Monday, November 17, 2014

CARA MENGGABUNG TRAFO CT 3 FASA UNTUK MENAMBAH VOLT

Karena syarat untuk mendapatkan daya watt besar selain daya ampere besar, tegangan trafo juga harus besar. Bagaimana cara mengakalinya? Silahkan dibaca lebih lanjut.

Transformer atau di sebut trafo pada power amplifier mempunyai fungsi menurunkan tegangan dari 220volt AC menjadi tegangan sekitar 12volt sampai 32volt AC. Kemudian diubah tegangan dari AC ke tegangan DC melalui diode penyearah atau kiprox. Lalu tegangan DC diperhalus elco atau kapasitor. Apabila kita merakit power amplifier dengan watt besar, maka semakin besar pula arus tegangan dan ampere yang di butuhkan power amplifier tersebut.

Bagaimana jika kita tidak mempunyai trafo yang mempunyai voltase besar dan kita ingin agar trafo ini bisa dipakai? Adalah dengan cara menggabungkan dua buah trafo secara seri. Syarat untuk bisa menggabungkan dua buah trafo untuk menambah voltase adalah mempunyai ampere yang sama dan tegangan yang sama. Agar didapat keseimbangan daya pada saat dipakai beban nantinya. Untuk penghitungan voltase adalah 2x tegangan aslinya. Misal tegangan trafo yang kita pakai 12volt CT 12volt. Maka nantinya hasil tegangan yang dihasilkan adalah 24volt CT 24volt. Catatan CT trafo tidak dipakai. CT yang baru menggunakan hasil seri dari kedua trafo. Tegangan yang diseri boleh sembarang sesuaikan kebutuhan. Misal 32volt CT 32volt maka hasilnya adalah 64volt CT 64volt. 

Cara ini hanya bisa untuk menambah voltase. Kemampuan ampere tetap sama dengan daya aslinya tidak berubah. Yang berubah tegangannya saja. Harap sesuaikan dulu kemampuan power amplifier nya. Jangan asal dinaikkan saja tegangannya tidak diimbangi kemampuan komponen terutama transistor final. Baca dulu datasheet nya kemampuan tegangan maksimalnya berapa volt? Biasanya ambil tegangan dibawah batas maksimum tr final agar tr final awet dan tidak gampang jebol. Berikut gambar skemanya. 



11 comments:

  1. mlem mas bahar,mau tnya ko q nyoba gabung tranfo kyak di atas 2 tranfo 5A 32 32,elco saya mlah kembung d bgian sisi nya,pdahal elco 10,000uf 80v,ap ad yg slah mhon pncerahanya,mksh dblmy mas,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mesti melembung mas. Cara diatas itu selain menggabung trafo juga akan menambah volt trafo. Jika anda pakai tegangan 32v 32v. Sama halnya out trafo akan jadi 64volt. Nah tegangan 64volt ini jika dijadikan DC setelah melewati dioda akan menjadi 64VAC x 1,414=90VDC. Jadi tegangan DCnya akan jadi 90VDC setelah melewati dioda. Otomatis elco 10000uf/80v tidak kuat menahan volt 90VDC, akhirnya melembung mas.

      Elco yang cocok harusnya anda pakai elco 10000uf/100v.

      Delete
    2. Kang kalau saya pkai 16 set TIP 3055/2955 butuh brapa volt kang?..& berapa ampere?..

      Delete
    3. Tetap maks CT 25v dari trafo. Trafo 10A.

      Delete
  2. Mas...saya ingin menurunkan tag 32ct jadi teg 25ct...mohon bantuannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari trafo hanya ada satu cara, yaitu dengan mengurangi jumlah lilitan kawat tembaga sekunder. Dalam hal ini harus bongkar trafo.

      Kalau dari tegangan DCnya, sebenarnya bisa, cuma daya kurang maksimal.

      Rencana mau buat supply apa sih? Kenapa kok diturunkan jadi 25vct?

      Delete
  3. Kang numpang nanya,kalo trafo bekas 240 volt di colokin ke arus 220 madalah g,itu tarfo ada tulisan in240v,out 240v juga klo d rubah jd 220, bisa g

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sih gak masalah, jika memang itu trafo pada umumnya. Tapi kalau jenis trafo kayak itu, buat apa mas, in 240v out 240v. Kalau buat audio gak bisa.

      Mungkin itu trafo bekas jenis trafo step up atau trafo step down mas.

      Delete
  4. Mas ada skema gabung 3 buah trafo CT..biar trafonya g mubazir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas. Kalau skema gabung 3 buah trafo saya belum punya dan belum mencobanya. Yang pernah saya coba cuma gabung 2 trafo saja.

      Untuk gabung 3 trafo, nanti saya pelajari dulu.

      Delete