Saturday, June 18, 2016

CARA MERUBAH MOTOR 3 PHASE MENJADI 1 PHASE

Berawal dari pertanyaan dan ide gila di sela-sela pekerjaan. Kebetulan pas lagi melihat bagian teknik di pabrik yang lagi masang motor exhaust untuk mesin di bagian saya. Berawal dari perbincangan kecil seputar motor 3 phase mengenai bagaimana dan bagaimana penyambungan motor 3 phase itu? Saya sendiri sebenarnya juga sedikit paham tentang motor listrik 3 phase, karena saya dulu pernah sekolah di SMK jurusan listrik. Tapi yang membuat saya tertarik adalah karena pertanyaan bagaimana cara merubah motor 3 phase menjadi 1 phase? Yang selama ini saya juga belum tahu kalau motor 3 phase bisa di konek menggunakan 1 phase listrik dirumah kita. Menarik bukan? Simak selengkapnya.

Mungkin anda juga pernah mendengar istilah motor 3 phase. Motor yang menggunakan tegangan 3 fasa 380V RST. Banyak digunakan di pabrik-pabrik karena ketahanan dan daya torsinya yang besar. Jika anda kebetulan mempunyai motor 3 phase di rumah, bagaimana caranya supaya bisa dioperasikan menggunakan tegangan PLN 220V (1 phase)? Dari banyak komentar di forum-forum elektronik dan listrik, banyak yang mengatakan bisa di rubah ke single phase. Dan banyak juga yang mengatakan motor 3 phase tidak bisa di ubah ke 1 phase karena gulungan dan sudutnya beda. Mana yang benar? Ya jawaban tergantung anda. Semua tidak bisa di omongkan kalau belum di coba. Kalau saya pribadi mengatakan bisa.

Karena memang saya tidak mempunyai motor 3 phase untuk di coba. Jadi saya sebatas hanya mencari sumber informasi dari youtube yang membahas masalah ini yang disertai tutorial dan skema penyambungannya. Harapan saya posting ini hanyalah sekedar informasi alternatif cara dengan segala resikonya. Jadi jika anda ingin mencoba cara ini pastikan penyambungan anda benar dan jika terjadi kerusakan pada perangkat anda itu adalah resiko anda. Jadi pahami dulu dengan benar sebelum anda mencoba cara ini.

Berikut hasil jalan-jalan saya mencari jawaban tentang hal ini. Saya rangkum secara singkat untuk anda.

Berikut adalah gambar koneksi star delta motor 3 phase
Pahami dengan teliti gambar diatas karena berhasil tidaknya tergantung dari benar tidaknya penyambungan anda.

Gambar berikut adalah plat motor 3 phase sebagai referensi jika anda menemukan motor 3 phase seperti ini.
Disitu tertulis delta 230V dan star 400V. Jadi hanya spesifikasi seperti ini yang bisa dirubah ke 1 phase. Karena tegangan listrik PLN dirumah kita 220V (1 phase), maka kita hubung delta lebih dulu.

Sebelum melangkah merubah ke 1 phase. Berikut gambar contoh koneksi star pada motor 3 phase.

Berikut adalah gambar koneksi delta motor 3 phase.

Setelah memahami koneksi star delta diatas, maka gambar berikut adalah koneksi motor 3 phase jadi 1 phase. Dalam koneksi delta. Sudah saya koreksi.

Gambar diatas adalah penyambungan motor 3 phase jadi 1 phase dengan penambahan kapasitor. Untuk nilai kapasitor bisa anda berikan secara bertahap mulai 10uf/400V sampai 40uf/400V. Sampai ditemukan putaran motor berputar maksimal. 

Ada juga beberapa referensi yang lain bisa dicoba koneksi 3 phase ke 1 phase. berikut gambarnya.

Gambar diatas adalah gambar koneksi motor 3 phase jadi 1 phase high voltage 230V.

Gambar diatas adalah gambar koneksi motor 3 phase jadi 1 phase low voltage 115V.

Semua gambar diatas memang belum saya coba karena belum punya motor 3 phase. Semua informasi saya dapatkan dari youtube dengan tutorial yang jelas dan sudah dicoba. Untuk memantapkan anda bisa cari sendiri di youtube tentang merubah motor 3 phase jadi 1 phase. Semoga bermanfaat.

18 comments:

  1. makasih infonya gan , memang selama ini saya rubah motor 3phasa 220v delta ke 1phasa 220v menggunakan inverter 220v input single ,ouput jadi 3phasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus mas mau bolak balik bagaimana mas

      Delete
    2. Tinggal rubah sambungan RST nya. Kalau anda pakai kapasitor, maka bisa anda lihat gambar diatas, posisi pemasangan kapasitor berada di sebelah kiri RST dan LINE sebelah kanan. Maka kita balik, kapasitor sebelah kanan dan LINE sebelah kiri. Kalau pakai inverter, maka untuk merubah putaran tinggal rubah koneksi sambungan RSTnya. Seperti rangkaian putaran bolak-balik motor 3 phase pada umumnya.

