Sunday, March 12, 2017

CARA MEMBAGI OUTPUT MIXER MENJADI 3 OUTPUT

Artikel ringan seputar mixer audio. Sudah lama sebenarnya, ada komentar blog yang masuk menanyakan bagaimana membagi output mixer menjadi 3 output atau lebih. Apakah dibutuhkan rangkaian lagi? Caranya bagaimana? Sebenarnya banyak cara untuk membagi out mixer menjadi tiga, kali ini akan saya buat cara menurut saya mudah, yaitu menggunakan kit master yang banyak dijual di pasaran. Master termasuk golongan Preamp penguat yang bisa difungsikan sebagai penguat sinyal dan juga  bisa difungsikan sebagai pembagi sinyal. Simak lebih lanjut.

Saya kemarin berpikir ingin membuatnya menggunakan ic opamp TL074 sebagai pembagi outputnya, tapi gak jadi, karena butuh waktu untuk merakitnya, akhirnya kenapa tidak berpikir menggunakan kit rangkaian jadi saja, tinggal pakai? Akhirnya pilihan jatuh menggunakan kit master yang biasa dipakai di mixer, cuma kali ini kita fungsikan sebagai pembagi output. Kunci dasarnya sebenarnya ada pada resistor pembaginya. Dari situ sebenarnya anda sudah bisa membagi output mixer menjadi 3 output, tapi anda tidak bisa mengatur sendiri-sendiri outputnya. Maka dibutuhkan penguat preamp untuk bisa memaksimalkan output sehingga dapat diatur sendiri-sendiri dengan volume sendiri. Pada master satu potensio kan ada satu potensio yang berfungsi sebagai pengatur besar kecilnya suara, maka kita gunakan potensio ini untuk mengatur setiap output secara terpisah dan tidak berpengaruh pada output lainnya.

Saya tidak menyertakan skema preampnya, tapi lebih ke koneksi rangkaiannya. Untuk rangkaian master anda bisa beli jadi dan tinggal rakit sesuai koneksi di bawah ini atau merangkai sendiri. 


Untuk nilai resistor pembagi anda bisa mengaturnya sendiri-sendiri dengan merubah nilai resistor 100K menjadi lebih kecil atau lebih besar. Jika hasil suara kurang keras, maka nilai R 100K bisa dirubah pakai R dengan nilai yang lebih kecil, misal R 82K, 56K, 47K, 33K, 22K, 10K, setting sendiri sesuai selera. Jika suara yang dihasilkan terlalu keras atau over, maka nilai R 100K bisa diperbesar, misal pakai R 120K, 150K, 220K, 330K, setting sendiri sesuai selera. Atau dengan cara modifikasi kit masternya, Dengan menurunkan R gain penguat op ampnya, atau dengan merubah nilai R input masternya jadi lebih besar, jika dirasa hasil suara masih terlalu keras.

Untuk koneksi diatas adalah input master pembagi diambilkan dari output main R L mixer langsung ke rangkaian pembagi output diatas. Jika anda menggunakan mixer console yang sudah jadi atau built up, yang tidak memungkinkan untuk memasang alat ini didalam box mixernya. Tapi jika anda menggunakan mixer rakitan, maka rangkaian master ini dapat digabung atau diparalel langsung dengan master yang ada didalam mixer. Supaya lebih praktis.

Untuk koneksi, anda bisa memasangnya langsung didalam mixer diparalel dengan master yang ada didalam mixer. Caranya semua out channel mixer langsung konek ke master pembagi outputnya. Tetap gunakan R penahan input, untuk pembagi dan menyetel besar kecilnya suara yang masuk. Nanti hasil suara akan terdengar lebih keras, karena penguatan ic opamp masternya. Ubah nilai resistor penahan input untuk menyetel besar kecilnya suara, agar suara lebih pas dan sama, antara sebelum dan sesudah penguatan, maka cari nilai R yang lebih sesuai. Atau mungkin anda butuh penguatan sinyal suara, maka cari nilai R yang sesuai juga. Anda juga bisa menambah output lebih dari 3 dengan cara menambah lagi kit masternya menjadi 4 atau lebih, untuk koneksi sama dan tinggal paralel saja. Semoga bermanfaat.

148 comments:

  1. Sore mas Bahar, mau nanya mas,untuk power amplifier KL kita nyalakan langsung dengan AUDIO(DVD) itu suara terdengar lantang,jadi bass,treble,vocal terdengar rata,kira* ada caranya gk z mas agar suara vocal bisa berkurang/redam tanpa mengurangi suara bass n treble,mngkin ada beberapa komponen Dr kit yg diganti atau gmn mas,kit driver blazer 500w, matur suwun mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kit power gak perlu dirubah mas. Untuk bisa meredam suara vokal adalah dengan mengurangi nada midlenya. Nah untuk hasil yang bagus adalah dengan menggunakan EQUALIZER. Jadi anda bisa mengatur nada mana yang harus diturunkan dengan lebih detail, tanpa mengurangi nada bass dan treblenya. Atau pakai PARAMETRIK, ini lebih bagus dari tone control, karena setelan bass, midle, treble nya berdiri sendiri dan terpisah. Jadi jika anda mengatur nada midle, maka nada bass dan treble tetap tidak akan berpengaruh. Jadi pilih salah satu pengatur diatas, Equalizer atau parametrik? Kalau ingin suara lebih detail, maka pakai Equalizer. Kalau ingin praktis, mudah, gak banyak pengaturan, maka pakai parametrik, karena hanya ada pengaturan Bass, midle, treble, frekuensi bass, frekuensi midle. Fungsinya sama dengan Equalizer, cuma beda di pengaturannya saja.

