Cara Merubah Motor 3 Phase Menjadi 1 Phase

Berawal dari pertanyaan dan ide gila di sela-sela pekerjaan. Kebetulan pas lagi melihat bagian teknik di pabrik yang lagi masang motor exhaust untuk mesin di bagian saya. Berawal dari perbincangan kecil seputar motor 3 phase mengenai bagaimana dan bagaimana penyambungan motor 3 phase itu? Saya sendiri sebenarnya juga sedikit paham tentang motor listrik 3 phase, karena saya dulu pernah sekolah di SMK jurusan listrik. Tapi yang membuat saya tertarik adalah karena pertanyaan bagaimana cara merubah motor 3 phase menjadi 1 phase? Yang selama ini saya juga belum tahu kalau motor 3 phase bisa di konek menggunakan 1 phase listrik dirumah kita. Menarik bukan? Simak selengkapnya.

Mungkin anda juga pernah mendengar istilah motor 3 phase. Motor yang menggunakan tegangan 3 fasa 380V RST. Banyak digunakan di pabrik-pabrik karena ketahanan dan daya torsinya yang besar. Jika anda kebetulan mempunyai motor 3 phase di rumah, bagaimana caranya supaya bisa dioperasikan menggunakan tegangan PLN 220V (1 phase)? Dari banyak komentar di forum-forum elektronik dan listrik, banyak yang mengatakan bisa di rubah ke single phase. Dan banyak juga yang mengatakan motor 3 phase tidak bisa di ubah ke 1 phase karena gulungan dan sudutnya beda. Mana yang benar? Ya jawaban tergantung anda. Semua tidak bisa di omongkan kalau belum di coba. Kalau saya pribadi mengatakan bisa.

Karena memang saya tidak mempunyai motor 3 phase untuk di coba. Jadi saya sebatas hanya mencari sumber informasi dari youtube yang membahas masalah ini yang disertai tutorial dan skema penyambungannya. Harapan saya posting ini hanyalah sekedar informasi alternatif cara dengan segala resikonya. Jadi jika anda ingin mencoba cara ini pastikan penyambungan anda benar dan jika terjadi kerusakan pada perangkat anda itu adalah resiko anda. Jadi pahami dulu dengan benar sebelum anda mencoba cara ini.

Berikut hasil jalan-jalan saya mencari jawaban tentang hal ini. Saya rangkum secara singkat untuk anda.

Berikut adalah gambar koneksi star delta motor 3 phase
Pahami dengan teliti gambar diatas karena berhasil tidaknya tergantung dari benar tidaknya penyambungan anda.

Gambar berikut adalah plat motor 3 phase sebagai referensi jika anda menemukan motor 3 phase seperti ini.
Disitu tertulis delta 230V dan star 400V. Jadi hanya spesifikasi seperti ini yang bisa dirubah ke 1 phase. Karena tegangan listrik PLN dirumah kita 220V (1 phase), maka kita hubung delta lebih dulu.

Sebelum melangkah merubah ke 1 phase. Berikut gambar contoh koneksi star pada motor 3 phase.

Berikut adalah gambar koneksi delta motor 3 phase.

Setelah memahami koneksi star delta diatas, maka gambar berikut adalah koneksi motor 3 phase jadi 1 phase. Dalam koneksi delta. Sudah saya koreksi.

Gambar diatas adalah penyambungan motor 3 phase jadi 1 phase dengan penambahan kapasitor. Untuk nilai kapasitor bisa anda berikan secara bertahap mulai 10uf/400V sampai 40uf/400V. Sampai ditemukan putaran motor berputar maksimal. 

Ada juga beberapa referensi yang lain bisa dicoba koneksi 3 phase ke 1 phase. berikut gambarnya.

Gambar diatas adalah gambar koneksi motor 3 phase jadi 1 phase high voltage 230V.

Gambar diatas adalah gambar koneksi motor 3 phase jadi 1 phase low voltage 115V.

