Skip to main content

TIP MOSPEC VS JENGKOL ST MALAYSIA

Mungkin diantara kita pernah merakit power amplifier 150watt jaman dulu yang masih menggunakan tr final jengkolan waktu itu bermerek PECOR, TOSHIBA, ST MALAYSIA dan TIP MOSPEC. Waktu itu saya dan mungkin anda pikirannya hanya merakit saja dan setelah bunyi selesai sudah. Tak kepikiran apa sih bedanya menggunakan jengkolan atau tip mospec.

Akhirnya saya melakukan percobaan kecil untuk membedakan kualitas suara jengkolan dan tip mospec. Bagaimana hasilnya? Yuk kita simak bersama. Ini adalah hasil percobaan saya mungkin hasilnya bisa sedikit berbeda dengan percobaan anda.

Test pertama kit power 150watt dipasang tr final jengkolan st malaysia 2N3055 sama pasangannya MJ2955. Test suara dengan setingan audio flat tanpa tone control. Jadi input langsung dari output DVD player atau mp3. Tujuannya agar didapat suara aslinya. Hasilnya suara lantang lebih midle dan bass agak atos jeduk2.

Test kedua coba pakai tr final sepasang tip mospec tipe tip3055 sama pasangannya tip2955. Saya coba test dengan tegangan yang sama. Lagu yang sama. Dan kit power amplifier yang sama. Hasilnya suara lebih soft agak low dengan karakter bass agak gembuk atau lembut. Coba test dengan lagu house music hasilnya ok banget respon bass lembut di frekuensi rendah. Ini belum pakai tone control loh sob. Hasilnya sudah kelihatan.

Yah itu hasil percobaan saya sob. Dan hanya untuk membandingkan tr jengkol dan tip mospec. Untuk transistor tipe lain mungkin hasilnya berbeda. Untuk sebagai acuan kedua jenis transistor final ini tidak bisa untuk tegangan diatas 32volt. Jika dipaksa dapat dipastikan tr final tidak awet dan gampang jebol. Usahakan pakai tegangan sekitar 25volt - 30volt.

Ambil tegangan dari trafo yang 25volt. Dengan cara ini transistor final bisa lebih awet sob. Bagaimana mau pilih yang mana jengkolan atau tip mospec. Jawabnya silahkan sesuaikan dengan kebutuhan. Kalo saya pribadi lebih suka pakai jengkolan karena karakter suaranya midle jadi respon suara vokal lebih ok. Tapi itu semua tergantung selera anda. Silahkan dikoreksi jika ada kekurangan.

Comments

  1. Pengalaman saya kalau pakai jengkol suaranya lebih lantang di banding pakai tip yang agak "terpendam". tapi soal suhu yang di hasilkan jengkol lebih panas daripada tip.

    ReplyDelete
  2. saya dulu juga pernah experimen dengan jengkolan ,memang karakter suarannya kayak gitu cocok untuk luar ruangan

    ReplyDelete
  3. kalo pake tengangan 32 v dari trafo ga papa mas,,ntar jebol gk tr nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tr TIP3055/2955 atau jengkol 2N3055/MJ2955 idealnya pakai tegangan 25v-ct-25v dari trafo. Tegangan 32v itu tegangan maks trnya.

      Delete
  4. Kalau jengkolan malaysia pake trapo donat 5 ampere murni yang keluarnya 32v cocok gak om
    Mohon jawaban terbaiknya om☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih mampu mas. Tapi ya agak maksa sih. Lebih baik pakai sanken saja, lebih aman. Kalau jengkolan malaysia cocok trafo donat tegangan 25vct.

      Delete
  5. Mas bahar. Kalo 2set jengkol di kasih tegangan berapa vct ya yang idealnya .. pakai trfo 5A murni

    ReplyDelete
  6. Benar sekali... saya sudah coba juga di kit subwoofer aktif bass lebih pulen tip

    ReplyDelete
  7. Mau tanya mas...pabila power 150 w pake trapo teroid 10a 26.5 v bisa nganggkt speker 15 2 biji ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tr finalnya pakai sanken 4 set.

      Delete
    2. Mas..klo speaker berdaya 150 watt 12 inchi klo misal pke sanken kebesaran gak watt tr ny...

      Delete
    3. Gak mas. Pakai satu set saja tr finalnya.

      Delete
  8. Mas mo tanya, saya beli power pakai tip 2955 merk astello itu asli atau kw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau astello itu kw mas. Yang asli ada dua yaitu merek MOSPEC dan ST Malaysia. Kebanyakan yang ada merek ST Malaysia.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.