      Delete
  2. Mass cara merakit mixer 3 chanel piye??
    Pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya ada disini.
      http://bahar-electronic.blogspot.co.id/2016/10/cara-merakit-mixer-audio-sound-system.html?m=1

      Delete
    2. Mas bahar kemaren saya coba rangkai mixer 2 chanel tapi ko' gak bisa bunyi ya, kemudian saya coba kit master mixernya saya putus tegangan 12v baru bisa bunyi. Pertanyaannya kenapa bisa gitu ya tanpa tegan ko' malah bunyi.

      Delete
  3. Sore mas,speaker aktip kl inpt di conek dengan out tv keluar dengung, tp kl speaker trsbut ke HP/ DVD gk malah,itu kenapa z mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau konek ke tv, itu di tvnya pakai socket yang Line Out, bukan Line In, anda cek lagi. Kalau dikonek socket line in tv, jelas dengung mas. Yang betul adalah konek ke socket line out tv. Kalau gak ada socket line outnya, berarti gak bisa dikonek ke speaker aktif. Jadi lihat tulisan di socket tvnya, apakah benar sudah pakai line out? Jangan-jangan pakai yang line in he..he.. Jadi gak bunyi.

      Delete
  4. Mas Bahar Ki kepripun to,input speaker aktip, konek ke output dari TV, Kn pertanyaanku jelas GT mas hehe,itu suara bunyi normal cm ada campuran dengung meski volume nol,tp kl tak ganti HP/DVD dengung hilang SM sekali, GT mas Bahar,pencerahannya ditunggu ditunggu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kabel RCAnya yang bermasalah mas, coba ganti baru.

      Delete
  5. Satu lagi mas,pada amlifier JAC AC yg ke stopkontak pLN itu kok KL dicolokin keluar dengung z,trs tk coba dibalik dengung hilang,padahal itu Kn arus AC(bolak balik) knpa bisa begitu z mas,,? Suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sendiri juga pernah kayak gitu. Dan belum ketemu penyakitnya. Pernah saya ganti trafo, dapat hilang, tapi penyebab pastinya, saya belum tahu.

      Delete
  6. berjumpa lgi mas bahar hehe mau tanya cara untuk menyeimbangkan bias gmna? msalahnya tr final panas sebelah tpi klau msalah suara dah joss
    di drivernya gak ada trimpot biasnya
    dtunggu mas power namec rakitan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Power namec, pernah dengar di blog sebelah he..he.. Tapi kurang paham, cara kerjanya mas. Jadi belum bisa kasih solusi. Kalau suara sudah jooss, gak perlu dirubah lagi mas.

      Delete
  7. salam mas bahar numpang tanya mas saya punya kit 1200 wat DTK mono dan trafo 10a dan dioda 70a+elco 100v 15000uf kira2 berapa set TR sankin nya mas rencana mau pakai 2sa1295 & 2sc3264 makasih sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas bhr sy mw tany,sy pasang master mixer out mastr sy konek d in power,in master ke out mixer hasil timbul nois treeeetttt gt mas, tp klo out mastr d konek ke in tc dan in mster buat dvd suara brsih tnp nois tu gmn mas bhr?

      Delete
    2. Mungkin ground belum terkonek mas. Harusnya bagus tanpa noise.

      Delete
  8. berarti 12 bgi ya mas apa mampu mas trafo nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaitu trafonya 10A kurang sebenarnya mas. Minimal 15A kalau untuk power diatas 1000w. Dipakai gak apa-apa mas, mungkin sedikit ngedrop, pada saat beban penuh dan vol tinggi.

      Delete
  9. klo out master d konek ke in mixer dan in master buat dvd/mp3 itu bersih, tp instalasi sprti itu ap dh bnr mas bhr? Krn klo vol mster arah 12 suara bass pecah, tp klo pemasangan out mster taruh d in power hasil suara bagus bass gk pecah mski higt vol, ground dh d konek smpurna mas bhar....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang benar adalah out mixer masuk in master, kemudian out master masuk in power. Apakah sudah pakai 7815/7915 mas untuk supplynya. Jadi ground mixer, ground master, dan ground Power dijadikan satu. Atau coba pakai master lain mas.

