Saturday, October 8, 2016

SAMBUNGAN SERI DAN PARALEL SPEAKER SUBWOOFER DOUBLE COIL

Next posting kali ini adalah cara penyambungan seri dan paralel speaker Subwoofer double coil. Banyak yang bertanya lewat komentar blog mengenai hal ini. Bagaimana sih sambungan yang benar pada speaker dobel coil? di paralel atau di seri? Terus impedansinya berapa ohm? Nah pertanyaan-pertanyaan ini sering ditanyakan di komentar blog. Nah supaya lebih jelas dan gamblang, berikut cara dan gambar sambungan seri dan paralel speaker double coil.

Speaker dobel coil sering kita jumpai pada sistem audio mobil, khususnya pada speaker subwoofer. Tujuan buat apa sih kok dibuat dobel coil? Supaya jenis speaker ini dapat bermain di berbagai impedansi ohm, sehingga memudahkan kita untuk menyesuaikan dengan impedansi Power amplifier. Yang mana pada power amplifier mobil biasanya bermain di impedansi 4 ohm. Dengan speaker dobel coil kita bisa menyesuaikan impedansi speaker dengan mudah, dengan cara konfigurasi koneksi ke dua spul coil tersebut, mau di seri atau di peralel untuk mendapatkan impedansi ohm yang kita inginkan.

Pada dasarnya speaker doble coil terdiri dari 2 spul coil dengan impedansi masing-masing 4 ohm. Ada tiga macam koneksi spul dobel coil yang dapat kita sambung untuk mendapatkan 3 impedansi ohm yang berbeda dalam satu speaker. Jadi speaker dobel coil dapat bermain di impedansi  2 ohm, 4ohm, dan 8 ohm. Sehingga dapat kita pilih salah satu impedansi sesuai dengan yang kita butuhkan, agar sesuai dengan impedansi Power amplifier atau untuk konfigurasi sambungan speaker lebih dari satu, misal sambungan 2 speaker subwoofer sekaligus. Berikut adalah gambar 3 jenis koneksi sambungan speaker doble coil.

Sambungan 2 ohm. Untuk mendapatkan impedansi 2 ohm, maka kedua spul coil harus dihubung secara paralel. Untuk lebih jelas lihat gambar.

Sambungan 4 ohm. Untuk mendapatkan impedansi 4 ohm, maka kita cukup menggunakan salah satu spul coil yang ada. Bisa menggunakan spul coil yang kanan atau kiri sama saja. Karena kedua spul coil tersebut berimpedansi masing-masing 4 ohm, maka cukup gunakan salah satu spul coil saja. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar.

Sambungan 8 ohm. Untuk mendapatkan impedansi 8 ohm, maka kedua spul coil harus dihubung seri. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar.
Dengan mengetahui beberapa koneksi sambungan pada speaker dobel coil, diharapkan anda dapat memasang dan menyambung speaker dobel coil dengan benar. Untuk mengetahui koneksi sambungan seri dan paralel pada dua speaker subwoofer double coil, bisa dibaca disini. Semoga bermanfaat.

78 comments:

  1. Kalau ane pke d ocl 150w. Pling bagus seri apa paralel gan?
    Tolong solusinya, thank...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau suaranya enteng, diparalel mas. Tapi jangan terlalu keras nyetelnya he..he.. Biar spul gak rusak.

      Delete
  2. Mas, ane pke PA OCL 150w. Mau sya kasih speaker legacy 10". Hasilnya bgus nggak. Trus kalau nggak yng bgus speaker apa ya untuk PA ane??
    Mohon pencerahanny. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mestinya bagus dong. Saya pernah coba pakai speaker subwoofer legacy 6", suaranya lumayan bagus bassnya.

      Delete
  3. Dari beberapa cara penyambungan...klo pingin bass yg mamtab seri apa paralel ms...mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebutuhan mas. Tapi kalau ingin bass lebih open, memang diparalel bass akan lebih ringan keluar, kerena impedansi kecil, tapi juga harus hati-hati spul jebol jika dipaksa untuk bass besar, jika impedansi tidak sesuai. Jika ingin menyiasati, maka dihubung paralel, tapi nyetelnya kalem saja, jangan terlalu keras.

