Menghitung Tegangan Output Trafo Setelah Disearahkan

Next post kali ini adalah bagaimana cara menghitung atau mengetahui tegangan output trafo setelah disearahkan. Karena tegangan output trafo yang masih AC jika disearahkan menjadi DC maka tegangan akan naik. Mengapa demikian? Simak terus ya penjelasan singkat berikut.

Mungkin diantara kita berpikir buat apa sih pakai dihitung segala? Test aja pakai avometer pasti ketahuan tegangannya. ?Betul itu cara prakteknya. Kita kembali ke rumus. Kita ingin belajar saja sedikit bagaimana cara menghitungnya.

Cara ini juga bermanfaat untuk mengetahui tegangan aman kapasitor (elco) pada rangkaian power amplifier sehingga kapasitor bisa bekerja pada tegangan aman agar lebih awet gak gampang jebol atau kering. Ini adalah hasil testing pengukuran tegangan pada trafo 12 Volt.

Tegangan trafo sebelum disearahkan


Tegangan trafo setelah disearahkan


Ternyata tegangan naik setelah disearahkan. Bagaimana bisa? Berikut penjelasan singkatnya. Ketika kita mengukur tegangan AC (Alternating Current). Kita biasanya menggunakan avometer skala AC untuk mengetahuinya tegangannya. Perlu diketahui jika kita mengukur tegangan AC (gelombang sinus), sebetulnya yang kita ukur dengan avometer tersebut adalah tegangan RMS (Root Mean Square), bukan tegangan Volt Peak to Peak (VPP).

Sedangkan setelah disearahkan menggunakan diode penyearah dan di kasih filter kapasitor (elco) tegangan menjadi DC (Direct Current). Maka kita mengukur pakai avometer pada skala DC. Nah yang kita ukur pada saat ini adalah yang Volt Peak to Peak (VPP).

Ada rumus untuk mengkonversi dari RMS ke VPP adalah :

VPP=RMS+(RMS/3,14)

3,14 adalah lambda.

Contoh :
Misalkan kita mengukur tegangan 12 Volt AC, maka output di diode adalah 12+(12/3,14)=12+(12 dibagi 3,14)=12+3,8=15,8 Volt DC.

Sedangkan kalau 24 Volt AC, maka kalau dikonversi ke DC adalah 24+(24/3.14)=24+7,6=31,6 VDC.

Untuk tegangan 32 Volt AC, jika di DC kan adalah 32+(32/3,14)=32+10,19=42,19 Volt DC

Maka wajar jika kita kasih tegangan 32 Volt pada trafo, untuk power amplifier jengkolan gampang jebol. Lah tegangan DC nya keluar 42 Volt.

Sedangkan pada tegangan TV AC 220 Volt, setelah dirubah DC maka pada elco 220uf/400v kalau kita hitung adalah 220+(220/3,14)=220+70,1=290.1 Volt DC.

Comments

  1. blog nya bagus..
    saya mencari konsep ini dari minggu yang lalu.
    tapi tidak tahu kenapa tegangan travo bias naik begitu.
    ternyata itu karna penyearahan dari diode dan bantuan capasitor sehingga vpp nya kelihatan.
    bloog ini mantap.
    tapi mas bahar, apakah amper pada travo bakalan tetap atau terjadi perubahan juga ya? minsal penurunan amper atau malah naik juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mas agung. Maaf baru balas. Terima kasih mas sudah berkunjung di blog ini. Untuk daya amper trafo akan tetap mas meskipun sudah disearahkan dengan diode dan elco. Yang mengalami kenaikan hanya pada tegangannya saja mas setelah disearahkan. Untuk amper tetap.

      Delete
    2. Mas saya pake trafo belt 5 ampere besar teg 45 vac,setelah melalui dioda kok hanya 52 vdc ya? Kalkulasi 45X4,414=63,63vdc..

      Delete
    3. Sudah dipasang elco belum mas? Kalau hanya pakai diode tanpa elco, maka hasilnya benar segitu. Kalau lengkap dengan elco maka hasilnya bisa mendekati 63vdc.

      Jika memang sudah menggunakan diode dan elco, tapi hasil tegangannya hanya 52vdc, maka yang perlu dicek adalah tegangan PLN nya. Apakah tegangan PLN normal 220v. Kalau tegangan pln drop dibawah 220v, maka hasil tegangan out dari trafo juga akan turun.

      Jika semua sudah dicek dan normal, maka kemungkinan bisa jadi alat ukur avometernya bermasalah. Bisa juga elconya bermasalah.

      Delete
  2. terimakasih mass info nya.. sangat membantu :-)

    ReplyDelete
  3. Mas bahar, kalau yang VACx1.414 itu apa ya mas, soalnya selama ini saya pakai itu buat mengetahui tegangan VDC nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum tahu dari mana hasil 1,414. Tapi menurut saya mungkin itu adalah satuan standar untuk menkonversi dari VAC ke VDC. Memang ada yang pakai rumus itu, hasil selisih sedikit lebih tinggi pakai 1,414. Tapi hasil lebih mendekati pakai rumus diatas. Mana rumus yang benar? Saya belum tahu. Karena sama-sama bisa digunakan. Yang penting dapat hasilnya he..he..

      Delete
  4. Soalnya banyak di forum" yang pakek 1,414 untuk mengkonversi vac ke vdc, jadi lebih akurat yang di share disini mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak mengatakan demikian. Karena dua cara diatas sama-sama bisa digunakan untuk menkonversi tegangan dari VAC ke VDC. Jadi ya terserah anda mau pakai yang mana? Hasil paling tidak mendekati dari test langsung ke rangkaian. Tapi selisih hanya sedikit. Kalau pakai 1,414 kan lebih enak, kita tinggal kali saja tegangan AC, sudah didapat hasil VDCnya. Forum luar negeri juga ada yang pakai rumus itu. Jadi pilih yang cocok yang mana, sesuai selera he..he..

      Delete
    2. Oiya mas, itu perhitungan setelah melewati dioda kkah?

      Delete
    3. Iya, setelah melewati diode dan difilter kapasitor elco. Jadi bukan lewat diode saja, terus di test. Jadi harus pakai koneksi power supply lengkap dulu, ada diode dan elco, baru di test.

      Delete
  5. Oke suwun mas Bahar, update terus mas biar tambah wawasan

    ReplyDelete
  6. Mas, numpang nanya....
    trafo 10 A Bell
    tegangan 42 CT 42
    Bridge 30A
    Elco 10.000uf/80vdc 6bh
    Begitu diukur output elco, koq bisa naik 145vdc ya..????(single)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Cara ngukurnya mungkin salah. Kalau supply tunggal rangkaiannya beda dengan supply simetris. Jadi jika anda pakai supply tunggal, ya harus pakai rangkaian supply tunggal, bukan simetris.

      Delete
  7. cara mengukur tegangan simetris (- 0 + ) gmana mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gunakan avometer, set skala 50VDC.
      Test 1: Konek probe hitam ke CT dan probe merah ke positif elco, akan keluar tegangan. Jika sudah, lanjut.
      Test 2:konek probe merah ke CT dan probe hitam ke negatif elco, akan keluar tegangan.
      Jika kedua test diatas menghasilkan output tegangan yang sama, berarti rangkaian simetrisnya sudah benar dan normal.

      Delete
    2. Mas Bahar, berarti kalo langsung di ukur hanya - + nya aja( tanpa 0) hasilnya dua kali lipat dari hsil ukur Ýg sampean katakan tdi ya mas,

      Delete
    3. Kalau tegangannya beda, kira2 ada yg rusak atau jelek komponennya(dioda,elco)?

      Delete
    4. Gak mas. Perbedaan tegangan disebabkan perbedaan tegangan di trafonya. Karena ada sedikit perbedaan gulungan sekundernya, antara V1 dan V2 nya. Tapi itu biasanya perbedaannya hanya sedikit. Dan tidak menjadi masalah. Jadi perbedaan disebabkan perbedaan tegangan sekunder V1 dan V2 di trafonya.