Semua gambar diatas memang belum saya coba karena belum punya motor 3 phase. Semua informasi saya dapatkan dari youtube dengan tutorial yang jelas dan sudah dicoba. Untuk memantapkan anda bisa cari sendiri di youtube tentang merubah motor 3 phase jadi 1 phase. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. makasih infonya gan , memang selama ini saya rubah motor 3phasa 220v delta ke 1phasa 220v menggunakan inverter 220v input single ,ouput jadi 3phasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus mas mau bolak balik bagaimana mas

      Delete
    2. Tinggal rubah sambungan RST nya. Kalau anda pakai kapasitor, maka bisa anda lihat gambar diatas, posisi pemasangan kapasitor berada di sebelah kiri RST dan LINE sebelah kanan. Maka kita balik, kapasitor sebelah kanan dan LINE sebelah kiri. Kalau pakai inverter, maka untuk merubah putaran tinggal rubah koneksi sambungan RSTnya. Seperti rangkaian putaran bolak-balik motor 3 phase pada umumnya.

      Delete
    3. Betul ,, masih aman jika tegangan masih sama 220 walaupun ada perubahan phase dari 1 ke 3 Atau dari 3 ke 1. Apalagi dengan inverter. Tapi jika sambungan seperti diatas , sekdar saran buat jangka waktu pendek dan beban ringan mungkin masih ok. Tapi jika dipakai untuk jangka waktu lama dan beban berat , masih mampukah ? Itu juga yang mesti diperhitungkan. Apalagi jika motor yang dipakai dengan spesifikasi 380volt 3 phase

      Delete
    4. Namanya juga tidak digunakan pada tegangan 3 phase, maka kinerjan motor juga pasti tidak kan maksimal. Cara diatas digunakan untuk mengakali bagaimana motor 3 phase bisa bekerja di tegangan 1 phase, ya pasti ada konsekuensinya, putaran motor tidak maksimal dan tidak bisa untuk beban berat. Tapi jika diperhitungkan dengan tepat, beban yang cukup, maka tidak masalah. Selama motor masih bisa berputar menarik beban sesuai kebutuhan.

      Delete
  2. Thanks infonya Master.. . Berapah ukuran kapasitor yang dibutuhkan untuk motor 3 phasa dengan daya 3PK...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukuran pastinya tidak bisa di pastikan mas. Jadi harus coba bertahap. Sampai ditemukan putaran motor maksimal. Untuk motor 3pk coba anda pasang kapasitor 20uf/400v, jika putaran belum maksimal bisa dengan elco 40uf/400v. Jika tidak menemukan elco 40uf/400v, bisa diganti dengan 2 elco 20uf/400v yang diparalel. Jika putaran masih belum maksimal, bisa ditambah jadi 3 buah elco 20uf/400v yang diparalel.

      Delete
    2. Yaa tambah tambah tambah, yg trahir meledup😂😂

      Delete
    3. Ya namanya juga darurat mas. Kalau maunya full power ya gak bisa mas. Kalau dipaksain pasti jebol he..he.. Over kapasitas.

      Delete
    4. saya punya dinamo 4kw/ setara 5pk lebih,sdh coba dg rangkaian star. kapasitor 100uf 400v. bisa berputar tapi baru 5menit kapasitor sangat panas dan kalau di teruskan mungkin bisa meledak.
      berapa ya yg cocok ukurannya?
      untuk rangkaian delta belum coba.
      nah kelebihan dan kekurangan rangkaian star dan delta apa ya?

      Delete
    5. Mungkin volt elco kurang gede. Tapi harusnya volt elco 400v sudah kuat untuk tegangan 220vac. Coba pakai 2 elco 100uf 400v yang dihubung seri. Kemudian coba kembali, apakah masih panas elconya?

      Delete
  3. Tentu tdak ada jaminan kang ...motornya bisa Awet......Ampernya Agak tinggi ...putaran motor dan rpm berkurang 50 %....gmna toh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika hasilnya kurang memuaskan, ya gak usah dipakai mas he..he..

      Delete
  4. Sy dah coba.
    Tida semua motor 3 fase bisa di buat 1 fase..
    Klo gk salah ada batas maximumnya.
    Kec pake inverter

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Betul mas. Terima kasih atas koreksinya. Mungkin motornya terlampau besar atau jenis gulungannya beda.

      Delete
  6. sangat membantu.. terimakasih gan.

    ReplyDelete
  7. Makasi info nya mas.sangat membantu

    ReplyDelete
  8. Mas mau tanya kalau motor 3phas 230v-380v 1,1kw mau di pakai 1phas berapa mikro kapasitor yg di butuhkan..? Jenis run atau starting terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda berikan bertahap, pakai elco 10uf/400v dulu, jika putaran masih pelan, bisa diparalel elco 10uf/400v lagi, jika masih pelan bisa diparalel lagi, sampai ditemukan putaran yang full. Jika putran sudah full, biasanya tidak akan bertambah cepat lagi jika ditambahkan kapasitor, itulah ukuran kapasitor yang pas.

