Sunday, March 12, 2017

POWER SUPPLY SIMETRIS 15V PAKAI TRANSISTOR TIP31 DAN TIP32

Kemarin dapat ide membuat power supply simetris menggunakan transistor TIP31 dan TIP32. Setelah beberapa waktu yang lalu sudah saya posting juga cara membuat power supply simetris 15v menggunakan ic 7815 dan 7915, bisa dibaca disini. Kedua fungsi dari rangkaian diatas sama adalah menurunkan dan menstabilkan tegangan menjadi 15v. Cuma kali ini kita akan buat dari transistor he..he.. Simak lebih lanjut.

Rangkaian power supply simetris ini bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan misal tone control, echo, mixer, equalizer dll yang membutuhkan tegangan simetris 15v. Apa perbedaan dari rangkaian yang menggunakan ic 7815 dan 7915? Jawabnya, kalau pakai ic 7815 dan 7915 akan lebih mudah dan praktis dalam koneksinya, karena tidak memerlukan komponen pendukung lainnya, hanya menggunakan ic saja sudah bisa digunakan. Kalau menggunakan transistor akan sedikit lebih rumit, karena transistor tidak bisa menurunkan tegangan, maka ada tambahan diode zener 15v untuk menurunkan dan menstabilkan tegangan menjadi 15v dan beberapa komponen pendukung lainnya adalah R 220ohm sebagai penstabil tegangan transistornya.

Terus pilih yang mana dong? Jawabnya, sama saja. Kalau mau pakai ic silahkan, kalau mau pakai transistor juga silahkan. Kalau sewaktu-waktu gak punya ic 7815 dan 7915, maka rangkaian menggunakan transistor ini bisa dijadikan sebagai alternatif dalam membuat power supply simetris 15v. Untuk tipe transistor gak harus pakai TIP31 dan TIP32, anda bisa mengganti dengan transistor yang sejenis, misal TIP41 dan TIP42, D313 dan B507, BD139 dan BD140, dll yang sejenis. Jadi bisa lebih mudah dalam mendapatkan komponennya.

Terus apa kelebihan dari rangkaian menggunakan transistor ini? Jawabnya, anda bisa lebih mudah untuk adjusment tegangan output hanya dengan mengganti diode zener dan tanpa harus mengganti transistornya. Misal anda menginginkan output tegangan 12v, maka anda tinggal ganti diode zener menjadi diode zener 12, atau anda ingin output menjadi 18v, maka anda tinggal ganti diode zener menjadi diode zener 18v, tanpa harus mengganti transistor dan komponen lainnya. Hal ini berbeda jika anda menggunakan rangkaian ic 7815 dan 7915. Jika anda ingin output tegangan menjadi 12v, maka anda harus mengganti ic dari 7815 ganti dengan 7812 dan ic 7915 ganti dengan dengan 7912. Begitupun jika anda ingin tegangan menjadi 18v, maka kedua ic tersebut harus diganti menjadi 7818 dan 7918.

He..he.. pilih mana ya? Jadi bingung nih. Sama saja. Kan sudah saya jelaskan mengenai perbedaan, kelebihan serta kekurangan dari masing-masing rangkaian, maka anda bisa memilihnya mana rangkaian yang paling tepat untuk dibuat power supply simetris 15v. Jadi saya harap rekan-rekan yang lain tidak bingung lagi ya, dalam memilih rangkaian power supply simetrisnya.  Berikut skema rangkaian power supply simetris 15v menggunakan transistor TIP31 dan TIP32. Sebelumnya kita lihat dulu pin kaki transistor TIP31 dan TIP32, supaya tidak keliru pasang kakinya.


Berikut sekemanya, monggo disimak.


Untuk supaya lebih jelas dan bisa anda bandingkan antara kedua rangkaian ini, saya sertakan pula skema power supply simetris yang menggunakan ic 7815 dan 7915 dibawah ini.


Nah jadi lebih jelaskan sekarang. Menurut percobaan saya dulu, pernah dulu saya bandingkan antara regulator yang menggunakan ic dan transistor ini, tapi bukan untuk keperluan rangkaian simetris, tapi untuk supply tegangan Radio FM jaman dulu. Mungkin Radio adalah alat frekuensi tinggi yang sangat peka dan sensitif terhadap tegangan, jadi sangat terasa sekali perbedaan antara yang menggunakan ic dan transistor. Hasil percobaan untuk supply radio FM, bahwa rangkaian yang menggunakan transistor hasil suara radio FM lebih jernih dan bebas dengung dan hampir tidak ada dengungnya sama sekali. Percobaan menggunakan ic untuk supply radio FM, hasilnya suara jernih, tapi masih ada dengung meskipun kecil. Itu untuk supply radio loh ya, bukan untuk mixer atau perangkat audio lainnya. Mungkin hasil tidak begitu kelihatan.