      Delete
  10. Kalo 7815 7915 lom pke mas, lgsung dr elco PSU, apa suplaynya lgsung dr elco trlalu ksar y mas? jd untuk mghluskan hrus pake 7815 td y mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya sih gak mas. Cuma lebih baik dikasih 7815/7915 untuk supplynya, agar tegangan lebih bersih dan stabil. Coba saja mas, siapa tahu problemnya dari itu.

      Delete
  11. Ok mas tk coba dulu mksih masuknnya....

    ReplyDelete
  12. mas share dong skema pnyambungan efek mixer luar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya update disini mas. Gambar koneksi paling bawah.
      http://bahar-electronic.blogspot.co.id/2016/10/cara-merakit-mixer-audio-sound-system.html?m=1

      Delete
  13. Tnya lg mas bhar, driver safari agar kuat d suplay 45v dr travo komponen ap ja yg hrus d rubah nilainya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti supply semua elco dengan elco 100v. Tr driver ganti dengan MJE340/350. Menurut saya hanya itu mas.

      Delete
  14. Untuk R ny gmn mas ap d biarin standart gt tnp mrubah nilai ny,atau emg dh d seting mmpu d suplay 45 volt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di biarin standart. Paling yang perlu diganti R 2watt adalah R supply penguat awal. Tapi dibiarin gak apa-apa. Kalau di power ocl, R 100 ohm ganti 100 ohm/2w.

      Delete
  15. ok dimengerti klau pkai efek luar, efek di dalam mixer tetap dpasang atau dilepas mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah pakai efek diluar, sebaiknya efek didalam mixer dilepas saja mas. Agar tidak terjadi tabrakan effect, nanti suaranya jadi gak karuan. Jadi pasang effect diluar, efek didalam mixer dilepas.

      Delete
  16. klau dparalel efek dlm dan luar apa bsa tabrakan jg

    niru mixer buil up hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tabrakan mas, efeknya bunyi bareng. Kecuali anda pasang potensio sendiri-sendiri untuk output effectnya, sehingga dapat diatur bunyi salah satu atau bunyi keduanya, dengan pengaturan level sendiri-sendiri. Yah itu menurut saya mas he..he..

      Delete
  17. ok mas klau mixer toko kok di dalam ada efeknya trus diluar ada send returnnya?

    gmna prinsipnya itu dengan 2 efek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja mas. Tinggal paralel saja. Insyaalloh kalau ada waktu akan saya update gambar koneksinya.

      Delete
  18. Replies
    1. Sudah saya update mas. Untuk gambar koneksi jalur effect luar yaitu penambahan jalur SEND dan RETURN. Monggo dilihat kembali posting saya cara merakit mixer, sudah saya tambahkan gambarnya disana. Semoga bermanfaat.

      Delete
  19. mas mixer saya tanpa input
    master L R saya bka kok dngung ya

    solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu normal mas. Memang kalau tanpa input semua mixer pasti dengung. Karena input ngowos he..he.. Harus diberi input mas.

      Delete
  20. klau dberi input suara campur dengung mas jadi gak bersih solusinya mas

    akhirnya saya play musik pkai monitor saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok aneh ya. Coba cek lagi rankaiannya mas, mungkin masih ada yang salah. Coba lepas master, kemudian out coba langsung dari kit mixer tanpa master.

      Delete
  21. suara normal mas

    apa masternya yg bermasalah pdahal baru lo

    pusingggg hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba saja ganti masternya mas. Atau kalau perlu cari model lain. Master 3 pot atau yang lain.

      Delete
  22. Malam saya punya power big bombers11 400 wat yang transistor TIP kayaknya bas kurang nendang..... Ya saya rakit sendiri walau saya cuma bisa2an aja namanya pingin bisa......yang mau saya tanyakan apakah transistor TIP bawaan power ini bisa di ganti ama yang sanken
    Dan apa harus ada komponen tambahan ya
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tinggal ganti saja. Tidak ada tambahan komponen, tetap.

      Delete
  23. Mas izin nanya. Kalo pasang vu meter itu dihubungkan dengan out dari master mixernya langsung atau gimana ya ? Mohon pencerahannya yaa. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas. Disambung di out master mixer langsung. Tapi gak bisa langsung dipasang begitu saja, harus ada tambahan rangkaian untuk penggerak vu meternya. Kalau dipasang langsung, gak bisa mas. Untuk rangkaiannya insyaalloh kalau ada waktu akan saya posting.

      Delete
  24. Berarti gantinya garus 4 pasang juga ya mas...trus masangnya gimana ya ini kan TIP no serinya beda 2955 ama 3055

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul harus ganti 4 pasang juga. Untuk TIP2955 ganti dengan Sanken 2SA1216. Untuk TIP3055 ganti dengan Sanken 2SC2922. Jangan sampai terbalik ya he..he.. Untuk posisi kaki Sanken sama dengan TIP yaitu B C E.

      Delete
  25. Ok terima kasih mas besok saya coba dulu mudah2an sukses

    ReplyDelete
  26. Terima kasih mas bahar saya berhasil sekarang power saya mantap....ternyata menyenangkan kalo bikin sendiri awalnya saya ga yakin bisa mas.....maklum saya sebetulnya ga ngerti elektronik sama sekali.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman adalah guru yang berharga he..he.. Semoga bermanfaat.

