berat. Rekan ini mencoba membandingkan langsung penggunaan tr final sanken dan toshiba dengan driver power yang sama, trafo sama, tegangan sama, beban speaker sama. Tapi hasil tr final toshiba langsung jebol disaat digeber suara tinggi. Beda dengan tr sanken yang lebih mampu dan tahan untuk tegangan tinggi dan tidak jebol. Disini yang menjadi pertanyaan kenapa tr final toshiba gampang jebol? Kalau dibandingkan dengan power built up yang menggunakan tr final toshiba juga menggunakan tegangan lebih tinggi diatas 100vdc, hasilnya tr final toshiba aman-aman saja. Berarti besar kemungkinan kualitas dari tr final toshiba yang dipakai mungkin kurang bagus atau tr final toshiba palsu. Karena banyak juga beredar dipasaran tr final toshiba palsu yang gak kuat buat tegangan tinggi. Biasanya tr final langsung jebol atau rusak seketika. Disini dibutuhkan kejelian dalam memilih tr final toshiba yang kualitasnya bagus dan asli. 

Dibandingkan tr final sanken. Banyak dilapangan mengatakan tr final sanken lebih tahan dan mampu untuk tegangan tinggi dan tidak gampang jebol. Ya meskipun saya pernah mengalami sendiri tr sanken jebol, tapi jarang sekali. Itupun yang jebol tr sanken lama he..he.. Disini tr final sanken yang bagus jelas dibanderol harga yang lebih mahal, tapi memang sesuai dengan kualitas yang diberikan. Hasil ketahanan transistor sanken sudah terbukti kuat dan tahan dipakai untuk tegangan tinggi dan tidak gampang jebol. Mungkin juga karena tr final sanken lebih banyak yang asli dan lebih mudah untuk menemukan tr final sanken yang kualitasnya bagus dari harga yang lebih mahal. Jadi kalau pakai tr final sanken yang asli dan harganya mahal dijamin kuat dan tahan banting he..he.. Tidak perlu kuatir jebol lagi. Malah saya pernah coba pasang tr final kebalik tegangan supplynya, kondisi tr final sanken masih aman. Padahal tr driver sudah jebol semua, tapi tr final sanken masih aman he...he.. Entah kalau pakai tr final toshiba, apakah ikut jebol juga tr final toshibanya he..he..?

Saya tidak mengunggulkan tr final sanken, tapi kenyataan dilapangan seperti itu. Begitu juga dengan tr final toshiba yang banyak digunakan sebagai tr final, juga kuat untuk tegangan tinggi dan tahan banting. Maka pilihan tergantung pada selera masing-masing orang. Jadi kesimpulannya adalah kedua jenis tr final ini mempunyai keunggulan yang sama. Asal kualitas dari tr final toshiba tersebut terjamin kualitasnya dan asli. Karena banyak tr final toshiba yang tidak asli, akhirnya memberikan dampak buruk bagi tr final toshiba sebagai pilihan tr final kebanyakan tr power amplifier lokal maupun built up. Dibandingkan tr final sanken lebih banyak yang asli, maka nama baik dari tr sanken ini tetap terjaga sebagai tr final yang kuat dan tidak gampang jebol. Jadi selama tr final toshiba ini asli, maka kekuatan dan ketahanan akan bisa menyamai ketahanan dari tr final sanken tersebut. Pilihan kembali kepada Anda. Jika Anda ingin menggunakan tr final toshiba, maka perhatikan kualitas dan keaslian dari transistor tersebut. Belilah pada toko atau langganan yang terpercaya menjual tr asli toshiba. Jangan sampai Anda menyesal membeli banyak tr final toshiba dan berakhir dengan jebolnya tr final secara bersamaan he..he.. Semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. Mz mau tanya speaker 8inc 300watt cocok pake power berapa watt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai power ocl 150w mas. Pakai trafo 5A dengan tegangan ct 25v.

      Delete
  2. Share cara pasang parametrik subwoofer tarantula ranic kang

    ReplyDelete