Skip to main content

CARA CEK REMOTE TV MENGGUNAKAN KAMERA HANDPHONE

Anda pasti pernah mengalami remote tv atau ac anda tiba-tiba tidak berfungsi? Dan pastinya semua cara sudah anda lakukan dari mengganti baterai baru atau sudah anda coba untuk memperbaikinya sendiri, tapi hasilnya remote masih tidak berfungsi. Jika kondisinya seperti itu pasti anda bingung, sebenarnya kerusakannya ada di remote controlnya atau kerusakan di tv atau acnya? Supaya anda tidak bingung, berikut cara mudah cek atau tes remote tv atau ac menggunakan kamera handphone.

Cara ini terbilang cukup mudah, karena hanya membutuhkan perangkat kamera hp. Pastinya anda semua mempunyai alat yang satu itu. Jenis kamera hpnya pun juga sembarang, yang penting bisa buat foto. Jadi anda bisa melakukan pengecekan atau pengetesan remote tv dimana pun anda berada, asalkan anda membawa hp kamera. Disaat darurat cara ini bisa anda lakukan untuk mengetahui dan memastikan kondisi remote tv atau ac anda masih berfungsi atau tidak?

Mengapa kok menggunakan kamera hp? Karena sinar infrared atau infra merah dari remote tv tidak bisa dilihat oleh kasat mata. Dengan bantuan kamera hp ini sinar infrared dapat ditangkap dan dilihat dengan sangat jelas oleh mata. Sehingga memudahkan kita mengetahui kondisi remote itu berfungsi atau rusak? Hampir semua jenis remote mulai remote tv, ac, kipas angin, tape radio, vcd, dvd player, mp3 player, dan semua perangkat yang menggunakan remote control bisa anda cek dan test menggunakan cara ini. Berikut langkah pengetesannya.

Pertama anda siapkan dahulu handphone anda, kemudian nyalakan kamera hpnya. Posisikan lampu infrared remote tepat di kamera hp. Untuk lebih jelasnya lihat gambar.

Kedua, jika posisi remote sudah sejajar seperti itu, meskipun tidak sejajar tidak masalah asalkan lampu infrared bisa anda lihat di kamera hp. Kemudian coba anda tekan tombol keypad remote sembarang sambil melihat kamera hp. Jika terlihat kilatan cahaya dari lampu infrared remote berarti kondisi remote normal. Jika tidak terlihat kilatan cahaya sama sekali dari lampu infrared, maka bisa dipastikan remote anda bermasalah. Bisa karena memang baterai remote habis, lampu infrared rusak atau solderan kendor, ada komponen yang terlepas solderannya, jalur remote ada yang putus, kristal rusak, atau kemungkinan terakhir ic control remote rusak. Jika ic control rusak jelas tidak bisa diperbaiki.

Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambar dibawah ini. Terlihat kilatan cahaya dari lampu infrared remote. Berarti kondisi remote seperti itu dalam kondisi baik. Cara ini bisa anda lakukan untuk mengecek beberapa tombol keypad remote yang mungkin ada yang tidak berfungsi.

Jika anda dalam bepergian atau dirumah saudara atau teman yang kebetulan remote tvnya bermasalah, anda bisa mengeceknya sendiri menggunakan kamera hp. Pastinya teman atau saudara anda akan heran caranya kok seperti itu? he...he...he... Siapa dulu mbah google. Bagi yang sudah tahu caranya pasti sudah biasa dan tidak heran dengan cara ini. Tapi masih banyak kok yang belum tahu tips dan tricks cara cek remote tv ini menggunakan kamera hp. Mudah-mudahan anda bisa mempraktekkan cara mudah dan sederhana ini sehingga dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.