Monday, March 27, 2017

CARA MEMBUAT POWER SUPPLY POWER AMPLIFIER DARI PSU KOMPUTER

Kemarin dapat ide yang sangat menarik dari salah satu rekan kita di g+. Mungkinkah PSU komputer dimodif pada output +12v (15A) dan ground, kemudian disambung ke inverter 32v? Apakah outputnya jadi 32v? Dan rekan kita ini berencana menggunakannya untuk supply power amplifiernya. Begitulah pertanyaan dari rekan kita di g+. Kemudian saya jawab, BISA. Sungguh ide yang sangat cemerlang sekali, memanfaatkan bekas power supply komputer untuk dijadikan supply power amplifier. Saya acungkan jempol untuk ide dari rekan kita ini he..he.. Nah. Anda mau mencobanya, simak lebih lanjut ya..

Sekilas penjelasan tentang power supply komputer. PSU komputer termasuk jenis power supply SMPS yang sangat bagus dan kuat juga stabil untuk supply komputer. Mempunyai beberapa output tegangan diantaranya 3,3v, 5v, 12v dan daya amper yang berbeda. Ditandai dengan warna kabel yang berbeda-beda. Kemudian beberapa pin kontrol lainnya diantaranya adalah pin kontrol POWER ON. Sebenarnya power supply komputer hanya bisa berfungsi dan bekerja jika dipasang di motherboard PC. Terus bagaimana cara agar power supply komputer ini bisa bekerja di luar tanpa motherboard PC? Jawabnya bisa. Nanti akan saya jelaskan dibawah.

Dari banyaknya kabel output dari power supply komputer, kita hanya menggunakan hanya 3 kabel saja, yaitu kabel hitam adalah ground, kabel kuning adalah +12v, kemudian kabel hijau adalah kontrol power ON untuk menghidupkan power supply komputer ini. Untuk kabel lainnya gak perlu dipakai he..he.. Jadi lebih mudah dan simple kan. Terus warna kabelnya kan banyak yang kembar, bagaimana memilihnya? Pilih salah satu saja dari 3 warna diatas, terserah pilih kabel yang mana, yang penting cari dan pilih kabel hanya warna hitam, kuning, dan hijau. Sampai disini, sudah paham?

Ini adalah gambar power supply komputer

Nah. Supaya anda tidak keliru pasang kabel, berikut ada tabel data pin kabel power supply komputer lengkap dengan warna dan fungsinya. 


Supaya power supply komputer ini bisa dipakai untuk supply power amplifier, maka perlu ditambahkan inverter tegangan 12v to CT 32v. Karena out tegangan dari power supply komputer hanya 0 +12v, maka perlu ada tambahan kit inverter untuk merubah dan menaikkan tegangan dari 0 +12 jadi simetris (+32v CT -32v) agar bisa dipakai untuk supply power amplifier. Kit inverter ini banyak dijual dipasaran, biasanya dipakai untuk inverter di mobil, untuk merubah tegangan accu 0 +12v jadi simetris (+32v CT -32v). Nah atas dasar ini, kenapa tidak menggunakan kit inverter ini untuk merubah tegangan power supply komputer 0 +12v jadi simetris (+32v CT -32v)? Tegangannya kan sama seperti aki, berarti bisa dong he..he.. Lanjut.

Ini bentuk penampakan kit inverternya, biar gak salah beli he..he..


Setelah semuanya ada, terus diapain mas? ya dirakit dong, terus diagram koneksinya mana mas? Sabar ya nanti saya kasih dibawah ini he..he.. Untuk pendingin inverter bisa ditambah agar tidak terlalu panas, karena pendingin bawaannya terlalu kecil, kurang mampu untuk digeber seharian penuh. Terus kira-kira berapa Amper daya yang dikeluarkan power supply komputer ini? Macam-macam, tergantung jenis power supply komputernya, tapi rata-rata daya outputnya sekitar kurang lebih 15A. Wah lumayan juga yah untuk supply power amplifier, dari pada beli trafo yang mahal. 
Sudah SMPS lagi he..he.. Mantap. Berikut adalah diagram koneksi PSU to Inverter.