      Delete
  27. Amiiiiin betul mas tp harus di bekali dengan keseriusan keyakinan kegigihan dan yang paling penting tidak takut kegagalan he he he karna saya sendiri gagal beberapa kali tp terus mencoba dan mencoba trims.......

    ReplyDelete
  28. Ada lagi mas klo power 400 wat trafonya harus berapa amper ya......yg keluarnya berapa volt....punya saya ini pakai 5 amper biasa keluarnya 32 volt kayaknya se kurang mas.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya lihat beban speakernya dulu mas. Kalau speakernya sedikit, ya gak perlu trafo besar. Tapi memang minimal 10A biasa dengan tegangan 32vct.

      Delete
  29. Saya cuma pakai speaker dua 12" kok mas
    Lha cuma buat denger2an di rumah jd ga perlu banyak2....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sih gak masalah pakai 5A untuk beban speaker 2x12", sudah cukup mas.

      Delete
  30. mas bahar,saya mau nanya lagi.jika kurang peka ,nilai R saya pake 47k saya kurangin jadi 22k yang dari out put mixer,apakah yang dari output echo dtk juga harus dikurangin,atau kah tetap saja 47k.

    terus ini mas,kit echo dtk kan 2pot,reverb + speed.jika mau kasih pot buat level/volume dtk harus dipasang di in atau dioutput nya.
    pakai pot setereo atau mono,dan jika dipasang dioutput apakah harus tambah R lagi biar tidak bertabrakan sama output mixer chanel.
    trimasih mas .mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar seimbang, maka out dari echo juga diganti dengan R 22K.

      Harus dipasang di out echonya. Pakai potensio mono. Betul mas, tetap harus dipasang R nya supaya tidak bertabrakan dengan out mixernya. Pasang R nya setelah out dari potensio level.

      Delete
  31. oke sip,mudah dimengerti.trimakasih mas bahar.
    kalau dirasa kurang peka buat mic,bisakah merubah R gain,diinput preamp mixer awal penguatannya mas.di R gain nya,atau di R input yang terhung ke ground mas yang disesudah kapasitor input mixer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dulu dengan merubah R di input yang terhubung dengan ground, dengan nilai yang lebih besar. Jika masih kurang peka, maka baru merubah R gain di ic op amp nya.

      Delete
  32. mas mas misi mau tanya 3 oput mixer tu masternya itu dikasih daya gak apa langsung gtu..mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dikasih tegangan mas. Sama seperti kita masang master di mixer. Kalau masternya gak dikasih tegangan, gak bisa bunyi mas he..he..

      Delete
  33. mas nak ocl 150, 5 amper jumbo, dioda 5 amper sisir, trus elko 10000 mfd, kok trefo, dioda, jengkolane do panas, suarane cilik. piye mas solusine

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Trafo dan diode panas, berarti ada yang konslet. Bisa dari tegangan supply terbalik, atau salah satu dari tr jengkol ada yang short atau konslet. Silahkan anda cek dulu satu persatu jengkolnya, mungkin salah satu ada yang rusak.

      Delete
  34. Assallamualaikum, Mas Bahar ngapunten tanya, solusi tone control suara treble pecah itu apa mas? Matursuwun. Wassalamualaikum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. He..he.. Kok bisa pecah pak? Anda pakai tone control model apa? Pakai tr atau ic seri berapa? Aksesoris pendukungnya apa saja pak? Urutan pemasangannya bagaimana?

      Biasanya treble pecah disebabkan over nada tinggi, bisa karena tone controlnya terlalu over treble atau karena kesalahan pemasangan urutan audio prosesingnya. Misal galaxi-tone control-power. Jika posisi galaxi dibalik menjadi tone control-galaxi-power juga bisa menyebabkan treble pecah. Satu lagi, bisa juga dari powernya, tapi jarang. Biasanya dengan melakukan perbaikan di audio prosesingnya, masalah sudah dapat teratasi. Jadi kuncinya ada di tone control dan alat pendukungnya dan urutan pemasangannya.

      Delete
  35. nggih mas bahar, panjenengan pancen o-yei luar biasa he he he he. ceritanya saya otak atik daripada nganggur beli dua master mixer 3 potensio ( vol, bass, treb ) pakai ic 4558. ic nya sy ganti ic 5532 yang Asli ( @ Rp.25.000 ). lalu sy rakit ada dua kit master mixer = L dan R. ditambah galaxy ic 4558, ic nya juga tak ganti 5532 original. susunan koneksinya : VCD ke Galaxy ke kit mixer 3 potensio lalu masuk PA. masalahnya kenapa suaranya agak pecah? khususnya nada treblenya mas, Matursuwun nyuwun tulung dibantu mas. suwun ngapunten

