Cara Memperbaiki Lampu Emergency

Lampu emergency adalah lampu penerangan darurat yang digunakan pada saat tegangan listrik PLN padam. Pengoperasiannya bisa manual atau otomatis. Jika dioperasikan manual. Lampu tidak akan menyala meskipun listrik padam sebelum saklar di ON-kan terlebih dahulu. Jika dioperasikan otomatis. Lampu akan menyala secara otomatis bila listrik padam. Syarat saklar harus posisi ON dan dalam kondisi charge.

Lampu emergency yang saya bahas adalah jenis neon yang ada rangkaian inverternya. Untuk kerusakan lampu jenis lain yang menggunakan LED atau bohlam akan lebih mudah. Karena tidak menggunakan rangkaian inverter. Kerusakan yang sering terjadi biasanya pada baterai drop atau rusak dan lampu neon putus.

Tanda jika baterai drop adalah setelah diisi lampu menyala hanya sebentar. Kadang tidak menyala sama sekali. Solusi ganti baterai baru. Sesuaikan tegangan yang digunakan 6Vatau 12V.

Tanda jika lampu putus atau rusak adalah lampu tidak menyala sama sekali. Kadang menyala tapi redup dan terlihat gosong pada tepi neon. Solusi ganti dengan neon baru. Jika menggunakan jenis neon 10 watt besar? Bisa pakai neon 10W/ 220V yang biasa dipakai untuk tegangan listrik PLN. Jika menggunakan neon kecil. Ganti dengan neon kecil yang sejenis.

Bagaimana jika setelah penggantian baterai baru dan lampu neon, lampu emergency tetap tidak mau hidup?

Pastikan rangkaian regulator charger tidak rusak. Caranya lepas baterai. Cek tegangan pada kabel positif negatif pada baterai pada saat listrik ditancapkan. Normalnya harus keluar tegangan kurang lebih 6V. Jika tidak ada tegangan ganti trafo.

Beberapa model rangkaian chargernya ada yang menggunakan elektronik atau biasa disebut switching power supply. Cek semua komponen yang ada. Jika kesulitan ganti pakai trafo biasa 1A atau menggunakan milar 224nf/400v diparalel Resistor 1M kemudian diseri dengan 4 buah diode IN4007 sebagai penyearah.

Jika regulator normal lampu tetap tidak mau hidup. Berarti ada kerusakan komponen pada rangkaian inverternya. Penyebab kerusakan bisa kapasitor, transistor, diode, diode zener, resistor, dan saklar.

Lakukan pengecekan satu persatu komponen itu. Jika komponen tidak ada yang rusak. Ganti saja semua elco yang ada dengan yang baru. Meskipun pengecekan normal. Karena elco yang bermasalah bisa menyebabkan lampu tidak menyala.

Cek jalur PCB biasanya ada yang korosif dan putus. Untuk yang satu ini anda harus teliti. Karena jalur PCB yang putus kadang tidak terlihat.

Cek kabel koneksi jika ada yang putus. Kabel putus kadang tidak terlihat. Kelihatannya bagus diluar tapi dalamnya putus.

Comments

  1. jika kabel nya putus dan tidak tau harus disambung dimana ?
    solusinya bangaimana ?

    ReplyDelete
  2. Ya itu yg bikin pusing. Sebenarnya bisa tapi memang harus tahu dulu bagian-bagian lampu emergency dan fungsinya. Jika anda belum paham masalah ini memang akan mengalami kesulitan jika ada kabel putus akan disambung kemana? Solusinya anda tanya langsung kepada teman anda yang paham jalur koneksinya. Jika dijelaskan melalui tulisan akan sulit dipahami. Jadi harus langsung praktek. Jika anda sering menemui kerusakan. Pasti anda akan terbiasa dan paham jalur dan fungsi masing-bagian komponen lampu emergency.

    ReplyDelete
  3. Mas lampu emergency sya..klo mau di colokin kelistrik di cas. Tp mlah..mati smua lampu rumah kilo meter listrik jd mnjepret. Knpa tu ya mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk empung. Itu rusak bagian chargernya mas ada yang konslet. Dilihat dulu itu chargernya yang pakai kapasitor milar atau yang switching. Biasanya komponen diode konslet.