Tapi dari kesimpulan percobaan saya diatas dapat disimpulkan, bahwa rangkaian yang menggunakan transistor hasil output tegangannya lebih bersih daripada menggunakan ic. Untuk pilihan tetap terserah anda, itu hasil percobaan saya sendiri dulu waktu masih suka otak-atik pemancar FM. Dan pernah saya bandingkan juga untuk supply pemancar FM, hasil memang masih jernih dan bebas dengung yang pakai transistor. Meskipun memang masih banyak faktor yang mempengaruhi dengung atau tidaknya sebuah rangkaian audio selain dari supply tegangannya, misal karena koneksi kabel dan grounding yang benar. Semoga bermanfaat.

NB : Untuk bodi transistor usahakan tidak konek dengan ground, misal box atau heatsink dll. Karena bodi transistor terhubung dengan kaki colector dan terkoneksi langsung dengan supply, maka jika bodi bagian besi transistor konek dengan ground akan menyebabkan konslet. Jadi hati-hati jika ingin menempatkan transistor ini ke heatsink, usahakan pasang isolator mika dulu sebelum di baut ke heatsink atau pendingin, buat jaga-jaga agar tidak konslet ke ground

88 comments:

  1. mas mau tanya klo mixer 15v simetris bisa gk ya dikasih 15v 5ampere.. soalnya gk punya trafo 1a.. punya trafo 1a tp 12v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja mas, tapi kegedean he..he.. Pakai trafo yang 1A 12v gak masalah mas.

      Delete
  2. o gitu ya mas.. makasih mas udah jawab..

    sukses selalu buat masnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, sama-sama. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
  3. mas power supply yang di skema itu bisa untuk travo 10ampere gk ya...mohon pencerahan...

    ReplyDelete
  4. Nah ini nih skema yg selama ini saya cari ,hehe :D
    Mau nanya nih om Bahar...
    1.)Apakah transistornya kuat jika dipasang pada trafo 2Amper

    2.)transistor tipe brapa yg cocok/kuat untuk 2A?

    3.)Berapa nilai Resistor pada kaki basis-kolektor? Soalnya tak zoom malah buram

    Maaf banyak nanya ,soalnya masih belajar elektro ,sebelumnya saya ucapkan terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kuat mas.
      2. Ya itu, tr TIP31/32.
      3. R 220 ohm.

      Delete
    2. Ooo 220ohm ya ,yang berapa watt om?

      Delete
    3. oke makasih banyak om ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      Delete
  5. Perbedaan pada arus keluaran mas...
    Kalo ic gk smp 1A..
    Kalo transistor tergantung input, sama arus kerja pada transistor tsb...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, malah lebih kuat pakai tr daripada ic. Cuma agak ribet karena banyak komponen itu saja.

      Delete
    2. Gk papa ะงวะปฦ penting halus...
      Dikurangin aja kapasitor nya
      Input pake 2200u ato 1000u
      Ouput pake 1000u ato 470u

      Owh iya saran ae tiap elko ฯ‘¡ pararel ama milar 104 ato 204
      Biar lebih simetris

      Delete
    3. Sip mas. Mantap saran dari anda betul sekali.

      Delete
  6. Izin ambil gambar om...makasi sebelumnya

    ReplyDelete
  7. Salam kenal om,,, maaf nmpang nanya apakah bsa amplifer 12volt dc tunggal gbung sma power supply simetris

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Cara koneksinya adalah (+)power konek ke (+)supply. Kemudian (-)power konek ke (ct)supply. Jadi awas jangan dikonek ke (-)supply ya, tapi konek (ct)supply. Jadi yang dipakai adalah (+)supply dan (ct)supply.

      Delete
  8. Mf mas mo tnya.. klau tip 31 n 32 d ganti BD 139 n 140 bisa g???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas mo tanyak bisakah power mobil di pakek di audio rumahan.
      Trus bikin power supply nya travonya.brapa ampr mas

      Delete
    2. Trus misale output dari power mobil di hubungkan dg input power ampli yirosi apa gk tambah enak mas suaranya

      Delete
    3. Untuk talenta dewi.