      Delete
  8. begini mas Bahar, aku punya power, di pcb tercantum 400 watt mono, tak kasih final sc2922/sa1216, 2 set (4 biji). trus elco 10.000uf/80volt, 4 biji. dari trafo di kasih berapa volt mas?.
    Trus sanken sc2922/sa1216 itu maksimalnya butuh berapa volt mas per pasangnya? suwun mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya jawab di g+. Tr final 2SA1216/2SC2922 mampu maks tegangan 32v. Jadi pakai tegangan 32v-ct-32v dari trafo.

      Delete
  9. Mas pernah ngukur output amplifier dengan osiloskop nggak?
    Caranya gimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he.. Belum pernah mas. Alatnya belum punya, jadi belum tahu caranya.

      Delete
  10. Hehe.. Sama berarti mas, saya pengen beli osiloskop di tunda gara gara itu hehe.
    Mas boleh munta nomer hpnya?
    Dikirim ke email saya. Rosidmtm@gmail.com
    Siapa tau bisa saring2,nambah teman nambah ilmu nambambah rejeki. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan koment di blog atau g+ saja mas, insyaalloh kalau ada waktu akan saya jawab.

      Delete
  11. Mohon pencerahan, apakah mungkin PSU komputer dimodif pada output +12v (15A) dan ground kemudian disambung inverter(32v) apakah outputnya 32volt? saya berencana untuk power amplifier , sayang kalau psu tersebut nganggur, demikian penasaran saya terima kasih jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mas. Sip ide yang sangat cemerlang sekali mas. Memanfaatkan power supply komputer kemudian ditambah inverter 12v to 32v-ct-32v untuk power amplifier. Menurut saya sangat-sangat bisa mas he..he.. Terima kasih atas idenya mas. Hampir tidak pernah terpikirkan untuk melakukan hal itu. Sip saya acungkan jempol untuk anda. Nanti hasilnya silahkan di share disini mas. Semoga bermanfaat untuk rekan-rekan yang lain.

      Delete
    2. Terima kasih atas jawabannya, kemungkinan yg pasti dapat diterapkan, bahan2 dan kit sudah ada tinggal dicoba namun saat belum ada kesempatan, matur nuwun mas Bahar .

      Delete
    3. Mau nambah pertanyaan pada umumnya menurut pendapat orang power supply switching mudah rusak/rapuh , apakah demikian mas bahar?

      Delete
    4. Karena Power supply SMPS menggunakan komponen elektronik yang kadang memang bisa tiba-tiba rusak. Tapi tidak selalu rusak, kadang juga bisa awet, tergantung jenis komponen dan kondisi komponen saat dipasang. Jika kualitas komponen bagus, maka SMPS bisa awet. Tapi memang komponen elektronik tidak bisa diprediksi atau ditebak mana yang awet dan tidak. Kadang yang bagus pun bisa cepat rusak he..he.. Beda dengan trafo, kemungkinan rusak kecil, karena tidak ada komponen elektronik, hanya kumparan lilitan dan kern besi. Tapi juga bisa rusak, jika overload atau konslet, maka lilitan bisa terbakar/rusak.

      Delete
  12. Naah ini blog yg aq cari.. ijin bertanya dan pencerahan kang Bahar,, saya pake trafo toroid 4kva , power ampli saya butuh HV+120 HV-120 MV+60 MV-60 dan CT nah bgini kasusnya kang > trafo sblum sya pasang regulator (dioda dan elco) outputnya 120 dan 60 tapi setelah saya pasang regulator kok bisa melonjak drastis bnget ya kang, jadi 161 volt dan 81 volt,, bisakah diturunkan lagi mnjadi 120 dan 60 volt DC ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Sebenarnya ada rumusnya untuk mendapatkan tegangan yang sesuai dengan kita inginkan. Tapi kita tidak bisa mendapatkan tegangan yang sama persis diatas, 120VDC dan 60VDC. Minimal mendekati dibawah tegangan tersebut. Penyebab diatas itu normal, tegangan out AC trafo akan mengalami kenaikan setelah di DCkan. Seharusnya kita pakai rumus 1,414xtegangan ac trafo=tegangan DC. Jadi untuk mendapatkan tegangan sebesar itu maka tegangan ac pada trafo harusnya untuk HV 120vdc/1,414=84,5vac. Untuk MV 60vdc/1,414=42,4vac. Jadi tegangan out sekunder trafo anda harusnya 84,5vac untuk HV dan 42,4vac untuk MV, baru akan didapat tegangan HV 120vdc dan MV 60vdc. Karena jika kesulitan mendapatkan tegangan out trafo yang sama persis, maka boleh kita bulatkan ke bawah tegangan, misal tadi HV ketemu 84,5vac, maka kita kasih tegangan 80vac dan MV 42,4vac bisa kita kasih tegangan 40vac atau 42vac. Yang penting jika kita bulatkan, maka dibulatkan kebawah, jangan keatas, agat tegangan tidak semakin membesar. Kesalahan anda diatas adalah anda menggunakan tegangan out trafo 120vac dan 60vac, itu belum di DCkan, jika sudah do DCkan jelas akan naik semakin tinggi.. Jadi sudah jelas, pakai rumus diatas ya.. Supaya ketemu tegangan yang pas he..he..

      Delete
  13. Mas sy punya power supply speaker aktif politron,tdnya mati total,sy ganti komponen yang rusak,Fet,dz,res,tr,elconya jg,setelah sy tes,out simetrisnya,ct & +,teg > 60 v,harusnya kan 24-28 v,kenapa ya mas,mohon pencerahan nya,trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Power supply smps nya masih bermasalah. Penggantian diode zenernya apakah sudah betul? Kemudian jika ada pengontrol tegangan PC817 ini perlu dicek juga. Dan ic TL431 ganti juga.

      Delete
    2. Mas,Tl 431,pc817 dah sy ganti,cuma sy masih ragu sama nilai resistor,dz pada rangkaian primer,yang menuju ke pc817 pin 3,4,soalnya kondisi sblmnya resistor gosong,dz tulisannya hilang,bisa kasih daftar komponennya trima kasih...

      Delete
    3. Waduh ya itu saya gak punya data komponennya mas. Begini saja mas, anda lakukan uji coba sendiri, dengan merubah tegangan diode zenernya. Sekarang pakai diode zener berapa volt? Nah coba anda turunkan dengan mengganti diode zener dengan voltase dibawah itu.

      Delete
    4. Skrng dah sy ganti dz nya, tdnya 3v jd 2v, ada perubahan,tegangan b+ ct=28 v,tp b- ct= 40 v,normal kah,atu masih ada masalah mas

      Delete
    5. Kok gak sama tegangannya. Harusnya tegangan b+ ct dan b- ct harus sama. Jika masih belum sama, berarti masih ada problem. Coba anda pastikan lagi, mungkin itu tegangan semu. Coba anda pastikan tegangan dengan memberikan beban Resistor 47 ohm 2 watt pada b+ ct dan b- ct. Kemudian cek kembali tegangannya. Tegangan semu bisa muncul jika power supply tanpa beban. Makanya di coba pakai beban Resistor, agar di dapat tegangan aslinya.

      Delete
  14. Mas, kalau dr trafo 5A dengan tegangan 32 CT ke power supply 4 buah elco 10000uf-100v + dioda bridge keluarnya berapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau secara hitungan adalah 32x1,414= 45,2 volt. Tapi hasil bisa berbeda dilapangan. Tidak jauh bedanya.

      Delete
    2. Itu untuk supply PA 400watt cukup gak yaa mas ?

      Delete
    3. Lebih dari cukup mas. Ya memang itu tegangan idealnya mas, 32vct dari trafo.

      Delete
  15. Mas saya mau tanya cara modif driver super ocl 500 watt agar bisa di suplay tegangan 70 vdc atau lebih.
    Soalnya saya punya trafo donat 10a 52vac. Takutnya drivernya over

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk modif jadi high voltage 70 Volt, saya belum coba. Sampai saat ini, saya hanya mentok pakai tegangan 42vct dari trafo. Untuk tegangan diatas 42vct belum coba.

      Delete
  16. Kira kira kalo dari trafo 48vct setelah di searahkan dengan dioda kiprok 35a dan elco 10000uf 80v 4 biji jadi berapa volt dc nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau secara rumus. Hasilnya adalah 48VAC x 1,414= 67,8VDC. Hasil di lapangan biasanya gak jauh dari itu. Kalau pakai elco 10000uf/80v masih mampu.