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah... Sudah ketemu itu problemnya he..he.. Makanya setiap rekan ada yang bertanya, mesti saya tanya, tone controlnya apa? Pendukungnya apa? Ketahuan deh he..he.. Untuk problem suara treble pecah, itu karena kit mixer 3 pot nya pak. Kit mixer 3 pot itu cocoknya buat penguat akhir mixer. Karena gain dari kit mixer 3 pot itu besar, sehingga suara akan terdengar sedikit pecah dan treble pecah. Ditambah lagi dengan galaxi, wes sudah cocok pakai telor pak he..he.. Gak bakalan bagus suaranya pak he..he.. Karena dari galaxi sendiri sudah over, ditambah masuk kit mixer, tambah over. Jadi kesimpulannya adalah itu karena tone controlnya gak cocok pak. Terus solusinya bagaimana? Kita cek satu persatu he..he.. Pertama coba lepas galaxi. Atau dengan ganti tone controlnya. Kalau di modif bisa dengan menurunkan gain inputnya.

      Delete
  36. Usia boleh tua, tapi semangat belajarnya masih tinggi mas, biar pinter seperti sampean he he he he....

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he.. Gak juga pak. Hanya ilmu coba-coba saja pak he..he..

      Delete
  37. Nggih Mas Bahar, Alhamdulillah pencerahan dari sampean tambahan ilmu yg luar biasa untuk saya. Matur suwun mas, salam sukses untuk mas Bahar beserta keluarga Aamin.

    ReplyDelete
  38. Mas Bahar ngapunten yg dimaksutkan menurunkan gain input itu bagaimana ya mas, sy belum paham. Matursuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap tone control kan punya karakter dan tingkat kepekaan input berbeda beda, nah disinilah kita harus bisa memilih tone control yang tepat. Maksudnya adalah disesuaikan dengan fungsinya untuk apa? Jika fungsinya untuk penguat mic atau mixer, maka dibutuhkan gain yang besar dan kuat, untuk mendorong suara lebih keluar. Nah disini tone control dengan gain besar tidak cocok digabung dengan galaxi, turbo bass, dll. Karena terlalu besar gain. Yang cocok adalah pakai tone control biasa, bukan untuk mixer, biasanya gainnya rendah, maka cocok digabung dengan galaxi dll. Jadi perbedaannya ada di gain inputnya atau tingkat kepekaan inputnya. Cara termudah untuk menurunkan gain input adalah dengan menambahkan Resistor pada inputnya, yang berfungsi sebagai penahan suara. Nilai resistor bisa disesuaikan sesuai kebutuhan, sampai ditemukan suara yang tidak pecah. Bisa pakai R antara 10K-100K. Jadi silahkan dicoba dengan memberikan R pada input kit mixer.

      Delete
  39. Alhamdulillah, nggih Mas Bahar matursuwun sanget pencerahan ilmunya sangat rinci sekali. Terimakasih mas. Salam sukses semoga mas dan keluarga selalu sehat dan banyak rezekinya. Aamin YRA.

    ReplyDelete
  40. O, nggih mas ngapunten tanya satu lagi, jangan bosen bosen ya mas punya murid seperti sy he he he... MAS Bahar PA sy stereo 300 watt/ chanel menjadi 600 watt, sperti umumnya PA rakitan outputnya 8 ohm sy punya 6 speaker 12" ACR black kapasitas tertulis 500 watt / speaker. Akan sy pasang 3 speaker tiap chanelnya. Pertanyaanya : bagaimana cara penyambungan speaker yg benar / tepat dgn hasil suara yg mantap maksimal dan tidak beresiko pada speaker maupun PA nya. Matursuwun mas jangan bosen bosen pingin pinter seperti panjenengan he he he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari 6 speaker tersebut sama jenis dan modelnya, maka bisa dihubung seri semua. Jadi channel R dengan 3 spk dihubung seri semua, untuk channel L dengan 3 spk dihubung seri semua. Jika ada salah satu atau beberapa speakernya beda jenis dan model, maka Lebih baik diparalel semua. Karena jika diseri, suara jadi tidak imbang.

      Delete
  41. nggih mas Bahar, berarti per chanel 3 speaker @ 500 watt,disambung secara seri total 1500 watt. PA hanya 300 watt apakah bisa maksimal ya mas? untuk PA nya apa gak papa ta? matursuwun ngapunten ngrepoti panjenengan ben ketularan pinter he he he....ngapunten

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah, memang harus seperti itu. Watt speaker harus lebih besar dari watt power. Nanti dicoba dulu diseri, jika nanti hasil suara terlalu berat, berarti power gak kuat. Jadi supaya power 300w ini mampu menghandel 3 speaker 500w, maka dihubung paralel semua, agar suara dapat terangkat.

      Delete
  42. Nggih Mas Bahar trimakasih share ilmunya. Salam sukses selalu.