Sedikit penjelasan dari gambar koneksi diatas. Dari power supply komputer hanya keluar 3 kabel yaitu kabel warna hitam, kuning, hijau. Kabel Htam adalah ground, kabel kuning adalah +12v, kabel hijau adalah power ON. Kabel hijau ini harus dikonek ke ground, agar power supply komputer ini bisa menyala dan bekerja. Untuk kontrol power ON/OFF nanti kita pakai saklar yang dipasang di jalur AC IN 220VAC. Anda bisa lihat gambar. Kemudian untuk kit inverter ada pin REM adalah untuk kontrol power ON juga, harus dikonek ke +12v, agar kit inverter ini bisa menyala dan bekerja. Kemudian out tegangan dari inverter langsung konek supply power amplifier. Tanpa penambahan diode dan elco lagi. Langsung konek saja. Semua sudah ada lengkap ada digambar diatas. Semoga bermanfaat.

67 comments:

  1. berarti klo power yg cuma + - doang bisa langsung pakai yg gan?

    ReplyDelete
  2. Kira2 berapa hrg kit inverter nya kang

    ReplyDelete
  3. klau saya lbih suka smps mas gak ribet hehe

    5 a saja hmpir setara 20 a travo tnpa drop klau drop maks 1 v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siipp... Tapi harganya mas, berapa? Siapa tahu ada yang punya psu bekas gak terpakai, kan bisa dipakai he..he.. Memang gak se enak beli SMPS jadi.

      Delete
    2. Iya betul mas, saya cek toko sebelah, harga smps 5A cuma 75rb-an he..he.. Betul juga lebih praktis dan gak ribet he..he..

      Delete
    3. May nanya kang emang SMPS 5A setar dengan trafo 20A

      Delete
    4. Ya gak lah mas. Masih besar Amper trafo 20A.

      Sebenarnya bukan setara, tapi ada kelebihannya power supply SMPS itu dibanding trafo dengan amper sama. Contoh trafo 5A dengan SMPS 5A. Power supply SMPS menang dari segi kestabilan tegangannya. Karena dilengkapi rangkaian pengontrol tegangan otomatis dari komponen OPTOCOPLER. Jadi tegangan SMPS pada saat beban tinggi otomatis tegangan akan tetap stabil tidak drop. Beda dengan trafo, jika ada beban tinggi, maka tegangan akan drop sesuai kemampuan trafo tersebut mas.

      Dari fenomena diatas, maka wajar power supply SMPS 5A setara dengan trafo 20A. Tapi bukan berarti sama dengan trafo 20A loh ya. Tetap beda.

      Setara karena dari segi kestabilan tegangannya saja.

      Delete
    5. Nek dinggo power 450x2,ngango smps sing pirang A kang

      Delete
    6. Lihat bebannya mas. Kalau bebannya sedikit, pakai SMPS 5A cukup. Tapi beban banyak, pakai smps 10A.

      Tapi kalau harganya selisih sedikit, mending pakai SMPS yang 10A mas he..he.. Sekalian gedhe.

      Delete
  4. Malem mas Bahar, mau nanya mas,, tadinya aku ada MIXER BEHRINGER pemasangan DVD-mixer-eq-power,, trs MIXER tak ganti merk TUM(edisi pengen MIXER yg ada efex nya,, tp pemasang urutan kayak td kok gak bunyi, trs tk coba DVD-eq-mixer-power baru bunyi,, itu knp z mas,,, kok aneh menurut saya,, suwun mas sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok aneh. Coba DVD-mixer-power, tanpa equalizer. Mungkin in-out equalizer terbalik mas.

      Delete
  5. Kl tanpa eq bisa nyala mas,, sudah tak cek berkali kali mas Jack nya,, bener semua kok,, aku jg heran kok mas,, padahal MIXER baru beli td siang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tanpa equalizer bisa nyala, berarti mixer ok gak masalah. Nah tinggal out dari mixer ke equalizer ini, curiga terbalik, atau jack inputnya beda koneksi. Antara mixer dan equalizer.

      Delete
    2. Owalah mas mas,, ternyata kabel Jack e ada yg putus didalam,, wes wes gawe ndasku koplak hehe,, kuduk e Kon sowan di blok nya master Bahar LG oleh solusinya hehe,, Ok suwun mas suwun

      Delete
    3. Ya sama-sama mas. Terima kasih juga sudah sowan mas he..he..

      Delete
  6. Mas saya dulu punya PSU, PSU nya buat angkat 2 HDD dan 1 VGA langsung drop gak mau nyala...akhirnya beli lagi......kalo PSU Tersebut apakah masih bisa digunakan sebagai power??