      Delete
  17. mantap mas blognya
    mau nanya mas
    aku punya travo 10 A
    32 ct 32 bagusnya pake driver apa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling gampang pakai driver power safari 400w mas. Atau power 3 tingkat.

      Delete
  18. Ass mas bahar,md mau tny ni sy problem kebalikan dr yg dibahas. Gini mas,pwr ampli sy abis konslet elco psu sebagian meledak. Kemudian sy rakit ulang psu nya dg dioda dan elco baru smua,cuma yg bikin bingung mas stelah selesai rakit sy ukur outputnya kok malah di bwh tegangan sumber. Tegangan trafo 62v ct tp stelah disearahkan jdnya 54v ct,kok bukannya naik ya mas,pengukuran sdh berulang ulang sy lakukan trmasuk tegangan ac nya. Mhn pencerahannya mas trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang coba cek pada pin ct dan 62v trafo, tegangan keluar berapa volt AC mas?

      Saya curiga trafonya bermasalah.

      Delete
  19. Mksih mas, udh sy cek mas tetap 62v,kiri kanan sama nilainya 62v. Tp sy blm coba dg trafo lain,nanti klw udh tak kabarin. Mkasih mas bahar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sama-sama mas. Mungkin ada kesalahan pemasangan diode atau kiproknya mas.

      Betul mas coba pakai trafo lain.

      Delete
  20. ini yang saya cari ketemu dengan penjelasan yang sangat jelas.
    sekalian saya mau tanya ya mas. saya punya trafo troid max 52v katanya bisa di turunkan seperti Tegangan Dapat dipilih Dan diturunkan Tergantung Kebutuhan.
    0-220. . . . .0-230. . . . .0-240
    52V . . . . . 50V. . . . . 48V. jadi yang mana di pake mas untuk kit blazer 500wat tr toshiba 4 set 8pcs tipe 5200. apa dari 0-240 dapat 48v atau mampu di 52vol dari trafo elko 10.000-80v x4 mas

    ReplyDelete
  21. Maaf mas saya punya trafo tapi ga ada nama ac out volt nya ..cara mengetahui nya bagai mana ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trafonya bekas apa itu mas? Ada berapa kabel depan belakang? Warna kabelnya apa saja?

      Delete
  22. mas yang saya mau tanyakan itu tegangan naik setelah di rubah menjadi dc,nah apa bila di kasih beban akan turun gak tegangan,contoh nya sebuah power ampli travo 10a tegangan 32vac jika di searahkan dc jadi 42vdc apakah gak turun tegangan jika di bebankan ke sebuah power amplifier

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua tegangan jika di beban pasti akan turun. Tapi turunnya hanya sedikit dan tidak berpengaruh ke power amplifier. Dan itu normal mas.

      Delete
  23. Saya punya power suply DC output sudah 5volt terus outputnya saya paralel dengan elco 2200microfarad,apakah tegangannya akan naik mas?

    ReplyDelete
  24. Permisi mas, saya mau tanya,, cara menentukan nilai microfarad dan voltasenya pada elco untuk membuat PS gimana caranya mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menentukan mikrofarad elco tidak ada batasan mas, lebih besar lebih baik.

      Untuk menentukan volt elco ini harus dibatasi 70% dari volt DC pemakaian. Misal anda pakai out tegangan dari trafo 25VAC, maka jika di DC kan akan menjadi 25VAC x 1,414=35,35VDC. Jadi VDC nya ketemu 35,35VDC. Jika seperti itu jangan pakai volt elco 35V mas. Tapi pakailah elco dengan volt 50V.

      Begitu juga dengan elco 50V hanya mampu untuk menampung tegangan 70% dari 50V itu. Jadi batas aman elco 50V adalah 50x70%=35v. Jadi tegangan ideal dan aman untuk elco 50v adalah 35v.

      Delete
  25. Mas aku ada trafo eks speaker aktip. Nah mau tau tegangan nya brp A dan mau tau brp V nya gimana ya. Karen ga ada tulisannya hehehe newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk trafo speaker aktif memang gak tulisan Amper dan volt nya mas. Untuk mengetahui Ampernya cukup kita lihat besar bodynya, biasanya untuk speaker aktif menggunakan trafo 3A atau 5A mas.

      Untuk mengetahui volt trafo, maka harus diukur pakai avometer. Biasanya tegangan out trafo pada speaker aktif antara 20vac sampai 25vac. Kalau diukur pakai avometer akan ketahuan volt aslinya.

      Delete
  26. Travo saya kan 5a kecil keluran volt dc 37 . Dan sya makai jengkolan mexico 2 set . Untuk sya taruhkan di driver 400 watt . Dan spekeer saia 10"ada 4 . Yang 2 8 ohm dan yg 2 lagi 4 ohm gmna bang mnurut anda .

    ReplyDelete
  27. Pagi mas bahar, mau tanya dikit ini mas, sy menggabungkan 2 trafo untuk menambah volt, dg cara yg pernah mas bahar posting, kali ini sy mengambil 18, setelah di searahkan tanpa elco dn saya ukur dg avo digital dg sekala 200 VoltDC kok menunjukkan angka 147.7 ?... Apakah avo sy rusak atau ada kesalahan lain ? Terimakasih.

    ReplyDelete
  28. Klo menurut rumus yg mas bahar posting seharunya kan
    18+18=36.
    36=VAC.
    36x1,414=50.
    50=VDC Setelah di searahkan.
    Nah mestinya hasil mengukuran sekitar 50Volt, la ini kok besar banget mas 147Volt, mohon penjelasannya mas. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara menambah voltnya apakah sudah benar? Anda pakai rangkaian yang mana? Apakah yang tanpa CT? Jika ya, berarti mungkin avometernya masalah. Coba pakai avometer lain mas.

      Delete
  29. Ok sebelomnya sy ucapkan banyak" terimakasih. Ya sy pakek yg CT, mengenai caranya sebagai berikut.
    18V pd Trafo 1 sy hubngkn ke 18V Trafo 2, ini berfungsi sbgai CT, lalu 18V di Trafo 1 dn 2 sy masukkan ke input kiprok, sampai disini belom sy kasih elco tapi tegagan menunjukkan 147V pd sekala 200VDC. Untuk skrg belom sy coba pakek avo lain. Ya sy jg berfikir ada masalh pd Avometernya. Ok bang bahar sy akn coba untuk cek dg Avo lain. Baik terimakasih bang bahar salam sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda ngeceknya dari mana? Apakah dari out diode saja? Atau out diode dengan CT (gabungan 18v-18)?

      Delete
  30. Mf sbelomnya bang bahar, beberapa hari ini sy sibuk krj. ok gini bang CT tdk sy gunakan, jd dr 18v lngsung masuk ke kiprok dn 18v lainnya jadi Gound, nah sy ngeceknya dr + kiprok ke groud dan - kiprok ke ground hasil menunjukn 147.x Lalu sy coba cek tegangan 12v pd trafo non CT, dg sekala 20v, hasilnya cm angka 1 doang, trus sy ganti skala ke 200v hasilnya 63v. Untk lbih meyakinkn lg sy coba tes baterai ultrafire type 1850 hasilnya 5,6v. Nah skrg klo nurut bang bahar apakh avo sy benar" rusak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Positif benar avometernya yang rusak mas he..he.. Error.

      Delete
  31. permisi om..mau nanya mohon pencerahanya..langsung aja..sy buat power supply simetris/ct dimana ic regulator yg sy pake 7812 ama 7915 yg akan sy gunakan biar 12volt ct tapi kenapa setelah sy ukur tegangan out yg ic 7812 menjadi 13 volt dan out pada ic 7915 jadi 17 volt apa yg salah ya..? yah kalo 12volt kedua output nya sama sih gak apa2...mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa kok icnya pakai 7812/7915? Kok tidak 7812/7912? Atau 7815/7915? Kenapa kok dibuat beda mas he..he..?

      Harusnya memang selisih tegangannya gak sampai 1 volt. Paling banyak selisihnya 0,5 volt. Jadi kalau ic 7812, maka outputnya bisa jadi 11,5v atau bisa jadi 12,5v. Ini yang benar mas. Begitu juga dengan ic yang 7915.

      Jika kejadiannya seperti itu, menurut saya sepertinya alat ukur avometer Anda yang bermasalah mas. Coba deh pakai alat ukur avometer yang lain.