      Untuk koneksi dalam posisi delta. Ada beberapa macam koneksi diatas yang dapat anda coba. Tapi coba koneksi gambar pertama saja mas. Dalam koneksi delta terus diberi kapasitor. Kalau dalam koneksi star menurut saya gak bisa, karena masuk voltage 380v. Kalau delta masuk voltage 220v. Nah koneksi delta inilah yang cocok untuk tegangan 1 phase 220vac dirumah kita.

      Delete
  9. Mohon Menjelasan Master Bahar

    Salam hormat Master, sy dr Aceh, sy sedang membangun unit penggilingan padi, sebagai penggerak sy gunakan 1 unit motor listrik 4kw rpm 1400, 1 unit motor 2kw rpm 920. Masing masing 3 phase 220-380v. Nah karena sy menggunakan suplai listrik dr genset 20kw 1 phase. Masing masing motor penggerak tersebut mesti di rubah ke 1 phase yakni membutuhkan kapasitor start running. Nah pertanyaan yg sangat saya harapkan, berapa ukuran kapasitor yg sesuai digunakan untuk masing masing motor tsb?... terimakasih atas atensi nya.

    Salam hormat.

    Mukhlis Bahar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bukan master mas he..he.. Untuk ukuran elco itu tidak ada patokan pasnya berapa. Selama putaran dinamo bisa tercapai maksimal, berarti elco sudah cukup. Maka dibutuhkan testing dengan cara mencoba memparalel beberapa elco, sampai didapat putaran maksimal.

      Anda coba 1 motor dulu terserah yang mana. Siapkan 4 buah elco AC ukuran 10uf/400v. Coba anda pasang 1 elco dulu, jika putaran dinamo masih pelan, bisa diparalel elco lagi. Coba paralel elco bertahap. Sampai ditemukan putaran dinamo yang sesuai dan maksimal.

      Delete
  10. ok mas sy dapati putaran maksimal yaitu 920rpm pada motor 1,5 hp. satunya di 50uf beban ringan. akan tetapi motor yg sama satunya lagi tidak mampu memutar saat start, sy tambahkan 10uf jadi 60uf, juga memerlukan bantuan untuk start pertama, apabola kita bantu saat star motor akan bergerak. apakah saya boleh menambahkan beberapa microfarad lagi sehingga motor mampu start tanpa bantuan, apa pengaruhnya terhadap motor, apakag rpm juga naik, atau harus ditambah kapasitor start. bagaimana caranya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas. Coba tambahkan elco lagi maksimal 2 kali ukuran lama. Misal saat ini anda pakai elco 60uf, bisa coba anda tambahkan maksimal 60uf lagi. Jika masih belum ngangkat, berarti sudah mentok mas, gak bisa diangkat lagi.

      Delete
  11. kalo dipake dalam durasi lama,,,kapasitornya bisa meledak apa gak y,,,ijin copas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau meledak sih gak mas. Paling kapasitasnya saja yang menurun.

      Mohon maaf. Untuk copas tidak saya ijinkan dengan alasan apapun. Walaupun mencantumkan link sumber, tetap tidak saya ijinkan. Jika tetap anda lakukan akan saya laporkan ke google DMCA.

      Delete
  12. Pada motor DC 3 phasa menjadi 1 phasa, bisa kah.. bagaimana caranya.. trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk motor DC 3 phase belum coba. Karena beda gulungan. Menurut saya mungkin tidak bisa pak.

      Delete
    2. mohon maaf sebelumnya...menurut saya motor dc 3 fasa itu nggak ada soalnya cuma ada sumber + dan -...mngkn yg situ maksud motor ac 3 fasa....maaf sekali lagi....

      Delete
    3. Wow terima kasih mas. Memang kalau bukan spesialis di bidangnya gak paham motor DC atau AC he..he.. Maklum mas.

      Tapi setelah saya browsing memang ada kok mas motor DC 3 phase. Silahkan di search di google dengan kata kunci motor DC 3 phase. Ada kok mas he..he..