    Tolong jawab di: tegarpunanda86police.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya dilihat dulu tegangan outnya berapa volt? Dan daya ampernya berapa? Kalau terlampau kecil, ya percuma mas.

      Delete
    2. Oke....terima kasih....
      Mas kalo PSU yang 500W 80+ punya Thermaltake itu bisa atau tidak untuk Power?? Minimal berapa watt PSU untuk membuat power??

      Delete
    3. Terlalu besar tegangannya. Kalau PSU SMPS minimal 500w atau sekitar 5A sudah cukup. Dengan tegangan maks 42v-56v.

      Delete
  7. Siang mas bahar.....kalau psu pc buat psu power ampli dengan kit apex b500 (2 kit) bisa gak mas.....maksudnya bisa maksimal gak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang maksimal mas. Lebih cocok pakai SMPS asli 5A atau 19A khusus untuk power amplifier. Rangkaian diatas hanya cocok untuk PA kecil atau ocl 150w, kalau untuk power watt besar gak kuat.

      Delete
  8. Mas Bahar bagus artikelnya ini memperkaya pengetahuan tentang electrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga mas sudah berkunjung di blog ini. Semoga bermanfaat.

      Delete
  9. Mas modis tone control bsx a3 agar mantap gimana.
    Ada solusi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu dimodif. Tambah saja dengan galaxi atau turbo bass.

      Delete
  10. power supply ocl 150w, 5A jumbo elco ukuran piro mas, pirang volt trus pirang biji mas sik paling pas ki, tulung arahane mas, maklum ajar seko 0

    ReplyDelete
  11. 2 bok, ben suarane penak dirungokke wong akeh wofer,fullring,titer sik ukuran piro mas, meh tak nggo unen" nang angkringan, biasane goreng tempe ajar nyolder sopo ngerti glem muni,nwun sak durunge mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gawe speaker full range ae 12" x2 sik isok banter + tweater ACR biasa.

      Delete
  12. karepku kei wofer barang ben mak gleng je mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo gak opo-opo, kan kok ditambahi tweater gawe trebel e.

      Delete
  13. rencana ki mas seh rencana ki lho, wofere 12×2,fulring...×2 +tweter yo2, ben ketoro dok wangun mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah sip iku mas, wes kenek gawe tanggapan he..he.

      Delete
  14. Mas klo sambung ke power audio mobil perlu ga pake inverternya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau powernya pakai tegangan simetris, maka tetap pakai inverter, untuk mengubah tegangan DC 12v jadi simetris CT.

      Delete
  15. Mas bahar...ikut nimbrung ahhh...mas aq ada trafo 10A tidak murni kayaknya out max +45v ct -45v kiprok regulator kotak yg besar 4 kaki power DTK 1200PD xover activ subwofer..rencana buat subwoofer aja..pertanyaannya yg cocok pakai elco ukuran brapa?brapa biji jumlah elco?brapa set TR finalnya..thanks di tunggu jawabannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Elco 2x10000uf/80v. Tr final 2 set cukup.

      Delete
  16. Skalian tanya input trafo di pakai 0-220v atau 240v soalnya listrik di indonesia naik turun

    ReplyDelete
  17. Xover activ subwoofernya BGR by bell...

    ReplyDelete
  18. Oprek aja mas lilitan trafo psu atxnya ,biar keluar +32v dan -32v
    Mungkin itu pengalaman saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap pak setio budi. Memang bisa pak dimodif kayak itu. Monggo di share caranya bagaimana pak he..he..? Untuk menstep up tegangan 12v jadi 32v. Kemudian merubah tegangan 0 +12v jadi simetris +32v ct -32v. Kalau saya pribadi belum coba cara ini pak.

      Delete
  19. Kalau untuk power sanken 800watt stereo (2x400watt) pakai smps ukuran berapa pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau pakai power supply SMPS, maka minimal gunakan SMPS 10A dengan tegangan out 32vct.

      Delete
  20. hallo om, nanya nich. wis simbah2 tp sy msh suka nguprek2.
    mas cra merangkai power amp sanken stereo biar bisa unt karaoke gimana ya,?
    bagan2nya. nwn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Audio mania juga ya pak he..he.. Ada pak Cara paling gampang, jika untuk karaoke. Yaitu dengan beli kit tone control+mic+echo. Power stereo beli sendiri.