      1. Bisa. Pakai trafo engkel atau ct, 10A tegangan 12v. Pakai rangakaian power supply tunggal (0-12v). Bukan simetris loh ya.

      2. Bisa, tapi harus diberi Resistor 100K dulu pada out put power mobil L dan R, sebelum masuk input power yiroshi. Agar out power mobil gak langsung masuk in power yiroshi. Karena sistemnya ini power masuk power. Untuk suara akan mengikuti karakter power mobilnya. Jika power mobilnya bagus, maka output power yiroshi juga akan ikut bagus.

      Delete
  9. Replies
    1. Mas apakah crossover pasif dpt merusak Power ampli,atau speaker,?

      Delete
    2. Kemaren sy coba pasang trus hasil suara di subwofernya bunyinya greg greg kayak nggeber gt,mhn penjelasannya mas?

      Delete
    3. Bisa. Kalau terjadi short di elco atau lilitan kumparannya. Jadi arus bisa balik ke power, menyebabkan power short dan spul terbakar. Kalau saya jika sudah pakai power besar, maka crossover pasif saya lepas. Untuk menghindari hal tersebut. Kalau power ampli nya hanya dibawah 100w, mungkin masih aman.

      Delete
  10. Mas apa si bedax tip 31/32 dg tip41/42???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dilihat datasheetnya, berikut perbedaannya.

      TIP31/32= 3A, 40-100V, 40W
      TIP41/42= 6A, 40-100V, 65W

      Tapi itu menurut datasheet. Kenyataan dilapangan bisa berbeda. Tidak sampai batas itu. Kebanyakan batas dibawahnya. Karena banyak tr palsu dengan kualitas kurang baik. Sehingga parameter jauh dibawah normal.

      Bahkan mungkin sama saja kualitasnya antara TIP31/32 dan TIP41/42. Padahal dari segi spek masih tinggi TIP41/42.

      Delete
  11. Trus yg d maksud kit aktif filter subwoofer itu apa mas.. gmbarx sperti ini mas.. mkasih mas

    https://m.bukalapak.com/p/elektronik/elektronik-lainnya/ab8enl-jual-kit-aktif-filter-subwoofer-229?keyword=subwoofer%20kit&from=list-product

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kit aktif subwoofer adalah alat untuk memisah nada low bass yang dapat disetel sendiri. Baik volume maupun frekuensi bassnya. Sehingga anda dapat menyetel nada bass sesuai nada frekuensinya.

      Delete
  12. Lha itu untuk nada selain low tdi hilang ta mas bahar..??
    Cz d pkiranku kalo d kasih itu outputx hnya nada bass saja g ad middle atw highnya..
    Gitu ta mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kit subwoofer itu ada 2 output mas.

      -Output LOW (mono)
      -Output MAIN (stereo)

      Out Low hanya suara bass saja yang keluar.

      Out main suara normal flat.

      Jika anda ingin ambil out LOW ny saja gak masalah. Atau juga bisa di kombinasikan LOW dan MAIN. Dengan 2 power. Power LOW dan Power MAIN.

      Delete
  13. Kira2 kalo out power yg biasa tk msukin k input kit filter itu mas trus out sub filter itu tk msukin k power sub tnpa mnggunakan out mainx (out mainx rencana nganggur) bsa ta mas bahar???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Jika anda mau pakai out power sebagai input kit filter, anda kasih Resistor dulu sebelum masuk in kit filter. Pakai R 10K atau yang lain, sesuai selera.

      Delete
    2. Bila d ksih lbih kcil atw lbih besar dri 10k itu apa bedax mas??

      Delete
    3. Kalau R lebih kecil suara akan lebih keras. Kalau R lebih besar suara akan lebih pelan. Jadi nanti kalau suara terlalu keras, maka nilai R bisa diperbesar misal R 22K, 33K atau lainnya.

      Jika suara kurang keras, maka nilai R bisa diperkecil. Misal pakai R 8K2, 6K8, 5K6, 4K7 atau lainnya.

      Delete
    4. Ok mas bahar sangat mmbntu mkasih mas

      Delete
  14. Oh iya mas bahar.. skali lagi mas.. kira2 smean mnyarankan inputx itu dri vcd dll.. atw inputx d ambilkan dri output power mas??
    Hehehe dan apa klebihan kekuranganx mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya terserah mas. Tergantung kebutuhan. Memang kalau dari segi suara, lebih kuat kalau pakai output power. Tapi secara garis besar sama saja.

