Skip to main content

MODIF STR-S6707

Salah satu cara untuk mengakali ic regulator STR S6707 yang rusak pada bagian tr regulator internalnya. Dengan pemasangan tr regulator eksternal, diharapkan fungsi kerja ic STR S6707 dapat dipakai kembali, otomatis dapat menghemat biaya bukan, selain harus mengganti ic regulator tersebut. Cara ini hanya sebagai alternatif cara mengfungsikan kembali cara kerja ic STR S6707 yang bagian internal transistornya mengalami kerusakan atau short. Tapi perlu dipahami juga, bahwa tidak semua ic STR S6707 rusak dapat dimodifikasi dengan cara ini dapat bekerja normal kembali. Jika yang rusak hanya pada bagian internal transistornya, kemungkinan masih bisa dimodifikasi, tapi jika yang rusak sudah mengenai bagian dari oscilator ic tersebut, maka kemungkinan besar ic STR S6707 ini tidak dapat diselematkan. Maka mau tidak mau kita harus ganti ic dengan yang baru. 


Ada dua cara pemotongan jalur pada kaki 1, 2, dan 3. Pertama dengan cara digergaji sedikit pada bagian atas kepala sejajar dengan kaki 123. tujuannya adalah untuk memutus jalur yang short. Cara kedua anda bisa dengan hanya memotong kaki no.1 dan no.3 saja, kaki no.2 biarkan terkoneksi pada pcb, karena itu adalah jalur ground. Maka tidak masalah jika dibiarkan saja. jadi tinggal koneksikan saja kaki basis tr regulator eksternal pada kaki no.1 di pcb. dan kemudian konek kaki Colector tr regulator eksternal pada kaki no.3 di pcb. untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambar dibawah ini. 


STRS 6707 merupakan ic regulator yang sangat populer, ic ini banyak diaplikasikan oleh pabrikan TV Goldstar ke semua tipe-tipe produknya dibandingkan dengan pabrikan merk lain yang menggunakan ic regulator yang sama. 

Kerusakan STRS 6707 beragam jenisnya, namun kerusakannya hampir 90% disebabkan oleh short-nya transistor power regulator yang sudah terintegrasi didalamnya. Kerusakan ini biasanya ditandai dengan putusnya R 39 ohm 7 Watt, atau bila R tidak putus maka listrik langsung anjlok. Untuk kerusakan lain biasanya pada adjustment yang kurang normal, ditandai dengan tegangan keluaran yang tidak stabil, atau tidak keluar tegangan sama sekali pada outputnya. Apa bisa diperbaiki? terus apa untungnya? sedangkan di toko2 juga banyak tersedia dengan harga yang relatif murah.

Memang ic ini banyak dipasaran dengan harga yang terjangkau, namun apabila kita bisa mengakali/memperbaiki tentunya biaya operasional pun akan berkurang, otomatis keuntungan kita semakin bertambah. STRS 6707 bisa di repair apabila kerusakan hanya short pada transistor power nya saja, untuk adjustment masih normal. Perlu diketahui dari 9 pin yang ada, untuk pin 1= COLECTOR, pin 2= EMITOR, pin 3= BASIS, untuk pin lainnya diabaikan saja karena kita hanya terfokus pada ketiga pin ini.

Proses perbaikannya sederhana sekali, konsepnya kita hanya mengganti transistor power yang sudah tertanam pada body STR dengan transistor power regulator dipasang terpisah diluar.


Pada gambar 1. Gergaji STR tepat pada garis cekungan diatas lurus dengan pin 1 dan 2. Ini bertujuan untuk memisahkan antara ( pin 1=colector) dengan (pin 2= emitor) agar tidak short/hubung singkat. Proses penggergajiannya sedikit demi sedikit dengan gergaji besi lalu diukur dengan multitester sampai pin1 dengan pin 2 tidak hubung.


Pada Gambar 2. Pasang Transistor power regulator diluar , bisa menggunakan D 1885, BUT 12A, atau lain sejenisnya, pada gambar saya menggunakan Tr. C5048. Gunakan Tr yang berkualitas biar hasilnya pun awet. Untuk pemasangan pin 1 STR diangkat atau bisa kita potong, pin yang lain masuk board, pin pada transistor pengganti disesuaikan letak pin antara B C E pada board. lihat gambar.


Pada Gambar 3. Kita pastikan pemasangan sudah benar, langsung di test apabila led menyala itu berarti regulator sudah bekerja, TV pun siap beraksi kembali.

Dari kedua cara diatas, menurut saya yang paling gampang adalah dengan cara cukup memotong kaki no.1 dan no.3 pada ic STR S6707 dan tidak perlu susah untuk menggergajinya he..he.. Jika dengan cara pemasangan transistor regulator eksternal, regulator tetap tidak bisa bekerja atau tetap mati, maka bisa dipastikan bagian oscilator ic STR S6707 juga sudah rusak. Maka piihan hanya tinggal dua yaitu dengan cara mengganti ic baru atau bisa juga kita modifikasi pakai gacun. Untuk cara modif pakai gacun caranya bisa anda baca disini. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.