      Delete
  13. Mas sy mau tanya.. . Motor sy 5.5 hp rpm 1440 4.0 kw.. 380v...sy dah ubah utk 1 phase... Mggunakan 4 elco 30 uf 450v 4 biji putaran stabil. .Tapi sy pasang di kompresor motor tak mampu berputar ...pertanyaan sy adalah apakah power motor berkurang menjadi 1/4 hp rpm berkurang..?? Mohon penjelasan... Terima kasih mas... Kompresor sy 4 hp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang perubahan koneksi 3 phase ke 1 phase pada motor 3 phase menyebabkan kekuatan motor menjadi berkurang 50% jika diberi beban. Tapi kalau tanpa beban mungkin motor akan berputar normal. Baru setelah dibeban akan drop.

      Menurut saya, mungkin memang motor 3 phase dalam koneksi 1 phase tersebut tidak mampu mengangkat beban kompresor tersebut. Karena dalam koneksi 1 phase.

      Jika memang tidak mampu ya jangan dipaksakan mas. Atau anda bisa coba dengan beban kompresor yang lebih kecil atau ringan.

      Delete
  14. Klo dinamo penggerak 1hp 7,2 amper 220 volt 1400 rpm..
    kapasitor yang cocok ukuran berapa ya mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dulu pakai kapasitor 10uf/400v, jika putaran belum maksimal, maka boleh ditambahkan satu elco lagi 10uf/400v yang dipasang paralel.

      Kapasitor antara 10uf-20uf.

      Delete
  15. cara menghitung capasitornya gimana pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih gak ada rumusnya mas. Acuannya adalah pada putaran dan kekuatan power dinamonya. Kalau kapasitor kurang besar, maka putaran dinamo akan pelan dan tenaga loyo. Kalau kapasitornya pas, maka putaran dinamo minimal akan penuh dengan tenaga yang lumayan kuat, walaupun tidak sepenuhnya kuat seperti pada koneksi 3 phase.

      Perlu diperhatikan bahwa cara diatas hanya sebagai alternatif cara agar motor 3 phase bisa bekerja di tegangan 1 phase. Tapi tidak bisa bekerja sepenuhnya seperti kita pakai tegangan 3 phase. Baik dari putaran dan kekuatan power putarannya. Jadi jangan harap hasil bisa sama dengan koneksi pakai tegangan 3 phase. Mohon dipahami.

      Delete
  16. Pak, klo cara bgini arus motor naik gak? Klo naik, kira2 naiknya bisa smpai brapa persen dri arus nominal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau arus naik sih gak. Cuma daya motor biasanya akan turun separuh dari aslinya. Jadi kekuatan motor menurun. Karena bermain satu phase.

      Delete
  17. Min
    Putaran dinamo nya jadi berbalik
    Apakah solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kebalik RST nya. Coba pasang kapasitor di R-S.

      Delete
  18. Salam , mas,dinamo say 220/380, kabel yang keluar 3 ,artinya lilitan terhubung star, kalau motor hubungan star yang dipakai untuk 1 pasha, apakah putarannya sama dengan hubungan delta sama sumber 1 Pasha, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk dinamo 220/380 itu pasti delta 220v dan star 380v. Maka yang cocok untuk dibuat 1 phase adalah pada posisi hubung delta. Karena tegangan akan sesuai 220v.

      Karena motor ini sudah terhubung star, maka tegangan akan jadi 380v. Jika dibuat 1 phase, maka putaran motor akan pelan, karena tegangan kurang. Jelas hasil putaran beda antara hubungan delta dan star dalam koneksi 1 phase.

      Delete
  19. Salam mas, dinamo saya keluar 3 kabel, artinya kan terhubung star,
    Apakah ada perbedaan putaran antara terhubung star dengan delta, sa,at diberi tegangan 1 Pasha,
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dinamo keluar 3 kabel belum tentu itu hubung star. Kecuali sudah ada Name plate nya hubung star. Tapi kebanyakan memang sudah hubung star, karena hubung delta biasanya untuk start awal motor, dari high menjadi low.

      Beda putarannya, kalau hubung delta putarannya lebih cepat daripada hubung star.

      Delete
  20. Motor sya rpm nya 2790 amper 1.15 220-380v 1/4 hp. Kapasitor nya ukurn brpa y mas terus klo dipke jdi mesin bor besi kuat ga. Mhon bntuan nya mksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba saja dulu pakai kapasitor 10uf/400v atau 15uf/400v. Jika dirasa putaran sudah optimal, maka baru bisa diberi beban.

      Perlu dipahami bahwa motor 3phase jika dirubah ke 2 phase, maka daya dan putarannya akan berkurang. Tapi tetap bisa berputar.