      Delete
  4. Kalau saya pake Power subwofer 200watt
    Speaker legacy 10 in 250 watt bagusnya sambungan yg mana om?
    2 ohm/ 4ohm /8 omh
    Kemarin sempat bermain di 4 ohm transistor powernya ada yg mati
    NB: saya pakai inverter 12v to 32v DC
    power ampli subwofer boombaster 200 watt sanken
    Suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kualitas tr finalnya kurang bagus. Memang seharusnya bermain di 8 ohm, cuma kadang banyak orang tidak suka bermain di 8 ohm, karena suara kurang bertenaga. Sebenarnya gak masalah bermain di 4 ohm, asalkan pendingin powernya bagus dan tidak overheating.

      Delete
  5. gan masih newbie nih ane beli audio untuk Sound quality speaker ane 3way ane pake monoblock 2chanel, dan subwofeer double magnet, nah yq ane tanya apakah power monoblock nya bisa ikut support ke power ap hanya support ke subwofeer nya aj?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau monoblocknya sudah ada powernya, berarti memang untuk di konek langsung ke speaker subwoofer. Apakah support ke power? Bisa digabung, asalkan monoblocknya ada line outnya. Kalau gak ada line outnya, maka bisa dikonek ke out speaker, tapi beri resistor dulu sebelum masuk input power. Selain sebagai pengaman, juga agar suara dapat disetel.

      Delete
  6. Siang mas, ne sy punya power 800 watt, tapi klw pake speaker american boss 10" selalu protek klw dibesarin volumenya,... gimana jalan keluarnya,. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proteknya dari mana mas? Memang ada kit protektornya. Mungkin impedansi speaker terlalu kecil. Sehingga overload di powernya.

      Delete
  7. Mauntanya ms .. Saya pake monoblok pca trus pake subwofer jbl 2 ... Biar suara bas empuk wnak dk dengar pake nya sambungan yg mana ya ms ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan orang lebih suka dihubung paralel, karena suaranya lebih Keluar. Itu 2 speaker subwoofernya, boxnya jadi satu atau terpisah? Jika satu box isi dua, maka kedua speaker dihubung seri. Karena dobel coil, maka masing-masing speaker diparalel dulu kedua spulnya, atau hanya main satu spul saja, kemudian di seri. Kalau boxnya terpisah, maka masing-masing speaker bisa main satu spul, atau dua spul diparalel. Jika ingin suara lebih keluar atau bass lebih keluar, maka masing-masing speaker kedua spulnya diparalel. Jika ingin main nyantai atau soft, maka masing-masing speaker bisa pakai satu spul saja, atau kedua spul dihubung seri.

      Delete
  8. Maf gan.kalaw speaker di posisi 8 ohm sam 2ohm.itu mkan watnya besar yang mna y bos.
    Soalnya ampli saya 200w.trus pke 2speaker doble coil 6inch yng 150 what.mhon jawabnya bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daya watt speaker akan tetap sama, meskipun bermain di 8 ohm atau 2 ohm.

      Delete
  9. Permisi mas... Bagaimana rangkaian aman buat speaker dobel coil 2/4/8 ohm 150watt 2buah dirangkai sama power ampli 500 watt 2chanel...??? Suwon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk lebih amannya, silahkan bermain di impedansi 8 ohm. Yaitu dengan cara menseri kedua spul speaker. Maksudnya adalah satu speaker kan ada dua spul, maka dihubung seri dulu. Jadi nantinya ada dua speaker subwoofer dengan konfigurasi seri dalam kedua spulnya. Karena untuk mendapatkan impedansi 8 ohm, kedua spul harus diseri. Karena ada dua speaker dan 2 channel power, maka gunakan 1 speaker untuk channel L dan 1 speaker untuk channel R.

      Delete
    2. Klo speaker 1sy bikin 8 ohm ,speaker 2 bikin 8 ohm juga... Trus speaker 1 dan 2 sy rangkai jadi 4ohm seperti yg ada digambar rangkaian 2 speaker 2 coil... Piye mas... Jd ada 1speaker impedansi 4 ohm 300watt... Trus di PA nya sy sambung bridge... Mohon petunjuk...

      Delete
  10. Klo 1 subwofer L dan 1 subwofer R ... Apa ndak hangus nnt speaker nya mas..? Karena 1speaker itu cuma 150watt.sedangkan Powernya 500watt.. Pemikiran saya klo 2 chanel 500watt itu brati 1 chanelnya 250watt... Piye mas... Mohon petunjuk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya gak masalah. Yang penting kedua spulnya diseri dulu biar aman. Jika anda ragu dan takut speaker hangus, maka bisa dipasang elco 2200uf/50v yang dipasang seri di spul speaker. Jadi koneksinya adalah kabel minus power konek ke minus speaker. Untuk koneksi kabel positif power jangan dikonek langsung dulu ke positif speaker, tapi dipasang elco dulu, baru konek ke positif speaker. Tujuan pemasangan elco adalah sebagai pengaman tegangan out power, jika terjadi hal yang tidak diinginkan, maka tegangan akan tertahan melalui elco sebelum masuk positif spul speaker.