      Delete
    2. maaf om..salah tulis 7912 maksudnya...dansetelah ganti alat ukur ternyata bener juga...ADA satu lagi om.untuk menurunkan arus dc tegangan ct gmana ya misal sy punya power switchung yg tegangan udah diset 30 volt ct dengan ampere 8A gimana ya menurunkan tegangan supaya tone control juga bisa memakainya dengan tegangan 12-15volt ct..tanpa harus beli trafo lagi

      Delete
    3. Pertanyaan bagus sekali mas he..he.. Jawabnya bisa mas. Kalau hanya untuk beban Tone control, maka cukup anda turunkan tegangan pakai ic 7812 atau 7815. Tapi jika TCnya tegangannya CT, maka pakai 7812/7912 atau 7815/7915.

      Delete
  32. good ..and work 100persen udah dicoba trims alot..bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas sama-sama. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
  33. Mas bahar ulum.
    Mau tanya saya punya trafo toroid 30a 55/65 ct.
    Yang saya tanyakan jika saya memakai tegangan dari trafo 65vac kira kira harus pakai elco berapa vol mas.?
    Mohon pencerahan ny mas ths

    ReplyDelete
  34. Mas klo tegangan volt di turunin pake module step down. Apakah arus amperenya ikut turun ya? Terimakasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang sudah pernah saya coba pakai modul step down atau buck regulator, itu daya Amper tetap, meskipun tegangan diturunkan. Dan itulah kelebihan modul step down (buck regulator). Biasa buat shorting komponen HP he..he..

      Delete
  35. Selamat pagi.. Mas Bahar..
    Numpang tanya boleh doong.. awam nih..
    Saya pnya trafo 10A CT tp gak ada 24 volt nya yg ada 25v CT 25v, sedangkan daya input PA saya +24v 0 -24v bisa dipakai gak Mas Bahar ?.. Mohon pencerahannya ya.. terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda pakak power apa? Coba lihat dulu, power amplinya pakai tr final apa? Kalau pakai jengkolan atau TIP3055/2955 gak masalah pakai tegangan 25v ct 25v dari trafo.

      Delete
  36. Ma'af ya Mas... jawaban saya lama..
    Saya pakai Tr. Final MONSTAR 2SC2922/2SA1216 4 pasang....
    Terimakasih Mas Bahar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh pakai tegangan 25v ct 25v dari trafo mas.

      Delete
  37. Apakah setelah jd dc, apa masih keluar arus ac? Pada power supplynya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak mas. Kalau sudah jadi DC, maka tidak bisa dikembalikan jadi AC lagi.

      Kalau sudah jadi DC, maka arus AC sudah tidak keluar.

      Delete
  38. S̤̮l̤̮m̤̮ k̤̮n̤̮a̤̮l̤̮ m̤̮a̤̮s̤̮.ṳ̮n̤̮t̤̮ṳ̮k̤̮ p̤̮o̤̮w̤̮e̤̮r̤̮ a̤̮m̤̮p̤̮l̤̮i̤̮f̤̮i̤̮e̤̮r̤̮ d̤̮g̤̮n̤̮ e̤̮s̤̮i̤̮n̤̮ d̤̮t̤̮k̤̮ p̤̮d̤̮200 g̤̮n̤̮ t̤̮r̤̮ f̤̮i̤̮n̤̮a̤̮l̤̮ s̤̮a̤̮n̤̮k̤̮e̤̮n̤̮ s̤̮ṳ̮p̤̮e̤̮r̤̮ 8 s̤̮e̤̮t̤̮ p̤̮e̤̮r̤̮ c̤̮a̤̮n̤̮e̤̮l̤̮ p̤̮a̤̮s̤̮ n̤̮y̤̮ b̤̮ṳ̮t̤̮ṳ̮h̤̮ p̤̮o̤̮w̤̮e̤̮r̤̮ s̤̮ṳ̮p̤̮l̤̮a̤̮y̤̮ y̤̮g̤̮ g̤̮m̤̮a̤̮n̤̮a̤̮ .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai trafo 15A atau 20A, dengan tegangan ct 42v. Pakai elco 4x 10000uf/80v.

      Delete
  39. gak tanggung bagi2 ilmunya...
    salut.
    mas, PA saya ocl 150 watt mono.
    finalnya pake sanken 1 pasang.
    mau tak ksih tegangan 25v, dg trafo 5A ct.
    permasalahannya,,, setelah tegangan 25v dri trafo sya searahkan dg elco 4700uf_50v 4buah kiprok 8A, tegangan naik skitar 70 volt.
    apa gak pa2 mas jika sya lnjutkan. atau mas kasih saran, agar gk trjadi ksalahan. soalnya sya buta tentang electro mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda ngukurnya darimana dapat 70v itu?

      Ya kalau ngukurnya dari tegangan positif (+) dan negatif (-), ya pasti besar ketemunya, 2x lipat. Karena tegangannya ct (+ ct -).

      Cara ngukurnya bukan seperti itu positif (+) dan negatif (-).

      Tapi cara ngukur yang benar adalah antara titik tegangan positif (+) dan ct. Dan titik tegangan negatif (-) dan ct. Jadi ada 2x pengukuran.

      Antara titik (+) dan ct.
      Antara titik (-) dan ct.

      Bukan antara (+) dan (-) mas he..he..

      Delete
    2. Mas Bahar sy mhu tanya ni sy ada trafu donat vac 68ct68.x1414=95 lebih mas bener nggak ni mas sy pakaikan di class d900 max tegangan nya 90vdc.apakah bisa sybtakut class d sy keluar jin TLG info ya mas bahar

      Delete
    3. Mohon maaf baru balas. Untuk tegangan ct 68v dari trafo, jika jadi DC sekitar 95VDC. Sedangkan supply tegangan untuk power class D900 sebatas 90VDC. Kalau menurut saya lebih baik disupply dengan tegangan dibawah 90VDC dulu, atau maximal mendekati 90VDC. Misal tegangan 85VDC ini masih lebih rekomended, daripada diatas 90VDC. Karena kita tidak tahu naik turunnya tegangan yang dihasilkan power supply tersebut.

      Intinya ukur dulu deh tegangan power supply yang sudah dibuat. Ukur tegangan dan pastikan tidak diatas 90VDC.

      Delete
  40. lha iya mas bahar, sya mngukurnya sperti pnjelasan mas bahar, 2x pngukuran. brusan sya cba msih tetep mas, brkisar 70 volt, trus sya criga ma AVO sya, sya coba ukur kmponem lain, normal mas.
    urutannya gni mas, trafo 5A 25v, bright 8A, elco 4700uf_50v sebanyak 4 buah. atau mas ada saram buat sya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya harusnya sih sudah benar. Mungkin avometernya bermasalah.

      Jika pakai tegangan ct 25v dari trafo itu bisa dapat tegangan sekitar 32vdc dititik (+) dan ct, dan (-) dan ct.

      Coba ukur tegangan pakai avometer lain mas. Jika hasil masih tetap, berarti ada kesalahan di rangkaian supplynya mas. Silahkan dicek lagi rangkaiannya dengan gambar skema power supply amplifier yang ada google.

      Delete
  41. trnyata master bner, stelah AVO q bliin baterai baru, n q cek lgi, bner mas, dri elco kluar 32v mas,,,
    jiasik ngisin ngisini.
    ohy mas, jka suara pecah pda vol 50% biasanya apanya mas,,, skiranya suara jernih, pulen, n mntab. atau mas punya rangkaian n skemanya. q mnta mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa-apa mas, namanya juga pengalaman. Itu adalah guru berharga buat Anda he..he.. Dan akan ingat terus jika ketemu problem kayak itu lagi.

      Suara pecah, coba naikkan tegangan, pakai tegangan ct 32v dari trafo mas. Kemudian rasakan bedanya he..he..

      Tapi ingat tr sanken harus asli ya... Kalau gak asli dijamin jebol tr nya.

      Jika masih dirasa pecah suaranya, maka berarti Amper trafo kurang. Coba pakai trafo 10A. Soalnya kalau tr sanken idealnya pakai trafo 10A ct 32v.

