TIP Mospec vs Jengkol ST Malaysia

Mungkin diantara kita pernah merakit power amplifier 150watt jaman dulu yang masih menggunakan tr final jengkolan waktu itu bermerek PECOR, TOSHIBA, ST MALAYSIA dan TIP MOSPEC. Waktu itu saya dan mungkin anda pikirannya hanya merakit saja dan setelah bunyi selesai sudah. Tak kepikiran apa sih bedanya menggunakan jengkolan atau tip mospec.

Akhirnya saya melakukan percobaan kecil untuk membedakan kualitas suara jengkolan dan tip mospec. Bagaimana hasilnya? Yuk kita simak bersama. Ini adalah hasil percobaan saya mungkin hasilnya bisa sedikit berbeda dengan percobaan anda.

Test pertama kit power 150watt dipasang tr final jengkolan st malaysia 2N3055 sama pasangannya MJ2955. Test suara dengan setingan audio flat tanpa tone control. Jadi input langsung dari output DVD player atau mp3. Tujuannya agar didapat suara aslinya. Hasilnya suara lantang lebih midle dan bass agak atos jeduk2.

Test kedua coba pakai tr final sepasang tip mospec tipe tip3055 sama pasangannya tip2955. Saya coba test dengan tegangan yang sama. Lagu yang sama. Dan kit power amplifier yang sama. Hasilnya suara lebih soft agak low dengan karakter bass agak gembuk atau lembut. Coba test dengan lagu house music hasilnya ok banget respon bass lembut di frekuensi rendah. Ini belum pakai tone control loh sob. Hasilnya sudah kelihatan.

Yah itu hasil percobaan saya sob. Dan hanya untuk membandingkan tr jengkol dan tip mospec. Untuk transistor tipe lain mungkin hasilnya berbeda. Untuk sebagai acuan kedua jenis transistor final ini tidak bisa untuk tegangan diatas 32volt. Jika dipaksa dapat dipastikan tr final tidak awet dan gampang jebol. Usahakan pakai tegangan sekitar 25volt - 30volt.

Ambil tegangan dari trafo yang 25volt. Dengan cara ini transistor final bisa lebih awet sob. Bagaimana mau pilih yang mana jengkolan atau tip mospec. Jawabnya silahkan sesuaikan dengan kebutuhan. Kalo saya pribadi lebih suka pakai jengkolan karena karakter suaranya midle jadi respon suara vokal lebih ok. Tapi itu semua tergantung selera anda. Silahkan dikoreksi jika ada kekurangan.

Comments

  1. Pengalaman saya kalau pakai jengkol suaranya lebih lantang di banding pakai tip yang agak "terpendam". tapi soal suhu yang di hasilkan jengkol lebih panas daripada tip.

    ReplyDelete
  2. saya dulu juga pernah experimen dengan jengkolan ,memang karakter suarannya kayak gitu cocok untuk luar ruangan

    ReplyDelete
  3. kalo pake tengangan 32 v dari trafo ga papa mas,,ntar jebol gk tr nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tr TIP3055/2955 atau jengkol 2N3055/MJ2955 idealnya pakai tegangan 25v-ct-25v dari trafo. Tegangan 32v itu tegangan maks trnya.

      Delete
  4. Kalau jengkolan malaysia pake trapo donat 5 ampere murni yang keluarnya 32v cocok gak om
    Mohon jawaban terbaiknya om☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih mampu mas. Tapi ya agak maksa sih. Lebih baik pakai sanken saja, lebih aman. Kalau jengkolan malaysia cocok trafo donat tegangan 25vct.

      Delete
  5. Mas bahar. Kalo 2set jengkol di kasih tegangan berapa vct ya yang idealnya .. pakai trfo 5A murni

    ReplyDelete
  6. Benar sekali... saya sudah coba juga di kit subwoofer aktif bass lebih pulen tip

    ReplyDelete
  7. Mau tanya mas...pabila power 150 w pake trapo teroid 10a 26.5 v bisa nganggkt speker 15 2 biji ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tr finalnya pakai sanken 4 set.