    ReplyDelete
  43. Assalamualaikum, ngapunten mas Bahar tanya diluar tema jauh he he.. Bagaimana cara bikin PCB pakai transfer strika yg praktis gak ribet tapi hasil maksimal, krn sy nyoba print laserjet dikertas photo lalu distrika -+ 5 menit, stelah kertas dilepas kadang ada yg tdk lengket atau mrotol. Trimakasih Mas. Wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. He..he..teringat waktu dulu coba-coba transfer layout ke pcb menggunakan kertas yang difotocopy. Awal memang sering protol he..he.. Tapi kalau sudah biasa bisa bagus. Intinya harus sabar, pada saat narik kertas pelan-pelan saja pak, seterikanya yang agak lama, dengan panas yang cukup. Jika masih protol, berarti kurang lama nyetrikanya dan kurang panas he..he.. Selamat mencoba pak he..he..

      Delete
  44. Nggih Mas Bahar, matursuwun share ilmunya, sukses selalu mas.

    ReplyDelete
  45. Assalamualaikum, ngapunten Mas bahar tanya lagi maaf banyak tanya ngrepoti he he... Mas VCD player suaranya agak pecah itu apanya ya mas? Klu gambar gak ada masalah. Matursuwun. Wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Mungkin volume vcd nya terlalu mentok pak. Coba dikecilkan volume vcdnya. Biasanya default volume vcd langsung pada posisi mentok.

      Delete
  46. Assalamualaikum, ngapunten Mas Bahar tanya solusi agar suara jernih atau cling itu bagaimana ya mas? ditambahi komponen apa pada TC nya atau PA nya? sokalnya kalau sy ndengarkan music dari VCD player kok spertinya ada suaranya agak pecah sedikit. walaupun tidak terlalu kentara. tapi kalau gak cling ada kurang puas rasanya he he he. susunan perangkat = VCD player ke galaxy ( pakai satu ic NE 5532 asli ) lalu ke TC ( pakai 2 ic NE5532 original ) lalu PA. kadang sy melihat kit TC ada kapasitor warna kuning besar ukuran 2.2uf, 250 volt dipasang di input TC itu fungsinya untuk apa ya mas? apa itu agar bisa bersih suaranya? Matursuwun Mas Bahar mohon pencerahannya. Wassalamualaikum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Cling atau tidak suara tergantung dari pemilihan jenis tone control dan aksesoris lainnya. Ada banyak jenis tone control yang mempunyai karakter masing-masing. Disini sebenarnya sudah terjawab, bahwa pemilihan komponen yang baik pun, belum bisa menghasilkan suara yang maksimal, tanpa didukung rangkaian tc yang tepat. Kalau saya pribadi pak, mending mencoba beberapa model tc yang lain. Kalau modif bisa, tapi harus langsung praktek, gak bisa di omongkan lewat tulisan he..he.. Karena berhubungan dengan posisi komponen dan jenis sistem rangkaian yang dipakai, harus dipahami dulu, baru dilakukan modifikasi. Ini pengalaman pribadi saya, pernah saya merakit sebuat power dengan hanya pakai TC saja, tapi suaranya sudah sangat halus dan jernih. Berarti ini dari rangkaian tc nya yang bagus. Jadi kesimpulannya gak ada tambahan apa-apa untuk membuat suara jadi cling dan jernih, selain pemilihan tc yang sesuai. Disini perlu adanya percobaan.

      Elco kuning besar, itu jenis elco MKP. Itu sudah mengarah ke Audiophile. Fungsinya untuk memfilter suara input jadi lebih jernih dan nyata he..he.. Lebih real katanya.

      Delete
  47. nggih Mas Bahar panjenengan memang pancen ooo'yeiiii he he he...klu boleh tau yg pernah sampean rakit itu pakai TC model apa atau merk apa mas? pakai tr atau ic? sebelumnya matursuwun pencerahan ilmunya mas smoga sukses dan lancar smua urusan Aamin YRA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalahnya gak ada merek dan tipenya pak. Saya kebetulan dapat dari teman, disuruh perbaiki, karena powernya rusak. Nah saya lihat tc nya kecil mono, pakai 2 transistor. Yang saya heran pas saya coba tc ini, suaranya kok halus benar, padahal pakai transistor. Kemudian saya cari tc ini di toko elektronik, gak menemukan model yang kayak itu. Saya sendiri sampai saat ini masih memburu tc model itu, belum ketemu, dan masih penasaran, kok bisa tc transistor sesimple itu bisa menghasilkan suara sehalus itu he..he.. Mengalahkan suaranya tc yang pakai op amp ic.

      Delete
  48. he he he.....nggih Mas Bahar nanti kalau sy ke ps.genteng coba tak cari cari jenis tc yg sampean sebutkan. nanti kalau ada sy beli 4 ( modul mono ) sy pakai dua ( stereo ) dua lagi nanti tak kasikkan sampean klu sampean mau ke sidoarjo ben tambah seduluran he he he...serius mas monggo. matursuwun

    ReplyDelete
  49. serius mas Bahar monggo mampir nang darjo, Perum Bluru Permai CG/24, nomer HP+WA 0821 4325 3567. kalau lewat darjo monggo ngebel atau WA dulu. ben sy ketularan pinter he he he... matursuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggih pak. Matursuwon. No telp sudah saya save. Insyaalloh Nanti kalau pas ada garapan di sidoarjo, saya mampir.