      Kalau untuk dipakai bor ringan untuk besi yang tidak terlalu tebal, mungkin masih bisa. Jadi coba saja dulu. Yang penting pertama adalah motor harus bisa berputar optimal dulu. Baru bisa diberi beban.

      Delete
  21. Mas saya mw ganti elmot yg baru 230/380v
    Sedangkan yg lama 440v
    Motor 3 phase,sumber arus listrik jg 3 phase 440,kalau di pasang langsung pengaruh ke motor langsung ga mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemgaruhnya mungkin putaran motor akan pelan, dan daya berkurang, karena perbedaan voltase.

      Delete
  22. Mau nanya ms klo 3 fada motorase dengan sumber 1 fase dengan kondisi jumlah keluaran kabel dr motor ada 5 buah, itu bagaimana rangkaian nya yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kabel motor 3 phase biasanya ada 2 macam yaitu 3 kabel dan 6 kabel. Tapi kalau ada 5 kabel, saya belum tahu koneksinya seperti apa?

      Harusnya ada diagram koneksinya di dinamo tersebut untuk jalur 5 kabelnya. Itu harus diketahui dulu fungsi dari 5 kabel tersebut apa saja. Baru bisa dikonek menjadi 1 phase.

      Delete
  23. Mas, mau bertanya nih. Kan dirumah ada motor 3 phase 1hp hubungan delta saja (tertera pada motor). Kalo mau rubah jadi 1 phase gmna yaa? Sedangkan itu gk ada terminalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kan ada 3 kabel RST dari motor 3 phase tersebut. Maka bisa Anda gunakan 2 kabel diantara 3 kabel tersebut. Misal kabel fasa R dan S pakai untuk disambungkan ke jalur PLN 1 phase 220v, maka tinggal 1 kabel tersisa. Sisa 1 kabel tersebut gunakan sebagai jalur kapasitor, konek kapasitor tersebut dikabel tersebut dan ujung Kapasitor satunya konek ke fasa R atau S. Untuk menentukan arah putarannya.

      Delete
  24. Mas saya mau nnya . Motor saya 3 phase 2.2 kw, dan saya ingin mengubah setiap line nya 230 v .dan saya ingin menggunakan hubungan star , gimna cara mengubah dan bagaimana menentukan kapasitor star dan running nya mas .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus diketahui dulu, starnya berapa volt? Delta nya berapa volt? Jika ingin bisa koneksi star single phase, maka butuh dinamo dengan spek star 220-230V. Menggunakan koneksi gambar no.2 dari bawah di postingan diatas. Jika spek dinamonya hubung starnya 380V, maka tidak bisa dibuat single phase 220V.

      Delete
  25. Apa perbedaan motor 3 phase dc dan ac?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau motor AC bisa 1 phase dan 3 phase. Sedangkan motor DC hanya 1 phase. Cuma sekarang ada motor DC 3 phase atau yang disebut dengan BLDC. Bentuk dari lilitan statornya beda dengan dengan pada umumunya.

      Delete
  26. Assalamu'alaikum mas bahar.
    Mas kemarin saya praktekan sesuai gmbr diatas bisa tapi arah putarannya tdk sesuai dg yg di inginkan. Lalu sya coba asal2an ganti posisi kabelnya, ternyata berhasil berubah arah putarannya. Tapi sekitar 15 mnit capasitor jebol & dinamo panas. Di bodi dinamo sudh tdk ada kterngan apa2, capasitor yg terpasang 300uf.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu spek motornya tidak diketahui itu yang repot, tidak bisa dibuat acuan mas.

      Delete
    2. Klo penyebab capasitor jebol tu apa mas?, Apa nilai voltase capasitornya kurang besar?. Yg prtma jebol capasitornya 300uf/250v kuat skitar 15 mnit, yg kdua nyoba refrensi dr blog lain capasitor 300uf/220v ga ada 1 mnit.

      Delete
    3. Voltase kapasitornya kurang besar mas. Coba pakai elco yang 400v atau 450v. Misal 220uf/400v atau 330uf/450v. Atau kalau gak ada bisa diseri 2 elco 250v agar dapat elco 500v.

      Delete
    4. Referensi saya itu elco yang 400v, bukan 250v. Referensi adalah pakai elco 10uf 400v.

      Delete
    5. Baik mas nanti saya coba, mksih bnyak atas jwabannya. Smoga dilancarkan rzkinya dan tambah sukses.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led