      Delete
  11. Klo 2 speaker 8 ohm dirangkai jd 1 speaker 4 ohm.. Jd dapat speaker 4 ohm 300watt.trus powernya di bridge piye mas...mohon petunjuknya lagi mas...

    ReplyDelete
  12. Enter your comment...misi pak, numpang nanya,
    psu smps wimog 10A 45vdc, power blazer 500watt mono dengan tr final sanken kw1. filter suboofer, speaker subwoofer pegasus 15 800watt, yg mau tanyakan kenapa kalo volume dibesarin bassnya pecah ada suara brek, apakah daya powernya kurang gede, atau speakernya kurang cocok ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi filter subwoofernya yang kurang sip. Suara brek pada saat volume tinggi, menunjukkan terjadi over. Nah over disini bisa disebabkan dari filternya atau supply tegangannya yang drop atau terjadi clip. Kalau dari power menurut saya enggak. Jadi coba cek dulu tegangan supply smps pada saat normal dan pada saat beban puncak atau sampai keluar suara brek tadi, ngedrop gak voltasenya?

      Delete
  13. makasih pak pencerahanya, ternyata bener, penyebabnya over gain dari sumber audio ampli, setelah tak coba dengan hp/vcd di low input, hasil nya normal,

    ReplyDelete
  14. Mf om saya masih awam banget soal doubel koil.. Makanya saya mohon pencerahan dari panjenengan.

    Begini om,, saya beli subwoofer bekas temen. Merk OWL,, double coil.
    Terus saya beli power 2 channel.

    Yang ingin saya tanyakan ini pemasangNnya gimana?
    Apakah 1 coil untuk 1 chanel atau 2 coil trsebut masuk ke 1 chanel.

    Mohon penjelasan om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya satu speaker untuk satu channel pak. Dobel coil tersebut untuk pilihan impedansinya, bukan untuk 2 channel.

      Delete
  15. Kalau power 1500 watt wofer legacy 300 watt 12 inc biar suaranya bagu pake sambungan yg berapa ohm ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau speakernya woofer, ya cuma ada satu spul mas he..he.. Gak gak bisa di apa-apain, cuma bisa bermain di impedansi 8 ohm. Kalau subwoofer dobel coil, baru bisa bermain di impedansi 2 ohm, 4 ohm dan 8 ohm. Standard power amplifier rakitan bermain di impedansi 8 ohm. Maka usahakan speaker bermain di impedansi 8 ohm. Kalau speakernya woofer, hanya satu spul, maka gak perlu dirubah. Kecuali ada beberapa speaker, misal 2 atau 4 speaker woofer.

      Delete
  16. Sy pke power sma sub embassy...enk ny d bkin rangkaian pa yakk buat sub ny?? Biat sura ny kluar....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diparalel kedua spulnya mas. Jika terjadi over bass, maka spul bisa dihubung seri.

      Delete
  17. Askum mas...
    Sya punya monoblok (di body sih ada tulisan "mosfet 1200w bridgade 2ch") & spkr kikers 12" singgle coil dua buah. Klo sya paralel apa efeknya bwt powernya. Krn slama ini sya cm pake 1 spkr aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada efek apa-apa. Cuma kalau diparalel, maka impedansi speaker jadi 4 ohm, suara akan jadi lebih keras. Untuk power masih mampu dg impedansi 4 ohm

      Delete
  18. Mikum mas maaf nih mau tnya,subwoofer jbl dvc 4ohm 275watt rms 1100 watt peak sma power pca 4ch type 4.175 bgs y d paralel atau di seri mohon pencerahan y trma ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau diparalel suara lebih kenceng, kalau diseri suara lebih kalem. Kalau dari segi keamanan lebih aman diseri, cuma suaranya agak pelan.

      Delete
    2. Sya sudah coba d paralel tpi ko suara y ga keluar gtu mas apa ga imbang sma power y mas?soal y power y kecil cma 400watt mohon pencerahan y trma ksh

      Delete
    3. Bisa jadi powernya gak imbang. Tapi kalau hanya untuk beban sedikit harusnya masih mampu. Coba pakai power lain mas.