      Ada lagi yang lebih mudah, beli kit power stereo+tone control+mic+echo jadi satu he..he.. Tinggal beli trafo, elco dan kiprok. Tinggal pasang supply, sudah tinggal pakai, input ready, mic ready, echo ready.

      Bagaimana pak, mau yang lebih mudah lagi he..he..? Semuanya ada di toko elektronik. Tinggal sebutkan bahan yang saya sebutkan diatas.

      Delete
  21. Artikel sperti ini yg saya cari,singkat padat,bisa menambah pengetahuan tentang elektro bwt pemula sprti saya.
    Makasih banyak mas bahar,semoga makin sukses.

    ReplyDelete
  22. Mau tanya mas bahar,pengkoneksian yg jalur rem di jadikan 1 dengan 12v atau gmn mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas. Jalur REM konek jadikan satu dengan supply 12v. Biar bisa nyala he..he..

      Delete
  23. Tanya mas bahar. Kalok seandainya psu pc di rubah jadi ct bisa gak mas. Misalkan jadi ct 45 gtu. Bisa gak mas..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bisa mas. Tapi jika kita mau merubah tegangan PSU, maka lilitan trafo PSU harus dirubah.

      Nah proses penambahan dan perubahan lilitan ini, tidak bisa sekali, harus dilakukan percobaan beberapa kali untuk mendapatkan tegangan yang sesuai keinginan.

      Proses itu perlu waktu yang lama dan dibutuhkan ketelitian dalam membongkar trafo PSU tersebut. Dan proses yang sulit adalah membongkar trafo PSU, karena jika tidak hati-hati, maka plastik trafo akan pecah. Jika sudah pecah, tidak akan bisa dipakai.

      Untuk meminimalisir resiko tersebut, maka dipasanglah inverter untuk merubah sekaligus menaikkan tegangan jadi besar.

      Delete
  24. Maaf pak. Saya sudah mencoba dengan menggunakan PSU 250 watt sambungkan ke inverter 12v > 32v. Driver amplifier OCL 150 watt, TR final sanken 1 set, tone control Filter Subwoofer. Hasilnya, Tidak memuaskan, karena ketika saya hidupkan, led power indikator pada inverter meredup saat volume di naikkan (belum mencapai 30%).
    Apakah PSU yang saya gunakan kurang besar watt nya?
    Atau ada yang salah dengan rangkaian saya?
    Padahal amplifier sudah saya coba dengan aki mobil hasilnya normal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin psu kurang besar mas atau bisa jadi kualitas psu nya kurang bagus.

      Rangkaian sudah benar mas, cuma psu saja kurang gedhe. Coba pakai psu lain mas.

      Delete
  25. Kalau smpsnya yg di opreg biar simetris tegangannya bisa gk ya.?? Jadi gk usah pakai inverter lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bisa mas. Sudah ada kok yang mencobanya, yaitu dengan membongkar lilitan trafo SMPS nya dan merubah lilitannya. Ada blog khusus yang membahas tentang smps, modifikasi, dll.

      Cuma memang belum sempat saya coba, karena agak sedikit rumit menurut saya. Yaitu cara membongkar trafo smspsnya. Jika tidak hati-hati, maka trafo bisa pecah.

      Jika anda ingin memodifikasi smps nya agar jadi simetris, maka silahkan cari di google, ada blog khusus yang membahas masalah tersebut.

      Delete
  26. Mas bahar mmau tnya klo pasang psu pc ke power ampli perlu di tmbah elco sma dioda gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu mas. Dari out kit inverter langsung ke power.

      Karena out tegangan dari kit inverter sudah DC, maka tidak perlu penambahan diode dan elco lagi.

      Delete
  27. Mas bahar mau tanya kalo pake SMPS masih perlu inverter apa bisa langsung mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tegangan out smps nya sudah simetris atau CT, maka gak perlu tambahan inverter. Smps bisa langsung konek ke power. Perhatikan tegangan kerja smps dan power, jangan sampai tegangan over.

      Delete
  28. mas bahar,mau tanya,saya punya smps pc, mau tak pasang di subwoofer politron seri psw600 bisa nggak....?. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subwoofernya tegangannya berapa volt? Ct atau engkel?

      Delete
  29. Kalau psu printer bisa gak mas. Soalnya aku punya banyak bekas printer ,sayang mas kalau dibuang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal lihat berapa Ampernya dan berapa voltase output tegangannya?

      Delete