      Delete
  42. mkasih guru,,, sdah nuntun sya dg sbar, soalnya sya cupu bnget mslah electro, mklum mas, SMP ja gk tamat.
    mslah tr sanken mngkin asli mas, sprti postingan mas bahar, tlisan 5dy pas ditengah, n wktu beli mlah dkasih plihan ma pnjualnya, "yg asli pa yg biasa", q plih asli mas.
    tpi mslahnya trafo sya 5A kcil,,, n sya tau klo ampere aslinya 5A kcil sma dngan ampere 3A murni.
    5A murni mahal mas, palagi 10A,,, mklum wong mlarat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau begitu coba dulu tegangan supply dinaikkan mas, jadi ct 32v dari trafo. Insyaalloh akan ada efeknya, suara akan lebih bulat, meskipun nada bass mungkin masih pecah. Tapi suara akan lebih baik jika pakai tegangan supply ct 32v dari trafo.

      Sudah cuma itu cara yang bisa dilakukan untuk menaikkan performa powernya.

      Efek samping adalah Tr final akan lebih cepat panas. Karena tegangan lebih tinggi. Maka diperlukan cukup pendingin atau ditambahkan kipas.

      Delete
  43. Iya mas, smean bner 1000% ada bnyak pningkatan tpi blum full mas, sperti kta smean bass agk pecah.tpi sya udh sneng mas,,,
    Mslah tr udh da pndingin si tiap tr nya mas, nnti q tmbahin kipas lgi.
    Mkasih bnyak mas, q sneng mskipun 1 hari ni dmrahin istri mlulu krna trganggu.
    Ohya, q ambil tegangan 32v dri trafo tpi kluarnya kok cma 36v mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah, yang penting Anda sudah ambil tegangan ct 32v dari trafo. Harusnya sih bisa dapat tegangan sekitar 42vdc. Mungkin avometernya bermasalah.

      Delete
  44. Klo trafo 5A besar 32v. Elco 80v. Pake dioda kiproknya yg berapa ampere mas? Tolong info nya mas. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai diode kiprok 15A atau 20A.

      Kalau gak ada, bisa dibesarkan sekalian kiproknya, pakai kiprok 35A. Gak masalah.

      Delete
  45. mas bahar saya mau nanya, saya punya driver yirosi di pcb tertulis 90v. saya pake travo 20A dn tr final thosiba 12 pasang sebaiknya pake berapa volt dr travo mohon penjelasanya dn trimakasih sblmya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya loh mas, ini menurut saya, untuk tr toshiba coba dulu deh pakai tegangan ct 32v dari trafo, bagaimana hasilnya? Jika normal dan tidak panas, maka boleh dinaikkan tegangannya pakai ct 42v dari trafo.

      Kalau saya belum berani pakai tegangan diatas ct 42v dari trafo. Karena tegangan ct 42v dari trafo itu sudah cukup tinggi, jika jadi DC. Bisa jadi sekitar 60VDC. Itupun biasanya sudah sangat panas tr finalnya. Yah itu pengalaman saya sih he..he..

      Delete
    2. ok makasih banyak mas penjelasanya

      Delete
  46. maap mas nanya lgi klu drifer yiroshi untuk mendrifer spiker 18"dua buah trafo 20A dan transistor tosiba di kasih tegangan berapa dan tr final berapa set dan yg satunya untuk sepiker15" dua buah dn trafo 20A juga dn tr finalthosiba juga sebaiknya di kasih tegangan berapa dn tr berapaset maklum mas lg belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk hasil maksimal pakai tegangan ct 42v dari trafo. Tr final 10-12set. Pakai komposisi power yang sama saja mas, untuk speaker 15" dan 18".

      Delete
  47. Saya numpang lewat aja, ga begitu paham elektro, sy cuma googling kenapa voltase travo setelah diratakan jadi naik, eh malah nyasar kesini, akhirnya baca semua komentar bagus2 pertanyaan apalagi jawabannya. Yang luar biasa dari tahun 2016 - 2019, LUAR BIASA.. bermanfaat sekali ilmunya apalagi jawaban2 hampir semua ditanggapi.
    Matur suksma ilmunya

    ReplyDelete
  48. Slm kenal saya ingin tanya saya punya trafo satu fasa CT 5V-32V dan arus 5A sedangkan output tegangan output yg sy butuhkan adlh 36 dan arus 2.2A bagaimana bisa mengahasilkan itu mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung untuk beban apa dulu. Kalau beban bisa dikasih tegangan lebih atau kurang dari 36v, maka bisa pakai tegangan ct 32v dari trafo mas.

      Masalah amper cuma butuh 2,2A, maka gak masalah pakai trafo 5A. Menurut saya akan lebih bagus, karena daya amper tidak akan drop.

      Delete
    2. Terimakasih buat jawabannya trafo yang saya miliki ini untuk merakit power supplay untuk 2 aktautor yang masing2 aktuatornya 36 volt

      Delete
    3. Okk makasih mas.... Karena sudah membantu saya menjawab pertanyan yang saya dengan jawaban yang saya harapkan

      Delete
    4. Bisa minta email atau nmr wa agar saya bisa kasih pertanyaan2 langsung?

      Delete
    5. Mohon maaf mas. Untuk pertanyaan langsung lewat wa belum bisa, karena keterbatasan waktu. Mohon dengan sabar untuk bertanya lewat koment blog saja mas. Terima kasih.

      Delete
  49. Bermanfaat bgaat ni,, tpi sayangnya kit power ku udah jebol duluan . Baru jumpa link ini. Ypi gpp dah . Coba lagi. Thanks infonya gan. Sukses slalu

    ReplyDelete
  50. Alhamdulillah..
    Ketemu tempat untuk bertanya nih, karena saya termasuk pemula yg baru seneng2nya bikin speaker aktif.
    Mas Bahar..
    Saya mau tanya nih, kemarin tuh saya baru beli modul speker aktif DMS-207.X .
    Pada modul tersebut terdapat 2 susun pcb/rangkaian, yg atas untuk mengatur mixing dan yg bawah untuk music/tone control. Masing masing punya keluaran/audio output-nya sendiri. Modul tersebut belum ada PA nya, jadi harus dibeli secara terpisah.
    Yang jadi pertanyaan :
    1. Bagaimana cara memasang kedua pcb tersebut ke PA nya, mengingat PA nya hanya punya satu audio input saja...
    2. PA (power ampli) yang sdh saya beli membutuhkan daya 24 v ct, sedang modul spek Aktif butuh daya 12 v ct. Apakah saya harus beli 2 travo?! Masing2 berapa amper ?!
    Kalau bisa memakai hanya satu travo, bagaimana caranya ?!
    3.Terakhir, saya sudah pernah bikin speaker aktif yang modul mp3 dan subwoofer. Tp knp ya ketika subwoofer vol-nya saya besarkan kok mp3nya terus drop,seperti mati tp kemudian hidup lagi dan suara mp3nya kemresek spt siaran radio fm yg tidak pas.
    Demikian pertanyaan saya. Maaf , kl belum2 sudah banyak pertanyaannya. Terima kasih atas perhatiannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kedua pcb tersebut outputnya digabung jadi satu masuk input power.

      2. Silahkan beli trafo 3A atau 5A yang ada tegangan extra trafonya. Tegangan extra trafo berada dibagian belakang trafo, dibawah pin primer. Tegangan utama trafo bagian depan untuk supply power, sedangkan tegangan extra trafo untuk supply kedua pcb tersebut.

      3. Berarti tegangan supply mp3nya harus dipisah.

      Delete
  51. infonya donk jika dari trafo 65 pakek 12 elco maka akan ketemu berapa kluarnya... makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai elco berapa volt dan mikrofarad mas? Kalau ketemu dcnya, tegangan 65v dari trafo akan jadi sekitar 91,91vdc mas.

      Delete
  52. Mau tanya kang bahar.cara menghitung watt pada power supply itu dari nilai arus ac atau nilai arus dcnya

    ReplyDelete
  53. Saya mau tanya mas. Gimana cara menurunkan tegangan output trafo (baik ac maupun setelah disearahkan) karena gini mas, saya punya kit power ampli jengkolan, sementara tegangan minimal trafo saya 32v. Jengkol mampunya 25v ac, mau beli trafo baru tentu trafo ini nganggur. Gimana solusinya mas? ?mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk menurunkan tegangan ac di output sekunder trafo, maka jalan satu-satunya adalah dengan mengurangi jumlah lilitan sekunder trafo. Tentu cara ini harus bongkar trafo dan gulungan sekundernya.