      Delete
    2. Bagian charger'y pke switching mas...
      Itu jg sudah saya ukur dioda"y..
      Sya ukur jg ac1 ac2 trnyata jarum multimeter'y bergerak cpt.
      Saya kurang ngrti apa'y yg harus sya ganti atw perbaiki'y mas. Apa'y yg hrus sya perbaiki'y mas??
      Mohon bantuan'y..
      Maklum msh bljr mas

      Delete
    3. Untuk empung. Berarti kerusakan ada di chargernya konslent. Yaitu masalahnya, jika yang rusak ic nya agak susah cari penggantinya. Kerusakan ic juga bisa menyebabkan konslet. Solusi paling mudah adalah, anda lepas rangkaian chargernya, kemudian tandai kabel plus dan minusnya. Ganti atau belikan adaptor 1A atau 2A yang setelan tegangannya. Kemudian kabel plus minus adaptor sambung ke kabel plus minus yang dari charger lampu. Setel tegangan adaptor pada tegangan 7,5 volt. Maka baterai lampu emergency sudah dapat di charge kembali. Intinya rangkaian charger lama gak di pakai dan di ganti dengan adaptor 1A atau 2A. Adaptor bisa diletakan diluar box lampu dengan penghubung kabel.

      Delete
    4. Jd inti'y harus di ganti rangkaian charger lama dan komponen"y mas..??

      Delete
    5. Ya betul mas. Charger yang lama dilepas dan diganti adaptor 1A yang ada setelannya. Setel adaptor pada tegangan 7,5 volt. Sambung kabel adaptor sesuai kabel bekas charger lama. Dan lampu emergency bisa di charge kembali. Perhatikan jangan terbalik menyambung kabel plus minusnya.

      Delete
  4. Gan ane bli lampu emergency yang langsung dipasang difitting lampu, awalnya lampu emergencynya dalam kondisi baik/nyala, cuma pda saat ane masukin ke fitting lampunya mungkin tidak pas posisinya sehingga pada saat di nyalain terjadi korslet/mati lampu/ngejepret dan ane cek lagi lampu emergencynya jadi mati total, ada yang tau ga ya gan kira2 masalahnya dimananya?apa yang musti diganti, tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk dhensuy. Untuk lampu emergency jenis ini saya belum pernah bongkar. Jadi belum tahu jerohannya. Tapi menurut saya, mungkin pada saat konslet, ada komponen rusak atau kabel atau jalur printed pcb yang putus. Sehingga lampu lednya tidak menyala. Caranya ya harus dibongkar mas dalamnya, kemudian anda cek apakah ada kerusakan seperti diatas.

      Delete
  5. Mas gan mau nanya,saya punya lampu merk mayaka,mati total,udah di cek battery nya drop,trus kalo di charge lampu indikator chargenya nyala tp lampu indikator power ga nyala,trus kalo pas di colok ke listrik,trus switch yg buat lampunya itu di on-off in gt lampunya ngedip2 tp ga nyala mas.. Kira2 kerusakannya dimana yaa? Makasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sutrio agus. Baterai yang drop diganti dulu dengan yang baru. Kondisi pada saat pengecasan lampu indikator yang menyala memang hanya lampu indikator charger saja, dan indikator power memang mati. Pada saat di colok ke listrik memang saklar on-off lampu otomatis tidak berfungsi, jika dipaksa saklar lampu di on kan pada saat ngecharge memang ada yang berkedip itu normal. Jika colokan listrik dilepas, baru saklar lampu on-off bisa di fungsikan kembali.

      Delete
  6. ada lampu emergency awal nya bisa2 aja , tapi skrg nyala hanya pas di charger aja kira2 itu kenapa ya ?
    bagian mana yg rusak nya ?

    ReplyDelete
  7. gan saya baru beli 2 lampu emergency. yg satu berfungsi normal. satunya koq pas matiin saklar mati. pas kira2 5 detik kemudian nyala lagi. intinya lapunya itu gak mau mati nyala terus. biasanya kan pas aliran PLN padam aja yg nyala otomatis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Problem di rangkaiannya mas, untuk detailnya saya belum tahu, karena harus cek rangkaian dulu.

      Delete
  8. apa rangkaian di saklar ya yg keliru. soalnya saya pindah ke saklar satunya bisa. ada gambar rangkaian saklar ganda yg bener gak mz. soalnya saya bner2 buta masalah kelistrikan.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada mas. Soalnya gak pernah nglihatin secara detail rangkaian pada saklar tersebut.