      Delete
  19. Master ane punya satu speaker legacy doble coil 6inch 100w dan power ampli subwofer boombaster 200 watt sanken cara pemasanganya mending seri atau pararel biar aman

    ReplyDelete
  20. Malem ms mau tanya nih power saya momentum type gt 4012 4 chenel sub dual coil mrk R2 msalahnya klo di volume tinggi powernya panas bgt dan protec suara jd gak keluar kira kira masalahnya kenapa ya ms apa ada pengaruh di pemasangan kabel subnya.. Cara masang plus minus di sub gmna ya sama saran impedansi brapa ohm yang aman buat volume tinggi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena speaker dobel coil, maka coba dihubung seri kedua spul tersebut. Agar impedansi jadi 8 ohm.

      Delete
  21. Kang bahar.. saya mau tanya..saya mau pasang subwoofer double coil ke monoblok .nah saya liat ada contoh di manual book monoblok nya..itu sambungan kabel / coil langsung ke monoblok..jadi pas sama2 4 katub.. sub ada 4 katub dan mono da 4 katub .( 2 katub (-) dan 2 katub (+)) itu langsung dihubungkan sesuai katub..tanpa membuat terlebih dahulu rangkaian paralel atau seri dari sub nya. Nah pertanyaanya apakah itu lbih kencang bas nya dari dari pada yang model paralel dan seri. Katanya sih dengan bgitu impedance nya lbih rendah..jadi bass lebih kenceng..mohon pencerahanya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang option yang ada di powernya bisa untuk koneksi dobel coil sekaligus, gak masalah mas. Mungkin koneksi seri dan paralelnya sudah diatur dalam power monobloknya. Bisa lebih kenceng, mungkin saja, karena bisa saja dobel coil tersebut di drive 2 power sekaligus, sehingga out lebih kenceng.

      Delete
  22. Mas, saya punya amplifier, kadang kadang saat di putar lagu mati sendiri suara nya, tapi lampu di amplifier masih hidup .kira kira itu kenapa ya ? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada yang kendor. Bisa dari socket konektor speaker atau socket input RCA. Atau bisa juga dari saklar input atau potensio rusak.

      Delete
  23. Maaf mas mo tnya. . Satu speaker 4ohm n 1speaker 8ohm kalau dpararel pengaruh ma suaranya g?? Mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pengaruh mas, cuma nanti speaker yang 8 ohm bunyinya akan lebih pelan dari speaker yang 4 ohm.

      Delete
  24. Mksih ms..Mo tnya Lg power ocl 150 Watt bisa ngangkat 2 buah speaker 10". Trafo 5a kecil..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Pakai tegangan 25vct dari trafo, elco 2x10000uf/50v.

      Delete
  25. Misi gan mau nanya :
    Saya power 1200 watt kalau di gabung dengan monoblock 350 watt untuk subwoofer JBL double coil 12" kira² bagus gak ya??? Dan untuk JBL nya bagus 2/4/8 ohm ya???
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Standartnya sih bermain di 8 ohm.

      Delete
  26. bang boleh tanya ni masalah subwoofer saya dimain ohm ke berapa yang cocok
    power pioneer 1600 watt 1 ohm
    subwoofer pioneer 1400 watt 4 ohm double coil

    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena powernya 1600 watt 1 ohm, maka speaker subwoofernya bisa bermain di 2 ohm. Dengan cara menghubungkan secara paralel kedua spul coilnya, sehingga didapat impedansi speaker 2 ohm.

      Delete
  27. Permisi om bahar...
    Saya mau tanya, saya punya power blazer 800 watt, speaker subwoofer 12 inc plus difilter pake filter subwoofer bell, tengangan 80 volt, tpi ko suaranya kurang keluar, speaker gk maksimal suaranya. Itu knp ya om.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa benar tegangan supply 80Volt? Kok besar sekali. Kalau memang benar tegangan sebesar itu, seharusnya gedhe banget outputnya he..he..

      Mungkin box speakernya kurang cocok. Atau ada koneksi speaker yang terbalik kutup positif negatifnya.

      Delete
    2. Udh saya ukur pakai multi om. Bisa jd sh box nya, saya pakai speaker doble coil. 8 ohm, apa itu juga pengaruh om

      Delete
    3. Ya itu saya curiga kok besar sekali tegangannya. Anda pakai voltase berapa dari trafo? Pakai trafo berapa amper?