      Kalau menurunkan tegangan di DCnya atau setelah disearahkan, maka bisa pakai ic regulator 7824 dan 7924 dengan dilengkapi tr penguat. Atau pakai transistor dengan zener 25v dilengkapi tr penguat.

      Delete
  54. Mas minta bantuannya mas gimana cara membuat rangkaian 220 vac menjadi tegangan 220uf 400volt

    ReplyDelete
  55. Sangat bermanfaat,, semua pertanyaan di sini sudah mewakili pertanyaan saya,,.

    Saya mau nanya mas,, saya kan bikin trafo dari bekas stavol,, saya buat VDCnya 42V CT 42V,,. Maklum, klau beli mahal, gitu juga alat testernya,, saya blum punya alat testenya.. saya hanya menggunaka tester bekas stafol,, dan saya coba untuk mengukur tegangan outputnya,, di situ tertera dari 0 sampai ke garis yg ke 2 untuk tegangan 220,, garis ke 4 untuk tegangan 110.. apakah bisa di pastikan output travonya menjadi 40v-CT-40v?? Dan,, setelah saya pasang PSU,, hasilnya + ke CT,, menjadi garis ke 7 untuk yang 110V,, apakah bisa di katakan menjadi 70V-CT-70V,,?? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya masih bingung dengan penjelasan diatas, masalah pembacaan tegangan di tester stavolt tersebut. Lebih baik pakai avometer, agar diketahui volt aslinya. Karena pembacaan skala meter seperti diatas tidak bisa dijadikan patokan.

      Delete
  56. Oh iya mas,, menurut mas elconya yg brpa V ccoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk tegangan ct 40v dari trafo, maka gunakan elco yang 80v mas.

      Delete
  57. terima kasih mas,, sudah jadi.. ternyata tester bekas stavol bisa di andalkan.. saya pakai elco 33000uf 80v 6 buah,, lumayan buat PA doble 500w.. makasih mas,, berkat pertanyaan dan juga jwaban dri yg di atas,, saya bisa ambil smua ksimpulan..👍👍👍

    ReplyDelete
  58. Mas bahar. Ngapunten..
    Saya baru beli trafo 5A. Pas di cek vac tanpa beban/kosongan tegangan normal semua. Tp pas udah dibridge, teg 12vac malah turun 10vdc, 18vac jd 15vdc, dst. Anehnya, kalo disambung elco malah langsung drop 0,03vdc.
    Untuk teg extra malah normal semua vac vdc nya. Saya sudah ceck ohm semua bagus, dan ga ada short ke body.
    Menurut njenengan gmn mas bahar..??
    Masak beli trafo lg 😭
    Maturnuwun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ada 2 mas. Bisa dari kesalahan pemasangan dan bisa juga dari diode atau kiproknya yang rusak. Karena tegangan vac kalau sudah jadi dc harus meningkat.

      Delete
    2. Iya mas,, ada transistor yg short ke ground.. Setelah dikasih isolator udah normal lg output teganganya.. A
      Trims banyak mas bahar.

      Delete
  59. Berapa Ampere minimal toleransi penggunaan bridge dioda dalam merancang PSU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk amper diode atau kiprok dalam sebuah PSU adalah dilihat dari besar amper trafonya. Minimal penggunaan amper diode bridge adalah sama dengan amper trafo. Misal menggunakan trafo 10A, maka minimal menggunakan diode bridge atau kiprok 10A. Jangan pakai diode bridge dibawah 10A.

      Delete
  60. Om kalo dihitung langsung output di elco nya pkek avo
    Saya pakek trafo 5A dan sudah pkek dioda dan elco 50v 10000 uf pakai 2 elco
    Saya avo untuk kedua elco samapi 31 vdc om..jdi o..m..g ya kalo di pasang power clas d yg tegangannya 12-18 vdc
    Tapi kalo diukur pakai 1 elco bisa 16 vdc
    Kesimpulan pertnyaan apakah elco bisa menaikkan vdc om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Ya betul elco bisa menaikkan vdc setelah diode. Karena adanya elco, maka tegangan supply akan lebih rata dan stabil.

      Delete
  61. Luuuaaarr biasa pencerahan nya

    ReplyDelete
  62. Mas bahar saya baru beli kit tpa3116d2 input tertuli pada pcb nya 18-24 terus saya bikin psu nya pake trafo bekas speaker aktif 22,5 ct 22,5 setelah saya serahkan menjadi 31,5 vdc pertnyaan saya bagai mana cara menurunkan nua menjadi 24vdc gambar skema nya maklum mas pendatang baru di electro tapi saya hobi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu harus menggunakan tegangan maks DC 24v. Sedangkan tegangan hasil dari trafo adalah 31,5vdc. Tentu kebesaran tegangannya. Solusi paling gampang adalah ganti trafo he..he.. yang ada tegangan out 15V nya. Baru nanti jika jadi DC akan menjadi sekitar 21vdc. Bisa langsung konek ke power TPA3116D2.

      Tapi jika menggunakan komponen penurun tegangan juga bisa, misal pakai ic 7824 untuk menurukan tegangan 31,2vdc menjadi 24vdc. Tapi out tegangan dari ic 7824 terbatas hanya 1A. Untuk menguatkannya harus pakai tr penguat setelah out ic 7824. Sepertinya saya pernah posting cara ini. Coba cari di postingan lama. Atau bisa Anda lihat disini. Tinggal ganti ic 7815 dengan ic 7824.

      https://www.baharelectronic.com/2017/09/cara-menambah-amper-ic-regulator-7815.html?m=1

      Delete
  63. Replies
    1. Sound sytem masjid kami rusak

      Bisakah amplifier Relacart PA 2300D dg Trafo Toroid 250VA ct 32v, ct 17v
      Diganti dengan Trafo Toroid BELL 10A ct 32v, ct 15v.

      Delete
    2. Waalaikumsalam.
      Bisa mas. Selisih tegangan cuma sedikit. Menurut saya masih masuk tegangan range nya.

      Delete
  64. Apakah ada kemungkinan komponen lain yg rusak ya, secara fisik komponen aman semuanya.

    Maaf saya spesifikasi di arus kuat, mencoba membantu utk masjid kami.

    ReplyDelete
  65. 𝙈𝙖𝙨, 𝙠𝙡𝙪 47𝙑 𝙚𝙡𝙘𝙤 100𝙑/100.000𝙪𝙁 𝙙𝙞𝙤𝙙𝙖 50𝘼 𝙗𝙚𝙧𝙥𝙖 𝙑 𝙟𝙖𝙙𝙞𝙣𝙮𝙖?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tegangan 47v dari trafo, jika disearahkan menjadi DC akan menjadi sekitar 66vdc. Elco 100v masih mampu.

      Delete
  66. Replies
    1. Tegangan 47v dari trafo, pakai elco 100v masih mampu.

      Delete
  67. Asslmlkum mas ulum.. Maaf sy mau tanya mas, sy ingin buat power amplifier 600 watt stereo, kira2 utk travo yg brp ampere dan brp volt, dan utk elco nya brp biji dan nilainya brp mas..mohon Penjelasannya.
    Terima kasih sebelumnya mas ulum,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai trafo minimal 10A tegangan ct 42v. Untuk elco jika untuk power stereo, pakai elco 4 biji 10000uf 80v. Jika untuk power mono, cukup pakai 2 biji elco 10000uf 80v.

      Delete
    2. Terima kasih mas atas sarannya..postingannya sangat membantu sekali, sukses terus buat mas bahar

      Delete
  68. Selamat sore kang ...salam kenal...mo nanya nich saya buat amplifier 400watt (Sanken 2922) pake trafo 10A era,tegangan pake 32volt CT Elco 10000/50v tetapi kok suara bassnya masih jelek ya.. Ndak mau bulet(pecah)...dan apakah jika menambah transistor final itu pengaruh ke keluaran wattnya kang,dan jika transistor final ditambah apakah perlu voltasenya dinaikan ataukah tetap, nah jika perlu ditambah makssimal berapa pasang Sanken dengan kapasitas trafo 10A 32volt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah suara pecah itu banyak faktor. Bisa dari tegangan supply kurang tinggi, bisa dari jenis kit driver powernya, bisa juga dari tr final kurang, bisa juga dari beban speaker yang terlalu banyak dalam 1 power.