      Delete
  15. Tanya mas... kalau mau turunin tegangan 77 vdc (yang sudah melewati diode dan elco) dari trafo 25ampere ke tegangan 63 Vdc, apakah bisa mas n kalau bisa bagaimana caranya..?. Ini karena trafo 25 ampere saya cuma ada tegangan out 55Vac dari trafo mas..? tks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ini saya belum menemukan cara untuk menurunkan tegangan 77vdc ke 63vdc. Karena terbatasnya kemampuan komponen untuk dipakai high voltage.

      Jalan satu-satunya adalah dengan mengurangi jumlah gulungan lilitan sekundernya. Otomatis harus bongkar trafo.

      Delete
  16. Tanya lagi mas Bahar... Untuk TIP 41 dan TIP 42, apakah bisa diganti dengan transistor 2SC1061 dan 2SA671...? Apakah fungsinya sama...?

    ReplyDelete
  17. Dan untuk R 220 ohm apakah bisa diganti dengan R 1K ya mas... atau harus yang ukuran 220 ohm pakainya ?.. Terima kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diganti pakai R 1K mas, gak harus pakai R 220 ohm. Cuma selama ini saya pakai R 220 ohm itu mas. Jadi gak masalah jika anda mau mengganti R 220 ohm dengan R 1K. Dan rangkaian diatas akan tetap bisa berfungsi dengan baik. Walaupun pakai R 220 ohm atau 1K.

      Delete
  18. Mas untuk diode zener nya bisa pakai yg 1/4 watt atau yang ukuran berapa watt...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai ukuran biasanya, 1/4 watt atau 1/2 watt gak masalah. Yang umum saja mas, asal tegangan dioda zenernya benar.

      Delete
    2. Matur nuhun mas Bahar atas pencerahannya....

      Delete
  19. mas kalau output dari mixer dikencangin sedikit sudah kencang itu apanya y mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin potensionya rusak mas. Coba ganti potensionya. Atau mungkin anda pakai high input bukan low input.

      Delete
  20. Bang mau tanya
    Itu elco yang 2200 mikro F/50v diganti elco 2200 mikro F/35v bisa nggak bang?
    Yang di rangkai pakai tip 31,32
    Mohon pencerahan nya bang, trimakasih

    ReplyDelete
  21. Mau tanya bang
    Kalau capasitor yang 2200 mf/50v diganti dengan capasitor 2200 mf/35v bisa gak bang?
    Yang di rangkai makai tip 31,32
    Cuma beda voltase nya
    Trimakasih bang

    ReplyDelete
  22. Mas power supply simetris gini bisa buat kipas 15 v dobel / 2 kipas dan buat tegangan kit subwoofer
    Mohon pencerahan nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya power supply simetris nya kuwat atau nggak?

      Delete
    2. Gak kuat mas. Kalau tegangan untuk kipas mending jangan digabung dengan komponen lain, misal kit subwoofer atau power. Karena radiasi kipas bisa masuk ke power dan menyebabkan suara storing atau suara tidak bisa bersih.

      Delete
    3. Ok makasih mas
      MMau tanya lagi mas perubah dc untuk 2 kipas masing" 15 volt pakai dioda in4004 dan capasitor 220 mf/25 volt bisa gak mas?

      Delete
    4. Bisa mas. Tapi kapasitor gunakan ukuran 2200uf/25v mas.

      Delete
    5. Makasih mas, smoga tambah sukses mas nya

      Delete
  23. Mau tanya mas . Ini saya coba buat mixer sendiri . tak kasih travo 2 ampere 15ct pakai rangkaian simetris beli di toko.Tapi dengung terus apanya ya mas apa kebesaran travo ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada kesalahan pemasangan mas. Cek dulu tegangan output dari rangkaian simetrisnya, sudah betul belum keluar 15vct?

      Kalau sudah betul keluar 15vct, baru konek ke mixer.

      Jika belum, maka perbaiki rangkaian simetrisnya, atau beli baru kit supply simetrisnya.

      Anda pakai rangkaian simetris pakai ic apa transistor?

      Jadi usahakan tegangan output rangkaian simetrisnya benar dulu mas. Baru konek ke mixer.