      Delete
  9. Lampu emergency saya dibagian indikator charger penuh mas (lampu hijau) tapi pas saya nyalain lampu hidup tapi sebentar sekali seperti kedip saja, saya pikir battery drop tapi kok indikator full itu knp yah mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya itu sama saja tanda baterai drop. Coba ganti baterainya.

      Delete
  10. mas bahar numpang nanya... lampu emergency saya klu dicolok di listrik nyala terus walaupun saklarnya dah copot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu saklarnya harus diganti mas. Tidak boleh dibiarkan copot. Fungsi otomatisnya jadi gak berfungsi. Jadinya seperti itu. Jadi wajib dipasang kembali saklarnya itu mas. Karena saklar bawaannya rusak, maka ganti baru.

      Delete
  11. Saya baru beli lmpu emergency.. Tp klo saya matiin stop kontak y, lampunya gmw mati ttp nyala, pdhl biasanya kn lngsung mati juga.. d ap yaa mas??..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampu emergency yang model apa? Umumnya lampu emergency jika di cop ke listrik atau pada saat charge, maka lampu akan mati. Dan jika ketikan listrik mati atau kabel listrik dilepas, otomatis lampu akan menyala. Itu jika dalam kondisi saklar ON.

      Kalau dimatiin stop kontak otomatis menyala, itu normal. Kalau dinyalakan stop kontak, maka lampu akan otomatis akan mati, masuk mode pengecasan.

      Delete
  12. saya punya lampu,tapi pas di on-kan nyala idup nyala idup terus mas. itu apanya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampu jenis apa mas? Pakai led atau lampu neon?

      Biasanya kalau seperti itu, tanda aki atau baterainya sudah drop.

      Delete
  13. Saya anak psg dan lagi disuruh memperbaiki lampu emergency merk mayaka yg konslet jadi Biasanya komponen mana yang rusak dan harus di ganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebab yang sering adalah terjadi konslet dibagian rangkaian charger, disebabkan karena cairan baterai yang keluar mengenai rangkaian charger, sehingga konslet.

      Komponen yang rusak biasanya adalah diode IN4007 dan jalur pcb yang biasanya rusak mengelupas dan short.

      Delete
  14. Mz lampu emergency musholla deket rmh saya karena lama gak dipake itu kalau dicas lampu kontrol cas nyala merah..trs kalau di on kan saklar lampunya lampu kontrol yg hijau nyala redup..tp lampu lednya g nyala. Kiraw apanya y mz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan baterainya rusak mas. Silahkan coba ganti baterainya dengan yang baru, murah kok gak sampai 50rb yang biasa.

      Delete
  15. Mas klo lampu sdh tdk d paki dlm kurun waktu yg lama ? Terus pas d carger . Lampu indikator nyala , tpi sdh 8 jm bahkan lbeih ga mau nyala itu si lampu . Apanya y mas yg rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kondisinya seperti itu, biasanya rusak baterainya. Baterainya sudah rusak, gak mau di isi.

      Delete
  16. Mas kau tanya, emergency normal tapi indikator cas tidak mau mati saat di cas. padahal batrei sdh penuh. Kerusakan pada komponen apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan lampu emergency, lampu indikatornya akan tetap menyala saat di cas, meskipun kondisi baterai sudah penuh. Jadi menurut saya itu normal, selama baterai masih bisa terisi penuh.

      Saya belum tahu jika memang ada lampu emergency, lampu indikatornya mati saat baterai penuh. Karena lampu emergency yang saya punya, semua lampu indikatornya tetap menyala, meskipun baterai sudah penuh.

      Delete
  17. Solusi lampu indikator tidak bisa menyala jika dicas ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek dulu apakah proses charge bisa mengisi baterai atau tidak? Jika bisa mengisi, maka kerusakan ada di lampu led indikatornya saja yang mati. Bisa diganti lampu lednya atau dibiarin saja mati asal masih bisa ngecharge gak masalah. Tapi jika tidak bisa ngecharge, maka kerusakan bisa dari baterai atau rangkaian chargernya. Umumnya yang paling sering rusak pada baterainya drop atau mati.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led