      Diatas tidak disebutkan untuk beban speaker berapa inch dan berapa banyak? Suara jadi pecah. Untuk trafo murni 10A 32v idealnya pakai tr final 4 set perchannel. Untuk kit driver power 400w bisa coba Anda ganti dengan driver power lain, misal SOCL 504 atau SOCL 506.

      Delete
  69. Assalamualaikum pak.mohon pencerahannya. Kalau dari travo ct 50 volt ,setelah melewati kiprok dan elco harusnya jadi dc berapa volt? Apakah masih normal kalo keluar 63 volt dc?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari trafo 50v, maka jika jadi DC sekitar 70 volt DC. Menurut saya angka 63 volt DC masih normal. Belum rugi-rugi tegangan, dan bebannya.

      Delete
  70. Mas saya ada kendala suara di speaker langsung pecah pas kena hentakan bass yang besar?
    Spek Ampli sbg berikut:

    Trafo toroid custom kondisi masih baru 3A 18v CT - saya cek pake avo hasilnya 18.09 dan 18.14vac dikedua kabel sekunder.

    Rangkaian PSU dioda sisir KBJ608G elko 3 set 4700uf 50v.(set pertama merek rubycon bekas cabutan dah lama sepertinya juga rubycon kw, set 2 elko samwha masih dibilang baru, set 3 elko monstar. Dan PSU ini saya rangkai pake sistem snubber.

    Lanjut ke driver saya pake power amplifier IC TDA2050 ST Sing original. Dan utk skema rangkaian dan layout pcb saya mencontoh di datasheet ic tsb. Sebelumnya driver power tda ini pernah saya coba pake trafo ERA 3A 18v ct juga hasil dgn psu dan rangkaian yg sama, hasil suaranya malah plong kena bass tetep kuat dan pulen. Tapi setelah ganti trafo toroid diatas hasilnya malah seperti yg saya ceritakan diatas.
    Oiya, ini saya tes pake trafo baru dengan sistem driver mono aja. Sebelumnya tes pake trafo lama baik mono maupun stereo hasilnya baik2 aja.

    Ini rangkaian murni cuma power aja mas gak ada tambahan aksesoris yg lain.

    Utk spek speaker yang buat utk tes pake ACR 6 inc 60 watt maksimal. Panjang kabel speaker cuma 2 meter ukuran 0.75m. Fasa positif neg udah benar.

    Itu aja penjelasan speknya mas..mohon solusinya mas. Saya agak curiga mungkin penyebabnya elko psu yg sudah drop sepertinya krn biasanya klo ampli saya matikan..steker udah dicabut suara yg diputar 5 detik kemudian baru diam. Klo sekarang 3 detik udah mati setelah steker dicabut.
    Atau mungkin saya ganti trafo toroid diatas padahal masih baru juga dan saya beli custom oleh pembuat trafo toroid. Spek trafo toroid kern 1.5kg, kawat primer 0.3mm sekunder 0.8mm.

    Klo lagu yang buat tes saya putar dr hp samsung j2 (volume full) saya tancep langsung ke input power saya putar potensio sampe penuh hasilnya suara kuat pas kena bass tapi klo input saya pake mixer. Mixer di main mix saya set 0..di chanel input hp saya putar arah jam 9 dan 10 suara sudah brebek2 gebrek2 alias pecah pas kena bass

    Semoga mas bahar bisa menbantu masalah yg saya alami ini..maaf klo penjelasannya agak panjang dan belibet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah disearahkan volt 18vac jadi 24vdc di tampilan cek avo saya

      Delete
    2. Mohon maaf baru bisa bales. Problem masalah muncul setelah ganti trafo toroid baru. Suara malah jadi drop. Padahal pemakaian tegangan sama ct 18v. Kalau menurut versi saya, akar masalah ada di trafo toroidnya. Karena pada saat dicoba pakai trafo ERA hasil suara normal dan plong. Jadi kemungkinan hasil tegangan output trafo toroid mengalami drop tegangan yang terlalu jauh, sehingga suara akan rusak atau brebek. Ini tanda tegangan drop terlalu jatuh atau menurun.

      Untuk membuktikan itu, maka perlu dilakukan pengecekan tegangan pada saat power menyala dan pada saat hentakan bass, amati pada avometer drop down tegangannya berapa volt dari 24vdc tersebut.

      Terus kenapa pakai trafo ERA biasa, kok malah suara lebih plong. Nah disini pastinya tegangan output trafo ERA lebih stabil dan tidak drop pada saat kena hentakan bass.

      Jadi kesimpulannya penyebab suara jadi brebek atau pecah, bisa disebabkan karena tegangan out trafo yang terlalu drop pada saat kena hentakan bass. Jadi kelihatan dropnya tegangan itu pada saat kena hentakan bass. Makanya perlu di cek pada posisi ini. Berapa drop tegangannya pada saat kena hentakan bass?

      Delete
    3. Terima kasih mas atas jawabannya. Tetapi sepertinya bukan trafo yg baru yg jadi masalah. Krn setelah saya ganti elko rubycon lama dan elko monstar yg abal2 dengan sama2 elko merek samwha yang baru. Malah suara jadi plong dan normal kembali. Mungkin karna elko yg soak dan abal2..

      Delete
  71. Halo mas Bahar, saya mau tanya, berapa hasil dari 42Vac ke Vdc setelah melewati dioda tanpa elco, kan blog diatas tadi Volt naik kalo setelah melewati dioda dan elco, nah saya mau tanya yang tanpa elco

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mingkin turun sedikit mas. Maaf gak ngecek kalau itu

      Delete
  72. Assalam mu'alaikum mas Bahar, mau tanya sanya punya travo 5amper belt tegangan di 32volt sayakasih kiprok dan elco 4 buah 50volt 10000 uf,saya cek kok keluar 58 volt mohon penjelasan nya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tegangan ct 32v dari trafo, jika jadi DC akan menjadi sekitar 45VDC. Anda ngukur tegangannya dari mana? Cara ngukur yang benar adalah dari titik CT elco ke titik positif dan negatif elco. Bukan dari titik positif dan negatif elco.

      Delete
  73. Mas saya punya trafo 3a kecil saya cek ke 12v kok keluarnya kok 35v saya jd takut pasang ke ampli takut meledak input listrik saya 240v sy pake dioda bridge 5a dan elco 2200 uf 63 volt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ngecek dengan volt meter digital,dari positif negatif elco,bukan dari ct elco apakah itu pengaruh, tp saya cek dari ct keluar tegangan 17 volt yg benar yg mana, apakah dari positif negatif elco 35volt, atau dari ct elco 17 volt, jd yg benar yg mana mas

      Delete
    2. Cara ngecek yang benar adalah dari CT elco mas. Hasil tegangan 17 volt itu sudah benar. Karena tegangan input primer trafo agak besar 240V, maka wajar tegangan out sekunder juga akan sedikit besar. Itu normal mas

      Delete
    3. Klo 18 volt jd 24 volt itu nggak apa apa kan mas klo dipasang di ampli

      Delete
    4. Gak apa-apa mas. Karena tegangan 18V dari trafo itukan masih berupa tegangan AC. Kemudian setelah disearahkan lewat diode dan elco, maka tegangan akan menjadi DC dan mengalami kenaikan tegangan, itu normal. Jika tegangan AC 18V dari trafo, kemudian jadi DC 24V itu normal mas.

      Delete
  74. Mas mau nanya, tone control saya kan 12-24v ct, saya ambilkan supply dari psu apa bisa? Soalnya dari trafo itu 18v masuk dioda 25ampere masuk ke elco 3300uf 25v x2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ga keluar suara itu berarti apanya ya mas?

      Delete
    2. Kemungkinan kesalahan pemasangan di jalur supply tegangan tone control. Jika bagian psu tone control menggunakan diode, maka penyambungan tegangan supply harus setelah diode. Atau jika kesulitan, bisa pakai trafo sendiri untuk tone controlnya.