      Delete
  24. Mau nanya mas.pada kit tone kontrol pakai power 15 ct terus di regulator pakai 4 dioda dan 2 cap.terus pakai zener 12 v.(ct).tapi klu di hub.ke ampli masih dengung.apa masih blm murni out 12 voltx.ampli tdk dengung tanpa tone.

    ReplyDelete
  25. Mas bisa pake trafo 3a ga?
    Sama bisa ga ga pakai transistor, langsung out dr kapasitot yg milar di atas?

    ReplyDelete
  26. Replies
    1. Maksudnya tanpa menggunakan ic 7815/7915? Bisa saja mas.

      Tapi dilihat dulu mau dibuat untuk supply apa mas? Berapa volt tegangan yang dibutuhkan?

      Delete
    2. Mas dioda koiprok berapa amper?
      dioda zener sama resistornya berapa W?

      Delete
    3. Rencana mau pakai trafo berapa Amper loh mas?

      Kalau pakai trafo 5A, ya pakai kiprok 5A atau 10A. Zener dan resistornya pakai biasa 1/2 watt.

      Delete
    4. 3a mas
      kalo pengin 12v gimana mas?
      apa yg harus diganti

      Delete
    5. Pakai kiprok 5 A mas.
      Tinggal ganti diode zener pakai 12v.

      Delete
  27. Mas dioda 1n4001 bisa diganti dioda 1n4002 gak?
    Sama tr bc550 di clip indikator bisa di ganti sama tr apa mas ?
    makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Bisa mas.
      2. Tr BC550 bisa diganti pakai tr C828, C945, C458, C1815. Tapi posisi kaki BCE nya beda.

      Dalam posisi tulisan menghadap kita.
      BC550-> C B E
      C828-> E C B

      Harap hati-hati dalam pemasangan kaki-kaki transistornya. Jangan sampai kebalik.

      Delete
  28. Sugeng siang mas,apakah kluaran arus rangkaian diatas = keluaran arus trafonya mas? Misal trafo 10a setelah melewati rangkaian di atas akan keluar 10a juga.suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak mas. Karena hanya menggunakan tr TIP31/32, maka setelah melewatinya, arus akan turun menjadi sekitar 1-2A.

      Jika ingin arus outputnya sama, maka bisa ditambahkan tr penguat pada output tr tersebut. Untuk tr penguat bisa pakai tr 2N3055 atau TIP3055 sebanyak 4 buah atau lebih.

      Delete
  29. Klo mau PSU buat service hape bisa ngga pake rangkaian ini mas., pertanyaanx gmn buat adjusment voltasenya nanti mas? *Kere aktif saya mas :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja mas. Belum saya posting caranya. Tapi sepertinya kalau untuk PSU service hp, kurang kuat Ampernya mas.

      Biasanya baru kuat jika ditambahkan rangkaian step down dc to dc converter. Baru nanti bisa di adjust tegangannya lewat rangkaian ini.

      Delete
  30. kalau 32 v di turunkan ke 12 v bisa gak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tinggal ganti diode zener 15v, pakai zener 12v. Komponen lain tetap.

      Jika R 220 ohm panas, bisa diganti pakai R 1K atau 3K3.

      Delete
  31. jika power socl diganti tip 31 32.itu pakah bisa master trs apa lagy yang harus diganti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Komponen lain tetap.

      Delete
    2. Mas,,maaf nanya ni. Klo tanpa diida zener?,,tgangangan kluaranya berapa mas?

      Delete
    3. Kalau tanpa diode zener, maka tegangan akan loss, sama dengan tegangan input.

      Penggunaan diode zener adalah sebagai pembatas tegangan. Kalau tanpa zener, maka tegangan output akan sama dengan tegangan input.

      Delete
    4. Mas, arus yg dikeluarkan dioda zener pada rngkaian di atas,tanpa transistor akan mngikuti arus travo atw arusnya akan mngikuti arus dioda? Klau arusnya ikut dioda zener berapa arusnya mas? Soalnya sya mau buat psu buat kit protector pke travo 5 amper

      Delete
    5. Kalau hanya pakai diode zener, maka arus mengikuti arus trafo, karena tegangan langsung diambil dari trafo.

      Tapi karena efek step down tegangan oleh diode zener, maka ini juga menjadi beban trafo. Menyebabkan arus trafo berkurang. Untuk arusnya berapa, saya belum tahu.

      Delete
  32. Replies
    1. Silahkan mas, tapi untuk Anda sendiri ya he..he.. Jangan di publish ulang.

      Delete