Skip to main content

ALTERNATIVE PENGGABUNGAN 2 TRAFO CT DI PARALEL

Alternative untuk menambah kemampuan arus ampere trafo dengan menggabungkan 2 trafo CT secara paralel. Penasaran. Silahkan baca lebih lanjut.

Di posting sebelumnya juga sudah dibahas cara menambah arus ampere trafo dengan menggabungkan 2 trafo ct untuk menambah ampere. Tapi kali ini adalah cara kedua atau contoh alternative kedua yang sedikit berbeda dari cara yang pertama. Yang mana cara yang pertama mengharuskan 2 trafo ini mempunyai tegangan dan amper yang sama. Cara yang kedua ini syaratnya hanya tegangannya saja yang harus sama. Arus ampere tidak sama tidak apa-apa.

Menggunakan 8 diode sebagai penyearah dan 4 kapasitor atau elco. Bisa juga menggunakan  2 kiprox atau diode bridge 35A dan kapaitor bisa menggunakan 2 saja tidak masalah. Trafo yang dipakai bisa dengan kemampuan arus yang berbeda. Tetapi tegangan/volt harus sama. Tipe atau kemampuan diode bridge bisa sebesar-besarnya, disini pakai 35A. Elco bisa menggunakan 1 pasang. Kapasitor yang dipasang paralel dengan switch power berfungsi mengurangi percikan bunga api didalam switch sekaligus mengurangi bunyi transien pada speaker pada saat power di-offkan. Atau suara letupan di speaker pada saat saklar dimatikan.

Comments

  1. pak,saya gabung 2 trafo dengan arus dan tegangan yg sama,cara rangkai mirip skema diatas,bedanya setelah kiprok kedua kutub saya gabung sesuai polaritasnya setelah itu baru ke elco,apakah sudah benar?

    ReplyDelete
  2. Itu kalau cara yg diatas td.. Untuk menambah ampere atau menambah tegangan volt. Mohon pencerahannya suhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menambah Amper mas, bukan menambah tegangan.

      Delete
  3. Mas, saya punya 2 travo 5A CT dengan voltase 32 (maks) say mau gabung jadi 1 supaya outputnya jadi 10A 42v CT bisa Ndak? Ada skemanya?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.