      Delete
  75. Permisi nas bahar mau tanya,
    Saya punya trafo bekas ups 1250va kebetulan ada output 12 volt nonCT, rencana sy jadikan sebagai charger aki. Saya pakai dioda brigde KBPC 5010.
    Masalahnya setelah disearahkan, tegangan yg terbaca tidak sampai 12 volt (hanya 11 koma sekian). Tapi setelah saya pakai elko bisa naik jadi 15,6 sampai 16,4 mas.
    Apa harus menggunakan elko sebelum ke aki ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul, gunakan elco dulu agar tegangan bisa 15,6 sampai 16,4v. Karena untuk charger aki 12v, maka tegangan charger harus sekitar 14vdc. Pakai tegangan 15,6v gak masalah, nanti juga akan drop dan pas menjadi 14v. Untuk charger aki

      Delete
    2. Mau tanya juga mas bahar, saya mau buat variabel untuk output trafonya mas, rencana mau dipasangkan scr regulator sebelum tegangan listrik masuk ke input trafo (PLN - SCR - Input Trafo). Yg mau tak tanyakan kalau pakai scr apakah nanti tegangan dan arus output dari trafo ikut berkurang ? Dan apakah nanti output dari SCR regulator masih berbentuk gelombang sinus 50Hz ?. Terimakasih sebelumnya mas bahar

      Delete
    3. 1. Tidak
      2. Masih gelombang sinus 50Hz. Cuma tegangannya saja yang turun.

      Delete
    4. Makasih atas jawabannya guruu. Semoga sukses selalu

      Delete
  76. Selamat siang mas bahar,. Minta ilmunya. Saya punya trafo bekas speaker aktif. Di trafo ini hanya bsrtuliskan angka 24 saja tidak ada keterangan lain.

    Yg mau saya tanyakan apakah angka yg dimaksud itu adala 24volt?

    Seandainya itu memang trafo 24v ct 24 beneran,dan saya mau gunakan untuk power socl 504 yg tertulis di pcb 80+ gnd 80- bisa apa tidak mas?
    Lha kalo bisa berarti untuk PSU saya harus pake elko ukuran berapa dan dioda berapa amper. Mohon penjelasan mas, saya benar benar awam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ya tegangan 24vac dari trafo. Tinggal lihat ada berapa pin? 2 pin 3 pin. Kalau 3 pin, berarti benar tegangan 24v ct 24v. Untuk memastikan bisa dicek pakai avometer, set di skala 50vac.

      Bisa, tegangan 24vac dari trafo jika jadi DC akan menjadi sekitar 33vdc. Sudah cukup untuk mensupply power socl 504.

      Tergantung kebutuhan. Untuk keperluan standard bisa pakai satu pasang elco 10000uF 50V. Untuk diode tergantung besar trafonya. Dikira-kira saja besar trafonya kayak trafo berapa amper? Kalau kayak trafo 5A, bisa pakai diode 6A atau kiprok 10A.

      Delete
  77. mas mau tanya saya ada trafo bekas ups output e 15vct di lilitan primer nya ada 0-190-220. output 15vct itu yg 0-220 yg di colok ke listrik.
    kalo di pasang e yg 0-190 yg di colok ke listrik buat naik ke tegangan out ct ne bermasalah ndak nanti ne..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bermasalah mas, trafo akan cepat panas. Memang benar out sekunder akan naik, tapi primer pakai 190V sedangkan tegangan pln 220v, ya panas trafonya, bisa juga terbakar.

      Delete
  78. Maaf nih kang, numpang tanya
    Saya punya trafo bekas 10 A CT, di pin keluaran hanya 20, 25, 32 Volt dan 42, kali mo dipakek untuk power amplop mobil kira kira pakek yg berapa bang, trima kasih jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Power ampli mobil biasanya pakai tegangan DC12V. Maka harusnya pakai tegangan CT 12V dari trafo. Sebenarnya pakai trafo tersebut, cuma agak ribet. Yaitu dengan menggunakan salah satu sisi lilitan sekundernya, menggunakan pin sekunder 32V dan 20V sebelah kiri atau kanan. Pilih salah satu, sekunder kiri atau kanan. Tidak boleh disilang. Maka akan didapat tegangan sekunder 32V-20v=12V. Pada pin 32v dan 20V akan didapat tegangan 12V. Tinggal rangkai menggunakan diode dan elco.

      Jika bingung dengan cara diatas, maka rangkai saja menggunakan tegangan Ct 20V, kemudian turunkan pakai ic 7812, tambahkan tr penguat tip3055, agar tegangan menjadi 12V.

      Delete
  79. Mas, mau tanya , saya baru saja buat adaptor dari trafo 20 amper yg saya perlukan 12 volt, ditrafo itu ada pilihan 9volt, dan 12 volt , setelah saya rangkain pakai dioda 4 pcs dan kapasitor 10.000uf outputnya kok 18 volt ya, krn yg saya perlu 12 volt, krn lampu yg mau saya test 12 volt, saya takut lampu (LED) PUTUS

    MOHON KASIH SOLUSI SUPAYA OUTPUTNYA 12 VOLT, TERIMA KASIH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang Anda rakit sebenarnya sudah benar dan tidak salah. Jika Anda menggunakan tegangan 12v dari trafo, maka itu sebenarnya adalah tegangan 12vac yang masih berupa tegangan AC, belum DC. Kemudian Anda searahkan menjadi tegangan DC menggunakan diode dan elco, kok hasilnya keluar 18volt?? Tegangan 18volt yang keluar itu sebenarnya adalah tegangan DC hasil dari tegangan 12vac dari trafo. Kalau dihitung, maka ketemunya benar. Tegangan 12vac dari trafo jika dirubah menjadi DC akan jadi sekitar 17vdc. Hampir sama mendekati 18vdc vdc.

      Kembali ke persoalan, Jika Anda butuh tegangan yang pas 12vdc di outputnya, maka silahkan gunakan tegangan 9vac dari trafo. Secara hitungan jika Anda menggunakan tegangan 9vac dari trafo jika menjadi DC akan jadi sekitar 12,5vdc. Ini sudah mendekati tegangan 12vdc yang Anda harapkan. Dan aman untuk supply lampu led 12v. Semoga bermanfaat.

      Delete
  80. Assalamualaikum mas bahar...apakah tegangan outputnya VPP dipengarui juga oleh besar kecilnnya capsasitas elco filternya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam
      Ya betul, jika kapasitor filternya terlampau kecil, maka tegangan VPP nya juga kecil. Tapi jika kapasitornya sudah besar, dengan nilai 1000uF keatas, maka tidak ada kenaikan tegangan yang yang besar dan cenderung sama. Pengaruhnya jika ada beban, tapi dalam kondisi tanpa beban, tegangan relatif sama, tidak ada perbedaan

      Delete
  81. Assalamualaikum,Bang mau tanya saya punya rangakaian ic tonecontrol tipe ic nya opa432, tp saya cari digoogle gak ada, dan udah nyari ke beberapa toko pun gak nemu... Kira2 adakah persamaan untuk ic tersebut, terimakasih bang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Mohon maaf baru balas. Saya coba cari datasheet ic OPA432 gak ada mas. Apa tidak salah nomor icnya

      Delete
  82. Halo mas saya mau tanya. Ini sy lgi ada proyek bikin psu pakai trafo ct 3A. Saya pke lm317 utk bisa diadjust Voutnya (pke potensio), saya set maks hanya di 14V, dan ada saya hubungin jg pke TIP41C agar bs kluarin output smpe 3A (krn data sheet LM317 cuma max 1,5A).

    Saya coba hubungkan dgn beban lampu mobil kecil 5W, dan Voutnya turun hnya sdikit saja skitar 0,3V. Tpi saat sy hubungin dgn beban yg lbh besar 21 W, Voutnya drop jauh jdi sekitar 7,7V, dan Amperenya pun tidak maksimal. Klo saya coba pke adaptor lain, lampu 21W tsb nyedot arus sekitar 1,9A dan volt adaptor tsb drop hanya 0 3V. Tpi utk di psu saya hanya 1,4A dan itu voltnya drop jauh bgt

    Kira2 itu masalahnya dmna ya mas? Kbetulan utk skematiknya saya ikutin dri google, jdi saya tidak bikin sndiri. Trima kasih mas sblumnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led