      Delete
  50. nggih mas, by the way mas Bahar ini bergerak dibidang teknisi electro atau sound enginer freelance ta ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he.. Cuma bantu teman saja pak. Bukan seorang Soundman he..he..

      Delete
  51. Mas Bahar ngapunten tanya kalau di input PA dikasik turbo bass itu apakah bagus hasilnya ya? Bukankah pemasangan turbo bass atau galaxy dipasang sebelum TC. Matursuwun ngapunten.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya pak. Turbo bass memang enak suaranya jika dipasang sebelum atau sesudah TC. Tapi kelemahan dari turbo bass adalah tidak tahan dengan volume tinggi, suaranya akan pecah. Karakter ini yang tidak sesuai jika di aplikasikan untuk sound outdoor. Tapi jika dipakai dengan setelan volume sedang, turbo bass cocok. Jadi tidak masalah pak, jika turbo bass dipasang di input PA, walaupun setelah TC.

      Delete
  52. O, nggih mas Bahar, panjenengan pancen o'yei he he he.... Matursuwun share ilmunya. Sukses selalu lancar semuanya mas. Aamiin.

    ReplyDelete
  53. Kang bahar persaman ic jrc4558D.buat bassnya bulat..

    ReplyDelete
  54. Misi kang bahar mu nya klw persaman ic jrc4558D buat bassnya bulat ic tipe apa ya..buat tone kintrol prametrik merek valatinum dms..maksai kang.......

    ReplyDelete
  55. Oh..makasi..kang bahar....sehat slalu....

    ReplyDelete
  56. Mas saya baru beli 3 chanel mikser dg 2 buah master 4 potensio, satu merk raja dan satunya merk bushkit. Pertanyaanya, kok kedua master ini gk sama ya suaranya, merk radja lebih keras dan mantab padahal tak lihat semua komponen sama, dan yg gk sama q samakan, tp ttp aja masih enak yg radja. Tolong di reply mas bahar, terimakasih. Mf pemula,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin masih ada yang gak sama. Mungkin ic, R, elco, milar, atau ukuran potensionya? Cek juga jalurnya, apakah sama persis?

      Delete
  57. Sdh sya cek sama mas komponenya, klo dari layout mmg gk sama mas antara bushkit dan radja, tp jk di dilihat dan dihitung jumlah kompenen sama mas.
    Trus mau tnya lagi mas, saya baru bkin power yiroshi mono dg 3 set sanken 5dy dan satunya power safari 400w dg 3 set toshiba, saya mnggunakan travo belt 10A ct 45 dg 4 buah elko 10000/100v. Dg spek itu kira2 kuat gk ngangkat spk 2x15" dan 4x12".
    Makasi bnyak atas responya mas,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin memang gak sama mas kedua master tersebut. Beli tipe yang sama saja mas. Masih kuat.

      Delete
  58. Makasih mas, klo misalnya power yiroshinya ditambah sanken 2 set jadi 5 set, apakah travonya masi mampu mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih mampu, tapi pakai 3 set sanken saja sudah cukup mas.

      Delete
  59. Iya mas bahar. Rencana mau angkat 2x 15" untuk power yiroshi, dan 4x12" untuk power safari. Apakah travo 10a ct 45 masih kuat mas... mgkin Ada saran mas cara supaya power kuat angkat 2ohm...
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih kuat untuk beban tersebut mas.

      Delete
  60. Assalamualaikum mas bahar, mau tanya sy beli kit reverb 5 ic dua pot trdiri volume mic dan gain ja,trus cr bikin volum trsndri untuk efekx gmn mas bahar?agar bs d atur pnjang pndek efek gema x..mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa mas. Itu sudah bawaan dari ic nya. Bisa dilakukan Untuk menyetel panjang pendek gema, tapi harus perombakan komponen di 5 ic tersebut. Atau perubahan nilai R disetiap ic. Kalau anda maunya bisa disetel dengan hanya 1 potensio saja, saya belum coba, mungkin bisa kalau dilihat jalurnya.

      Delete
  61. Klo d gbung sm kit mixer 7 pot urutannya gmn mas,d kit mixer kn ada tulisan efek, yg masuk in master duluan out reverb ato out mixer mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Digabung keduanya pakai R 10K, kemudian masuk in master.

      Delete
  62. Trus yg masuk efek d kit mixer in reverb y mas? Trus fungsi potensio efek d kit mixer untk ap mas? Kit reverb sy kn sdh ada pot gain sm vol mic x? Mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Ya betul mas. Untuk mengatur besar kecilnya sinyal suara per channel mixer yang akan masuk ke reverb. Pot gain pada reverb beda fungsinya dengan efek di mixer. Jadi harus seimbang.