      Delete
    2. Mas..klo speaker berdaya 150 watt 12 inchi klo misal pke sanken kebesaran gak watt tr ny...

      Delete
    3. Gak mas. Pakai satu set saja tr finalnya.

      Delete
  8. Mas mo tanya, saya beli power pakai tip 2955 merk astello itu asli atau kw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau astello itu kw mas. Yang asli ada dua yaitu merek MOSPEC dan ST Malaysia. Kebanyakan yang ada merek ST Malaysia.

      Delete
  9. Mas klo power ampli 300 watt dan tr final yg jengkolan,dipakai speeker 12 inch 2 buah masing2 daya speker 300watt 8ohm,, ideal gak mas??

    ReplyDelete
  10. Mas, kalo kit ocl 300 watt stereo (4 pasang jengkol malaysia. Bolehkah kita ganti dengan jengkol mexico?

    ReplyDelete
  11. mas klo untuk transistor tegangan tinggi seperti 110 vdc memakai jenis transistor apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya transistor final pada umumnya seperti tr sanken dan toshiba, itu bisa untuk tegangan diatas 100vdc. Bahkan kalau dilihat datasheetnya bisa sampai 250vdc. Kecuali untuk tip3055/2955 atau jengkolan, gak kuat untuk high voltage.

      Masalahnya dilapangan banyak tr final palsu yang gak kuat untuk high voltage. Jadi pakai tr final jenis sanken atau toshiba, bisa untuk high voltage, sampai 100vdc keatas. Asalkan transistornya asli.

      Delete
  12. Assalamualaikum mas Bahar
    Klo 2 set jengkol St Malaysia
    Di supalay doanat 5 a CT 29 kuat ga ya...soalya CT cma 29 aja
    Matur swun sblomya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuat mas. Tapi usahakan pendingin heatsink yang cukup, jangan terlalu kecil. Bila perlu ada tambahan kipas untuk membantu mendinginkan tr final. Satu lagi yang penting, jangan sampai jalur out speaker konslet. Sekali konslet tr final bisa langsung rusak.

      Delete
  13. Mas Bahar
    Klo tr driver,tr vas dan tr kecil yg dibawah ada 3 biji,,buat ocl 150 yang bagus apa ya...
    ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tr vas pakai mje340 dan tr kecil 3 biji pakai 2N5401. Tapi ada perbedaan posisi kaki BCE nya. Tr 2N5401 kaki basis ada ditengah.

      Delete
  14. Mas punya saya 10akecil 42v tr jengkol 4 set jebol trus.misalkan ditambah jadi 8set mampu ngak di 42vol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap gak mampu. Tr jengkol maksimal di supply ct 32v dari trafo. Rekomendasi tegangan aman buat jengkol adalah ct 25v dari trafo. Kalau pakai ct 32v bisa nyala normal, cuma kadang sering jebol. Kalau pakai ct 25v dari trafo, aman.

      Delete
  15. Mau berapa set pun tetep maks tegangan 32 vac ya gan? Mohon masukanya saya ad tr jengkolan malaysia 4 set masalahnya di trafo tegangannya paling kecil 35 vac ct

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman saya sih maks 32v vac. Berapa set pun tetap sama, maks 32vac. Jika pakai tegangan diatas 32vac itu rawan jebol tr finalnya

      Delete
    2. Mas kalo mospec 4 set, idealnya dikasih tegangan berapa, trus kira kira buat angkat 15 inch mampu ga, driver pake bostrap

      Delete
    3. Untuk tr mospec maksimal pakai tegangan ct 32v dari trafo. Untuk speaker 15" masih mampu. Tapi menurut saya lebih mantep pakai tr final toshiba atau sanken, dengan tegangan ct 42v dari trafo.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led