Skip to main content

CARA MELEBARKAN VERTIKAL TV

Kebetulan pas lagi dapat kerjaan tv cina model lama dengan kerusakan beruntun kayak kereta api he..he.. Satu problem selesai muncul problem lainnya. Kayaknnya nih tv penyakitnya sudah komplikasi. Jadi rombongan rusaknya biar tambah pusing tukang servicenya. Yah itu sepenggal cerita yang kebetulan pernah saya alami dalam memperbaiki tv. Kerusakan bisa muncul yang lainnya setelah kerusakan satu terselesaikan. Bagaimana penyelesainnya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Setelah beberapa problem kerusakan sudah selesai diperbaiki. Ada satu problem lagi yang sebenarnya mudah jika kita bisa masuk service mode untuk settingnya. Yaitu problem gambar kurang lebar atas bawah. Jika kita bisa masuk service mode maka dapat disetting vertikal sizenya atau adjust VR vertikal size pada tv model lama.

Nah setelah bisa masuk service mode ternyata menu adjust vertikal sizenya tidak ada. Yang ada hanya menu adjust V linier dan V position. Dan juga tidak ada pengaturan VR untuk adjust vertikal sizenya. Gimana nih cara untuk melebarkan vertikal sizenya setelah dua cara itu tidak ada?

Setelah berkelana di google akhirnya ketemu solusinya. Berikut solusi yang bisa anda coba. Problem vertikal kurang penuh atas bawah atau terlalu lebar.

Mungkin Anda menjumpai kasus seperti berikut :

Raster vertikal tidak penuh atas-bawah
Atau terlalu lebar atas-bawah
Vertikal kurang center
Remote tidak tersedia
Atau tidak tahu cara buka service menu

Berikut solusi yang bisa anda lakukan.
Sediakan macam-macam resistor dengan nilai 1.0 – 1.2 – 1.5 – 1.8 – 2.0 – 2.2 – 2.7 – 3.0 – 3.3 – 3.9 – 4.7 – 5.0 – 6.8 – 8.2 – 10.0 ohm (ukuran 1watt). Masing-masing sediakan 2 atau 3 pcs.


Vertikal kurang lebar  
Gambar vertikal tidak penuh atas bawah. Coba satu demi satu dengan resistor tersebut diatas dengan cara memasang paralel pada R1,  mulai dari nilai yang terbesar (10.0 ohm). Jika masih kurang lebar selanjutnya secara bertahap diganti dengan nilai yang lebih kecil. Kadang untuk dapat memberikan ukuran vertikal yang pas – kami paralel 3 buah resistor atau seri paralel.

Vertikal terlalu lebar
Coba  R1 diganti dengan nilai yang lebih besar setingkat diatas nilai aslinya (misal aslinya 1.5 - maka coba ganti dengan nilai 1.8). Kalau masih terlalu lebar maka coba ganti dengan nilai diatasnya lagi. Kalau hasilnya ternyata malah kurang penuh, maka dapat dilakukan dengan cara memasang paralel resistor lainnya seperti pada problem vertikal kurang penuh.

Vertikal kurang center
Maka dapat dikoreksi dengan cara sebagai berikut. Sediakan macam-macam resistor dengan nilai 10 – 12 – 15 – 20 – 22 – 27 – 30 – 33 – 39 ohm (1 atau 2watt) – masing-masing cukup 1 pc saja. Coba pasang sebuah resistor antara  titik (sambungan R4-CL) dengan ground. Atau coba antara titik (sambungan R4-CL) dengan Vcc 12v (boleh juga dengan 25v). Untuk mendapatkan nilai yang pas mungkin bisa diseri 2 buah resistor. Kalau resistor terlalu panas – ganti dengan watt yang lebih besar.
 
CATATAN :
Cara ini hanya bisa dilakukan jika tidak terjadi cacat  V Linier.

Comments

  1. Mantep bang ilmunya.makin sukses ja ya amin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.