      Kalau speaker gak masalah. Kalau box berpengaruh mas.

      Delete
  28. Mo tnya mas, saya kan punya speaker putus coil nya d bagian ujungnya.. kalau tak sambung tuh ngaruh ma suaranya g??? Masih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pengaruh mas, cuma rawan putus kembali.

      Delete
    2. Yg putus bagian ujung pas alumunium mas.. TK solder.. pengaruh n awet g?? Masih...

      Delete
    3. Kalau putusnya gak pendek, mungkin masih bisa disolder. Tapi kalau ujung putusnya sangat pendek, ini yang rawan putus.

      Kalau masalah awet, bisa awet selama solderannya kuat dan dilem lagi. Suara akan tetap, meskipun disambung. Kecuali kalau spulnya rusak.

      Delete
  29. Mau nanya ms sy punya power ocl 150w stereo, kalau chanel L sama R dihubungkan masing coil gimana ms

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he.. Ide yang bagus mas. Tapi jangan dilakukan, spul speaker bisa terbakar itu mas. Jadi satu speaker dobel coil itu hanya untuk satu channel power, yang boleh dirubah adalah hubungan seri dan paralel saja antara kedua spul itu.

      Tidak disarankan pakai dua channel power untuk mendrive satu speaker dobel coil tersebut.

      Kalau anda koneksi seperti itu ya bisa bunyi. Tapi kurang aman bagi spulnya mas.

      Delete
  30. Misi mas mohon pencerahannya..saya memiliki compact dics polytron xcell hifi.kemudian saya ada subwoofer road master tapi speakernya saya ganti punya legacy 8 inchi double coil udah saya paralel tapi kenpa ko bunyi brek2 ketika saya putar lagu koplo ya..mohon bimbingannya mastah..!! Terima kasih udah berkenan menjawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dihubung seri mas kedua spulnya. Jika masih brek2, coba cek powernya. Mungkin ada masalah di powernya.

      Delete
  31. Maksudnya dihubung serie dua spulnya yang paralel 2ohm atau 8 ohm mas..terima kasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan lihat gambar no 3 dari atas. Itu hubung seri. Jika kedua spul dihubung seri, maka akan didapat impedansi 8 ohm.

      Delete
  32. Udah saya lihat kemrin malem mas ternyta watt xcell polytron 150.dan watt subwoofer road master 150 sedangkan speaker 8inch legacy 200 watt..mohon petunjuk nya mas .maksudnya diserie kedua spulnya yg gimna Dan harus diparalel berp ohm enaknya mas..terima kasih atas petunjuknya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subwoofer Saya ITU roadmaster mas 150 watt Dan speaker subwoofernya 8inch legacy 200 wat serta compact dis Saya xcell polytron 150 watt .

      Delete
    2. 1. Silahkan lihat gambar no 3 dari atas.

      2. Harusnya gak masalah mas. Mungkin memang problem di powernya mas.

      Delete
  33. Mas disini saya sekarang sedang mengunakan sambungan nomer 1 yaitu 2ohm.soalnya pada sambungan nomer 3 suaranya gk nendang atau kurg ulem pada bas mas..kiranya bermasalah gk mas kalo seandainya saya berjaln pada sambungn no 2 yaitu 2 ohm..maksih banget mas atas petunjuknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud saya pada sambungan no 1 yaitu 2 ohm ..bermasah gk mas nantinya.dan apa ada efek kalo seandainya saya berjln pd sambngan no 1 yaitu 2 ohm .terima kasih mas.berkenan menjawab..!!!!!

      Delete
    2. Gak masalah mas. Aman. Memang tujuannya adalah seperti itu dapat dipakai berbagai impedansi. Dan sesuai selera anda. Gak masalah jika anda pakai koneksi 2 ohm, kalau itu cocok buat anda. Memang koneksi 2 ohm menghasilkan suara paling kuat, karena 2 spul dihubung paralel.

      Delete
  34. Mas BAHAR ULUM thanks atas segla petunjuknya..
    memang anda bener2 suhu jenius..salam hormat dan terima kasih saya mas .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
  35. Mas ikut tayak. Sya pkek audio ads 800wat 4 chnl.sya pkek yg mono.trus pkek subwfer 12" 350 wat main .4 ohm. Dputar 20mnit power panas. Mintak tlong pecrshn mas . Trimksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba subwoofernya dihubung seri mas kedua spulnya, main di 8 ohm.

      Delete