      Delete
  2. Thanks infonya Master.. . Berapah ukuran kapasitor yang dibutuhkan untuk motor 3 phasa dengan daya 3PK...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukuran pastinya tidak bisa di pastikan mas. Jadi harus coba bertahap. Sampai ditemukan putaran motor maksimal. Untuk motor 3pk coba anda pasang kapasitor 20uf/400v, jika putaran belum maksimal bisa dengan elco 40uf/400v. Jika tidak menemukan elco 40uf/400v, bisa diganti dengan 2 elco 20uf/400v yang diparalel. Jika putaran masih belum maksimal, bisa ditambah jadi 3 buah elco 20uf/400v yang diparalel.

      Delete
  3. Tentu tdak ada jaminan kang ...motornya bisa Awet......Ampernya Agak tinggi ...putaran motor dan rpm berkurang 50 %....gmna toh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika hasilnya kurang memuaskan, ya gak usah dipakai mas he..he..

      Delete
  4. Sy dah coba.
    Tida semua motor 3 fase bisa di buat 1 fase..
    Klo gk salah ada batas maximumnya.
    Kec pake inverter

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Betul mas. Terima kasih atas koreksinya. Mungkin motornya terlampau besar atau jenis gulungannya beda.

      Delete
  6. sangat membantu.. terimakasih gan.

    ReplyDelete
  7. Makasi info nya mas.sangat membantu

    ReplyDelete
  8. Mas mau tanya kalau motor 3phas 230v-380v 1,1kw mau di pakai 1phas berapa mikro kapasitor yg di butuhkan..? Jenis run atau starting terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda berikan bertahap, pakai elco 10uf/400v dulu, jika putaran masih pelan, bisa diparalel elco 10uf/400v lagi, jika masih pelan bisa diparalel lagi, sampai ditemukan putaran yang full. Jika putran sudah full, biasanya tidak akan bertambah cepat lagi jika ditambahkan kapasitor, itulah ukuran kapasitor yang pas.

      Untuk koneksi dalam posisi delta. Ada beberapa macam koneksi diatas yang dapat anda coba. Tapi coba koneksi gambar pertama saja mas. Dalam koneksi delta terus diberi kapasitor. Kalau dalam koneksi star menurut saya gak bisa, karena masuk voltage 380v. Kalau delta masuk voltage 220v. Nah koneksi delta inilah yang cocok untuk tegangan 1 phase 220vac dirumah kita.

      Delete
  9. Mohon Menjelasan Master Bahar

    Salam hormat Master, sy dr Aceh, sy sedang membangun unit penggilingan padi, sebagai penggerak sy gunakan 1 unit motor listrik 4kw rpm 1400, 1 unit motor 2kw rpm 920. Masing masing 3 phase 220-380v. Nah karena sy menggunakan suplai listrik dr genset 20kw 1 phase. Masing masing motor penggerak tersebut mesti di rubah ke 1 phase yakni membutuhkan kapasitor start running. Nah pertanyaan yg sangat saya harapkan, berapa ukuran kapasitor yg sesuai digunakan untuk masing masing motor tsb?... terimakasih atas atensi nya.

    Salam hormat.

    Mukhlis Bahar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bukan master mas he..he.. Untuk ukuran elco itu tidak ada patokan pasnya berapa. Selama putaran dinamo bisa tercapai maksimal, berarti elco sudah cukup. Maka dibutuhkan testing dengan cara mencoba memparalel beberapa elco, sampai didapat putaran maksimal.

      Anda coba 1 motor dulu terserah yang mana. Siapkan 4 buah elco AC ukuran 10uf/400v. Coba anda pasang 1 elco dulu, jika putaran dinamo masih pelan, bisa diparalel elco lagi. Coba paralel elco bertahap. Sampai ditemukan putaran dinamo yang sesuai dan maksimal.

      Delete
  10. ok mas sy dapati putaran maksimal yaitu 920rpm pada motor 1,5 hp. satunya di 50uf beban ringan. akan tetapi motor yg sama satunya lagi tidak mampu memutar saat start, sy tambahkan 10uf jadi 60uf, juga memerlukan bantuan untuk start pertama, apabola kita bantu saat star motor akan bergerak. apakah saya boleh menambahkan beberapa microfarad lagi sehingga motor mampu start tanpa bantuan, apa pengaruhnya terhadap motor, apakag rpm juga naik, atau harus ditambah kapasitor start. bagaimana caranya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas. Coba tambahkan elco lagi maksimal 2 kali ukuran lama. Misal saat ini anda pakai elco 60uf, bisa coba anda tambahkan maksimal 60uf lagi. Jika masih belum ngangkat, berarti sudah mentok mas, gak bisa diangkat lagi.

      Delete