      Delete
  63. Salam kenal mas bahar....
    Saya pnya home theater 5.1 tp dvd rusak jadi saya pengin pake subwoofer+5 speaker ny saja,tu kan input audio nya 5.1 chanel,kalau mau saya kasih input stereo biasa adakah rangkain simple ny?tnpa rangkain decoder 5.1 atau pre amp lain ny...misal dibagi pakai resistor yg dicabangkan¿
    Makasih sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tujuannya hanya ingin agar bisa bunyi di semua speakernya, maka bisa diparalel menggunakan Resistor. Tapi kalau ingin menjadi proses 5.1 channel, maka harus pakai rangkaian matrik, atau rangkaian yang merubah stereo menjadi 5.1 channel. Tapi hasil converting tersebut tidak sebagus hasil 5.1 channel bawaan DVD.

      Delete
    2. Mas bahar
      Kalau out master mixer ke tone control dulu baru ke power, bisa gak?

      Delete
  64. ass, pak mau nanya nih, untuk menambahkan input audio pada mixer rakitan gimana caranya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mixernya itu berapa channel? Ya tinggal konek saja ke channel yang gak kepakai mas.

      Kalau maunya untuk inject input ke mixer tanpa lewat channel, maka perlu tambahan penguat, misal master, kemudian konek jadi satu dengan out channel.

      Delete
  65. Numpang tanya kang bahar, mau tanya kalo ic utc4558 di channel mixer panas apa penyebabnya
    Mohon pencerahan nya kang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa karena ic nya rusak atau supply tegangan kebesaran mas.

      Delete
  66. Assalamualaikum Om Bahar.
    Om... Saya mau bantu teman yg aqualizer bermasalah, suara ga balance sudah gonta-ganti input (kabel dan chanel) dan coba gonta-ganti power juga suara tetap ga balance, suara bass sember sebelah. Kira-kira masalahnya kenapa ya Om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tanpa menggunakan equalizer, apakah suara bisa balance mas?

      Delete
  67. Tanpa equalizer suara normal Om, berarti equalizernya yg bermasalah, lumayan kan Om klo bisa di betulin
    lebih memperkaya kualitas suara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Equalizernya berapa channel? Pakai ic tipe berapa dan berapa buah per channel L atau R?

      Delete
  68. Mas bahar q bru rakit mixer sperti skema rangkaian yg mas bahar kasih.. tapi kok suara mic over bangt ya mas.. klo bibir nempel ke mic suara jadi geber jadi susah atur nada bass.nya... buat nyanyi kurang empuk suaranya.. padahl vol baru dikit puterya.. solusinya mas bahar.. apakah input mic harus di tahan dengan R....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin memang inputnya over. Betul mas, coba input mic ditahan pakai R 2K2. Jika suara terlalu pelan, bisa pakai R 1K.

      Delete
  69. Mas bahar kemaren saya coba rangkai mixer 2 chanel tapi ko' gak bisa bunyi ya, kemudian saya coba kit master mixernya saya putus tegangan 12v baru bisa bunyi. Pertanyaannya kenapa bisa gitu ya tanpa tegan ko' malah bunyi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pasang mixer tanpa master, apakah bisa bunyi?

      Mungkin koneksi supply tegangan masternya salah. Atau memang juga rusak ic nya.

      Delete
  70. Mas mo nanya lagi.
    Speaker aktif suara micx agak kecil di banding suara musikx.ada 2 kit tone cont.n kit mic.masing2 mempunyai pengaturan bass n treble.klu jalur dr kit mic di cabut dan di tambah master audio apa bisa dan ada perubahan,atau ada solusinya agar suara dr mic bisa lebih besar lagi.
    M.kasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suara micnya kecil banget atau gak? Atau hanya kurang keras saja?

      Bisa mas ditambah master mixer pada out kit mic, untuk menguatkan suara mic. Kemudian baru digabung dengan kit musik.

      Delete
  71. Mas, tiap 1 channel mixer butuh arus berapa mA biasanya??? Mau rakit 6ch

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kit mixernya mas pakai berapa ic? Ada yang pakai 2 ic dan 3 ic?

      Satu ic op amp membutuhkan daya sekitar 5mA. Jika misal dalam satu kit mixer ada 3 ic op amp, maka tinggal kalikan tiga yaitu 5mA x 3= 15mA. Jadi tiap kit mixer membutuhkan daya hanya sekitar 15mA saja.

      Jika kita rencana mau pakai 6 channel mixer, tinggal kita kalikan 6 yaitu 15mA x 6= 90mA. Jadi total arus yang dibutuhkan untuk 6 channel mixer adalah 90mA.

      Delete
  72. mas bahar aakah skema mas bisa diaplikasikan untuk menambah input mixer. suya punya mixer yamaha mg06u 2 ch mono dan 4 streo. jd klo mau psang 3 to 4 mic susah mas setingnya krn yg stereo tnp eq dan efek.
    stu lg mas apa mixer ini dpt di pasangi sen and return buat efek luar. maturswin maz..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tinggal balik saja yang digabung adalah ouputnya. Kemudian konek input channel mixer. Jadi satu channel mixer bisa untuk 3 input.

      Delete